Matilda's Third Birthday Celebration

2020 ini memang tahun yang unik ya, tau-tau sisa kurang dari 5 bulan lagi. Waktu rasanya cepat berlalu dengan begitu banyak cerita menarik untuk diceritakan ke anak cucu di masa depan. Kami merasa sangat beruntung tinggal di Selandia Baru, walaupun bisa dibilang ekonomi tersendat, tapi kehidupan di dalam negara sudah normal kembali, jadi kita sudah bisa kumpul-kumpul lagi seperti biasa. Walaupun begitu, ketika Tilly mau ulang tahun ke-3 ini, mood saya untuk ngadain perayaan ulang tahun nggak terlalu besar seperti biasa. Alasan pertama, sejak pertengahan Juni, Tilly kena GTM. Diawali dari sakit panas tinggi, tau-tau mogok makan aja gitu. Setelah 5 hari panas, anaknya balik sehat seger, tapi tetep makannya susah, penuh perjuangan. Saat napsu makan dia sudah agak membaik, sayanya tetap aja masih maju mundur mau ngadain acara. Alasan kedua, kebayang badan bonyok masak-masak sendiri dan ngedekor rumah, belum lagi beberesnya. Mood ini belum ngumpul lah pokoknya. Tapi kok belakangan, mendadak Tilly sering banget nyanyi lagu "Happy Birthday" dan selalu aja dibelakangnya diakhiri dengan adegan tiup lilin. Gemesin banget, dan kejadiannya berulang, nggak kenal waktu. Hati saya melorot, nggak tega kalau di usia 3 tahun ini, usia dimana dia rupanya mulai paham konsep ulang tahun, tiup lilin, sayanya malah mundur nggak merayakan. Di sisi lain, ingin juga ngadain kumpul bersama teman, sebagai ungkapan syukur kalau akhirnya kita bisa kumpul kembali. Ya walaupun saya sudah sempat ngehost small dinner (saat itu dibatasi kumpul 10 orang), dan kumpul latihan koor dan makan-makan, tapi kali ini kita beneran bisa kumpul lebih banyak orang dan gembira bersama. Akhirnya tekad bulat, mari kita adain acara, mari badan bonyok, yang penting hepi!

Biasanya, saya ngirim undangan jauh-jauh hari, minimal "save the date" dulu, tapi kali ini sekitar 2 mingguan sebelumnya aja. Puji Tuhan, mayoritas teman-teman yang diundang pada bisa hadir. Yang penting sih, geng anak-anak temen-temennya Tilly, lengkap semua. Saya nggak ngundang terlalu banyak, soalnya kapasitas rumah terbatas, plus lagi musim dingin jadi orang pasti maunya di dalam rumah. Biarpun begitu, tetep aja jumlah orangnya nggak bisa jauh-jauh dari 35 orang. Lumayan rame buat ukuran kumpul-kumpul di Auckland. Kemudian jadi keinget, pas ultah Abby bulan Desember lalu, anak-anaknya saja jumlahnya segitu! Hahaha. Tahun ini, saya juga nggak hire bouncy castle lagi. Sudah tobat musim dingin gini hujan terus, bapaknya anak-anak nggak mau lagi kerjaan ngelap-ngelap castle kayak tahun lalu. Oh iya, pas banget perayaan ulang tahun Tilly barengan dengan hari H-nya yaitu 18 Juli. Cukup sekali aja tiup lilinnya, gak usah dibagi dua hari.

Undangan yang dibuat oleh Oo-nya Tilly alias adiknya suami. Fotonya Tilly itu diambil saat dia sedang orientasi TK di tanggal 1 Juli. Undangannya dibuat tanggal 2 Juli, dan disebar di tanggal 3 Juli. Kilat lah pokoknya! Nggak terasa, sebentar lagi bakalan jadi anak TK!


Di malam sebelum ulang tahun, Abby udah bikin tulisan Happy Birthday di mainan proyektor dia. Lalu sebelum adiknya tidur, pas lampu sudah dimatikan, dia nyalain proyektor ini untuk kasih ucapan ke adiknya. Manis banget deh cici Abby.

