Thursday, February 01, 2018

Abigail's Fifth Birthday Celebration

Hari ini tanggal 1 Februari 2018, hari pertama Abby masuk SD. Iya, anak mama yang bawel itu, hari ini masuk ke "sekolah beneran"!! Di Selandia Baru sini, ulang tahun ke lima jadi salah satu perayaan ulang tahun terbesar untuk anak-anak, karena di hari ulang tahun ke lima, mereka resmi jadi anak SD. Uniknya, sistem di Selandia Baru, begitu ultah ke lima, boom.... langsung pindah ke SD tanpa menunggu tahun ajaran baru yang dimulai di awal tahun. Tiap anak memulai kelas 1 SD-nya sesuai dengan hari ulang tahunnya. Jadi jangan bingung ada yang SD kelas 1-nya cuma berlangsung enam bulanan, ada juga yang SD kelas 1-nya berlangsung hampir satu setengah tahun lantaran kena cut off date. Berhubung Abby ulang tahunnya di malam Natal, yang berarti masuk di masa libur panjang musim panas, Abby baru masuk sekolah hari ini. Pagi tadi, mama dan papa melepas dia di kelas, dan kayaknya dia nggak merasa takut sama sekali. Dia langsung cari tempat duduk dengan tulisan namanya, langsung ngumpul dengan teman lama dan baru, lalu ikut assembly (kumpul besar) di aula. Kayaknya, orangtuanya jauh lebih nervous daripada sang anak. Anak mama tersayang ternyata udah gede banget, dan mama bangga banget melihat dia masuk sekolah dengan berani tanpa drama sama sekali.

Acara ulang tahun Abby ke lima ini, dibagi jadi tiga babak. Iye, gak salah denger kok, emang tiga babak. Yang pertama di sekolah, dilaksanakan tanggal 13 Desember 2017, soalnya hari terakhir sekolah tanggal 15 Desember 2017. Tanggal 14-nya ada Nativity Play alias drama Natal, jadi tidak boleh merayakan tanggal segitu, sementara tanggal 15 sudah hari terakhir, takut ada yang sudah kabur liburan (soalnya kan mau bagi undangan ultah ke beberapa kawannya), jadi deh tanggal 13 pilihan yang terbaik. Babak kedua kita makan siang sekeluarga aja pas hari H tanggal 24 Desember 2017. Dan babak ketiga, alias pamungkas, adalah pesta ulang tahunnya yang ngundang lumayan banyak orang (dan bikin emaknya encok) di tanggal 6 Januari 2018. Seru kan? Setahun tuh acaranya dari tahun 2017 sampai 2018 hihihi. Yuk kita simak ngapain aja sepanjang perayaan berlangsung.

Rabu, 13 Desember 2017

Hari ini adalah perayaan yang Abby sudah nanti-nantikan, soalnya dari sejak masuk ke kindy ini, dia sudah menyaksikan teman-temannya meninggalkan kindy satu per satu dengan perayaan "Kindy Birthday". Begitu tiba giliran dia, tentunya sudah nggak sabar dan heboh sendiri. "How many more sleeps until my Kindy Birthday, Mama?" Begitu terus nanyanya sampai bosen. Oh iya, perayaan ulang tahun di kindy sini jangan dibandingkan dengan acara di TK di Jakarta ya. Soalnya di sini, yang namanya birthday di sekolah itu cuma dirayakan di umur 5, dan perayaannya itu sangat amat sederhana sekali! Kuenya biasanya bikinan mamanya dengan icing sederhana dan yang penting dikasih sprinkle biar rame. Lalu goodie bag-nya juga super duper simpel, biasanya isinya stempel, balon mentah yang belum ditiup sebiji (iya sebiji!), pensil sebatang, bubble ukuran super mini, dan sejenisnya. Makanya saya pusing banget juga waktu pas mau kasih goodie. Terlalu simpel kok langsung kebuang, terlalu mewah bisa kelihatan hedon banget (plus mahal pula). Jadi setelah pemikiran panjang, kita usahakan tetap mengikuti tradisi di sini, tapi dengan sentuhan personal sedikit, biar terasa lebih istimewa.

