Lagi Lagi Gara Gara 2,000

Gak tau kenapa, saya kembali bermasalah dengan nominal uang rupiah senilai 2,000.

Jadi begini ceritanya. Kemarin ini saya belanja di hypermarket terkenal di Jakarta yang inisialnya C. Nah, seperti diketahui, yang namanya C itu kan toko retail, jadi tidak menjual barang secara grosiran atau bulk (istilah baratnya).

Kemarin ini saya iseng mau beli snack, harga per unitnya 500 rupiah saja. Murah kan? Tapi saya mau belinya 20 biji, nanggung soalnya beli dikit-dikit. Jadi daripada saya ambil satu-satu, saya lihat masih ada yang dibungkus 1 pak, di balik tumpukan satu-satu itu. Daripada kasirnya repot hitung, kan enak toh, nanti tinggal 20 biji dikali 500 rupiah.

Ketika seluruh belanjaan saya sudah dihitung dan struk keluar, saya periksa belanjaan saya. Saya bingung, kok barang sekotak yang saya beli itu harganya 12,000 rupiah. Bukankah 20 buah dikali 500 rupiah itu totalnya 10,000 rupiah saja? Saya tanya ke kasirnya, dijawab:

"Oh, itu bukan urusan kasir, Bu. Tanya saja langsung ke customer service."

Oke, saat itu saya masih sabar. Yang membingungkan bagi saya adalah, jika memang harga per box itu 12,000, kenapa mereka tidak mencantumkan harga per box di counternya? Kenapa hanya harga eceran saja yang tersedia? Dan karena C merupakan pasar retail, kenapa bisa tersedia harga per box? Selain itu, aneh juga ya, harga per box bukannya harusnya lebih murah? Kan belinya sekaligus?

Akhirnya gara-gara selisih 2,000 itu, saya penasaran, dan saya datang ke customer servicenya. Mungkin orang-orang bingung, kok ini ibu-ibu lumayan keren, pakai baju kantoran necis, nenteng tas bermerek lumayan, dan bawa Blackberry, tapi meributkan uang 2,000 rupiah. Saya juga yakin customer servicenya berpikiran gitu juga kali ya hahaha. Sekali lagi, buat saya di sini bukan masalah uangnya, tapi masalah perlindungan konsumen.

Setelah tiba di depan customer service, saya tanyakan pertanyaan yang sama dengan yang di kasir tadi. Jawaban customer service:

"Emang begini, Bu. Kan Ibu dapet kardusnya."

Hehhhh??? Ya ampun, gak ada jawaban lain apa ? Kardusnya mending deh kalo kayak kardus air mineral. Ini sih kardus letoy-letoy, dijual juga gak ada yang mau! Akhirnya dia bilang kalau dia mau hitung ulang. Ya ampun repotnya, mesti lapor ke supervisor, ubah nota, kemudian mesti dibuang kardusnya sebagai tanda kalau belinya eceran! ANEH BANGET GAK SIHHH ??

Dan yang terparah adalah, saat uang 2,000 rupiah itu dikembalikan. Dikembalikannya dalam bentuk: RECEHAN 100 RUPIAH!! Ya ampun, di bulan Ramadhan ini, maafkanlah hambamu... kok rasanya kemarin itu nggak sabar ya. Dengan wajah nyolot, customer service-nya ngomong,

"Adanya ini, Bu. Terserah mo diambil apa nggak, kalau nggak mau receh, ya nunggu lagi."

Hypermarket segitu besar, tidak punya uang 2,000 dalam bentuk lembaran?? Atau setidaknya logaman 500 rupiah?? Yang benar saja kan ? Saya ambil itu seraup uang recehan, dan saya bilang,

"Nggak usah, gak apa-apa, buat parkiran aja."

Ternyata begini toh suasana Ramadhan. Makin banyak pengemis maksa di jalanan, makin macet, makin banyak rampok, makin banyak orang nyolot. Tapi ya Tuhan, terima kasih saya dikasih kesempatan untuk belajar lebih sabar.

Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Comments

  1. udah gilaaaa... mana ada ceritanya kalo ada kardusnya itu kudu nambah duit? aneh sekali...

    malah biasa di C itu suka banyak kardus2 tergeletak bekas barang2 yang di display, dan itu kardus2 boleh diambil free lho. gua kadang pernah ngambil juga soalnya kalo pas perlu kardus.

    gile ya menyebalkan sekali.
    dimana2 kalo beli 1 kardus ya either harganya sama atau malah lebih murah. gak pernah ada orang beli banyak malah jadi lebih mahal.

    ReplyDelete
  2. @ Arman: Makanya, gue juga ngga ngerti apa maksudnya kan. Makanya juga, gue gak segan-segan buat ke customer service, walaupun kesannya gue buang waktu, biarin aja deh.

    ReplyDelete
  3. belanja di market indo emang kudu hati2 mata kudu jeli, otak kudu jalan juga, ingetin harga2 yang ada di rak dengan yang ada di kasir, yang paling sering kejadian itu H*ro. Klo ada promo disc 50% di DB na ga di input, jadi begitu di scan harganya 100%, klo orang ga komplen kasir diem aja, klo kita komplain baru di kasih disc 50% na, ck ck ckc k~

    ReplyDelete
  4. @ Pitshu: Emangggg... Di Indonesia, jeli aja suka dikerjain orang, apalagi kalo gak jeli. Cape loh bener-bener jadi konsumen di negara ini.

    ReplyDelete
  5. wah.. kalo gw jd loe. uda gw maki-maki tuh CS nya abis itu gw minta panggil managernya ama minta kejelasan. dulu gw mo beli duren kalo ga salah, tp dia ga mau kupasin, biasanya kan boleh tuh. gw kesel, gw telpon aja manager on duty nya dia. ada kok nomornya tertera. beres deh masalah.
    Bagaimanapun harus dipegang prinsip, customer adalah raja!!

    ReplyDelete
  6. @ Yulia: Ah, laen kali kalo gue dikerjain sama orang-orang rese di supermarket/ mall, gue kontak elu aja ya, buat jadi perwakilan gue marah-marahin CS-nya! Hehehehe... kmaren agak gondok sih, tapi ya udahlah, gue juga kmaren dah cape, pengen cepet-cepet pulang.

    ReplyDelete
  7. Gw juga suka gondok kalau belanja grocery kadang kasirnya suka buat kesalahan juga. Misalnya gw beli lemon 6 ternyata di struknya ada 7. Kadang disini juga sering kesalahan2 spt itu. mau minta balik, males deh kudu ke customer service, yg ada yah gondok juga sih sebab kalau kita bayar kurang seharga satu lemon di supermarket, pasti gga boleh kan ha ha ha

    ReplyDelete
  8. @Babybeluga: Ya seenggaknya kalo di US biasanya purely salah itung. Kalo di Indo, systemnya error, manusianya sengaja nyebelin heheheh

    ReplyDelete
  9. Ampunnnn.... segitu dudulnya kah org Indo? Smp2 kardus leot pun dikira punya nilai jual? Ato si CS nya itu aja yg ngomong seenak udelnya?

    Wuih...gue demen tuh Le, gaya elo ngeraup koin cepean. "Gak pa2...buat parkiran" Pasti keliatan cool :)

    Beneran... gue plg salut sama org yg marah, tp gak pake teriak2. (hik..hik.. gue kadang gak bisa :) )

    ReplyDelete
  10. @ Lovefaithhope2811: Hehehe.... emangnya elu kebayangnya gaya gue kayak apaan, Li ? Kayak gangster gitu ya... sok cool, mukanya datar :P Iya sih, gue gak teriak sm sekali, tapi ya gitu deh, pasang muka sebel dikit :P

    ReplyDelete
  11. Isinya 20 ya? Soalnya kadang kalo 1 dus githu isinya suka 24 sih, setidaknya kalo gua beli Full-O ama Richeese Rolls itu satu dus 24 and lucunyaa.. biar harga eceran lagi diskon, beli 1 dus ngga ikutan diskon, wakakakak.. jadinya malah lebih mahaaall..

    *aneh*

    ReplyDelete
  12. YAA TUHANKUUUUU!!