Hore! Hari ini aku 3 tahun loh! Pose dulu di depan dekor yang mama buat. Dekor sederhana, tapi bikinnya ribet lantaran itu balon dan lampion semua nempel tembok. Gimana caranya? Pakai masking tape alias tape buat ngecat, jadi temboknya catnya nggak rontok hahaha. Ide memang selalu muncul di saat waktu sudah mepet :P

Santai dulu di sabtu pagi sambil nonton kartun.

Sekarang udah pada mandi, udah pada cantik! Hayo, apa bedanya Tilly di foto sebelumnya dengan di foto ini? Selain baju tentunya. Kalau ada yang nebak rambutnya beda, anda benar! Acara pukul 12 siang, saya baru potong rambut dia di pukul 11 pagi lantaran gemes sama rambut dan poninya yang udah kepanjangan. Lebih imut kan dengan rambut baru? (Rambut mangkok andalan! hahahaha).

Salah satu tamu, Cici Tanya. Cici yang satu ini paling ngemong dan sayang sama Tilly. Pokoknya kalau ada Cici Tanya, Tilly serasa punya pengasuh pribadi deh. Betah banget main bareng. 

Happy banget kan?

Dan inilah deretan menu makanan yang saya siapkan. Sudah pasti menu-menu berbau Indonesia deh. Soalnya memang paling ngangenin. Yang paling bikin bonyok ya emang urusan masak-memasak ini. Tapi namanya hobi, seneng aja ngelakuinnya hehe. Ngerjainnya kudu pelan-pelan, soalnya di sini nggak ada asisten, semuanya kudu kerjain sendiri di sela-sela kerjaan rutin sehari-hari. Untung kelar juga. Eh iya, yang di foto-foto ini belum semua keluar nih, masih direfill terus, malah tamu-tamu pada bisa bawa pulang juga, serasa resto takeaway hihihi. Pokoknya konsep acara di rumah saya ngga pernah pakai tema-tema khusus. Yang terpenting, semua tamu harus pulang dengan perut kenyang.

Ketupat / lontong. Total saya bikin dari 20 cup beras, pakai 2 stockpot, direbus beberapa jam. Kalau mau express bisa pakai nasi panas yang ditekan-tekan itu. Tapi pernah nyoba, rasanya beda dengan yang direbus dari mentah. Jauh lebih legit yang direbus beneran.

Sambel Godog alias kuah ketupat. Biasanya saya bikin kuahnya ini sayurnya pakai labu siam dan kita suka kumpul pas musim labu untuk makan ketupat bareng. Kebetulan teman ada yang punya pohonnya, jadi supply labu dari dia. Sayangnya labu cuma ada di musim gugur yang jatuhnya pas lockdown kemarin. Di musim dingin sudah nggak ada labu lagi, jadi sayurnya pakai buncis sama wortel aja.

Semur Daging yang jadi favorit. Kebayang nggak, ketika acara selesai dan makanan sudah dibagi-bagi, semur ini tinggal sisa kuahnya, ehhhh ada yang masih mau bawa pulang kuahnya doang! 

Semur Tahu yang juga jadi favorit.

Ayam Panggang Bumbu Kuning. Saya pakai sayap semua supaya sizenya nggak terlalu besar, matangnya rata, dan makannya gampang.

Sate Babi Cincang Manis. Modelnya saya bikin seperti sate lilit dengan rempah, jadi gampang banget buat anak-anak makan, tinggal digado kayak sate biasa, tapi empuk dan gak perlu perang dulu sama gigi hehe. 

Telor Bumbu Balado. Nah ini juga nih, pas selesai pembagian ransum termasuk yang dari dapur, sambelnya masih ada, eh ada tamu yang bawain pulang sambelnya doang dong! Bersih kandas! 