Kue ulang tahun sederhana ini, saya pesan dari tempat bikin cupcake waktu itu. Jujur, kepingin banget bikin kue sendiri, tapi apadaya ada bayi di rumah dan bapaknya masih ngantor, diminimalisasi dulu deh urusan dapur. Sekolah sudah wanti-wanti kalau kuenya tidak boleh heboh dengan krim tebal. Jadi ini kue paling simpel yang bisa saya pesan. Ukurannya ternyata lumayan besar, sekitar 33 cm x 33 cm. Padahal pas mesan cuma bilang, mau pesan cake sederhana dengan icing minimalis yang bisa di share dengan teman-teman sekolah. Rasanya? Jangan ditanya deh, pesan di situ tidak pernah kecewa.

Di tempat yang sama, saya juga memesan gift box untuk guru-guru Abby. Kartunya saya yang tulis, amplopnya Abby yang tulis, sementara stickernya adalah desain dari Oo-nya Abby tersayang. Kartu-kartu tersebut saya tulis sepenuh hati, mengingat bagaimana luar biasanya para guru itu, menyambut Abby yang "lost in translation", dan membimbing dia sampai jadi seperti sekarang. Tak terbayang jasa-jasa mereka untuk Abby dan juga untuk kami orangtuanya.

Isinya penuh dengan macam-macam sweet treats. Ada coconut slice, apricot balls, marshmallow balls, mint slice, caramel slice, two kind of cookies, brownies, lumayan lengkap buat bikin sugar high hehehe. Guru-guru seneng banget ternyata dapat ginian. Rupanya, saya baru tau kalau di sini itu mau farewell gak ada bingkisan gimana-gimana untuk gurunya. Beda banget ya sama di Jakarta yang ortu biasanya heboh kasih bingkisan.

Ini dia goodienya si Abby untuk teman-teman kindynya, alias pinsil warna perjuangan. Kenapa perjuangan? Soalnya saking kecilnya Selandia Baru, nyari pinsil warna 40 box ukuran yang sama dengan merek yang sama aja susahnya minta ampun! Padahal pas di toko ngakunya stocknya ada ratusan, tapi ternyata udah ditunggu 45 menit, nggak ada barangnya dong. Lalu pegawainya bilang: sorry, barangnya masih di gudang, nggak ada tenaga kerja yang bisa bongkar, jadi coba cari di toko cabang lain ya. Preeeeeetttt..... huks.

Akhirnya di cabang lain ketemu juga, tapi nggak mencapai jumlah yang diinginkan. Jadi sebagian ada yang ukuran lebih pendek. Tapi tenang aja, yang panjang itu kan isi 24, sementara yang pendek itu isi 48. Sami mawon podo wae lah ya. Nah abis gitu dikasih sticker yang sama deh.

Masuk ke kindy di hari itu, rasanya bittersweet banget. Asli pingin mewek, soalnya inget pas hampir dua tahun lalu Abby menginjakkan kaki perdana ke sini, perjuangan nangis-nangis sampai ngompol selama sebulanan, sampai akhirnya Abby jadi anak yang berani dan pintar. Saya sebenarnya foto berbagai sudut di sekolah, tapi karena urusan privasi, saya share deretan tas ini aja ya. Tas Abby yang kupu-kupu paling kanan.

Jangan bingung kalau foto-foto di bawah ini banyak yang diblur ya. Soalnya ketat sekali peraturan pengenai privasi di sekolah ini.

Hari itu, yang merayakan kindy birthday ada dua. Dua-duanya sama-sama ulang tahun pas liburan, jadi dua-duanya dimajukan harinya. Baru kali pertama saya melihat tradisi kindy birthday di sini. Saya rasa sih setiap kindy pasti berbeda ya perayaannya, tapi di sini rasanya spesial banget. Mereka punya doa khusus, lalu nyanyi happy birthday bareng, dan tepuk tangan bersama (paki-paki) sebanyak lima tepukan menandakan ulang tahun yang ke lima.  Di foto ini adalah kepala sekolahnya, "Mrs. Jones with long hair" kata Abby. Soalnya ada satu lagi Mrs. Jones yang rambutnya pendek.

Setelah itu tiup lilin deh...puff! Resmi sudah lima tahun umurnya (menurut kindy hehehehe)


Kemudian, oleh kepala sekolahnya dikalungkan medali St. Dominic, salah satu santo pelindung sekolah Abby. Serasa wisuda yah.
Acara dilanjutkan dengan foto bersama teman-teman kindy-nya. 

Happy dan girang banget ngerayain ultah di sekolah. Selesai deh acaranya, habis itu langsung play time.

Satu-satunya foto berempat difotoin sama gurunya Abby. Kepala bapaknya kepotong, adeknya lagi nengok, biarin deh hahahaha...Yang penting ada foto keluarga.

