Posts

Showing posts from November, 2019

Sekolah di Auckland v. Jakarta

Akhir tahun 2019 ini, sudah 2 tahun penuh Abby resmi jadi anak SD, dan ngga kerasa, tahun depan udah mau kelas 3 aja dong dia! Makanya kayaknya sih udah sah ya nulis-nulis dikit soal perbedaan antara sekolah di sini dengan sekolah di Indonesia secara umum. Saya ngomong secara umum, karena soal sekolah di Indonesia, saya cuma dengar-dengar saja dari beberapa teman yang anaknya sama-sama SD. Di Indonesia jenis sekolah itu banyaknya gak kira-kira. Kurikulum, walau yang nasionalnya sama, tapi tambahan modifikasinya macam-macam banget. Sudah pasti saya nggak akan sanggup bahas secara detail. Makanya bahas yang lucu-lucu dan nyenengin aja, sekali lagi bukan untuk banding-bandingin serius (sebelum nanti dicap sok, banding-bandingin Indonesia dengan Selandia Baru), hanya untuk sebagai gambaran aja biar bisa berimajinasi sendiri. Semuanya yang saya tulis di sini hanya observasi pribadi, berdasarkan pengalaman sendiri dan kawan-kawan. Mungkin ada juga sekolah sistem berbeda dari sekolah-sekolah…