Tuesday, December 01, 2015

Abby Tamasya Ke Jepang - Bagian 11

Sampailah kita pada installment terakhir dari Abby Tamasya Ke Jepang. Hahahaha, beneran kayak cicilan, cuma kalau cicilan itu 12 kali, ini 11 kali aja cukup, sesuai dengan jumlah harinya. Baru nyadar, capek juga loh bikin blog soal trip yang isinya lumayan banyak dan detail. Untungnya masih ada semangat buat milih-milihin fotonya, padahal seringkali kepala mumet dan males hahaha. Gara-gara pembaca juga yang bilang ngga sabar untuk nunggu seri selanjutnya, makanya sisa-sisa semangatnya dipakai juga buat menyelesaikan. Buat yang belum baca seri sebelumnya, bisa klik di sini ya: bagian 1bagian 2bagian 3bagian 4bagian 5bagian 6bagian 7bagian 8, bagian 9, dan bagian 10.

Thank you semuanya buat ngikutin seri ini, dan sekarang kita simak petualangan kita di hari terakhir, plus kesan-kesannya.


Jumat, 23 Oktober 2015

Nggak percaya, setelah sekian lama kita di Jepang, akhirnya sampai juga di hari terakhir. Mana hari itu kita kudu bangun pagi-pagi banget lantaran pesawat kita itu pukul 11.00, dan Airport Limousine Bus akan jemput kita di lobby hotel pukul 7.00 dengan estimasi sampai di Narita paling telat pukul 9.00. Jadi pukul 6.00 kita semua sudah bangun, padahal kita tidurnya lumayan telat lantaran malam-malam sehabis dari Disneysea harus packing dulu (plus makan KFC hihihi).

Memandangi dulu suasana Shinjuku dari jendela kamar sebelum akhirnya pulang.

Packing-packing! Lihat deh itu koper penuhnya udah kayak apaan, tapi kok bisa juga ketutup! Amazing kan? Hihihi *bangga*

Sampai lobby, anaknya masih nguap gede banget saking ngantuk. 

Dan mandangin mama yang lagi ngurus check out.
Untuk hotel di Tokyo, sama seperti di Hotel Metropolitan Tokyo Marunouchi kemarin, Hilton juga imposed extra city tax sebesar JPY 200/ malam, yang berarti saya harus membayar tambahan JPY 1,000 (IDR 120,000) untuk 5 malam dan dibayarkan pada saat check out. Sementara pembayaran penuh hotelnya sudah kami selesaikan sebelumnya (ga kebayang kalau bawa-bawa cash kebanyakan hahahaha).

Ini kita difotoin sama bapak-bapak bule yang lagi business trip. Dia bilang gini saat dia nawarin mau fotoin kita. "I know how hard it is to take a picture together as a family when you have a little kid. I have two girls, so I know how it feels. So, go ahead, let me take your picture." Baik ya! Thanks, Sir!

Inilah bus kita, walaupun namanya Airport Limousine, bentuknya ya bus seperti ini, bukan mobil mewah limo panjang hehehe.
Airport Limousine ini adalah service khusus dari Limousine Bus Japan dan sangat membantu sekali untuk orang yang tidak mau repot naik kereta. Seperti saya, sudah hari terakhir gini, badan masih ngantuk pagi-pagi, enak sekali naik Airport Limo karena kita tinggal duduk saja, gak usah geret-geret koper, tau-tau sudah sampai di Bandara Narita. Tidak semua hotel bekerjasama dengan Airport Limousine. Untuk hotel-hotel yang bekerjasama, bisa dicek langsung di website Limousine Bus. Harga tiketnya sebesar JPY 3,100 (IDR 372,000) per orang untuk satu kali jalan (one way) ke Narita. Untuk Abby sendiri masih gratis asal kalau busnya penuh, dia dipangku. Kalau ke Haneda, seingat saya jauh lebih murah (kurang dari setengahnya) karena jaraknya jauh lebih dekat. Sebaiknya kita reserve tiket Airport Limo minimal sehari sebelumnya, dan untuk yang tinggal di Hilton Tokyo, bisa langsung reserve di counter sebelah concierge.  Airport Limousine service juga tersedia dari Bandara, jadi buat yang mau total pakai Airport Limo untuk round trip juga boleh.

Tiket Limo Bus yang harus diperlihatkan ke petugas. Kita juga sikasih baggage claim tickets yang sesuai dengan bagasi kita yang dimasukkan ke dalam bus supaya tidak tertukar.

Bagasi dari penumpang yang menginap di Hilton, sama seperti di pesawat, semua akan diberi tag yang sesuai.

Goodbye, Hilton Tokyo Shinjuku! Sampai ketemu lagi (entah kapan hahaha).

Dan beginilah suasana di dalam Limo bus. Kayak bus biasa. Yang bikin saya bingung adalah, kayaknya cuma kita sekeluarga orang Asia-nya pagi itu. Sisanya bule semua hihihi.

Kira-kira 1.5 jam kemudian, sampailah kita di Narita Airport. Kebetulan traffic pagi itu sangat bersahabat. Nah lihat kan, kalau koper kita itu cuma beranak sebesar tas Longchamp warna coklat di sebelah stroller. Padahal pas saya buka di rumah, total belanjaannya itu ditumpuk-tumpuk lebih luas daripada meja makan :P
Suami bilang, Narita airport ini pas dia dulu ke Jepang itu bosenin amit-amit dan ngga ada apa-apanya, so kata dia I shouldn't expect that much from this airport. Tapi ternyata lumayan banget loh! Jadi setelah kita check-in, kita muter-muter sejenak di area mal kecil (yang katanya dulu gak ada) di dalam airport, dan nemu beberapa restaurant plus food court, serta banyak toko souvenir. Uniqlo aja ada! Jadi buat yang belum sempet beli oleh-oleh, masih bisa last minute shopping.
Area mall, di depan kita itu ada food court yang namanya Garden Gourmet Court. Lumayan dari jendelanya bisa lihat pemandangan.