Kering Kentang Teri. Makanan yang paling banyak makan waktu bikinnya alias mesti ngiris kentang korek api. Total saya ngiris 2 baskom kentang, rendam sampai starchnya ilang, tirisin dan dikeringin pakai serbet, lalu digoreng secomot-secomot kayak orang kurang kerjaan hahaha. Mestinya kalau versi biasa jauh lebih pedas dan banyak cabe. Tapi kali ini dibikin samar aja supaya anak-anak masih bisa makan. 

Namanya ulang tahun, harus ada mie goreng, biar sah! Nah terserah deh mo makan ketupat dulu baru makan mie, makan mie dulu baru makan ketupat hihihi. 

Dan ini yang terpenting, tiada lengkap makan ketupat sayur kalau nggak ada krupuknya!

Udah disusun rapi, lumayan kayak lagi buffet lebaran.

Di meja satu lagi saya siapin juga cemilan dan kue manis. Punya anak kecil yang makannya picky, saya tau banget gimana rasanya kalau ke party lalu gak ada makanan yang cocok buat anak-anak. 

Sausage Rolls dan Chicken Nugget, makanan wajib untuk anak picky. Tapi orang dewasa juga suka loh!

Cinnamon Dougnuts Hole.

Walnut Brownies.

Last but not least, saya memberanikan diri untuk buat kue ulang tahun sendiri yang dikonsumsi oleh banyak orang! Nekad? Iyes! Saya sudah bilang dalam hati, kalau kue ini sampai gagal, tinggal ke supermarket beli kue jadi hehehehe. Puji Tuhan, ini kue jadi juga! Halleluya lah pokoknya. Apalagi pas bikin sempet ada drama icing segala. Jadi ceritanya, saya tuh mau ngurangin gula supaya lebih sehat dikit lah untuk frostingnya. Ternyata kalau untuk cake, emang harus pol-polan lah bahannya, gak bisa kurang-kurangin demi kesehatan. Yang ada, begitu kurangin icing sugar, langsung encer. Akhirnya, scrap ulang, tambahin icing sugar (walaupun masih tetap lebih sedikit daripada seharusnya), dan jadilah kue ini. Phewwww! 

Carrot Cake with Cream Cheese Frosting. Atasnya dihias pakai almond dan pumpkin seeds. Verdict? Semua suka!

Hore, jadi juga deh meja kuenya! Untuk goodiesnya, saya beliin lunch box Sistema aja untuk semua anak, lalu seperti biasa diisi dengan snack. Pas saya beli lunch box banyak, kasirnya nanya buat apaan. Pas saya bilang buat birthday goodie, dia shock, kelewat fancy katanya. Belum liat aja ya ultah di Indo goodienya kayak apaan? Bisa shock melongo beneran dia!

Foto keluarga dulu deh berempat mumpung tamunya belum ramai.

Doa dulu sebelum makan, dipimpin oleh teman kita. 

Beruntung banget hari itu cuaca nggak hujan, padahal paginya masih gerimis. Jadinya bapak-bapak bisa pada ngobrol-ngobrol di belakang, walaupun ada satu bapak yang duduk merenung di bawah, memikirkan masa depan kayaknya hahahaha.

Sementara di dalam, emak-emaknya pada wefie. Eits...ada satu bapak ngikut. Itu adalah Romo Daniel, pastor dari Indonesia yang sedang bertugas di Auckland. Kebetulan paroki dia bertugas dekat dari rumah saya. 

Tibalah acara tiup lilin dan potong kue! Dari awal, si Tilly udah semangat banget. Pakai birthday hat, naik ke atas kursi, siap untuk tiup lilin. 

Semangat banget tiup lilinnya, tapi berkali-kali nggak mati-mati sampai kita pada ketawa semua. 

Iyak maju terus sampai lilinnya mati! Ketawa saya semakin lebar aja. Akhirnya setelah huff huff huff 7 kali, baru deh lilinnya mati.

Potong kuenya! Cici Abby semangat amat itu sampe kepalanya maju.
Foto keluarga lagi mumpung semua lagi pada senyum.


Foto bareng anak-anak sekampung.

Gaya bebas hip hip huraaa!

