Thursday, January 31, 2019

Abigail's Sixth Birthday Celebration

Setelah dua tahun berturut-turut merayakan ulang tahunnya di negeri Kiwi, Abby kembali bisa merayakan hari ulang tahun di kota kelahirannya, Jakarta. Berhubung anaknya sudah makin ngerti aja kalau ulang tahun itu bakalan ada party-nya, dari tengah tahun lalu, dia sudah nanyain nonstop. "How many days until my birthday?" Sampe kadang saya kudu pakai Google biar bisa jawab pertanyaan dia dengan literally nanya si mbah, "how many days until...". Sebulan sebelumnya malah setiap hari counting the days until her birthday. Luar biasa deh! Padahal ya, ulang tahun ke 6 ini, perayaannya cuma makan siang aja, nggak ada heboh-hebohnya sama sekali, tapi anaknya ngerasa hari itu super duper spesial.

Sebelum cerita soal hari ulang tahunnya, mau cerita dulu ya soal perkembangan anak ini setahun terakhir. Jadi sejak awal tahun 2018, Abby sudah resmi jadi anak SD, dan tahun 2019 ini, dia naik ke kelas 2! Oh my goodness, mendadak saya jadi brasa makin tua. Di kelas, si Abby ini termasuk anak yang lumayan populer. Pokoknya kalau dia sampai sekolah, itu teman-temannya udah teriak nyambut dan ngajak main, baik anak cowok, maupun anak cewek. Percaya atau ngga, pernah satu kali kita ke ulang tahun temen cowok di kelasnya. Pas sampai tempat ultahnya, eng ing eng... dia doang satu-satunya cewe yang diundang dari kelasnya, sisanya cowok semua! Mama pun melongo. Lucunya, pas sebelum ulang tahun ini, mamanya anak cowo itu wanti-wanti banget, pokoknya Abby harus dateng, soalnya nama Abby itu nomor satu di list teman-teman yang diundang. Hiyaahhhh... anak umur 5 tahun jaman now ternyata begini yah? Hahahah, jadi ketawa sendiri deh emaknya.

Saat terima rapor kemarin, saya sih ngga nyangka, ternyata rapornya termasuk oke banget. Level membaca dia termasuk salah satu yang tertinggi di kelas, dan matematikanya (yang hampir nggak pernah saya ajarin), ternyata malah jadi nilai terbagus dia. Konsep rapor di sini, beneran nggak ada nilainya sama sekali, yang bikin saya makin cinta sama sistem pendidikannya. Pas sebelum terima rapor, juga ada student conference day, dimana anak-anak menjelaskan langsung kepada orang tua soal apa yang mereka sudah pelajari di sekolah, dan achievement mereka dalam bidang membaca, menulis, berhitung, seni, dan sebagainya. Lucu loh, kita malah kayak "diajarin" dan "diterangin" sama anak-anak kita sendiri, dan si Abby ini neranginnya udah kayak guru beneran. Di situ kita jadi ngeh, kalau mereka beneran memahami konsep dan semua yang mereka pelajari, bukan cuma jadi penghafal semata. Pas ngelihat kayak gini sistem didiknya (entah kalau di sekolah lain gimana), bener-bener ngerasa worth every drop of sweat and tears saat memutuskan pindah kemari.

Di luar akademis, yang bikin saya lumayan happy lagi adalah perkembangan permainan pianonya. Memang kalau dibanding dengan anak-anak di Asia yang jarinya keriting, si Abby ini mungkin masih basic banget, tapi kalau untuk ukuran anak-anak sini, ternyata dia lumayan oke. Tahun 2018 lalu, Abby dua kali konser. Yang pertama adalah konser grup dimana dia duet sama temannya bernyanyi, menari, dan main piano. Yang kedua adalah konser solo, karena mulai term terakhir tahun lalu, Abby sudah lulus kelas grup dan beralih ke kelas privat. Awal Desember itu jadi konser solo perdana dari Abby, dan surprisingly enough, dari 40-an penampil di hari itu dengan rentang usia yang besar, anak ini mendapatkan Performer of The Day! Komentar dari jurinya adalah, anak ini terlihat sangat enjoy mainnya, lagu yang dipilih pun sesuai dengan suasana saat itu yang menjelang Natal yaitu "Jolly Old Saint Nicholas". Kalau menurut saya sih, yang paling istimewa adalah, keinginan dia untuk memberikan yang terbaik. Saya ingat beberapa hari sebelum hari H, Abby terserang infeksi sehingga matanya bengkak, tapi dia nggak menyerah dan tetap berusaha tampil. Untungnya ngga menular, tapi biar gimana pasti ya ada rasa ngga enak. Dia jadi satu-satunya anak yang main piano sambil nyanyi, dan itu adalah ide dia sendiri.  Rasanya nggak sia-sia anter jemput kena macet sore-sore kalau dia menikmati dan ada hasilnya.