Toko-toko souvenir yang lumayan banyak ada di kompleks mal tersebut.
Karena pagi itu kami belum sarapan, kami langsung merapat ke food court-nya dan pesan makanan. Sementara suami pergi ke JR Ticket Office di basement area untuk ngurus refund dari IC-Card (Suica). FYI, untuk minta refund IC-Card ini, bukan di JR Travel Service Center yang pertama kali kita ngurus JR Pass ya, tapi beneran di Ticket Office yang untuk beli tiket keretanya.

Sruput, minum orange juice dulu ya!

On the way ke Ticketing Office, suami nemu poster Mongolian Airlines. Mantab banget itu pilotnya serasa ketua gank mafia dan dayang-dayang di belakangnya. 

Nih, biar lebih jelas lagi, sampai ditulis, kalau ngurus JR Pass itu di tempat yang saya pegi kemarin, sementara Ticket Office ya bener-bener buat beli tiket (termasuk tiket Narita Express kalau beli lepasan) dan refund.

Ini dia Ticket Officenya, semua berbaris teratur.

Pas balik ke arah mal, suami saya ngelihat JR East Travel Service Center yang tempat ngurus JR Pass, pagi itu ramainya amit-amit gak kira-kira. Di luarnya sampai dbikin antrian khusus! Berarti hoki banget dong ya saya 10 hari lalu kok bisa sepi dan bisa langsung masuk plus duduk di dalam.
Pas balik, suami bilang, ih lumayan banget refund-nya itu masih dapet JPY 4,000 (IDR 480,000). Pas banget deh buat gantiin sarapan kita pagi itu. Berarti selama kita di Jepang, total pemakaian IC Card untuk kita berdua itu sebesar JPY 16,000 (IDR 1,920,000). Tapi itu juga karena dibantu JR Pass di 7 hari perdana. Buat yang mau travel ke Jepang, jadi bisa kira-kira deh ya isi berapa. Menurut saya sih isi JPY 10,000 per orang itu sudah cukup pas.

Pesanan asal tunjuk, Spaghetti with Shrimp and Pesto Sauce untuk saya.

Spaghetti with Pork Bacon, Mushroom, and Spinach in Tomato Sauce untuk suami (tetep ye ada porknya)

Kids meal untuk Abby yang isinya Spaghetti Bolognaise, Fries, Sosis bentuk Octopus, dan ada eskrimnya (cuma dikasih belakangan biar gak cair).
Namanya di food court-nya airport, walaupun harga makanannya beda tipis sama restaurant, tapi ya rasanya hambar-hambar gitu. Porsinya sih gede dan ngenyangin banget. Abby aja gak gitu doyan sama Spaghettinya, cuma kentangnya aja diabisin. Habis makan kentang malah minta biskuit.

Enakan malkist ini dong Ma, daripada spaghettinya :P

Dan ini soft serve ice cream yang bagian dari kids meal. Tentulah yang Abby makan pasti cone-nya (doang).

Nih, display makanannya tadi, cukup menggoda kan. Sayang rasanya biasa banget. Untungnya bahan-bahannya segar, jadi masih oke lah.
Habis makan, kita masih sempat jalan keliling dikit, dan ngabisin receh untuk beli oleh-oleh (lagi, Non??). Kemudian mengingat imigrasi pas datang itu lama banget, kita jadi buru-buru deh untuk masuk ke terminal. Tapi ternyata, beda dengan imigrasi saat kedatangan yang lambretta banget, imigrasi saat keberangkatan ini sangat cepat dan efisien. Mungkin alasan keamanan juga kali ya, kalau nerima orang harus hati-hati, kalau "ngusir" orang bolehlah cepet-cepet hihihi.

Di dalam terminal keberangkatan juga masih ada toko tax free yang jualan seabrek Tokyo Banana dan harganya lebih murah dari di luar (saya kecele tadi beli di luar karena masih pakai tax, kirain di dalam gak ada toko apa-apa, tapi cincai lah ga beli banyak)

Ada iklan visit Indonesia juga loh! *jadi pingin mijit*

And that's our plane lagi loading barang. Gak berapa lama, kita langsung boarding. Bye, Japan!!

Baru aja kita makan barusan, eh pas masuk pesawat udah disodorin buku menu lagi aje! Oh my, meledak deh perut. Yang ini Japanese Lunch

Sementara yang ini International Lunch

Ini pilihan suami yang Japanese

Pilihan saya yang internasional

Sementara Abby malah milih tidur aja. Masih ngantuk dan agak cranky.
Sepanjang perjalanan dari Jepang ke Jakarta ini, si Abby kasihan banget deh. Mungkin perpaduan dari ketidaknyamanan dua hari selama di Disneyland dan Disneysea, ditambah hari ini harus bangun agak pagi untuk kembali terbang. Sepanjang jalan dia ngoceh berkali-kali kalau dia minta pulang ke rumah. Nanya terus kapan pulang ke rumahnya. Sebenernya ini udah dimulai dari sejak dia di Disneyland sih, memang anaknya gak suka keramaian yang kelewat padat. Tapi pas di pesawat ini lumayan ultimate nanyainnya, dan mewek-mewek dikit. Untungnya dicampur tidur, makan, dan nonton juga, kalau ngga sih, bisa gempor ngadepin anak yang mengeluh minta pulang terus selama 7 jam.

Dikasih nasi, anak ini gak  mau, karena emang sih nasinya baunya beda, kayak ada herb-nya. Tapi pas dikasih biskuit dan susu sama pramugari, makannya semangat, dan langsung habis 5 biji, padahal biskuitnya tebel-tebel. Susunya sih gak diminum. Di meja itu ada boneka Cars dan pouch Inside Out dari SQ. Lumayan lah bisa distract home sick-nya. 
Salut sama salah satu pramugari SQ yang orang Jepang, mana cantik pula orangnya. Melihat Abby sedih karena home sick, diajakin ngobrol, ditawarin mainan, pokoknya perhatian banget deh. Pas Abby selesai makan biskuit ini, ditanyain mau lagi atau ngga, dan anaknya mau lagi dong. Dateng lagi deh biskuit ronde 2.

Yak, lanjut terus makan biskuit sampai puas.