Bukti nyata kalau kuenya laku, sisanya tinggal segitu. Yang bikin ikut senang jadinya.

Rekor kali ini, mirip kayak tahun lalu, tamu terakhir baru pulang pukul 7 malam. Sekalian dinner dulu sebelum pulang hehehehe. Begitu tamu pulang, itu berarti saatnya untuk buka kado.

Horeeee, akhirnya waktu untuk buka kado (alias brantakin satu rumah pakai kertas kado hihihi).

Hadiah paling spesial dari Cici Abby. Kartu yang dia gambar sendiri untuk adiknya.

Mau nangis rasanya pas baca ini. Tulisan anak 7 tahun yang ditulis dan digambar pakai hati.

Tokoh idola anak-anak di muka bumi yang dikasih nonton Youtube. Siapa lagi yang anaknya suka Blippi? 

Sleeping bag yang lucu banget, langsung dipakai buat role play.

Gara-gara dia suka ngeliatin saya apply skincare sebelum tidur, Tilly jadi suka banget ngaca dan pretend pakai make up. Jadi pas dia mau ultah, saya dan bapaknya langsung kepikiran beliin vanity table anak-anak aja, buat lucu-lucuan hihihi. Eh beneran demen banget dia nangkring di situ. 

Salah satu hadiah favorit lainnya, si Dancing Llama. Ini lucunya bukan main, bisa joged, pantatnya egol-egol, dan selalu bikin Tilly ngakak. Bangun tidur besoknya pun langsung main Llama lagi. 

Tidak lupa, makeupan dulu dong! Ampun daaaahhh....

Begitu masuk usia 3 tahun, itu artinya Tilly resmi bisa masuk ke Kindergarten alias resmi jadi anak TK. Huhuhu.... udah jadi anak sekolahan akhirnya. Sabtu ulang tahun, Senin masuk sekolah. Sama seperti cicinya, kita kirim Tilly ke sebuah Kindy Katolik di dekat rumah. Asli dekat banget, naik mobil nggak sampai 2 menit sudah sampai. Gimana perasaan dia pas hari pertama sekolah? Ternyata, super duper excited!

Rapper Tilly says, "Yo yo yo, aku mau masuk sekolah, yo!" 

Nah gini dong, manis gayanya. Semangat ya, Tilly!

Siap berangkat! Cusssss!!

Lalu gimana dia di sekolah? Pas story time 20 menit pertama, masih ditemenin sama mama. Tapi pas play time, byeeeee!! Emaknya dilupakan. Dalam hati bangga sih, tapi kok jadi haru... anak ini mulai independen rupanya. Eh iya, Tilly saya masukin sekolahnya full time alias 6 jam sehari. Lalu apa yang terjadi ketika saya jemput sorenya?

Dia lelah, saudara saudari! Hahahahahaha... Ini dia bobo di ranjang tempat anak-anak role play jadi dokter dan pasien loh, bukan di ruang bobo. Kata gurunya, lagi main, mendadak dia naik di situ, dan langsung pules 20 menit sebelum jam pulang. Emejing! 

Maklum, Tilly kan biasa bangun siang, santai di rumah, sekarang mesti bangun pagi, dan nonstop gerak di sekolah. Besoknya, dia tidur 40 menit pas jam makan siang. Tapi hari-hari setelah itu, selalu on dan happy di sekolah. Yang saya salut lagi dari anak ini, no drama, no nangis, no ngompol. Setelah dua minggu saya temenin pas story time, mulai minggu ke tiga saya lepas dia total. Saya sempat kawatir loh soal dia masuk kindy ini, karena nggak sampai dua bulan lalu aja, dia belum potty trained. Ternyata training dia cuma butuh waktu nggak sampai seminggu, langsung jago blas, bahkan malam pun sama sekali sudah nggak pakai nappy sampai sekarang. Anak yang satu ini, dari dulu terkenal lebih lambat dibanding cicinya, tapi begitu bisa, langsung jagoan, mulai dari tengkurep, jalan, sampai potty training. Mama lega deh jadinya. Mungkin ya karena Tilly lahir di sini, jadi proses transisi ke kindy-nya gak seperti cicinya yang penuh dengan stress dengan lingkungan baru. Kalau ingin baca cerita Abby dulu, bisa klik di sini. Haru biru banget. 