Bangga banget pamer medalinya. 

Selama menunggu tea time, mama foto-foto keliling sekolah, si bayi malah bobo enak beneeeerrr....

Pas tea time, Abby keliling bagi-bagi makanan di lunch room.

Dan terakhir, makan kuenya sendiri. Nyam!
Bonus: Kamis, 14 Desember 2017

Hari itu cukup istimewa untuk Abby. Abby terpilih sebagai salah satu narator (pembaca) untuk drama Natal. Drama Natalnya sendiri dilaksanakan di gereja yang berlokasi tepat di sebelah sekolah. Sudah beberapa minggu setiap malam Abby berlatih bersama saya dan bapaknya untuk membaca dan mencoba untuk menghafal bagian dia yang lumayan panjang, yaitu saat Malaikat Gabriel datang membawa kabar gembira untuk Bunda Maria. Gimana hasilnya? Apakah Abby berhasil?

Tilly bersama Sr. Frances, mantan kepala sekolah Abby yang tahun ini usianya 86 tahun aja gitu loh! Masih sangat awas dan segar walaupun sekarang jalannya sudah pakai tongkat. 

Mama bangga bukan main. Ternyata bukan hanya berhasil membaca dengan baik, Abby ternyata hafal di luar kepala sehingga kepala sekolahnya tidak perlu membacakan naskahnya lagi. Dan yang bikin terkesan buat saya adalah, Abby bisa melafalkan semuanya dengan sangat lantang dan jelas, bahkan dari seluruh narator, dia yang paling jelas dan lantang. Sr. Frances sampai bilang, "Well done, Abby!". Ya ampunnn... dua tahun lalu, anak ini bahasa Inggris aja belum bisa loh. Anak kecil hebat amat sih?

Foto berdua sama adek bayi hehehe. 2.5 tahun lagi, giliran adiknya nih masuk kindy.

Senang sekali habis dapat hadiah dari Santa Claus.

Duh, berasa sudah anak gadis banget deh.... (terharu).
Minggu, 24 Desember 2017

Hari ini, Abby tepat berusia 5 tahun. Ya ampun, anak mama bukan balita lagi! Sekarang sudah resmi masuk "child age" (dimana kalau usia segini, makan buffet sudah mulai bayar hahahaha). Mama senang sekali Abby tumbuh jadi anak yang sehat, cantik, ceria, cerdas, dan juga banyak teman. Hari itu seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, kita rayakan dengan makan siang, lalu malamnya ke Misa Malam Natal. Ini kali pertama ultah Abby di hari H hanya dirayakan berempat saja. Tahun lalu masih ada Opa, Oma, dan Oo-nya datang. Tahun ini sepi, sampai Abby nangis sebelum berangkat lunch, katanya kok aku nggak birthday party? Jadi mesti dijelasin dulu kalau big birthday party-nya bukan hari ini. Untuk restonya, kami balik lagi ke Tony's Restaurant, tempat saya dan suami waktu itu merayakan anniversary. Tapi kali ini kami sengaja datang siang untuk nyobain menu brunch-nya.

Papa dan anak yang ulang tahunnya deketan, dirayain bareng aja yah. Irit!

Si Bayi hari ini kompakan pakai dress jeans juga biar sama dengan cicinya.

Kids meal kesukaan dia, chicken tenders and fries.

Steak Sandwich: Scotch fillet minute steak with mushrooms, onions, lettuce, tomato & avocado on Ciabatta - punya bapaknya.

Creamy Garlic Mushroom, Served on Ciabatta with bacon - punya emaknya. Ya oloh yang ini enaknya ampun! Itu jamurnya berlimpah ruah, pokoknya beneran pengen balik lagi ke situ, dan pesen ini lagi!

Gaya amat sih mau makan aje. Oh iya, anak ini sekarang jadi mulai suka tomato sauce dan berbagai cocolan lainnya. Mayo kek, aioli kek, beneran udah kayak anak gede.

Yang bayi lagi ngakak, lucu bener, kayak ju lai hut.

Kue ulang tahun buat berdua, Warm Fudge Cake: Served on raspberry coulis with fudge sauce and cream. Ini kue yang sama dengan yang saya pesan pas anniversary, dan rasanya tetep endeus dong!

Sumringah banget ini muka. Kalau lagi sipit gini kayak bapaknya ye, kan?