Biarpun mata bengkak separo, tetap memberikan yang terbaik. Mama super bangga!
Ini mau ultah kok preambulenya panjang bener ye. Oke deh, balik lagi ke acara ulang tahunnya. Tahun ini sih kita beneran nggak siapin apa-apa, cuma undang keluarga inti aja. Tapi biar gimana ya harus siapkan kue ulang tahun dong ya. Sampai dua mingguan sebelum ulang tahunnya, kami tuh masih mikir pakai kue ultah yang dibeli di bakery aja deh. Nggak usah fancy-fancy, anaknya juga sudah gede. Tapi kemudian mama saya bilang, mumpung ultahnya di Indonesia, kenapa nggak bikin kue ulang tahun yang lebih istimewa seperti tiap ultah Abby di Jakarta. Ditambah lagi, mama saya alias poponya Abby yang mau beliin kuenya. Hadiah buat cucu katanya. Akhirnya, jadi deh kita balik lagi ke tukang kue langganan alias ci Dessy dari Mrs. Bake n Cake  yang udah bikinin kue ultah Abby sejak dari umur 1 sampai 3 sebelum kita pindah ke Selandia Baru. Kali ini, anaknya sudah bisa nentuin tema sendiri dengan makin yakin. Ada yang bisa tebak temanya apa? Ayo tebak dulu...dikasih waktu... 5..4..3..2..1... Kalau ada yang bisa nebak temanya buaya, saya kasih tepuk tangan virtual deh hihihihi. Seperti biasa, ci Dessy pasti deh gave us more than we expected. Yang bikin kaget cuma harganya sih. Dalam 3 tahun ternyata bedanya hampir dua kali lipat. Untung disponsorin hahaha. Makasih, Popo! Kenapa pakai tema buaya? Soalnya, Abby punya boneka buaya, yang dibeli jaman dulu banget di Gramedia, dan jadi kesayangan dia. Bahkan nih, saat piknik sekolah, orang lain bawa boneka beruang, boneka burung, ehhhh anakku tersayang bawa boneka buaya, plus bangga pula dia karena beda sendiri. Si Mr. Croc, begitu dia namakan si buaya, sampai dibawa ngikut ke NZ, dan ngikut Abby juga pas liburan ke Jakarta kemarin.

Lalu tempat ngerayainnya di mana? Balik lagi dong ke tempat makan kesayangan kita bersama yaitu TGI Friday's Lippo Mal Puri, tempat yang sama saat Abby merayakan ulang tahunnya yang ke tiga. Ini mestinya saya bisa jadi anggota kehormatan yah, pas tinggal di Jakarta sering makan bahkan sehari sebelum berangkat ke Selandia Baru makan di situ, pas liburan pun balik ngerayain ultah di situ lagi. Yang bikin kaget, sehari sebelum hari H ditelepon sama pihak resto, dan dibuka pakai kata "Maaf..." Saya deg-degan, kirain mendadak reservasinya dicancel, eh ngga taunya cuma dikasih tau, kalau pas tanggal birthday Abby itu, nggak ada promo ataupun voucher yang bisa dipakai. Lah.. saya aja kagak tau ada promo, plus mana punya voucher? Wong saya baru dateng dari kampung Auckland. Ngagetin aja deh si mbak.  Jadilah, tanggal 24 Desember siang, kita rayakan ultah Abby yang ke enam! Hip hip huraaa! Mari nikmati keseruannya!