Dasar anak cewe, biar gimana tertarik sama cermin. Ngaca melulu tuh di cermin di meja pesawat.
Di penerbangan ini juga, Abby sempet pup hihihi. Lumayan sih, maksudnya lumayan bikin rempong bersih-bersihnya lantaran wece pesawat mungil banget, terus anak ini hobi banget pencetin tombol flush. And finally, we arrived in Singapore. Karena transit time cuma 55 menit, beneran cuma dipake buat pindah dari gate yang satu ke gate yang lain, dan ke wece. (Eh tapi mama bisa nyelipin belanja dikit loh. Hahaha).

Begitu keluar dari pesawat, moodnya langsung mendingan banget!

Langsung nemplok di jendela dan happy ngelihat pesawat yang bakal ngangkut kita ke Jakarta.

Hello..... is it me you're looking for? (mama Abby masih hidup di jaman Lionel Richie, bukan Adele)

Makan malam on the way to Jakarta. Nasi, rendang, sama kari kol! Welcome to Indonesia! Hihihihi. Lumayan nih di sini Abby mau makan loh.

Dan akhirnya, tiba juga kita di Soekarno Hatta! Abby pasang mata elang buat cari koper kuningnya.
Saking udah lama alias sudah 6 bulan sejak terakhir ke luar negeri, saya tuh ngerasain small changes that made big differences di Soetta. Perbaikan fisik sih jelas kelihatan ya, lampunya udah terang banget, lantai arrivalnya sekarang sudah full carpet. Tapi yang paling membahagiakan adalah: ANTRIAN IMIGRASINYA TERTIB! Yippieeee! Udah ngga ada lagi tuh serobot-serobotan dengan line yang berbeda-beda. Sekarang sudah sama dengan di LN, cukup 1 line, dan pakai first come first serve basis. Hal ini bikin antrian serasa jauhhhh lebih cepat dan efisien. Tuh kan, biar cuma kecil perbedaannya, impactnya terasa banget loh!

Malam itu kita naik Silver Bird Alphard saking gedenya tuh koper. Namanya jumat malam, macet aje dong jalanan! Dan begitu kita tiba di rumah... tebak si Abby ngapain??

Langsung lari kenceng ke playpen, gak buka sepatu, gak buka jaket, langsung menyerbu masak-masakan! Ampun dahhhh... Kangen ya By, di Jepang gak ada masak-masakan?
Setelah kelar geratakin mainan, Abby langsung mandi dan kita boboin, sementara emak bapaknya sibuk beresin koper. Walaupun capek, malam itu kita nggak langsung bisa tidur. Kita masih seru ngobrolin perjalanan selama kita di Jepang, dan berbagai hal yang kita wish kita bisa tambahin lagi seandainya punya cukup waktu.

So, after our great experience while in Japan, apa aja sih yang kita kepingin ubah-ubah dikit?

1. Tentulah kita kepingin lebih lama di Tokyo! Sebenernya kalau rencana awal, kita kepingin bablasin pulang hari Minggu alias nambah 2 malam lagi di Tokyo untuk explore Tokyo lebih banyak tanpa suami harus nambah cuti. Tapi hari Sabtu, 24 Oktober 2015 itu kawan baik kita nikah, makanya kita pulang tanggal 23 Oktober supaya bisa hadir ke perkawinan sahabat kita di Jakarta. Kenapa kita pingin explore Tokyo lebih banyak? Jawabannya ada di no. 2.

2. Kita kepingin nambah wisata kuliner!! Gara-gara ke theme parks 3 hari, itu sudah memotong wisata kuliner kita sebanyak 3 hari. Namanya makanan di Theme Parks, what can we expect? Kita masih belum makan Tempura Udon, Yakiniku, Sukiyaki, dan berbagai makanan lainnya. Intinya, kita masih belum puas makannya!! Mungkin orang yang baca bingung kali ya, perasaan kita udah cukup makan enak sepanjang trip, termasuk makan Kobe Beef, tapi beneran deh, kita masih belum puas!!

3. Pingin nambah 1 hari di Osaka buat ke Kaiyukan Aquarium. Ternyata karakter si Abby ini jauh lebih demen liat binatang-binatang daripada ke Theme Parks. Keberhasilan bawa dia ke Dufan tidak menjamin keberhasilan bawa dia ke Disneyland/sea. Jadi kalau bisa diputar, kita pingin banget nambah ke aquariumnya. Saya udah yakin banget dia pasti lebih happy. We totally learnt a lot dari experience kemarin.

4. Seandainya jumlah harinya sama dengan kita pergi kemarin, dan kita lebih aware dari awal kalau Abby gak suka kepadatan, kita cukup pilih satu Disney Park aja, dan kemungkinan kita pilih Disneysea berhubung cuma satu-satunya di dunia. Satu hari extra pengganti Disneyland itu either kita pakai ke Kaiyukan Aquarium di Osaka, atau kita pakai untuk explore Tokyo, pergi ke taman-taman dan makan-makan.

Udah, itu aja!

Overall, kita puas banget sama perjalanan kita kemarin. Perjalanan kita bertiga doang tanpa tour, bermodal koper sebiji, bertualang di negeri orang yang bahasa Inggrisnya limited edition, naik turun kereta mulai dari yang lokal sampai shinkansen, keluar masuk cari makan modal cap cip cup, dan yang terbaik tentunya menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan yang luar biasa. Everything was awesome! Yang kerennya, gak ada satupun, satupun loh ya, dari tujuan itinerary kita dari awal yang kelewat! Semuanya sesuai, plus anak juga pulang dengan sehat walafiat despite turun 0.8 kg (dan naik lagi 1.6 kg di dua minggu berikutnya). Yang ngga enaknya cuma 1, habis pulang dari sana, berasa tongpes hihihihi.

Sampai ketemu di Abby Tamasya selanjutnya ya! Hidup jalan2!

81 comments:

  1. Yah akhirnya seri ini berakhir juga :"

    Senang banget bisa mengikuti perjalanan Abby, mulai dari makan2nya, ke theme park sampai wisata alam juga. Pokoknya kalo suatu saat ke Jepang bakal baca ulang seri ini lagi deh buat masukan. Thanks for writing, Cici Leony :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Fradita. Semoga bisa membantu ya. Tapi kalau jaman kamu pergi nanti, mungkin trendnya udah beda lagi kali hehehe.