    Kalo di luar negri tuh, kardus2 wine yang bagus buanget ajaaa dibuang2 sama tokonya ya non, bahkan kita yang student2 malang ini kalo minta kardus buat ngepack2 barang2 untuk disumbang ke charity aja mereka dengan senang hati mempersilakan kita untuk mengambil kardus2 itu sepuas hati! Malah dibantuin pula! Ya udah aja gw milihnya yang kardus2 Penfolds, DP, Cliquot...hahaha gratis pun juga teteup harus yang paling keren ngambilnya.

    Anyway, biasanya sih pengalaman gw di hypermarket C itu pleasant ya, dibanding hypermarket G atau bahkan hypermarket baru LM, yang kata my mom service nya patchy banget. But then again, gw biasanya kalo lagi Ramadhan / menjelang Lebaran nggak pernah di Jakarta. Mungkin puasa mengubah sikap orang2 ya, jadi lebih frustrasi.

    Gw juga minggu kemarin belanja di Cold Storage, beli Scottish smoked salmon yang biasanya harganya per 100 gram itu 14 dollar (nyebelin bgt mahalnya - but then again, Scottish smoked salmon IS undoubtedly the best. Kalo yang ecek2 kayak Finnish, Icelandic etc sih 100 gram 9 bucks juga dapet. God, I miss Australia...disana New Zealand salmon yang menurut gw 2nd best lah, cuma paling AUD 8 per 200 gram).

    Anyway, back to the Scottish salmon - biasanya 14 bucks per 100 gram, eee tiba2 ini ada diskon, cuma 8.90 bucks. Ya langsung aja gw ambil 3 pack. Pas dibawa ke kasir, ternyata setelah di-scan harganya 10 bucks. Kebetulan gw juga jeli & cermat kayak Noni, semua barang yang di-scan gw liatin harganya bener / nggak...ya jadi pas dia scan keluarnya 10 bucks, gw setopin dan gw bilang "kan labelnya disitu $8.90..."

    Lantas si kasir jutek, soalnya udah di scan keluarnya 10 bucks kok, pasti yang salah GUE kan?? Trus dengan judesnya dia bilang "No, it's 10 dollars. Here let me scan again if you don't believe me". Tiiit! keluar angka $10.00.

    Gw bilang "coba deh you check lagi, gw liat di aisle nya lagi harga promosi, cuma 8.90 bucks". Gw udah baik2 bilangnya. Trus kasirnya agak2 ga niat tapi dengan ngedumel dia cabut juga ke aisle nya. Gw udah ga enak juga sebab antrian panjang, mana si kasir lama bgt pula ga balik2. Setelah sekitar 3 menit dia ga balik, gw sempet minta maaf sama 2 - 3 orang di belakang gw karena I held the line.

    UDAH BAGUS kan gw minta maaf???, lagian itu kan bukan salah gue ya?? eeeeh ini malah orang di belakang gw nyaut "Itu kan harganya keluar 10 dolar, jadi pasti anda yang salah lah! Lagian cuma beda $1 doang!!". Wah gw langsung panas. Jangankan sedolar, 10 sen pun juga kalo bukan punya elo apa elo boleh rampas?? Gw sih nggak ngangep diri gw pelit kok. Kalo untuk hal2 lain gw juga selalu nutup sebelah mata. Tapi kalo overcharge, se-sen pun gw ga bakal ikhlas!! Anyway gw emang orangnya ga suka make a scene in public, jadi gw cuekin aja tuh orang. Lagian baruuuuu aja 3 menit. Dasar Kiasuland.

    Akhirnya setelah 4 menit, si kasir balik. Bukannya minta maaf, dia bilang "that price is wrong. You still want this or not?"
    SIAAALLL! CABE KRITING! KOL! WORTEL! Beribu hujatan melintas di kepala gw. Bukannya minta maaf kek apa kek...itu kan salah dia?? BENER kan gw kalo ditulis harganya 8.9??? Ya bukan salah dia sih, tapi salah supermarket nya kan?? Mana 1000 orang dibelakang gw melototin gw udah kayak gw yang kriminal aja!!! Yaa karaena kepepet gitu, dan ga mau kehilangan muka, gw bilang "yes I'll take it" aja! (lagian masih murah sih 10 bucks, down from the usual 14).