Pose manyun andalan

Tiup lilinnyaaaa! Itu bapaknya pose mangap mau makan lilin apa mau niup lilin sih?

Foto berempat paling mendingan. Susah bener minta waitress fotoin hahaha.

Potong kuenya, potong kuenyaaaa...

Si montok lagi melet

Sengaja masang foto ini, cicinya muka iseng, dedenya muka mewek.

Pose cantik di restaurant.

Bonus: Foto di depan gua palungan Yesus di misa Malam Natal.
Sabtu, 6 Januari 2018

Akhirnya, sampe juga di ronde 3 hahaha. Pamungkas nih cerita perayaan ultahnya. Kalau birthday party yang ini, si Abby juga nungguin karena dia tuh semangat banget ngundangin beberapa teman-temannya baik yang di kindy maupun yang di luar kindy. Bangga banget deh dia tuh kalau mau pesta (maklum tukang pamer hahaha). Yang ada, mamanya mabok berat karena yang namanya party, pasti bikin encok. Kenapa kita baru bisa merayakan tanggal 6 Januari? Karena mulai tanggal 24 Desember 2017 sampai 5 Januari 2018 playlandnya pada tutup semua euy! Ini tanggal 6 paling early buka loh, tempat lain malah ada yang bukanya baru tanggal 8! Serasa pada nggak mau duit ya di NZ ini, padahal orang liburan kan pada pingin main. Kalau kata suami, bayar tenaga kerjanya jadi dobel kalau buka pas liburan. Jadi mending tutup sekalian dah!

Undangan ultah lagi-lagi desain dari oo-nya dan dicetak di sini. Saya cuma bilang ke dia soal desainnya party biasa aja, gak pake tema-tema. Eh oo-nya bikinin kayak tema sirkus gini yah. Memang kreatif deh si oo.

Nah ini lagi goodie perjuangan ronde berikutnya. Saya kira lagi liburan gini, yang bisa dateng tuh cuma sedikit loh, ternyata ended up 22 anak dong yang RSVP! Belum termasuk ortunya loh. Lagi-lagi nyari goodie yang seragam tuh susahnya minta ampun sampai ngubek-ngubek toko dan minta tolong karyawannya buat manjat-manjat rak buat ngelihat stock. Akhirnya terpilihlah 3 motif ini. Tiap anak dapat gunting, penggaris, dan notes. Pas ngobrol sama Felicia, kata dia, "Ya ampun, Bu, harga beli di sono satu, di Asemka bisa dapet selusin." Huahahaha...  
Saya kasih Abby beberapa opsi tempat main (playland) untuk perayaannya. Ada Chipmunks yang isinya banyak manjat-manjat (katanya di Jakarta udah buka ya?), ada Flippin Fun trampoline park, dan juga ada Inflatable World yang isinya lompat-lompat di balon beraneka ragam. Yang dua pertama itu lokasinya lebih dekat dari rumah, tapi yang dia pilih yang ke tiga dong alias Inflatable World. Nah, di Inflatable World ini, mereka nggak jual makanan, jadi saya mesti siapin semuanya dari rumah. Makanannya sih finger foods semuanya, soalnya nggak boleh kotor di situ, alias bakalan kena denda kalau sampai messy. Di satu sisi, seneng sih bisa nyediain makanan bikinan sendiri, tapi di sisi lain, encok dan pusingnya 7 keliling kakak! Kalau mau simpel, di Auckland sini tiap ultah anak-anak di playland, kebanyakan yang dikasih makan cuma anak-anaknya aja. Tapi saya kan nggak tega euy, udah jauh-jauh dateng, masak ortunya gak dikasih makan? Apalagi kita orang Indonesia ya, apalah artinya kumpul tanpa makan? Tul gak? (untung kagak tumpengan). Jadilah, beneran deh, nyiapin party yang kali ini, pegel badan dari ujung rambut sampe ujung kaki, tapi PUASSSS!

Meja makan udah kagak muat, padahal itu belum diisi semuanya loh. Buat anak-anak saya siapin kotak-kotak yang isinya kids friendly food. Ada chicken nuggets, sausage rolls (kalau di Indo semacam sausage brood, tapi ini isinya lebih gede daripada kulitnya), cocktail sausages, dan fries. Nah yang kanan itu untuk ortunya, dan juga anak-anak kalau masih mau nyomot. Oven sama kompor saya kerja nonstop dah, udah kayak restoran, dimana saya cuma break pas makan, mandi, sama mompa ASI. Kalau saja suami nggak libur, ngga bakalan saya mau bebikinan begini.