Seperti biasa, postingan ini saya tutup dengan isi post saya di Facebook pas di hari ulang tahun Tilly. 

Dear Tilly,

Kamu tau nggak, kalau tadinya mama nggak kepikiran untuk bikin perayaan ulang tahun kamu yang ke 3 ini. Pinginnya sih pas lagi term break winter kali ini, kita rayain ultah kamunya sambil jalan-jalan aja, leyeh-leyeh liburan musim dingin. 

Tapi kok mama nggak tega kalau nggak dirayain. Alasannya lumayan sederhana, yaitu kamu lagi hobi banget nyanyi lagu Happy Birthday berkali-kali dalam sehari, dan selalu kamu akhiri dengan gaya tiup lilin. Ternyata kamu semangat banget kepingin punya "happy birthday" kamu sendiri, dan akhirnya mama luluh juga. 

Balik lagi deh masak-masak, bikin kue, ngedekor rumah, dan ngundang teman-teman kamu plus ortunya, biar kamu ngerasain nyanyi rame-rame, tiup lilin disaksikan banyak orang. Lihat kamu niup lilin berkali-kali sampai akhirnya lilinnya mati, mama nggak tahan untuk ketawa. Pegel linu siapin acara ulang tahun kamu, jadi hilang seketika. 

Terima kasih ya Tilly, sudah jadi anak mama yang sangat lucu dan menggemaskan. Walaupun kamu kadang suka susah makannya, kadang suka clingy nempel minta gendong, tapi banyak juga hal yang bikin mama bangga sama kamu. Kamu gampang akrab dengan siapa saja, dan proses potty training kamu ternyata gampang banget! Selamat datang di umur 3 tahun, ya Tilly. Senin minggu depan nanti siap masuk ke kindy! Ya ampun, anak mama sudah gede! Semoga Tuhan selalu berkati kamu dengan kesehatan, sukacita yang melimpah, kepandaian, dan kemampuan untuk berbagi bahagia pada sesama.

Love you always,
Mama

Comments

  1. Happy belated birthday, Tilly! :)

    ReplyDelete
  2. happy birthday tilly!
    gua kalo ngeliat masakan2 lu pas pesta begini selalu bikin ngiler! hehehe

    tilly lucu ya suka pura2 make up.. kayak si emma.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Om Arman. Sini ayuk main kl bubble udah dibuka. Gue masakin.

      Suka nyanyi juga loh kayak Emma. Tapi nyanyinya acakadul hahaha.

      Delete
  3. Happy birthday Tilly! Sehat selalu dan jadi anak yang pintar dan ceria ya (:

    Udah lama gak ke sini tau-tau anak bayi udah 3 tahun hahaha Tilly susah makan tapi badannya montok lho ci. Perkara anak susah makan emang bikin pusing kepala ya. Tapi yang penting anaknya sehat-sehat aja deh, sambil dikejer juga pola makannya.

    Btw, samaa dong Josh juga fansnya Blippi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Jane.

      Iya si Tilly ini untungnya badannya tetep sekel. Makannya mood2an banget. Tiap hari emaknya berdoa biar makannya pinter.

      Blippi oke kok, mayan mendidik. Daripada Ryan's toy, gak mutu hahaha.

      Delete
  4. happy birthday Tilly imut.
    makin gede makin cute saja sih.
    baru mau komen Tilly makin manis dengan rambut panjang. eh udah dipotong sama mommy.

    Tilly kulitnya bisa putih merona gitu apa karena lahir di NZ ya? #pertanyaangapenting

    sekali lagi bener2 salut banget angkat 4 jempol utk lu. bisanya masak sebanyak itu tanpa ART. ditambah bikin kue ultah pula. ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Limmy. Maaf, penonton kecewa ya rambutnya batokan lagi hehehe. Nah itu, gue juga bingung kenapa Tilly bisa putih banget. Kalo kepanasan juga merah ky tomat. Gak ada yang seputih itu ortu maupun cicinya.

