Paskah 2020

Malam Paskah tahun ini, rasanya sungguh berbeda. Tidak ada lagi ke gereja lebih awal demi mendapatkan kursi, tidak ada lagi nyanyian koor yang meriah, persembahan dengan tari-tarian, ataupun hiasan altar bunga beraneka warna.

Kami merayakannya di rumah, di depan televisi, dengan anak yang besar selalu gelisah karena tidak betah duduk di sofa, dan anak yang kecil harus selalu didekap supaya nggak kabur keliling rumah.

Tapi tahun ini, kami sungguh disadarkan, kalau segala kemeriahan itu, sama saja artinya dengan kesunyian sekarang. Liturginya tetap sama, bacaannya tetap sama, peristiwa yang kami rayakan tetap sama. Kami belajar, bahwa Dia yang kita rayakan kebangkitan-Nya, memang dari awal hadir dalam kesederhanaan, hadir dalam kesunyian.

Dan sesungguhnya, Paskah 2020 ini malah jadi salah satu yang teristimewa, membuat kita sadar, bahwa memang Dia-lah yang empunya hidup dan mati kita. Segala kemewahan yang kasat mata, hanyalah titipan semata, dan sesungguhnya kesehatan kita, cinta dan perhatian dari keluarga dan teman-teman kita adalah harta yang sungguh berharga.

Selamat Paskah. Semoga pengorbanan Kristus di kayu salib tidak sia-sia, dan kita ikut bangkit bersama Dia, menjaga bumi yang Tuhan titipkan untuk dijaga manusia, dan membagi cinta untuk orang-orang di sekitar kita. Semoga badai segera berlalu, dan kita bisa bertemu kembali, berpelukan, berbagi canda dan tawa, tanpa harus merasa was-was akan bahaya.

PS: foto di bawah adalah Hot Cross Buns, roti khas Paskah yang diminta oleh Abby. Mamanya terpaksa buat demi meminimalisasi trip ke supermarket di saat lockdown. Sayangnya belum sampai Paskah, sudah ludes masuk ke perut penghuni rumah, yang tersisa hanya gambarnya. 🤣🤣


Comments

  1. udah sebulan ini ikutan misa online tiap minggu. bikin jadi kangen pergi ke gereja ya...
    abis ini kalo udah bisa keluar lagi pasti gak akan take things for granted lagi ya...

    happy easter!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue sih kangen dari awal mulai misa online, Man. Baru 1st week aja gue udah mewek di shower. Huksss... Ada yang hilang rasanya.

      Delete
  2. happy easter le... semoga ini semua cepat berlalu ya, jadi kita bisa beribadah di gereja lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa keluar rumah tanpa was-was dulu deh. Semoga segera ditemukan obat dan vaksinnya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yang Dalem Dalem

Motherhood Saga: Barang-Barang Esensial Mama dan Abby Bag. 1

Tutorial Sok Kreatif - Dekorasi Kelas