Sausage Rolls, kayaknya total ada 120 biji deh. 

Perkedel Jagung, Indonesia sekali bukan?

Menu andalan, Bakso Goreng Babi Udang. Ini kesukaan temen-temen di sini nih.

Honey and Soy Chicken Wings, Kayaknya ada kali lebih dari 80 biji. Sampe kagak ngitung lagi dah.

Udah cucok buka kateringan? Kebayang nggak sih gimana bawa ini semua ke satu mobil, lalu unloading semuanya pas sampai tempat pesta, tanpa bantuan hahahaha. 

Dan inilah birthday girl-nya. Si Wonder Woman! Bajunya ini dibeliin sama Oma-nya dari Jakarta, ukurannya ukuran 8. Kok pas-pas aja ya di anak 5 tahun? Kalau umur 8 udah jadi seksi kali tuh Wonder Woman paha-nya kemana-mana hihihihi.

Papanya pose sama yang kecil

Mamanya juga pose sama yang kecil. Terus baru ngeh, kalau nggak ada foto berempat!

Barengan sama Bianca, teman menari dia pas acara Natal Komunitas Katolik di sini.

Sama Mason, sahabat dia dari Kindy dan sekarang barengan di Primary.

Sama Chen, teman les piano dia (dua anak paling heboh di kelas yang bikin gurunya sakit kepala).
Sebenarnya masih banyak lagi foto-foto barengan sama anak-anak lain, tapi lagi-lagi demi keamanan bersama, kita nggak pajang deh ya. Nah, ada enak gak enaknya nih ultah di playland gede kayak begini. Anak-anaknya pada berhamburan semuanya dari sejak baru dateng. Bahkan si Abby lupa loh siapa aja yang dateng lantaran semuanya sibuk main sendiri. Untungnya karena rombongan kita gede banget, kita dapat space paling besar di playland tersebut dan bukan di hallway, jadi brasa privat aja gitu. Pas jamnya makan, semua anak-anak ini kita panggil kemudian makan bareng, dan diakhiri dengan potong kue sebelum mereka bubar dan lanjut main lagi. Senengnya, semua anak had so much fun! Siapa sih yang nggak seneng loncat-loncatan dari awal sampai akhir? Yang pasti itu badan udah keringetan semua, penampilan udah kayak capcay, yang penting hati gembira!

Acara makan bersama yang heboh dan ramai. Kita juga order pizza lagi untuk tambahan. Yang bukan orang Asia dan nggak seneng coba-coba, jadi punya opsi yang mereka kenal.

Anak perempuan, badan keringetan, duduknya kayak preman.

Nah ini contoh menu anaknya yang udah komplit, pakai juice juga, dan pakai topi. Topinya terserah dah mau pake apa ngga, yang penting duduk makan.

Kalau ini Aaron, teman mainnya Abby dari sejak kita pindah di sini. Cinta Indonesia banget nih pakai batik.

Kue ultah kali ini, terpaksa pesan di toko lain, bukan tempat bikin kue langganan. Lagi-lagi balada orang yang ultahnya pas liburan, tukang kuenya ikut libur dong. Jadi deh kita pesan kue di toko standar yaitu Cheesecake Shop. Surprisingly, kuenya sangat enak, bahkan sampai ada yang nambah segala saking enaknya. Ludes des des deh.

Foto berempat barengan sama kue. Ada juga foto yang semuanya ngadep depan. Thanks, Elrica for taking the pic.

Tiup lilinnyaaaa....(lagi)

Potong kuenyaaaa.... (lagi)

Om Arief udah cocok lah ye gendong anak kedua.

Tante Fenella, boleh lah nambah juga. Baru ngeh, di sini paha si Tilly montok banget ye. Kayak ayam broiler Ke Ep Ci.

Nih beberapa foto buat kasih lihat suasana Inflatable World yang gede banget. Bayangin aja itu anak-anak dilepas nyebar kemana-mana. 

Sisi sebelahnya yang nggak kalah gedenya.

Nggak cuma anak kecil, yang gede pun ikutan hepi main di sini. Itu si Abby baju boleh Wonder Woman, tapi gaya kayak Spiderman.

Yippieeeee!! Jadi pengen meluncur juga deh...