    Sampe di rumah, gw nyeseeel banget, harusnya pas ditanyain masih mau atau nggak, gw bilang aja "just shove it up your a**, you w**re!! And all of you other queuing customers! Do me a favor, take this stupid cashier, and shove her up each and every one of your a**es!!"

    BTW sorry non jadi numpang ngoceh nih!! L

    ReplyDelete
  13. @ Erique Fat Owl: HUAHAHAHAHAHAHAH... Kayaknya cerita elu ini pantas untuk menjadi another entry di blog. Ternyata di pikiran elu, mengerikan juga Rik, asli! Gue sampe gemeter membayangan salmon2 itu di shove on the cashier's arse... it's like putting pineapple inside Hitler's butt di film apa tuh ya. Anyway, elu brasa gak sih, kayaknya it happened a lot in South East Asian countries deh, dimana perlindungan konsumen itu tidak gimana baik. Even Singapore yang udah maju aja masih kayak gitu ya. Ya gapapa lah Rik, yang penting masih bisa enjoy salmonnya. Daripada sayang di shove ke cashier's arse :P

    ReplyDelete
  14. Yup - setuju banget non. Di Southeast asia tuh consumer protectionnya masih (kalau kata engkoh2 glodok) Beh-sai.

    Di southeast asia itu non, mau semaju apa kek negaranya, mentalitasnya masih third-world banget! Dan sayangnya tidak menunjukkan perubahan ke yang lebih baik. Kalo di Hong Kong masih mending dikiiiit. At least disana kayaknya orang2nya udah western-minded sekali. Kalo di Singapore? Sama aja sama Indonesia.

    Di SG tuh, return policy aja kayak (maaf) kentut. Ditanya2nya seabreg2. Kalo di Oz misalnya, kalo dia bilang return within 7 days no questions asked, artinya NO QUESTIONS ASKED. Bahkan di Oz, baju yang tag-nya udah ilang pun masih diterima buat returns kok. Kalo di singapur? Boro2 deh.

    ReplyDelete
  15. @ Erique Fat Owl: Lah....kalo di Spore aja udah kentut, di Indonesia apaan dong ? Tok** kah?? Hahahahha... Udah lama gue gak denger kata Beh-Sai btw... Itu temennya Bo Cai bukan sih ?

    ReplyDelete
  16. Jayus lo non, LOL.

    Bo cai itu sodaranya Dou miao sama You mai, dan iparnya Xian cai & Mei cai, sepupunya Tong hao, xiao bai cai & nai bai cai.

    (did I miss anything?)

    *GLOSSARY*
    (For those not in the know)

    Bo cai = Chinese spinach = sayur pocai

    Dou miao = snow pea sprouts = pucuk kapri (yummy!)

    You mai = something similar to cos / romaine lettuce = sayur fumak / yungmak / siomak / kumak dll

    Xian cai = salted (pickled) mustard greens = sayur asin = hum choy (Cantonese) = ham choy (Hakka)

    Mei cai = It's like xian cai but sweeter & softer. I have no idea what this is called in English = I have no idea what this is called in Indonesian as well. But it's called "mui choy" in Cantonese and "Moy choy" in Hakka

    Tong hao = Chrysanthemum leaves = pucuk seruni (yummy!)

    Xiao bai cai = Chinese cabbage = Kubis Tiongkok (yeech!)

    Nai bai cai = kind of like xiao bai cai but smaller with whiter stalks & wrinkly leaves


    Questions? Inquiries? Contact Erique Fat Owl - your Asian vegetables expert!

    ReplyDelete
  17. @ Erique Fat Owl: Salute, Mr. Asian Vegetables Expert. Eh btw komen elu yang ini masuk ke spam, makanya baru gue bisa baca! Grrhhh... Thanks for the vegetables glossary yah! I might need that when I leave Indonesia and stay in China. For now, I'm gonna stick with: Kangkung, Bayem, Daon Paya, Daon Singkong, Genjer, dan teman2nya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yang Dalem Dalem

Motherhood Saga: Barang-Barang Esensial Mama dan Abby Bag. 1

Tutorial Sok Kreatif - Dekorasi Kelas