Anakku sudah gedeeee! Minta pula dandan jadi princess. Bajunya hadiah dari oma-nya yang dibeli beberapa hari sebelum ulang tahun, lalu jepitan mahkotanya dia pilih sendiri di toko novelties, dengan harga 20 rebu saja hahaha.

Ini dia kue hasil karya Ci Dessy dan timnya. Abby dan Mr. Croc, ditemani oleh satwa hutan yang sedang berpesta.
Seneng banget pas masuk resto, langsung mengagumi kuenya.



Mirip nggak si Mr. Croc dengan bonekanya? Kata Ci Dessy, si Mr. Croc dibikin gendutan dibanding aslinya, supaya lebih imut.

Ada yang kangen dengan si gendut ini? Rambut acak-acakan, nggak pernah bisa rapi, tapi tetap menggemaskan.

Mama dan anak. Mirip nggak? 

Kiukiu dan kiumei-nya Abby. Saat itu masih calon kiumei, sekarang udah resmi dong.

Foto bertiga sebelum meja penuh terisi makanan.

Almost full team. Kurang kiumei-nya Abby yang motoin.

Calamari Strips, pesan appetizer ini dua porsi untuk dibagi-bagi.

Appetizer lainnya, Friday's Signature Chicken Strips, tak lupa dengan Jack Daniel's Saucenya. 
Cajun Fried Chicken Salad. Ada dua yang pesan ini, yang lagi sok diet (padahal kayaknya ini kalorinya lebih gede daripada steak hahahaha). Saya, sama oo-nya Abby. 

Oo-nya Abby yang tampil segar dengan minuman segar Apple Cucumber Mojito.

Menu paling murah, untuk anak yang ulang tahun hihihi. Abis maunya ini sihhhh. Fish and Chips ukuran kids. Benernya kalau lagi ngga malam Natal, ini bisa gratis nih dengan beli main course dewasa. Sayang ngga berlaku hari itu.

Bocah yang ultah dengan makanannya.


Ada dua orang yang pesan ini nih. opa-nya Abby, dan kiumei (yang bodynya kecil tapi makannya mantep dah). Jack Daniel's Pork Ribs. Nah, menu pork ini cuma bisa ditemui di TGI Fridays Lippo Mall Puri, dan Central Park. Cabang lainnya, menunya halal semua. 

Segede gini dong! Btw, ini pesenan calon istrinya. Dianya mah pesen steak.

Pencitraan dengan makan salad (lengkap dengan ayam goreng seabrek).


Pesanan Oma-nya Abby, Garlic Spaghetti Vegetali. Ada Calamari Strips nyempil di situ hihi. 

Cream of Mushroom Soup. Benernya pesen ini untuk Tilly, tapi ternyata bocahnya kagak doyan dong, cuma diemutin croutonnya doang. Balik deh jadi anak kentang sama gorengan.

Friday's Signature New York Strip Steak. Yang ini pesenan papa-nya Abby.

Beef Tenderloin Steak. Ada dua yang pesan ini, mama saya dan adik saya. 
Sebenernya timnya kali ini ada yang kurang, yaitu cici ipar sekeluarga nggak bisa hadir, karena sehari sebelumnya sudah berangkat liburan ke Singapura. Sayang ya timnya jadi kurang komplit dan kurang banyak anak-anaknya. Tapi justru kado dari ako-nya itu yang pagi-pagi sudah langsung dibuka sama Abby (setelah menunggu-nunggu sampai hari H). Nah, setelah makan-makan kenyang, seperti biasa, tibalah waktunya tiup lilin dan potong kue.

Tumben nih anak mama di sini posenya manis bener.

Nih, manis lagi kan kayak princess beneran di depan kue. 

Foto dulu, keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Sayang Tilly matanya kemana-mana, dan emaknya ketawa terlalu lebar, sehingga matanya hilang di telan bumi. 

Ada foto bertiga juga dong sama yang kecil, biar adil deh. 

Foto sama opa, oma, dan oo. 

Sama kiukiu, kiumei, dan popo. 

