Thursday, July 07, 2005

Tawon Nakal. Hari ketiga: July 2, 2005

Pagi di New Iberia dibuka dengan sarapan heheheh (ini mah tiap hari juga dilakuin). Sarapan hari ini agak lebih special, soalnya dapet telor, hashbrown, biscuit, and sausage. Biasanya continental breakfast di hotel tuh cuma dapet kue2, roti, dan waffle. Cuaca hari ini lumayan panas menyengat, dan perjalanan di mulai dengan kembali ke Avery Island. Tujuan kita adalah mengunjungi Jungle Garden and Bird Park. Wahana ini dibikin khusus oleh McIlhenny si raja Tabasco untuk melestarikan burung yang namanya snowy eagert yang katanya sudah hampir punah. Luas taman ini adalah 200 acre..walah gedenya... Untungnya mobil boleh masuk ke dalam. Tapi untuk melihat suasananya dari dekat, kita harus parkir di spot2 yang sudah ditentukan, dan turun langsung dengan berjalan kaki ke tujuan.

Sebelum masuk, kita berhenti dulu di storenya untuk beli tiket masuk. Pas kita masuk ke dalam, kita merasa kayak kita ada di dalam hutan tropis dengan pohon2nya yang sudah ratusan tahun usianya. Banyak juga pohon pohon bambu dan rawa rawa kecil. Banyak juga kolam kolam alligator, tapi sayang, karena cuaca terlalu panas, alligatornya pada ngumpet semua. Hiks hiks..kita cuman keliatan napasnya deh pada blub blub dari dalem air. Padahal udah semangat tuh mau liat alligator (gaya doang, pedahal kalo dideketin udah ngibrit kali). Setelah muter2 lumayan jauh dan foto foto sama pohon (kayak pilem India), kita masuk ke Buddha Temple yang ada di dalam park itu. Sebelum masuk, ada masalah mengganggu. Ada tawon 1 ekor ngikutin si yayang dan nggak mau kabur2. Si yayang sampe panik takut disengat. Setelah berloncatan ria dan beradu kungfu sama si tawon, akhirnya si tawon kabur juga, dan kita bisa masuk ke taman Buddha dengan tenang. Patung Buddhanya itu ditempatkan di dalam rumah kaca yang berbentuk seperti rumah di China. Patung ini merupakan hadiah dari 2 teman McIlhenny. Usia patung ini kira2 hampir 1000 tahun karena patungnya berasal langsung dari kuil di China yang dibangun tahun 1100-an. Di depan kuil ada danau kecil dan ada jembatan seperti jembatan kaisar. Kata si yayang sih, jaman dulu raja2 cina tuh bikin jembatan yang setiap stepnya menandakan 1 selir. Nah, yang ini sih selirnya cuman 8 kayaknya, soalnya cuman ada 8 steps :P. Perjalanan lanjut ke bird parknya, dimana kita turun ke bawah melihat ratusan burung snowy eagert lagi asoy ngobrol sama temen2nya. Setelah muter2, beberapa menit kemudian perjalanan kita di Jungle Garden dan Bird Park selesailah sudah.
Kita lanjut nyetir ke Baton Rouge via Lafayette. Di Lafayette, kita puter2 sebentar di downtownnya, dan berhenti untuk makan siang. Restoran yang kita pilih adalah Don's Seafood and Steak. Katanya sih restoran ini tuh salah satu restoran terbaik di Lafayette. Jenis masakan Don's ini adalah masakan Acadia, yaitu suku yang berasal dari Nova Scotia (perpaduan Inggris dan Perancis). Lafayette sendiri terkenal dengan masakan Cajunnya yang cukup spesial. Appetizernya kita dikasih hush puppies. Yayang pesan Shrimp and Oyster Brochette alias Shrimp and Oyster dibungkus pakai bacon dan di grill dengan side dish fries dan jambalaya. Aku pesen Grilled Crab Cake with Crawfish etouffe. 2-2nya enak dan yummy deh.

Kenyang makan, kita lanjut lagi ke Baton Rouge. Baton Rouge itu artinya Red Stick alias Tongkat Merah. Sampai di sana, kita kunjungi Old State Capitol dan New State Capitol. Old State Capitol bentuknya seperti benteng tua yang lumayan tinggi. Sayangnya karena sedang ada renovasi, kita tidak bisa masuk ke dalamnya. New State Capitol terletak beberapa blok dari yang tua. Dibilang new tapi nggak baru baru amat loh. Dibangun tahun 1930-an, terdiri dari 27 lantai. Tangga di depannya digrafir 50 state di Amerika masing2 state dapat 1 step. Sebetulnya tangganya hanya ada 48 steps karena pas gedung ini dibangun, Alaska dan Hawaii belum menjadi bagian dari Amerika Serikat. Tapi grafir Alaska dan Hawaii ditambahkan di kanan dan kiri. Kita berdua sampe ngeledek, bentar lagi ditambah grafiran 1 state lagi yaitu Irak hahahha... (no offend Amerika :)). Di depan gedung Capitol ada taman yang cukup indah dan kita foto foto di sana, sampai tiba2 langit menjadi gelap... angin bertiup begitu kencangnya sampai pohon2 dan tiang listrik pada miring... Oh nooo.. we got mini hurricane. Kita berlarian masuk ke dalam mobil dan menuju ke hotel.

Makan malam hari ini kita pilih restaurant Boutin's. Restoran ini terkenal dengan masakan Cajunnya dan juga ada lantai dansa mirip kayak yang di Landry's kemarin itu. Bedanya, resto yang satu ini lebih keren sedikit, dan penggede2 kotanya katanya suka nongkrong di sono. Tadinya kita mau pesen alligator.. cuman segen deh, nggak jadi, takut kaga doyan. Dan karena aku udah lumayan sick sama yang namanya seafood, aku pesen stuffed chicken breast with bacon white sauce. Ternyata yummy banget loh..apalagi side dishnya ada stuffed potato yang dipanggang pake cheese on the top. Yayang pesen Cajun sampler yang isinya stuffed crab, fried frog leg, fried shrimp, fried catfish, stuffed pepper, fried crawfish, and fries. Wah itu satu piring gede isinya gorengan semua. Cuman kita berkesimpulan, kalau gorengan abang abang tahu sumedang emang lebih asoy. Apa kita udah bener2 bosen ya sama Cajun food ? Nah loh... Selesai makan malem, kita lewatin jalan tol, dan tunggu dulu..ada apa itu di sebrang ?? Ada WALMART saudara2 ! Kebetulan minggu ini kita belom setor muka ke Walmart. Rasanya kangen gitu deh...Jadilah malam itu kita mampir ke Walmart, walaupun hanya sekedar beli insect repellant untuk menghindari nyamuk2 dan tawon nakal....Habis dari Walmart, balik ke hotel, bobo deh..Selamat malam Baton Rouge !