Tiga Sembilan

Halo lagi, sudah lebih dari sebulan nggak update, dan penyebabnya adalahhhhh.... Auckland kembali lockdown level-4 lagi mulai tanggal 17 Agustus 2021 pukul 11.59 malam! Buat yang pingin tau ketatnya lockdown level 4 di Auckland seperti apa, boleh intip post saya tahun lalu di sini. FYI, jangan kaget ya, Auckland langsung lockdown level 4 karena cuma SATU kasus positif! Iyes, cuma 1 ketahuan, langsung pemerintah lockdown tanpa tedeng aling-aling. Siang umumkan, malamnya langsung laksanakan. Dan keputusan pemerintah tepat banget, karena kasus Delta variant ini nyebarnya ngebut! Dengan kontrol dan lockdown yang begitu ketat aja, tiap hari nambah kasus, sampai sempat di atas 80 orang penambahan per hari. Puji Tuhan, setelah lockdown tiga minggu lebih, hari ini penambahan kasus tinggal belasan aja. Harap-harap cemas, semoga dalam waktu dekat alert levelnya bisa turun, dan anak-anak bisa kembali lagi ke sekolah dengan perasaan aman sentosa. 

Kenapa lockdown jadi membuat saya nggak punya waktu nulis blog? Itu karena, dua anak beneran full time di rumah, dan yang besar namanya sudah kelas 4 SD, tugasnya bejibun! Katanya sih "do it at your own pace" ya, tapi manalah anak kecil mau ngerjain sendirian dengan sukarela tanpa diawasin sama emaknya? Jadilah emaknya ini kerjaannya jadi guru temporer nan galak, sambil nonstop masak lantaran orang serumah jadi makan siang dan malam full meal, ditambah gejala lockdown yang paling dahsyat yaitu "laperan". Karena di rumah doang, bawaannya bolak balik pantry nyari cemilan, baik yang anak-anak maupun dewasa, sampai stock icip-icip harus penuh di kulkas dan lemari. Mana belanja saya batesin cukup 1 minggu sekali demi minimalisasi keluar rumah, jadi tiap belanja lumayan masif jumlahnya demi memastikan ransum tersedia. Sebelum ngelantur, mari kita balik ke inti postingan kali ini yaitu, saya nambah tua setahun lagi.

Iya, tau-tau udah usia 39 aja. Ulang tahun saya di 2021 ini jatuhnya hari Senin, bikin hati galau apakah mau makan di luar. Saat itu sih sama sekali nggak kepikiran lockdown, cuma mikirin, hari itu hari kerja yang berarti suami sudah capek dan besok paginya anak-anak sekolah. Sehari sebelum ultah, baru kepikiran untuk nyari resto karena yang ultahnya plin plan soal plan bday mau dirayain pas hari H atau nunggu weekend aja. Saya kepikiran pingin makan Thai Food buat ulang tahun kali ini, dan ternyata resto Thai Food di sekitar rumah tutup semua kalau hari Senin. Iya, restaurant di NZ banyakan liburnya hari Senin supaya karyawan jadi punya 1 hari libur.  Akhirnya booking di tempat yang jauhan dikit, dan cuma ngajak satu orang saja di luar keluarga yaitu sahabat saya, Lucy. Bersyukur banget akhirnya memutuskan untuk "maksain" makan malam pas hari H, karena eh karena, besoknya lockdown! Jadi boleh lah ya ulang tahun kali ini kita sebut : "The Almost Lockdown Birthday". Hihihi. Di kala tahun lalu ulang tahun saya pas kena lockdown level 3, tahun ini dikasih kesempatan merayakan sehari sebelum lockdown level 4. Kebayang kalau ultahnya pas di level 4, beli takeaway aja nggak bisa. Ultahnya alamat masak sendiri, makan sendiri, macem lirik lagu dangdutnya Caca Handika. Jadi biarpun dirayakan sederhana, tetap puji Tuhan! Jadi hari ultah ngapain aja? Nih diceritain di bawah.