      Delete
  2. yeeayy.. akhirnyaa selesai juga edisi tamasya ke Jepunnya.. puas banget baca cerita ci2 yg detail dr part 1-11 *untung ga sepanjang tersanjung*.. serasa ikut jalan2 juga.. hehehehe.. ^^
    Emang klo jalan2 bikin ittinerary sendiri lbh puas yaa ci,, n ga dikejar2 waktunya kek ikut tour gt.. tapi emang harus lengkap dulu info2nya sebelum pergi.. apalagi orang2nya ga gt bisa komunikasi bhs inggris.. >.<
    Sukses deh trip kali ini ci.. So,,Abby next trip kemana ni? *wink2*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tersanjung cuma sampe season 7 atau 8 kayaknya. Hebatan cici dong sampe season 11, huahhahaha.

      Info harus lengkap, dan kita bener-bener harus research dengan teliti. Untungnya cici sama suami itu dua-duanya tipe yang demen jalan dan juga lumayan demen research, jadi proses bikin itinerary aja udah jadi "adventure" sendiri. Next trip kemana ya? Masih cape dari trip kemarin nih.

      Delete
  3. ho oh.. paling enak naik limo bus ke bandara.. tinggal duduk doang.. gw juga akhirnya milih hotel yang dimampirin limo bus

    kalo naik GA, pas pulangnya ada Immigration on Board jadi nyampe CGK ga usah antri imigrasi.

    gw justru kapok liburan lama-lama... walopun demen banget ama liburan tapi entah kenapa di hari ke 7 biasanya udah ga betah dan pengen pulang.. (padahal mah udah bokek juga hahaaa) mungkin cape, itinerary-nya terlalu ambisius hahhaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. GA udah gak ada immigration on board, Xiao, kecuali yang dari Shanghai. Semuanya udah pakai antrian biasa sekarang karena alasan security.

      Gue sih gak kapok liburan lama-lama, soalnya gue demen banget explore tempat-tempat dan kemarin berasa kurang explorenya hahaha. Nah itinerary memang harus disesuaikan juga, jangan kelewat ambisius kalau bawa anak soalnya mood anak itu lebih naik turun kalau capek.

      Delete
    2. kemaren jadi brp ari totalnya lu pergi Le ? ada 2 minggu ?

      Delete
    3. Eh gue blm balesss.. Maaf telat. Gue total pergi 11 hari Ven.

      Delete
  4. ternyata abby homesick karena kangen masak-masakan ya..hihihi...

    syukurlah kembali dengan selamat dan sehat ya ci..aku seneng baca semua seri nya, makanya wajib ninggalin komen nih di seri penutupnya :D..semoga aku pun suatu hari ada rejeki bisa tamasya ke sana juga AMIIIIN

    ditunggu seri abby tamasya berikutnya ci ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah apa yang dia kangenin, mungkin kangen juga sama masakan rumah yang sederhana hihihi. Makan di resto melulu mgkn dia bosen juga krn taste budnya keseringan ganti.

      Amin, semoga bisa berangkat juga ya.

      Delete
  5. akhirnyaaaa kelaaar jugaaa... kalo abis postingan ini, ga ada postingan dalam jangka waktu kurleb 1minggu, artinya abby tamasya lage wkwkw :P
    hahaha samaa Selena juga bisa homesick meski jarak bangka sama jakarta cuma selemparan kolor...nanyain kapan pulang? mau pulang..ketemu pho2.... dsb
    pengen sekali2 cobain jalan2 tanpa bawa nanny... mudah2an sanggup hahahaha keenakan nih selama nih semuanya diurusin nanny..emaknya tinggal melenggang kangkung aja..
    paling dag dig dug kalo bawa anak naek pesawat... udah sempit..kalo anak cranky gimana ya? mo keluar pesawat tentu ga bisa..mana diliatin orang sekitar.. pokoknya gw kalo bawa selena atau joanna naek pesawat, gw udah paling takut deh..stress duluan gw meski waktu terbangnya cuman 50menit..tapi berasanya 5jam... sueeerrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha...kalo seminggu gue ga nulis, artinya gue kecapean Fun! Udah kelewat mumet nulis Abby tamasya! Lega loh akhirnya kelar juga yang ini. Next time kalau ada tamasya lagi nulisnya pendek aja hahaha.

      Gue sih bawa nanny syukur, gak bawa jg gak apa-apa sih hehe. Ada nikmatnya jalan bertiga kemarin, jadi tambah belajar karakter anak dan karakter pasangan juga. Kemarin pesawat gue gak sempit-sempit banget untungnya haha. Cuma anaknya aja yang kangen rumah.

      Delete
  6. Mengutip kalimat cici yang ini -> "Overall, kita puas banget sama perjalanan kita kemarin."
    Aku yang cuma baca aja puas pake bangettttttt ci, serasa ikutan liburan ke Jepang.hahahaha
    Tapi sayang cepat sekali berakhir :(

    Ditunggu edisi Abby tamasya selanjutnya ya ci, bukan edisi tamasya doang sih sebenernya, semua postingan cici selalu ditunggu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, padahal untuk ukuran liburan ke Jepang, segini termasuk lumayan loh. Kalau ikut tour paling mentok 8 hari hehe. Tapi cici juga masih ngerasa kurang lama. Oke sip, tar ditunggu postingan yang lain yaaa..

      Delete
  7. Halo Leony, selama ini silent reader nih tapi kali ini gak tahan juga pingin komen hahaha
    Saya sendiri sudah 3x ke Jepang (2010, 2012, 2014) tapi belum puas juga dan baca tulisan kamu jadi kangen... 3x pergi gak pernah habis juga sekitar Kanto (Tokyo, Yokohama, etc). Bahkan 2012 saya 8 hari hanya sekitar Kansai (Kyoto, Osaka, Kobe, Nara) itupun belum puas! Memang banyak yg bisa dilihat ya... teman2 saya sampe bosen: Ke jepang lagi? LOL Kalo lihat pola kepergian setiap 2 tahun, which means hopefully 2016 saya bisa pergi lagi, plan to visit Nagoya & ujung2nya pulang via Tokyo untuk ketemuan teman2 Jepang.