Para gadis dan emak-emak dari dua keluarga.

Satu-satunya foto komplit tim yang ikut makan siang, eh tapi bocah yang ulang tahun ketutupan kue. Gimana ini masnya yang potoin? Hu hu hu...

Seperti biasa, kalau di TGI Fridays, nggak lengkap kalau yang ultah ngga dinyanyiin dengan huebooohhh!! Nah liat aja tuh si mas yang berkumis gondrong, udah heboh sendiri mau siap-siap nyanyi. Lalu mas sebelahnya yang kumisan juga (ih lagi ngetrend ya kumisan?), udah siap bawain eskrim dikasih lilin. 

Dinyanyikan dengan heboh dan gegap gempita, lengkap dengan kecrekan. Dan kayaknya yang paling heboh nyanyinya malah si popo.

Tiup lilin di eskrimnya...puffff!

Lalu lanjut tiup lilin di kuenyaaa.

Hore, udah bisa potong kue sendiri loh! Walau kudu naik kursi biar keliatan kalau di foto. 

Pose manis potong kue dari samping. 

Foto sama keluarga inti saya.

Anak kecil ini, menunggu jatah kue sampe manyun. 

Gaya berlebihan karena kebanyakan gula. Kanan eskrim, kiri kue coklat. 

Kali ini pesen kuenya double chocolate sesuai permintaan Abby, dan rasanya...uenak! 

Biarpun udah bisa jalan, paha-nya tetap paripurna. 

Buka kadooo! Sebagian kado udah dibuka di rumah pagi-pagi. Jadi yang di sini cuma yang dari kiukiu dan kiumei aja.

Horeee, dapet tas sekolah baruuuu! Langsung dipake di hari pertama sekolah.

Hayo, dapet kado apa dari kiumei?

Girang bener, dapet tas sama dompet.

Langsung dipake, langsung bergaya. Percaya atau ngga, abis ini dia langsung jadi pengemis, buka dompet, keliling-keliling minta duit kecil ke kita-kita, karena dia pikir, kalau dia buka dompet kosong, orang akan masukin duit ke dalam dompet itu. Ternyata lumayan loh, dapat 150 ribuan. Apa perlu saya juga ngemis keliling ya? (Lalu diusir sama Satpol PP)

Ciuman gemes dari mama!


Sebagai penutup, paragraf ini saya tulis di Facebook di hari ulang tahun Abby.

Punya anak perempuan dengan karakter agak "preman" tapi manis memang menarik. Ketika rata-rata teman-temannya ulang tahun dengan tema kue feminin macam rainbow unicorn ataupun princess, anak yang satu ini malah memilih tema crocodile alias buaya untuk nemplok di kue ulang tahunnya. Mr. Croc, begitu dia namakan boneka kesayangannya, selalu menemani ketika tidur di malam hari, bahkan menemaninya piknik di sekolah dikala kawan lain membawa boneka lucu macam beruang teddy, anjing, ataupun burung.

Anak satu ini bisa bergaya luwes macam putri kerajaan, tapi beberapa menit kemudian bisa gedebak gedebuk kayak anak laki2 yang masuk di dalam badan anak perempuan. Siapa sangka si anak kecil yang setia dengan rambut batok selama tahunan, sekarang bisa minta disanggul demi kesempurnaan penampilan. Dia selalu ramah terhadap semua orang, dan juga perhatian pada keluarga dan teman-teman tersayang. Hobi bermusiknya makin kelihatan, dan percaya diri saat jadi pusat perhatian.

Selamat ulang tahun ke 6 anakku, Abigail. Terima kasih sudah membuat hari-hari mama begitu berwarna. Mulai dari suka bikin mama kesal kalau kamu makannya lama, sampai bikin mama terharu bangga saat kamu tampil main piano dengan penuh gaya. Mama doakan kamu tumbuh jadi anak yang berguna, bisa membawa sukacita bagi kita semua. Sehat selalu serta bahagia, penuh berkat dari yang Kuasa.

