Matilda's Fifth Birthday Celebration

Namanya janji, harus ditepati, demikian juga janji saya pada diri sendiri. Sesibuk apapun, saya harus bisa sempatkan waktu untuk menulis kenangan yang penting-penting, salah satunya adalah ulang tahun anak. Saya pernah cerita pas Abby ultah ke lima dulu, kalau di sini, turning five is such a big deal, karena begitu anak masuk umur 5 tahun, artinya dia akan masuk SD. Di Juli 2022 ini, giliran Tilly yang akhirnya berusia lima tahun. Ampun yah, belum lama baru melahirkan, tau-tau udah lima tahun aja! Biarpun ceritanya telat lebih dari 3 bulan, kudu diabadikan di blog untuk kenangan. 

Punya dua anak kok bisa ya, lahirnya pas lagi liburan sekolah. Kalau Abby pas liburan akhir tahun, kalau Tilly pas liburan tengah tahun. Jadilah perayaan ultahnya, sama seperti cicinya, dibagi 3 kali. Yang pertama adalah perayaan di sekolah yang dilaksanakan di hari terakhir sekolah alias sebelum hari ulang tahun benerannya, lalu perayaan hari H-nya yang sudah diceritakan di postingan sebelumnya, lalu yang terakhir adalah pesta perayaannya bersama teman-teman. Gimana keseruannya? Yang jelas, habis party, badan saya encok namun bahagia! 

Jumat, 9 Juli 2022

Berhubung minggu depannya sudah libur term, jadilah perayaan ulang tahunnya dimajukan beberapa hari. Pokoknya di sini mah nggak kenal deh sama kata pamali, yang penting anaknya tetap ada acara ulang tahun dan perpisahan yang layak dengan teman-teman kindynya. 

Foto bertiga dulu pagi-pagi sebelum acara potong kue dimulai. Kue ulang tahunnya sesuai dengan pesanan Tilly yang sungguh spesifik, yaitu kue coklat, dengan buttercream warna krem. Inget ya, warna krem, bukan warna putih ataupun coklat. Lalu dia minta atasnya dikasih hiasan kelinci. Biar spesial, kali ini kuenya bikinan saya sendiri. 

Suka banget sama foto ini. Di sini Tilly memakai Korowai alias jubah Maori. Biasanya lembaran-lembaran kertas itu adalah bulu, tapi di Korowai ini, isinya adalah nama anak-anak yang sudah lulus kindy sebelum Tilly.

Bersama dengan Mrs. Koko, guru senior yang sudah puluhan tahun mengajar di kindy. Yang unik adalah, hari itu merupakan hari terakhir Mrs. Koko mengajar alias beliau masuk masa pensiun. Jadilah Mrs. Koko yang memimpin perayaan ultah Tilly kali ini, bukan kepala sekolahnya.

Karena masih masa Covid, kali ini nggak pakai tiup lilin, melainkan pakai alat pemadam lilin.

Dilanjutkan dengan tepuk tangan 5 kali sebagai tanda Tilly memasuki usia 5 tahun.

Mendapatkan kenang-kenangan kalung dengan medali St. Dominic sebagai tanda kelulusan dari kindy.

Foto dengan kue buatan mama sebelum dibagi-bagi pada saat morning tea. Oh iya, hiasan kacang di kuenya itu adalah caramelised walnut. Berhubung sebenarnya kuenya tidak boleh ada kandungan kacang, walnutnya ditaruh sedikit saja, lalu sisanya saya kasih di container supaya guru-guru bisa cemilin hahaha.

Goodie bag sederhana untuk seluruh teman-teman kindynya. Total ada 48 anak termasuk Tilly. Walaupun sederhana gini, sudah termasuk yang bagus kalau ukuran TK di Selandia Baru. Berdasarkan pengalaman, biasa isinya hanya 1 balon tiup, atau 1 mainan kecil. Seneng kan di sini, emak bapaknya gak usah terlalu rempong. Biarpun begitu, tetap kerasa rempongnya karena siapin semua sendiri.

Foto bersama guru-guru kindy kesayangan. Mrs. Narayan, Mrs. Jones (with short hair), Mrs. Koko, Mrs. Keum, Mrs. Jones (with long hair), and Mrs. Park.

Untuk perayaan hari H ultah Tilly, bisa dilihat di postingan sebelumnya ya. Berhubung ulang tahunnya jatuh di masa liburan sekolah, jadi deh sekalian dirayakan di luar kota sambil jalan-jalan.