    Saya sdh di info teman Jepang soal Disney duluan sehingga saya hanya visit Disney Sea, tapi kemudian melipir ke Fuji-Q (dipaksa sih :D) yg bikin saya trauma ketinggian & kecepatan karena roller coasternya *norak* Next time coba ke Hitachi Seaside saat Spring untuk lihat Wisteria instead of Sakura, magical! Soal makanan, yah begitulah memang... kerjaan tiap malam ada mampir konbini untuk beli cemilan dan saya cinta berat sama chuox cream Lawson & pumpkin paste nya, sayang gak bisa bawa pulang TT___TT

    Anyway, thanks for sharing your experience, everything is so detailed and informative. Looking forward to see you more of you travel journal :) Have a blessed day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Trieze, thanks for commenting.

      Memang Jepang nggak ada habisnya untuk diexplore, sama juga sih dengan Indonesia yang ngga ada habisnya untuk diexplore. Tinggal kita mau explorenya gaya apa, gaya single or gaya family hihihi. Kalau masih single sih memang enak sekali ke Jepang karena transportasi sangat baik dan integrated. Tempat penginapan juga banyak macam ya, plus orangnya ramah-ramah jadi kita gak khawatir sama sekali untuk jalan-jalan di Jepang.

      Saya malah hampir gak pernah mampir konbini kecuali untuk beli roti dan cemilan hehe. Maklum bawa anak yang ngga bisa makan dingin-dingin, plus memang ke sana untuk wiskul juga jadi kudu santai makannya. Hitachi memang penampilan selalu berbeda di tiap musim, makanya pas di bagian hitachi, saya juga tulis silakan lihat flower calendarnya.

      Delete
    2. Betul sekali Leony... kebetulan saya masih single, 1x solo trip dan 2x bersama teman. Memang lebih flexible ya untuk urusan tidur dan makan :) But you're a great planner so everything was still sensible and enjoyable in my opinion.

      Nah, sebetulnya saya juga ingin lebih banyak travel domestik, tapi anehnya susah sekali cari teman untuk jalan2 domestik dibanding ke luar negeri hahaha I have to admit though, banyak tempat bagus tapi fasilitas & infrastrukturnya tidak dibangun, sehingga banyak susahnya juga mau travel domestik ke tempat2 yang unik dan jauh. Thanks.

      Delete
  8. Wah akhirnya kelar jg 11 episode tamasyanya ci.. Terimakasih utk sharingnya...
    Abby lucu bgt ci pulang2 malah main masak2an..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya nih, finally bisa nulis yang lain selain Abby yang ke Jepang haha. Kangen tuh dia masak-masakan walaupun tempat mainnya seutek di playpen haha.

      Delete
  9. Great story ci. Habis ini mau jalan-jalan kemana? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih capek nih dari jalan-jalan ke Jepang hehe. Eh udah ditanyain lagi ya? Yuk...kemana lagi habis ini ya?

      Delete
  10. Abby kayaknya suka banget ama biskuit ya haha.

    Mantep liburannya. Bikin gw jd tambah pengen ke jepang hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abby seneng banget sama Malkist hihihi. Tapi ternyata bawa 2 bungkus, habisnya cuma 1 bungkus lebih. Kebetulan aja pas dia lagi makan malkist kita selalu foto hehe.

      Yuk ke Jepang Man, mampir Jepang dulu sebelum balik Indo hahaha.

      Delete
  11. Akhirnya selesai juga le cerita jepang nya hahaha. Komen nya nunggu selesai edisi jepang nya :)) detail banget loe nulisnya nih le, lumayan buat contekan buat ntar ga tau kapan kalau ada rejeki buat jalan2 ke jepang hahaha.

    Kalo abby doyan malkist ya, marco doyan nya marie regal. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Pi, panjang dan lama ya, gue aja yang nulis sampe mabok, tp terus hajar tulis, biar Abby juga bisa inget sih pas dia udah gede. Bbrp tahun lagi kalau ditanya mgkn dia lupa. Tapi dgn liat blog ini bisa inget lagi.

      Abby used to like Marie Regal hahahah. Pas masih kecilan tuh sehari bisa habis at least 4 biji, tapi pas gedean kenapa gak gitu doyan lagi sama Marie. Anak-anak seleranya memang berubah melulu sih.

      Delete
  12. uuh sedihnya seri ini udah abis. Beneran lho kamu ceritanya asik banget...saya meskipun udah tau tempat2 yang kamu datengin di Jepang itu tetep ngerasa ikut ada di sana...terima kasih ya udah berbagi cerita. Iya Tokyo sangat layak untuk diexplore lebih lama.
    Kapan ke Jepang lagi? hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti udah cocok dong ya buka travel agent atau nulis itinerary buat travel hihi. Kan bikin org serasa ada di dalamnya tuh :). Kemarin kurang banget di Tokyo gara-gara 2 hari Disney Parks. Next time kurangin 1. Ke Jepang lagi? Doain aja suatu saat balik lagi.

      Delete
  13. wahh akhirnya selesai juga :), I appreciate your effort to finish this "cerbung postingan". thank you

    selain bermanfaat buat pembaca postingan detail juga bermanfaat bagi diri sendiri tentunya yaa
    kalo ada yang nanya2 kejepang ngapain aja, tinggal tunjukin blog :D

    jadi ga sabaran cepat2 bulan mei :)

    hmm kira-kira bakal ada postingan lanjutan ngebahas oleh oleh dari jepang ga ya :p





    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, temen2ku sendiri malah banyakan nggak tau loh soal blog ini. Jadi mereka tetep baca updatenya di FB aja. Yg udah baca blog malah dpt privilege liat duluan hahaha.

      Saya nggak shopping trip kemarin, jadi gak ada bahasan oleh2 hehe. Lagian oleh-oleh lebih subjektif krn kesukaan orang beda-beda.