Hari pertama sekolah Tahun 2018 dan Tahun 2019 tadi pagi. Time truly flies. 
Untuk perayaan ultah Abby sebelumnya, bisa intip di sini ya (satu, dua, tiga, empat, lima)

15 comments:

  1. jeaolus ama foto terakhir, banyak banget ijo2nya.
    Happy birthday Abby, semoga tambah pinter dan cantik.
    Bilang ke mama, jangan kuatir ma, ntar kalo udah masa puber, makan Abby jadi ga lama lagi kayak cece Kimmy. wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Happy birthday Abby, pinter dan unik banget kamuuu :) :) semoga selalu membawa kebahagiaan buat keluarga ya. btw kuenya cakep bangettttt sayang makannya hehehe

    ReplyDelete
  3. ngikutin cerita Abby dari baru lahir, ikutan berasa ya ampun cepet amat waktu berlalu. Yang pasti Abby tambah gede tambah cantik

    ReplyDelete
  4. Abby pinter bgt,NZ memang ok sistem pendidikannya ya... happy birthday buat Abby yang ke 6 ... salam buat tilly dan Mr Croc

    ReplyDelete
  5. Foto terakhir Abby yang pake seragam sekolah cantik bangettt. Cuma beda setahun tapi kok keliatan banget ya bedanya. Memang anak itu cepet gedenya ya, apalagi ini ngikutin Abby dari ulang tahun pertama sampai udah sebesar ini *mendadak melo*

    Btw, di sana umur 6 tahun udah kelas dua ya ci? Abby sekolahnya lebih cepat apa emang di sananya begitu?

    ReplyDelete
  6. Duh...nggak heran deh jadi cici Abby, udah kelas 2 wahahahahaha...semangat sekolah yah cici Abby...taun depan foto lagi hari pertama sekolahnya :D

    ReplyDelete
  7. happy birthday abby... semoga makin cantik, makin pinter, dan sehat selalu ya... abby makin gede makin cantik ya... foto yang hari pertama sekolah, mukanya ga keliatan beda, tapi tingginya keliatan banget bedanya... semoga semangat sekolah terus ya abby...

    ReplyDelete
  8. selalu suka cerita ultah di keluarga cici. happy birthday abby!

    ReplyDelete
  9. Happy Birthday Abby! Cerita yang seru, menunggu cerita lanjutan di Indonesia ASAP ci hehehe

    ReplyDelete
  10. Selamat ulang tahun Abby! ultahnya selalu meriah dan menyenangkan... salah satu blogpost mami leony yang aku tunggu - tunggu.. postingan bday anak! hihihi

    ReplyDelete
  11. Happy Birthday Abby yang sungguh cantik. Semoga berkat dari Tuhan mengiringi sepanjang jalanmu. Cute banget kamu suka boneka buaya. Dan Tilly sungguh keterlaluan lucunyaa, coel pipinya niii

    ReplyDelete
  12. Wow.. ngikutin cerita Abby Dari lahir, skrg dah 6 thn aja.. jd ikut berasa tua hehe.. happy birthday Abby, all the best yaaa 🎂

    ReplyDelete
  13. happy birthday abby, si cantik yang "preman" :D
    semoga selalu sehat dan berbahagia

    ReplyDelete
  14. Abbby, happy birthday cantik! semoga menjadi anak yang slalu ceria, cerdas, membawa kebahagiaan dan slalu dituntun dalam menjalani kehidupan. :)

    ReplyDelete
  15. Happy Birthday Abby... Semoga tumbuh jd anak baik dan selalu sehat bahagia...
    Saya silent reader ci Leony, yg baca blog cici mgkn udah 3 - 4 thnan ini.. sukaaa dengan cerita2nya, gaya penulisan dan terutama kagum sama ke'strong'an cici sbg ibu serba bisa.. sy pernah mikir kapan ya saya komen di blog cici.. dan akhirnya kali ini sy komen krn kaget bgd pas lihat foto kiumei-nya Abby yg ternyata temen seasrama pas SMA di Van Lith...hahaha... Gila deh dunia sempit bgd...sy ga pernah kontak sm dia sejak lulus SMA sie, tp follow IG nya dan tahu kalo dia barusan merid..ternyata oh ternyata dia jd adik ipar cici... Hehehehe...

    ReplyDelete