Supaya adil dan merata, karena Abby ulang tahunnya yang ke-5 dirayakan di tempat main, maka ulang tahun Tilly juga dirayakan di tempat main. Lagi-lagi perkiraan kami soal jumlah tamu meleset. Pestanya ini diadakan di hari terakhir liburan sekolah. Saya kira teman-temannya pada banyak yang nggak bisa hadir. Nggak taunya, yang konfirmasi 29 anak dong! Pas booking awal di tempat pestanya, estimasi saya 20 orang yang hadir, jadi saya booking hanya separuh mezzanine area, sesuai dengan arahan dari pemilik tempatnya. Beliau juga bilang, nanti seminggu sebelum hari H kabarin saja jumlah finalnya. Begitu tamu anak-anak mencapai 29 orang, paniklah saya, langsung telepon ke tempat pestanya, dan yang bikin tambah panik lagi, ternyata separuh mezzaninenya lagi sudah dibook orang. Mana mungkin saya bisa masukkan 29 anak, ditambah lagi orang tuanya kalau cuma pakai separuh. Setelah negosiasi panjang, akhirnya pemilik tempat bersedia untuk kasih seluruh mezzanine area ke saya setelah dia menggeser tamu yang satunya ke lantai bawah hihihi. Buru-buru deh tambah lagi bayar booking extra tempatnya biar langsung deal!  Waktu panik itu saya pas lagi liburan pula, untung paniknya nggak lama-lama, cuma 1 hari aja. Phewwww!

Undangan yang dibikin seadanya, cuma pakai Canva. Bikinnya aja sambil nganterin anak les renang, besoknya buru-buru cetak, dan bagikan ke teman-teman di kindy.

Hal lain lagi yang sempat bikin panik, tadinya tuh container goodie bagnya nggak mau pakai ini, tapi ternyata stock habis di mana-mana, dan terpaksa pakai container kertas motif metalik biasa. Untungnya lumayan lah, keren juga begitu sudah jadi.

Perasaan kerjaan saya bikin goodie bag melulu yah, nggak kelar-kelar.

Rabu, 20 Juli 2022

Sampai lupa. Karena ada keluarga kami yang nggak diundang ke tempat pesta (karena tempat pestanya khusus keluarga yang bawa bocah-bocah), kami ngadain dinner bersama di Little Creatures Brewery sehari sepulang kami liburan. Saya ingat banget hari itu hujan badai ampun-ampunan. Saya dan suami pisah mobil karena suami langsung dari kantor, lalu saya bareng anak-anak dan teman saya si Lucy. Untung nggak lupa bawa payung, kalau nggak mah dijamin deh basah kuyup. Anehnya, biarpun parkirnya rempong karena daerah situ sedang renovasi, biarpun hujan badai, tapi restaurannya ruame!  

Anak yang ulang tahun, menunya apalagi kalau bukan ayam goreng. Kali ini Chicken Scnitzel (alias ayam geprek ala bule hahahha).

Pasukan makan-makan.

Saya nggak foto semua menu, cuma menu saya sendiri aja. Yang ini enak banget padahal vegetarian. Ricotta gnocchi, truffle mushroom, kale, pine nuts, with black garlic butter. Nyam!

Sabtu, 23 Juli 2022

Habis balik dari liburan itu, nggak ada waktu istirahat lagi, langsung saya berjibaku untuk menyiapkan konsumsi untuk pesta. Di tempat pestanya itu sama sekali nggak jualan makanan (kecuali eskrim, kopi, dan minuman), tapi kita boleh bawa makanan dari luar. Konyolnya, mama-mama dari teman Tilly sudah heboh, katanya pingin nyobain masakan saya (gara-gara saya ikut MasterChef). Wadoh! Repotnya, di tempat pesta sama sekali nggak ada dapur, jadi ya mau nggak mau semua makanan saya sediakan dalam keadaan dingin. Mau dibawa panas pun, sampai sana pasti dingin karena sedang musim dingin. Karena acaranya setelah jam makan siang, jadi makanannya lebih merupakan nibbles, jadi dingin pun nggak terlalu parah-parah banget deh. Bukan menu lontong sayur yang kalau dingin jadi nggak enak hehehe.

Untuk memudahkan buat anak-anak, saya siapkan snack box untuk mereka. Isinya ada pangsit goreng, bakso goreng, popcorn chicken, sausage rolls, brownies, dan mini apple turnover.

Meja makan saya sudah penuh nggak karu-karuan dengan segala jenis konsumsi.

Tengah malam sebelum hari H, masih sempat bikin baloon garland, kata suami saya kurang kerjaan. Biarin hahahaha.

Hari H, kita bawa 2 mobil ke lokasi pesta. Mobil pertama seluruh kursinya diratakan kecuali kursi depan, untuk bawa makanan yang sudah diplating. Plus di atasnya nanti dimasukkan baloon garland segede bagong.

Mobil satu lagi untuk isi manusianya, ditambah perkakas, goodie bag, minuman, dan menu-menu untuk isi ulang. 