Udah basah kuyup, kelar juga deh ya mainnya. Horeee, akhirnya acara selesai. Bersyukur banget deh ada beberapa temen kita yang bantuin beberes, sigap banget pokoknya semua meja udah bersih rapi jali pas waktunya habis. Semua makanan yang ternyata berlebih buanyak banget pada ditapau sama temen-temen. Mendingan lebihan kan daripada kurang. Mayan jadi bagi rejeki bisa kenyang sampe malem hihihi.

Asik, terima kado dari teman-teman semua. Makasih dari Abby buat semuanya! 
Dari sekian banyak kartu, ada beberapa kartu yang menurut kita lucu banget. Salah satunya si Batman ini, gambar dari si Chen, teman les piano Abby. Anaknya memang suka gambar, sampai buku les dia aja warna warni gak karuan.

Lalu yang ini, dari Isabella, kata papanya, dia bikin ini sampai lewat jam tidurnya. Biasa tidur pukul 8 malam, tapi kemarin malam itu dia tidur sampai pukul 9.30 malam demi bikinin kartu spesial untuk Abby. Ih, kreatif dan sweet banget ya! 
Foto terakhir ini, Wonder Woman lepek di tengah kado-kadonya. Habis ini semua kado dibukain, dan mama papa mabok naronya dimana hahahaha.
Nah, udah kelar deh tuh seluruh rangkaian foto-foto dan cerita ulang tahun Abby yang ke 5. Gimana, seru banget nggak sih? Serasa nggak selesai-selesai itu perayaan. Pokoknya habis seluruh acara baik syukuran di sekolah maupun big party di playland kelar, leganya amit-amit kayak ada karung satu kwintal lepas dari badan! Asli saya tuh kepikiran melulu soal macam-macam, mulai dari makanan, soal logistik, soal goodie, soalnya kan semuanya kerjain sendiri, makanya jadi was-was (ya kerjain berdua sih sama suami hihi. Saya yang kerjain, suami yang momong anak, simbiosis mutualisme). Kalau di Jakarta lebih praktis, tinggal order ini itu dan banyak yang bantuin. Tapi Puji Tuhan, semuanya selesai dengan baik. Kalau ada kekurangan di sana sini, dimaklumin deh ya, soalnya saya bukan Wonder Woman, cuma si Abby Wonder Woman-nya hihihi. Semoga perayaan sederhana ini bisa jadi kenangan indah buat Abby, dan kalau dia lihat foto-fotonya, dia bisa inget kalau dulu mamanya berjibaku di dapur dan muter keliling toko buat siapin acara ini.

Catatan di bawah ini, saya tulis di Facebook di hari ulang tahun Abby.

Untuk Abigail tersayang,
5 tahun lalu di tanggal 24 Desember 2012 pagi, perut mama mules nggak karuan. Mama kira itu pasti karena sehari sebelumnya mama makan Indian buffet favorit mama. Nggak taunya mules mama makin menjadi, dan saat tiba di rumah sakit satu jam sesudahnya, ternyata sudah bukaan lima dan dua jam selanjutnya kamu sudah ada di pelukan mama, dua minggu sebelum jadualnya.
Tau-tau kok kamu sudah besar, sudah jadi "big girl"nya mama, sudah jadi cici, dan awal tahun nanti, kamu sudah masuk SD dan mulai pakai seragam. Mama mendadak terharu loh. Mama masih ingat kamu yang nenen sama mama dan ketiduran melulu sampai agak kurus di bulan pertama, kamu yang masuk ER gara-gara sembelit kebanyakan makan pisang, kamu yang suka teriak "apay" saat mendengar lagu-lagu Hi-5, kamu yang nangis tiap hari selama sebulan pertama kamu masuk kindy di Auckland sampai terkencing-kencing, kamu yang sekarang ternyata jadi anak yang pemberani, ceriwis, dan selalu ingin tahu. Betapa waktu berputar begitu cepat, dan terkadang mama pingin kamu jadi anak bayi mama lagi yang bisa mama ciumin dan nggak berontak kabur saat mama peluk erat.
Selamat ulang tahun ke 5 anakku tersayang. Walaupun anak mama dua dan kamu sudah jadi cici, kamu tetap yang pertama buat mama. Tempat mama pertama kali belajar jadi seorang ibu. Terima kasih untuk menemani hari-hari mama dan papa selama lima tahun terakhir ini. Semoga kamu terus bisa jadi kebanggaan mama. Bukan cuma pintar dan berprestasi, tapi juga murah hati dan penuh kasih. Kiranya Tuhan selalu menyertai langkah hidupmu.
Untuk perayaan ultah Abby sebelumnya, bisa intip di sini: Ultah Pertama (Bagian 1 dan Bagian 2), Ultah Kedua, Ultah Ketiga, Ultah Keempat.