Bangun tidur di usia 39, tau-tau dikejutkan sama suami dan anak-anak yang brisik ngucapin "Happy Birthday" dan ngebawain saya Lego Bonsai. Tau gak sih yang lucu apa, saya tuh pernah nyeletuk ke suami, dari seri Lego Botanical Collection, saya nggak gitu demen Lego Bonsai ini. Saya lebih seneng yang Lego Bunga (yang udah dia kasih pas Valentine), dan Lego Birds of Paradise (yang dia juga beliin saya beberapa minggu sebelum ultah). Makanya begitu dapat si Bonsai, saya bingung kok kenapa dia beliin ini. Rupanya, dia udah ngumpet-ngumpet beliin saya duluan dari sebelum saya bilang nggak gitu demen Lego Bonsai hahahaha. Sebenernya sih, bukannya saya nggak demen ya. Tapi buat harga segitu, serasa plain banget warna Legonya, makanya mendingan duitnya buat Lego yang lain. Tapi buat suami yang penggemar Lego mah, dia milih saya punya koleksi lengkap seri Botanical ini. Hadiah ini cuma simbol aja kok, karena saya udah keseringan dibeliin macem-macem sama suami hihihi.  Makasih loh suami, koleksi pepohonan Lego saya semakin kumplit! (walaupun yang dibikin baru satu sampai saat ini saking sibuknya hahaha). 

Koleksi terakhir Lego pepohonan. Sekarang sudah lengkap deh. 

Apalah artinya merayakan ulang tahun siang-siang sendirian di rumah tanpa makan mie. Dan tentulah, paling nikmat makan Indomie Goreng pakai poached egg. Itu pangsit goreng cuma sisa dari dinner sebelumnya, tapi mayan kan jadi brasa mewahan dikit hahahaha. Makan mie biar panjang umurnya, sehat badannya, panjang rejekinya. Amin. Tentu saja "sehat", mienya 2 bungkus! Hidup karbo dan micin!

Malam itu, suami pulang early dikit, supaya kami bisa makan malam nggak keburu-buru. Kami menuju ke Thai restaurant yang katanya review Google sih 4.8 stars, namanya Thai Thai. Resto ini adalah hasil pilihan cap cip cup sehari sebelumnya, dan berharap semoga beneran enak rasanya lantaran belum pernah makan di situ. Ternyata eh ternyata, enak semuaaaa! Beruntung juga sudah booking tempat, karena walaupun Senin malam, restonya fully booked! Beneran pas sampai sana, tinggal meja yang kami reserve aja yang kosong. Sisanya sudah dihuni semua. Btw, nama restonya kan Thai Thai, mungkin sesuai sama hidup saya yang macem Tai Tai yang kalau bahasa Mandarin artinya sih gini: 

Tai tai (太太) is a Chinese colloquial term for an elected leader-wife; or a wealthy married woman who does not work. 

Ngareppppp!

 Oke deh daripada ngehayal babu, inilah pesanan kami pas malam itu.

Grilled Pork Skewers: Marinated pork in Thai herbs served with Isan sauce. Sate babi endeus asli enak banget. Hampir aja mau nambah pesan 1 porsi lagi kalau nggak inget pesen makanan seabrek.

Chicken Wings: Deep fried chicken wings marinated in Thai sauce and herbs served with sweet chili sauce. Ayam goreng, makanan paling aman untuk anak-anak. Ini juga wangi dan enak banget.

Seafood Tom Yum Soup: Fragrant soup with lime juice, lemongrass, galangal and vegetables. Kami order yang porsi besar maksudnya buat sharing, ended up yang makan cuma saya dan Lucy yang penggemar asem-asem pedes. Sueger banget loh ini, dan seafoodnya lengkap plus juicy. Mulai dari udang, ikan, mussel, dan cumi.

Roast Duck Red Curry: Thai red curry served with mixed vegetables and coconut milk. Salah satu red curry paling enak yang pernah saya makan, bebek panggangnya juga generous. Jadi ngiler ngebayanginnya.

Beef Pad See Iew: Stir fried rice noodles with dark soy sauce and mixed vegetables. Kwetiaw goreng sapi ala Thai, enak, wangi, dan beefnya banyak! 

Meja sampai hampir nggak muat, perutpun hampir nggak muat. Kenyang, puas!

Ibu-ibu pencinta Tom Yum asem pedes seger.

Foto keluarga dulu sebelum pulang. Yang kecil mutung lantaran ada orang nggak sengaja mundurin kursi pas si Tilly lagi berdiri di belakangnya. Alamat benjol dah. Untung akhirnya nangisnya reda.

Ulang tahun rasanya nggak lengkap kalau nggak potong kue ulang tahun. Berhubung males beli kue, siang-siang saya buru-buru bikin cupcake, cukup dihias pake buttercream icing aja. Sepulang dinner, baru deh acara foto keluarga pakai timer, dan tiup lilin. Errornya, pas lagi geser cake stand, kakinya kelipet satu yang berakibat cupcake pada ambrol glindingan di atas meja. Untung ya lagi winter, jadi buttercream-nya lumayan kokoh, jadi masih bisa diselamatkan dan lumayan gak jelek-jelek amat pas difoto. 