Saya kan booking tempat dari pukul 1.30 siang sampai pukul 4 sore. Saya kira, kalau saya sampai sana pukul 1 siang, bakalan bisa mulai dekor-dekor dan nyusun makanan. Ternyata eh ternyata, beneran 1.30 baru bisa naik ke mezzanine dan nyusun semuanya. Untungnya, teman-teman kami gerak cepat, bantuin semuanya sehingga acara tetap bisa mulai on time. Duh, makasih banget deh sama teman-teman yang hadir, entah gimana kalau nggak ada mereka. Tapi di Selandia Baru sini memang harus terbiasa saling gotong royong dan gercep, soalnya nggak ada asisten yang bisa disuruh-suruh hehehe.

Tilly dan sahabatnya, Lily.

Geng ikrib, Melehola, Tilly, Zoey, dan Lucia.

Suasana mezzanine yang mulai ramai. Untung ada teman-teman, langsung gercep masang taplak dan bagi-bagi ransum.

Seluruh anak berbaris untuk dipasangkan gelang oleh petugas untuk main di bawah.

Hore, sudah dapat gelangnya!

Dibriefing dulu sebelum mulai loncat-loncatan. Seneng deh sama tempat ini, rapi banget administrasinya. Selain itu, 90 persen tamu-tamu on time sesuai undangan, jadi briefingnya bisa sekaligus.

Sementara itu, di atas kita mulai finishing touch makanan. Ada sate ayam (nggak pakai bumbu kacang karena ada aturan soal alergi), pangsit goreng, bakmi goreng seafood, popcorn chicken, bakso goreng.

Pineapple, brownies, sausage rolls, oranges, mini apple turnover. Dipikir-pikir, edan juga ngerjain semuanya sendirian hahahaha.

Lumayan kan tuh baloon garland buat menghiasi meja kado. Mau digantung udah males, gitu aja deh cakep.

Sementara itu, anak-anak udah mulai jumpalitan di bawah.

Dan bapak-bapak bantu pasang bunting tulisan "Matilda's 5th Birthday". Tadinya hampir ngga mau dipasang, cuma kan bikinnya susah ye, sayang amat kalau nggak jadi dipasang huhuhu (emaknya gak rela).

Bisa ya anak kecil hampir sejam loncat-loncat doang.

Main prosotan hepi bener!

Enaknya di tempat ini, orang tua bisa ngawasin dari lantai atas alias mezzanine. Untung akhirnya bisa booking seluruhnya, jadi partynya nyaman nggak empet-empetan.

Puyeng nggak lihat puluhan anak loncat-loncatan doang?

Sementara orang tuanya pada makan-makan dan konkow-konkow.

Kira-kira setengah jam main, banyak anak-anak yang mulai lapar, jadi pada break makan dulu.

Termasuk bocah yang ini nih, lapar juga dia (tumben...).

Kirain anak-anak abis makan mah tinggal ngobrol-ngobrol ya, ini mah balik lagi main trampolin. Heran pada betah amat loncat-loncat dan main prosotan.
Biar nyungsep juga hepi!

Tibalah saat nyanyi, tiup lilin, dan potong kue. Kali ini kuenya juga bikinan saya, dengan request khusus, "I want all chocolate, must be full of chocolate!". Oke deh, kali ini kuenya coklat, pakai chocolate buttercream, pakai maltese, dan disiram pakai meisjes. Kebayang nggak brutal banget coklat semua. Yang penting anaknya happy.

Happy birthday to you, happy birthday to you!

Tiup lilinnyaaa! Kali ini tiup aja deh, moga-moga sehat semua. 

Potong kuenya.

Untung inget buat foto keluarga. Asli, foto keluarga satu-satunya di tempat pesta.

Comot terus! Oh iya, kuenya ini laku banget, ludes kandas. Bahkan saat saya mau buang creamnya karena kuenya sudah habis, ada satu bapak-bapak bule yang nahan, katanya jangan dibuang, buat dia aja buttercreamnya karena enak. Lumayan sukses lah yeeee. (Tapi tetap sampai saat ini tidak menerima pesanan hahaha).

Bersama cici Bianca, senyumnya sama-sama manis.

Sampai rumah, foto dulu dengan kado-kado di dalam mobil. Gemes bener ya.

Susun-susun kadonya biar cakep, dan biar bisa ada foto keluarga satu lagi.

Jangan tanya apa yang terjadi setelah foto ini. Satu living room brantakan semua! Kadonya banyak, bungkus sampahnya juga seabrek-abrek, luar biasa.