      Delete
  14. Yipeeee... kereeen loh holidaynya! banyak masukan dan banyak info abis baca ini. gw kebetulan tahun lalu liburan lebaran ke jepang juga. biasa deh kalo ikut toru.. kejar2an waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kalau ikut tour, apalagi tour Indonesia, itu sih beneran kayak cuma singgah buat foto-foto, ngga bisa explore lebih dalam dan kurang flexible. Buat bawa anak juga repot, karena makanannya cocok-cocokan, plus waktu makannya dibatasin.

      Delete
  15. yayyy g baru sempet liat poto2 nya doank, beras puas juga n lega , serasa g dlm rombongan elu Le ha2222
    hooh pasti berasa banget dompet enteng , saldo juga merosot drastis di tabungan ha222
    ayuuuu cari duit lagi & jalan2 lagi ya
    nti siang or mlm baru g baca details nya .
    thank you for sharing Le
    btw keq nya akhir taun g bakalan jadi ke Solo yeyyy , semoga semua lancar jaya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, padahal gue ngga ngajak siapa-siapa ya, cuma bertiga doang, tapi serasa ngajak seluruh pembaca ikutan. Lumayan ya, ikutan for free.

      Asik, semoga enjoy ya ke Solo-nya, dan nggak terlalu rame. Have fun!

      Delete
  16. heubat ceritanya lengkap dan detail..

    perjalanan yang sangat menyenangkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, capek Fit. Next time kurang-kurangin deh (tapi kayaknya hasrat sharingnya susah kebendung).

      Delete
  17. akhirnya Abby pulang juga ke Jakarta, tapi habis ini gak ada yang tungguin lagi deh...harus nunggu edisi Abby tamasya berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, masak bacanya cuma nunggu pas Abby Tamasya doang? Kan blog ini isinya macem-macem, rugi kalau cuma nunggu Abby Tamasya thok hehe. Malah seruan yang lainnya loh :)

      Delete
  18. Wah..., akhirnya selesai cerita bersambung nya, hiks hiks sedih juga. Hebat loh Le, bikin cerita sekomplit n selengkap ini. Gue baru mulai nulis blog aja udah mandeg, ha ha. Kagum gue dengan koper sebiji gitu bisa muat perlengkapan untuk 3 orang selama 11 hari. Wow..., perasaan mau nginep sehari aja kalau bawa anak, gue udah kayak mau pindahan rumah. Kaiyukan ok sih. Kita yang gede aja excited ngelihat hewan-hewan laut itu di akuarium yang berputar putar besar gitu. Tapi kalau pas barengan fieldtrip anak2 sekolahan Jepang, juga ramenya heboh. But it's ok, it's fun. Hidup jalan-jalan !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya tuh, blog lu kapan ditambah lagi? Dulu pas gue di kantor lebih banyak waktu loh buat nulis blog walaupun internetnya limited. Pas di rumah malah digrecokin anak.

      Kopernya mayan gede, tapi emang kita efisien banget bawanya, udah dipikirin hari 1-11 bajunya apa biar nggak kelewat kelebihan. Di situ gue jg masih bawa susu segala loh, cuma bener-bener gue pikirin containernya biar bisa habis. Kaiyukan kayaknya kudu pergi on weekends justru supaya ga gabung sama yg field trip ya hehehehe.

      Delete
    2. Suka bingung apa yang mau ditulis, he he.. Ini habis nonton HI 5 baru update lagi. Kamu jadi nonton juga Le?

      Iya kayaknya ya. Kaiyukan perginya malah enakan weekend mungkin. Hayoo, libur Natal n Tahun Baru kamu mau jalan2 kemana lagi Le, he he?

      Delete
    3. Libur Natal n Tahun baru off dulu jalan2nya Jul. Menikmati Jakarta yang agak lengang haha. Lagian Abby Bdaynya pas Natal, so biasanya kumpul kelg juga.

      Hi 5 aku gak ntn, soalnya kmrn ini ada trip kecil over the weekend. Hehe. Pas2an banget ada Hi 5. Aku aja baru tau dia ke Jkt pas seminggu sebelumnya.

      Delete
    4. Berarti Abby lahirnya beda 2 hari dgn anakku ya. Anakku tgl 27 Dec. Sepantaran banget ya

      Delete
    5. Tepatnya 24 Desember sih tepatnya hehe. Jd biasanya kita lunch tanggal segitu, terus malemnya misa deh.

      Delete
  19. Thanks for the good story...cuman sempet jilid 3 dah keburu pergi...seneng yah jjalan2 di Japon
    Perjalanan ku dr Osaka ke Tokyo lewat mt Fuji. Foodwise Osaka is the best ketimbang Tokyo


    Rgds,
    Sani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Osaka ke Tokyo lewat Mt. Fuji maksudnya ngelewatin doang atau mampir San? Menurutku dimanapun di Jepang makanannya enak sih. Tinggal kita milihnya aja. Mungkin Osaka lebih banyak street food and snack ya jadi buat anak muda lebih brasa enak.

      Delete
  20. Mbaaaa.. Bawa stok Malkist berapa banyak sih Abby? :D Udah ada yang nanya belum ya? Ahaha, lucu banget soalnya tiap makan Malkist puas gitu mukanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa cuma 2 bungkus, habisnya gak sampai 1.5 bungkus. Udah, yang nanya udah banyak hahaha. Makan Malkist cuma kalau lagi kepepet aja hihi, most of the time makan bareng kita.

      Delete
  21. Wah, seruu..series jalan2 ke Jepangnya :D
    Banyak input ni kalo ada yang mau jalan2 ke Jepang..
    I feel Abby banget deh, homesick kalo pergi lama2..apalagi di rumah Abby belom harus ketemu rutinitas kerja yang bikin ga pengen liburan berakhir..hehehhe
    Tp it must be great experience for her..hahahaha (Abby, tante aja belom pernah ke jepang..hahahaha padahal umurnya berkali lipat umur Abby :))
    yeay, semoga bisa jalan2 lagi dlm wktu dekat ya mbak..hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abby itu home sick bukan karena pergi lama-lama Pit, tapi karena dia gak betah sejak mulai di Disney hehehe. Tadinya mah hepi terus, gak minta pulang (1st day minta plg krn bingung, tapi habis gitu enjoy). Great experience buat kita semua Pit hehehe. Ortunya juga ikutan seru dan belajar buat nanganin anak kecil. Sip, semoga rejekinya lancar terus buat jalan-jalan.