      Demiii.. demi anak, demi makan enak, demi tamu seneng.

      Delete
  5. Happy birthday Tilly!! all the best ya!! cakep banget le vanity nya, kalau boleh tau beli dimana ya? pengen juga jadinya haha!

    n btw mungkin karena di new zealand udah balik normal jadinya waktu berasa cepet.. gw disini berasa waktu lama banget, pengen diskip aja deh 2020 biar start fresh! haha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Carol. Vanitynya cute ya. Murah meriah pula belinya di Kmart, karena di situ aja yang dari kayu. Di toko mainan lain malah dari plastik hehe. Cuma $45! Mayan kan buat lucu2an anak 3 tahun.

      Pas lagi lockdown juga brasa mayan cepet sih, Carol. Si Abby sekolahnya ngasih tugas seabrek, jd waktu gue ludes buat mantau dia belajar haha. Sekarang malah lebih santai dikit krn dua2nya bocah ud masuk sekolah.

      Iya, pengen banget badai segera berlalu. Kangen sama keluarga. Kangen jalan2.

      Delete
  6. Happy 3rd birthday Tilly ��
    Manis banget ucapan cici Abby..gambarnya cutee pula haha
    Itu birthday cake nya apa carrot cake ya Le?
    Seperti biasa masakan2 mama Leony bikin ngiler ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Lisa.

      Iya itu si Abby ucapannya mayan deep buat anak 7 tahun ya. Birthday cakenya carrot cake pake cream cheese frosting, Lis. Cocok deh buat semua orang.

      Delete
  7. Happiest belated birthday to Matilda 🥳🥳🥳 janggo juga ya, Le si bontot ga ada drama apa2 sekolahnya. Jagoan!! Btw gw mo wa elo mnt resep sate babi cincang manis. Glazing amirrrrr 👅👅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, tante Fab. Syukurlah drama cicinya yg kayak serial Korea sebulan itu ga terulang.

      Sip, resep meluncur!

      Delete
  8. Happy Belated Birthday Tilly. Kamu cakep sendiri onti gemes! Kayak boneka <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Olip. Imut kayak boneka, kl emaknya amit2 yah hehehe.

      Delete
  9. Selamat ulang tahun, anak cantik..semoga selalu diberikan kesehatan, kecerdasan, kreatif dan hatinya dipenuhi cinta kasih untuk keluarga dan sesama. Salam kenal Mbak, saya pembaca setia blog ini dari duluu banget, selalu suka dengan gaya bertutur Mbak Leony, serasa ikut mengalami rasa sedih, seneng, lega, dll. Thanks for sharing Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Hapsari, salam kenal juga. Makasih untuk ucapannya ke Tilly plus makasih juga udah jadi pembaca setia hihihi. Sama2. Semoga saya juga tetep bisa rajin nulis.

      Delete
  10. Happy birthday Tilly, dah gede aja ih, sehat terus dan tambah pintar ya

    Cakenya dan undangannya cantik , pestanya meriah sekali makanannya mantul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Fitri.

      Gak sia2 deh ya emaknya berjibaku di dapur hahaha.

      Delete
  11. Happy birthday Tilly, semoga slalu diberi kesehatan, keceriaan, kebahagiaan dan suka cita.

    Mba leony ini emang juaranya kalo urusan masak memasak, ngeliat fotonya udah ngiler duluan. Happy selalu ya mba Le dan keluarga, ngeliat senyum dan kebahagiaan anak segala penat jadi hilang seketika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Dian. Amin untuk doanya.

      Karena hobi makan, kalau nggak hobi masak juga, bisa agak repot nanti. Boros makan resto melulu hahahaha.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yang Dalem Dalem

Motherhood Saga: Barang-Barang Esensial Mama dan Abby Bag. 1

Tutorial Sok Kreatif - Dekorasi Kelas