Bonus foto:

Sehabis liburan, Tilly langsung masuk ke Primary alias SD. Kecil-kecil udah SD aja anak ini. Sebagai tradisi, saya selalu foto anak-anak di depan rumah pas 1st day of school. Apa daya, tahun ini first daynya hujan badai. Jadi deh foto di dalam rumah, pakai pencahayaan seadanya alias lampu ruang tamu hahahaha. 

Tas sekolah sama anaknya, ukurannya nggak beda jauh.

Bareng cici Abby. Cicinya di kelas 5, adiknya di kelas 0. Di sini anak yang lahir bulan Mei ke atas di tahun tersebut bakalan masuk kelas 0, lalu di tahun depannya baru deh kelas 1. Jadi Tilly ini termasuk yang makan tahun. Kalau dulu cicinya masuk SD langsung kelas 1.

Selesai deh cerita ulang tahunnya Tilly yang ke 5. Moga-moga kebayang serunya dari foto-foto. Setelah 3 bulanan di sekolah, ternyata Tilly suka banget sekolah. Walaupun pas awal-awal saya sempat dipanggil gara-gara anak ini hobinya ngajak temennya brantem rebutan barang, tapi sekarang berita yang keluar soal anak ini selalu positif, mulai dari kemampuan membacanya yang lumayan oke, sampai ke minatnya soal musik. Moga-moga Tilly terus senang di sekolah, jadi anak yang bisa dibanggakan. 

Ini ucapan saya di Facebook pas hari ultah Tilly:

Hari ini, bocah kecilnya mama papa resmi lepas dari usia balita. Hip hip hura! Artinya dalam hitungan hari, anak ini akan masuk SD! Rasanya belum lama melahirkan dia dengan segala dramanya. Habis melahirkan bocah ini, membuat mamanya yakin untuk menutup produksi anggota keluarga tambahan, yang artinya dia resmi jadi anak bontot. 

Selama membesarkan dia 5 tahun terakhir, saya nggak pernah khawatir soal perkembangan otak dan sosialnya. Karena dari kecil udah ketauan kalau anak ini pintar dan mudah bergaul. Temannya banyak, dan nggak pernah sulit beradaptasi di lingkungan manapun (boleh ditanyakan ke siapa aja yg kenal dia, pasti dia bisa nempel sama siapapun). Yang bikin ketar ketir adalah anak ini susah banget makannya begitu umur 2 tahun ke atas, sampai doa mama selalu sama: semoga nafsu makannya tambah. Untungnya doa mama belakangan ini lumayan terjawab (setelah drama derita anaknya dua kali kena tummy bug dalam sebulan 😅😅). 

Tahun ini, foto ulang tahunnya nggak pakai kue buatan mama, karena kebetulan lagi liburan term break di luar kota. Puji Tuhan hotelnya kasih kue gratisan plus lilin, yang membuat anaknya super sumringah! Dia nggak sabar untuk nyanyi lagu happy birthday dan tiup lilin. Makanya begitu tiba waktunya, niupnya penuh semangat sampai monyong2. 

Selamat ulang tahun, anakku Tilly. Selamat masuk jenjang baru ke primary school. Semoga dengan bertambahnya usia, ditambahkan pula kepintaran, kesehatan, kebijaksanaan (dan nafsu makan... ðŸĪŠ). Kiranya kamu selalu dilindungi Tuhan, dipenuhi sukacita berlimpah, dan bisa membawa kebahagiaan bagi semua orang. Akur2 juga sama cici Abby, dan tetap nurut orang tua. Request tambahan, semoga kamu tetap lucu dan menggemaskan, soalnya mama masih betah peluk-peluk dan ciumin kamu.

Comments

  1. Happy Birthday Tilly, panjang umur, sehat slalu.
    Selalu senang dengan posting ci Leony, slalu saya tunggu2.

    salam manis dari Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, ini dengan siapa ya? Makasih ucapannya buat Tilly dan makasih udah baca2 blog saya :).

      Delete
  2. happy bday tilly, aku ngikutin blog ci Leony dari lahiran Abby, eh tau tau Tilly dah 5 tahun xixixixi..sehat sehat anak cantik, God bless you always.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Desi buat ucapannya. Iya nih, blognya dah lama ya, mirip lah sama ownernya, udah tua hahahaha.

      Delete
  3. Happy birthday Tilly! semoga sehat2, panjang umur dan bahagia selalu. GBU

    ReplyDelete
  4. Woah, Le! Kagum gue ngeliat semua yg loe kerjain buat party! ngeliatnya aja bikin badan berasa remuk...hahahahahha.....Happy Birthday again Tilly!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Iya, demi, soalnya umur 5 memang a milestone buat anak2 di sini. Jadi deh bela2in.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yang Dalem Dalem

Motherhood Saga: Barang-Barang Esensial Mama dan Abby Bag. 1

Tutorial Sok Kreatif - Dekorasi Kelas