      Delete
  22. Akhirnyaaa selesai juga, senengnya bisa baca Abby tamasya, karena detail jadi berasa ikutan jalan-jalan hihihi, makasih Leony udah bagi-bagi pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Rina. Lumayan kan, memang dari membaca kita bisa ikutan berimajinasi. Eh tapi ini mah nggak imajinasi ya, udah ada gambarnya semua, hahaha.

      Delete
  23. *standing applause* hebat ci komitmennya buat nulis trip.. hehe.. ci, abby kangen sus nya ga? hehe.. Lucu ya anak kecil.. seenak2nya jalan2 jauh lebih kangen rumah sendiri.. hehe..

    Jujur ak jg lebih enjoy baca post cici yang kulineran, jalan2 ke taman apa kuil terutama Fuji! suka pemandangann.. hehe.. Theme park crowded ya bacanya aja aku pusing apalagi Abby.. Hehe

    Salut ci, perencanaan mendadak, kesampean dikunjungin smua. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. I can say, fortunately, nggak nyariin sus-nya tuh selama perjalanan hehehe. Cukup seneng sih sebagai orang tua ya. Abby tuh kangen rumah baru pas di belakang loh, sejak mulai Disneyland, karena dia nggak suka kelewat ramai.

      Rencana ke Disney Parks kan mau nyenengin anak, apadaya penuhnya kelewatan hihihi. Iya seneng, finally kesampean semua dengan pace kita. Berarti lumayan ya, kita udah paham pace perjalanan sendiri hihihi.

      Delete
  24. Seru banget cii trip ke Jepangnya, penasaran juga sama perjalanan yg di rencanain mepet ini tapi lancar semua ya cii.. Tempat" yang didatengin juga bagus" dan seruuu, kmren baru baca cc ke taman yang banyak rusanya eh reality show korea juga pas syuting disana, klo bawa anak" pasti happy ya bisa kasih makan sama rusanya.. hihi..

    Mungkin klo mau ke disneyparks anaknya kudu gedean kali ya ci, biar bisa saingin abg" klo mau foto", hahaha,, abis rame banget itu ya.. >,< klo ga antrii ak juga paling ga bisa dapet dhe.. ckckck.. kalah mulu diserobot sama orang...

    Pas banget itu disneypark ditaro diakhir" perjalanan ya ci, klo didepan trus abby renggek kangen rumah kan gawat juga ya.. hihi

    Tos sama abby, lebih doyan biscuit ya dibanding sama nasiii.. hihi.. btw bawa brp bks malkis ci? kyknya dr awal sampe akhir kan abby malkisan terus.. hwhw...


    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru tuh sebenernya kurang oke juga Disney ditaruh terakhir, mestinya tengah-tengah aja, kalau perlu ditutup sama Kochia biar Abby moodnya bagus otw home hahahaha. Actually, kalau Abby-nya lebih kecil, mungkin bisa jadi lebih enak loh, karena kalau anak masih kecil itu masih lebih anteng dan kehendak bebasnya belum terlalu kuat.

      Hahaha, Abby lebih doyan nasi kok Jur, itu kebetulan snacking aja makan malkist. Sisanya kan dia makan nasi hahaha. Malkist cuma habis 1.5 bungkus doang dari awal sampe akhir.

      Delete
  25. Ci....klo cicilan hp udh mao lunasi nih ci hahhaha
    asli deh lu niat bgt nulis dg penuh detail perjalanan ke jepang jadi diriku yg baca berasa ikut jln2 kesana dan tulisanmu ini ak kasih ke adikny budi buat refrensi dia ke jepang tahun dpn ahhahhah

    ci blh nih sekali2 nulis postingan tips2 buat ibu muda yg bawa balita traveling ke luar negeri biar aman sentosa....kr diriku bayangi bw olive ke sgp ja mulai keder

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang itu dong Mir tujuannya, biar ikut jalan2 juga, plus Abby nanti pas gede udah baca jadi serasa jalan-jalan lagi karena sekarang kan dia pasti lupa-lupa inget. Iya, silakan buat reference, tapi kalau blm ada kiddos, bisa pergi lebih banyak lagi dan yg lebih menantang. Haha, gimana ya tipsnya? Dibawa santai aja kali yeeee....

      Delete
  26. Cii, akhirnya selesai juga yaa nulisnya, seneng banget baca trip-nya dr awal sampe habis (wolopun nggak komen di tiap post hihi). Salut untuk semangatmu buat nyelesain perjalanan jepang ini. Nulisnya pas abby bobo atau pas luang aja ci?

    Selanjutnya boleh nih nulis tips traveling with toodlers (padahal belom punya baby hahaha tp boleh juga sih jadi bekal di waktu yg akan datang :P).

    Btw aku juga total 11 hari kemarin dan belum puas sama kulinernya juga. Cici msh nyobain kobe beef, aku nggak sempet cobain. Kemarin kayaknya kebanyakan makan ramen, soalnya mungkin cuaca dingin selama di tokyo jadi pengennya kuah2 terus.

    Salam buat keluarga ya ci, sehat2, dan ditunggu postingan berikutnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nulisnya tapi cape juga loh. Kalo bukan mikir buat share sm buat anak nanti baca di masa depan sih, udah lemes duluan haha. Nulisnya diusahain pas tiap ada waktu luang, dan kalau malem-malem, kadang sampai subuh hihi.

      Aduh, kok kalo soal nulis tips, eike suka merasa tidak layak... abisnya travelnya masih gitu-gitu aja, belum kayak yg extreme-extreme.

      Cici malah makan ramen cuma 1 kali, soalnya diusahain tiap kali ke resto, menunya beda-beda. At least sekali-sekali cobain. Cm karena theme parks itu, mau gak mau makan di dalem kan, jd kurang variatif.