40 comments:

  1. Selamat ulang tahun ya cantik. Panjang umur, selalu sehat, dan semakin diberkati Tuhan dalam segala hal. Time flies ya ci, tahu-tahu Abby sudah 5 tahun saja sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Wien! Iya tau2 Abby udah gede banget (dan udah bisa ngelawan mama nih, hiks).

      Delete
  2. Seruu banget bacanya.. Dan nyiapin semuanya sendirian, brb pengsan.. Tadi sempat bingung pas lihat.. Segitu banyak makanan, kok ga ada nasi..bahahaha. Lupa kalau ini di NZ bukan di Indonesia.

    Selamat ulang Tahun yaaa, cici Abby.. Amin untuk semua doa Mama Papa.. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Py!

      Haha, dulu juga ngira bisa lemes banget pas kelar. Ternyata abis selesai acara, masih bisa ke gereja, terus besoknya main-main ke pantai hauhahaha.

      Iya, kudu finger food semua, Py. Kalau nasi sih bisa, tapi pestanya di rumah ya.

      Delete
  3. Selamat ulang tahun Abby sayang, tambah pinter, sayang papa mama dan adek Tilly selalu. Tuhan berkati dan bimbing Abby selalu ya...
    Duh udah umur 5 taun aja ya Abby. Ngikutin cerita Aby ini dari jaman masih diperut sampe udah jalan jalan kemana2. Wah salut deh ci ngatur pesta nya hahahaha, 4 jempol ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Maya!

      Pesta sederhana. Untung di NZ. Kalau di Indonesia pasti orang pada ngoceh cuma dikasih snack hihihihi.

      Delete
  4. Selamat ualng tahun abby, semoga jadi anak yang cerdas, ceria dan penuh kasih sayang.

    ReplyDelete
  5. Abby tambah gede tambah cantik deh! Selamat ulangtahun, anak gadis! Semoga enjoy SD ya. Lucu ya begitu ultah langsung naik kelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Dina!

      Iya di sini mah agak ajaib gitu deh, pas umur 5 loncat jadi anak gede :D

      Delete
  6. happy birthday abigail!!!
    waduh mantap bener nih perayaan ultahnya ya...

    lucu ya ny masuk sekolahnya pokoknya umur 5 langsung masuk SD ya. kalo masuk di tengah2 apa gak jadi ketinggalan pelajaran ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Om Arman!

      Gue juga bingung sih, tapi so far, baik-baik aja tuh semuanya. Konon kalau misalnya ortunya ngerasa anaknya ketinggalan, boleh kok ngulang lagi. Tapi rata-rata sih pada naik kelas ya kalau di awal gitu.

      Delete
  7. Selamat ulang tahun Abby! Salut buat effort mama dan papanya. Jadinya sekarang Abby lebih terbiasa ngomong Bahasa Inggris di rumah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Windy!

      Ini anaknya ngomongnya campur-campur gitu deh. Kalau sama saya sih diusahain saya ajak ngomong bahasa Indonesia, tapi ya namanya kebawa dari sekolah, dia suka ngajak saya ngomong bahasa Inggris.

      Delete
  8. Happy Birthday Abby.. Beneran udah keliatan anak gede.. makin gede makin cantik.. sukses terus en makin sayang sama mama papa en dede Tilly.. Gbu

    ReplyDelete
  9. Yah ampuuun...dah lama gak mampir2, itu Abby dah gede ajaaa.Dah punya dede pula.
    Happy belated birthday Abby....
    Bila nanti Abby besar, pasti dia bangga baca tulisan ini, betapa mama papa nya begitu berusaha menyiapkan semuanya demi Abby happy.

    kemarin ini mampir2 ke sini inget pernah baca pas Leony makan Kobe beef, sampe nelusurin 1-1 krn lupa kapan, tp infonya jelaas bgt, nyampe dengan selamat ke Mouriya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Liliana! Amin, semoga Abby bisa bawa memory ini sampai tua yah.

      Wah, seneng dong udah sampai ke Mouriya. Semoga sesuai rasanya dengan ekspektasi yah.