Foto keluarga pakai timer. Eh iya, itu outer yang saya pakai, hadiah ultah dari Lucy sahabat saya, yang dia rajut sendiri. Dia bikin dua, buat saya dan dia, rencana mau jadi anak kembar buat girls nite out, apadaya lockdown, sampai saat ini belum terlaksana. Huks. 

Foto lagi, kali ini tanpa bunga Legonya ya, soalnya itu bunga gede banget euy.

Tiup lilin, biar sah memasuki usia 39 tahun. 

Simpel banget kan perayaan ultah tahun ini? Biar sederhana yang penting tetap berkesan dan penuh syukur. Bersyukur diberikan kesehatan, umur panjang sampai saat ini, rejeki yang cukup, suami yang luar biasa baik, anak-anak yang cantik dan pinter, keluarga di Indonesia juga sudah sembuh dari Covid, pokoknya banyak ucapan syukurnya. Bersyukur juga 5 tahun lalu kami sekeluarga nekad pindah ke Selandia Baru walaupun saat itu ditangisi oleh para ortu kami, tapi sekarang mereka bilang, "Untung ya kalian udah di NZ." Iya, kami beruntung banget bisa ada di negara yang kontrol covidnya luar biasa bagusnya, tapi kami juga sedih nggak bisa kumpul keluarga sudah 2 tahunan lamanya. Sungguh berdoa, semoga pandemi ini cepat berlalu, dan bisa berpelukan langsung dengan sanak saudara. 

Catatan tambahan: Oh iya, minggu lalu saya akhirnya dapat giliran vaksin. Maklum, usia di bawah 40 tahun dapat giliran terakhir. Di sini jenis vaksinnya cuma satu yaitu Pfizer jadi nggak pakai milih-milih. Efeknya buat saya cuma ngantuk sebentar, dan tangan kiri (yang disuntik) pegel seharian. Tapi habis gitu, sama sekali nggak ada efek samping. Yuk, buat yang belum vaksin, buruan vaksin deh, supaya kita semua mulai pelan-pelan bisa merasakan "kebebasan" untuk bergerak lebih banyak dengan imunitas masal yang lebih baik. Nggak usah mikir merek vaksinnya mau yang ini itu, yang penting sekarang kita bisa melindungi diri sendiri, dan juga melindungi orang lain di sekitar kita. Buruan yuk, Indonesia bisa! 


Comments

  1. happy belated birthdaayyyy....betul, sungguh beruntung bisa tinggal di NZ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung sih Yun, walaupun lockdownnya jauh lebih ketat drpd di Indonesia, tapi lebih berasa aman.

      Delete
  2. Happy birthday Le!!! Memang saat ini, yg simple simple aja jadi berasa bersyukur banget ya…tetap sehat, bisa bernapas dan bisa nambah umur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Nan. Bisa kumpul bareng keluarga dalam keadaan sehat aja Puji Tuhan banget. Amin!

      Delete
  3. Happy birthday Leony...wish you always be happy! siap menyongsong gerbang umur 40 bentar lagi hihi setahun tidak terasa
    Sebagai penggemar thai food, bikin laper semua nih foto2 makanannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Lis. Haha, sicap bentar lagi, siap2 skincare naek drajat ya.
      Thai Food termasuk yang ngga bosenin, mirip2 makanan Indonesia. Banyak yang seger dan wangi.

      Delete
  4. Happy Birthday Mba Le, semoga usianya slalu dilimpahkan keberkahan, kebahagiaan, kesehatan. :)

    ReplyDelete
  5. Happy birthday Le! Semoga next year big 40 udah bs ketemu sama keluarga yg di Indo ya!!

    ReplyDelete
  6. Udah lama ga mampir ke blog leony. sekali mampir udah byk post baru.
    jadi comment keroyokan di sini saja ya.

    Happy belated birthday untuk si imut Tilly.
    Happy belated birthday utk maminya Tilly dan Abby.

    Keluarga di Indonesia udah sehat semua kan Le?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih buat ucapan bdaynya ke Tilly dan mamanya ya Lim.

      Puji Tuhan, semua udah sehat, jadi bisa bernafas lega.

      Delete
  7. Happy Belated Birthday Ci! semoga sehat2, panjang umur dan bahagia. GBU

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yang Dalem Dalem

Motherhood Saga: Barang-Barang Esensial Mama dan Abby Bag. 1

Tutorial Sok Kreatif - Dekorasi Kelas