      Oke sip, thanks!

      Delete
  27. kurang 1 part lagi nii ci biar pas 12, hehehehe. salut ci lengkap bgt deh cerita Abby jalan2nya :) jadi berasa ikutan jalan2nya ci en lengkap pula pake foto2nya.

    btw ci, dari baca part 1 sampe abis ya, gue jadi ngiler loh makan malkis, hahahaha en berujung ngemil malkis beberapa hari, enakkkk pantes Abby doyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya malah 13 Wi hahahaha. 11 pemain dan 2 cadangan :p Tapi sayang waktunya terbatas hrs plg utk kawinan temen.

      Ternyata malkist enak ya? Udah gitu gak bikin eneg hahaha.

      Delete
  28. botol minumnya abby sama kayak jayden hihihi... cuma jayden punya warna biru hehehehe *salah fokus*

    hari terakhir mungkin abby uda kangen sama rumah dan makanan mamanya kali ya... baca cerita abby tamasya jadi mupeng pengen jalan2 juga hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Si Abby ada 4 biji si Bros, tp 2 bocor Mel hahaha. Kasian ye. Jatoh pecah mulu.

      Dia pgn pulangnya tuh gara2 ga suka Disney yang keramean kayaknya. Soalnya sebelom2nya mah ga pernah mnt pulang. Mulai aja petualangan Jayden, Mel. Dr yg dkt2.

      Delete
  29. Yah udah selesai aja gitu liburannya.. Abby kasian banget smp cranky pengen plg trs, kalau udh gedean sih kyknya lain lagi critanya ya ci, bisa2 ga mau plg.haha.. Baca cerita dari 1- 11 berasa banget pengen ke Jepang..haha. i wish to be here, soon.haha...
    Ga sabar nunggu edisi jalan2 lainnya.. hihi.. Keep posting ci.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya ga mau pulang jg kok sblm kena Disney. Dia ga gitu betahnya di Disney. Yuk ke Jepangggg...

      Delete
  30. Halo ci leony, aku dpt referensi blogmu dr cici mira,, hhehe.. Salam kenal yahh,,,
    Woww kereen ci tulisannya,, detail n lengkap gt,, aku baca dr part 1 sampe 11,, berasa ikutan jalan2 sama sama abby jg,, banyak dpt referensi buat perjalanan ke jepang nih,, berhubung thn depan aku mau ke jepang jg,, Jd makin semangat buat nyusun itinerary utk explore jepang,,, thankss cii,, n semangat terus buat nulis blognya,, =)
    Febe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe semoga membantu ya. Situasi dan kondisi bisa berubah kok di sana, sesuai dengan musim juga. Nulis blognya lg ngaso dulu nih. Kelewat cape nulis part 1 smp 11 haha.

      Delete
  31. HIDUP! (ikutan semangat huahaha)
    Karena ga tau bakal serame gila itu, jadinya ga kebayang ya ci Disneyland malah bikin bete si Abby. Gpp by, next trip ke Jepang mama papa ajak ke tempat yang lebih bikin Abby hepi sampe ga kepengen pulang Jakarta ya hihihihi.

    Lucu banget hal pertama yang dicari malah mainan masak-masakannya. (masih takjub sama cara mikir anak bocah) huahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak kecil mikirnya jauh lbh sederhana drpd orang gede. Kita yg org gede pingin nyenengin dia bawa ke Disney, pdhl cukup kasih masak2an aja udah happy ya.

      Delete
  32. yaaa kok udahan sih, masih pengen baca-baca lagi petualangannya abby, seru ngikutin ceritanya, berasa ikutan..
    semoga abby bisa cepat jalan2 lagi yaa :D
    Hidup jalan-jalan...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru aja nafas nih dari nulis blognya yang seri Jepang. Ngambil nafas baru buat bikin entry lagi hihihi.

      Delete
  33. Seruuuuuu!!!! enaknya jalan2 hahahahahaha, emang jepang keren bgt ya Ci *smoga bs ke sana*
    Btw itu pilot mongolian airlines nya gagah bener hahahaha *salah fokus*
    Salut sama U Ci, koper cuma beranak dikit hahahaha secara di Jepang bnyk pernak-pernik yg bikin laper mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu belum tentu pilotnya tuh. Jangan2 model hahaha.

      Cici fokusnya bukan untuk shopping soalnya. Barang ga ada abisnya. Berdasarkan pengalaman travel dr dulu smp skrg, rata2 yg lucu2 mah kebuang hahaha.

      Delete
  34. rasanya kayak ngikutin sinopsis drama korea nih. seru banget dan langsung tamat seharian. untung kerjaan udah selow motion, hihihi.

    anw jadi nambah wawasan buat liburan ketempat2 antimainstream, semoga lain waktu bisa kesana lagi ah, plus samaa.. eksplore tokyo more...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tia haha. Seru ya serasa baca novel bergambar haha. Kalau lg banyak kerjaan malah bakalan ganggu konsentrasi yak haha.

      Iya di Tokyo sy jg kurang banyak explorenya. Hrs extra days (entah brp hari ga abis2).

      Delete
  35. Ci leony, aku boleh minta alamat email cici ga?
    mau nanya2 ttg jepang kalo boleh.. :D
    kalau blh, nanti tolong email ke chyntia_1988@yahoo.com ya ci.

    thank you ya ci.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ya, Cyn, have fun jalan2nya nanti kalo jadi berangkat.

      Delete
  36. Nice info neh....thanks infonya yang menarik sekali

    ReplyDelete
  37. wahh fotonya keren keren banget, adiknya itu juga nggemesin hehe

    ReplyDelete
  38. Seru banget ci ceritanyaa, sampe gak bosen2 deh bacain ceritanya 1-11 hihi. Gara2 baca blognya cc langsung deh bulan juli ntar ini sy mau ke jepang juga ���� Salam dari Denmark.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nike, have fun nanti di Jepang. Kalau Juli cuaca agak panas dan biasanya mateng banget panasnya Jepang. Jd siap2 lots of sunblock ya.

      Delete