      Delete
  10. happy birthday abby... ga berasa ya tau2 uda gede aja... semoga makin cantik, makin pinter, dan sehat selalu ya... suka banget deh liat perayaannya, sederhana tapi manis banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Mel!

      Di sini segitu udah perayaan lumayan gede loh Mel. Makanya hidup di sini jadi bikin kita jauh lebih menghargai yang penting-penting daripada materinya. Buat anak-anak itu, jauh lebih penting mereka have fun bareng. Makanan sama goodies kayaknya nomer sekian.

      Delete
  11. Happy Birthday Abby, semoga selalu happy yah :D
    Baby kecil dah jadi gadis ya skr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Diana.

      Gadis cantik kan ya? Hihihi.

      Delete
  12. Happy bday Abby..
    Ga kerasa perasaan baru kemarin baca postingan lahiran Abby..
    5 tahun yg begitu cepat ya..
    Semoga Abby menjadi kebanggaan keluarga dan Tuhan selalu melindungi kamu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Desi!

      Iya, nih mamanya juga ngerasanya baru belum lama dilahirin, tau2 kok udah gede gini.

      Delete
  13. happy bornday cc abby!semoga pengharapan2 dari ortu terkabulkan, amin!

    tambahan : foto tilly montok waktu ngakak persis wajah papanya dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Entin! Wah emang banyak banget yang bilang kayak bapaknya. Tapi di beberapa pose tertentu juga kayak mama loh hihih (ngarep).

      Delete
  14. Selamat ulang tahun ya Abby! Seru banget perayaannya, semoga doa mama papa untuk Abby terwujud ya. Semoga sehat selalu dan tambah bahagia. Semoga Abby bisa rukun2 selalu dengan adik Tilly dan lancar menjalani masa sekolahnya. Amin!

    Mbak Le, ju lai hut apa sih? *OOT*
    Oh ya, Tilly terlihat amat montok dan mirip anak bule 😁
    Salut deh bisa nyiapin semuanya sendiri, aku mah keknya lambai2 ke kamera deh kalo suruh bikin begini. Hehe. Oh ya, disana SD masuk umur 5 th? Cepet juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, Tante Pipit. Semoga lancar studi ya.

      Ju Lai Hut itu patung dewa gendut ketawa. Coba aja digoogle deh, mirip deh sama Tilly (cuma Tilly masih pake baju hahaha). Masuk SD umur 5, tapi nanti masa sekolahnya 13 tahun (alias sampai kelas 13). Sama aja toh dengan di Indonesia.

      Delete
  15. ooo iya lupa mesti di-blur muka anak2nya :)

    ReplyDelete
  16. happy birthday ya Abby sehat dan happy selalu ya... kok cepet banget yaaa... perasaan kemarin baru baca saat melahirkannya, sekarang udah 5 tahun...
    makanannya enak2 banget... yummy, kamu pinter masak banget ya..
    kapan2 share dong resep2nya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, Bon, kenapa pas reply gue ke skip ya komen lu ya haha. Iya time fliesss.. anak2 lu jg ud pada gede. Makanannya yg simpel2 n finger food aja, Bon. Nah itu dia, buat yg kenal deket sm gue, pasti tau kalo gue ga pinter nulis resep. Biasa kl nanya, lbh mudah gue jelasin kl pas chat.

      Delete
  17. Happiest birthday lagi, miss Wonder Women. :)
    Thank you for having us.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Tante El atas kehadirannya di pesta Abby.

      Delete
  18. Happy birthday Abby, moga semua harapan dan doa papa mama utk Abby terkabul ya..jd anak yg pintar, baik hati dan berbakti pd ortu..GBU sweet girl 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Lisa! Amin untuk wishnya.

      Delete
  19. Halo ci Leony, salam kenal^^

    happy bday ya buat Abigail :)

    si dedeknya lucuk banget sihh, gemes ngeliatnya :D

    dan creamy garlic mushroomnya bikin ngiler! :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Alethea,

      makasih ya ucapannya. Salam kenal juga! Memang enak sekali itu makanannya hihihi.

      Delete
  20. Happy belated bday Abby!!
    hebat benerrr masak sgitu banyakkk!!
    Abby pasti seneng yaa, dirayain yg di kindy ama di playground, uda punya banyak temen2 disana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Belated 3 bulan ya, Teph. Saingan sama gue belated jg nulis blognya.

      Makasih, Tante Teph. Abby memang gaul banget deh. Skrg di SD msh jalan di luar aja temen2nya ud nyamperin heboh hahaha.

      Delete