Wednesday, November 25, 2015

Abby Tamasya Ke Jepang - Bagian 9

Dua hari berturut-turut kemarin, kita sudah menikmati keindahan alam yang luar biasa. Setelah puas melihat birunya Gunung Fuji, dan merahnya tanaman Kochia, dua hari terakhir kita habiskan di tempat yang katanya "The Happiest Place On Earth", dan sudah cukup dikenal di seluruh dunia sebagai yang terbaik di antara seluruh cabang yang ada di beberapa negara. Sudah siap untuk ke Tokyo Disney Resort? Untuk hari ke-9 ini, kita ke Disneyland dulu, baru besoknya dilanjutkan ke tetangganya yaitu Disneysea. Apakah seindah dan sebaik yang digadang-gadangkan orang-orang? Yuk kita intip! Yang jelas, postingan kali ini bakalan penuh dengan parade overload! Buat yang belum baca cerita sebelumnya, silakan mampir ke  bagian 1bagian 2bagian 3bagian 4bagian 5bagian 6, bagian 7, dan bagian 8.

Rabu, 21 Oktober 2015

Berhubung hari ini kita nggak ikut tour, hari ini boleh santai-santai sedikit bangun agak siangan. Ya nggak siang-siang banget sih, soalnya kan rugi udah beli tiket mahal-mahal kalau sampai sananya siang banget hehe. Tapi seenggaknya, pagi itu kita gak usah grabak grubuk karena harus ngikutin jadual tour. Apalagi hari sebelumnya kan kita belanja lumayan sampai malam. Enaknya nggak ikut tour ya gini juga sih, kalau telat bangun, ngga ada yang nungguin.

Tumben kan, bapaknya bangun duluan, mamanya leyeh-leyeh sambil ngecek Facebook, dan anaknya masih molor dengan sukses.

Karena kemarin sudah dapat jadual Shuttle Hilton ke Shinjuku Station, lumayan juga jadi kita hemat jalan kaki 15 menitan, dan ternyata Shuttlenya itu gak tanggung-tanggung alias ukuran bus besar. 

Busnya lega, depannya itu tempat taruh koper dan stroller. Asik deh sekarang bisa duduk paling depan (padahal nggak sampai 5 menit juga sudah di stasiun).

Aku cantik gak pake bando Minnie Mouse? 

Tak lupa bawa ransum roti dari convenience store yang di basement buat sarapan dan nyemil. 

Sekitar pukul 9 pagi, kita sudah sampai di Shinjuku Station. Dari Shinjuku, kita menuju ke Tokyo Station dan kemudian berganti kereta menuju ke Maihama Station.
Oh iya, buat yang tinggal di Shinjuku dan mau ke Disneyland, siap-siap deh di Tokyo Stationnya itu jalan kakinya ada kali 600m di dalam Tokyo Station, cuma untuk pindah dari JR Chuo Line ke JR Keiyo Line. Bener kan yang saya bilang, kalau Tokyo Station itu udah kayak kota sendiri. Mau pindah line aja begitu jauhnya, padahal sama-sama JR Line punya.

Abby, kok gayanya megangi8n tiang sambil berlutut.... ini gaya apaan sih? 

Akhirnya kita sampai juga di Maihama Station yang merupakan station terakhir sebelum kita berganti ke Disney Resort Line. Langitnya saat itu mendung kelabu, dan suhu mendadak agak drop.
Buat orang-orang yang mau irit (kadang ada kan yang lebih rela jalan 2km gitu, daripada beli tiket kereta), dari Maihama ini bisa jalan kaki langsung ke kompleks Tokyo Disney Resort. Tapi saya anjurkan kita naik monorail saja ke seluruh tujuan Disney Resort kita baik Disneyland maupun Disneysea. Selain menghemat waktu, monorail yang akan dinaiki juga khas Disneyland dengan jendela-jendela berbentuk kuping.

Untuk naik Disney Monorail ini biayanya JPY 260 (IDR 31,200) untuk one way alias sekali jalan pakai Suica. Tetapi kalau kita mau ke Disneyland hari ini lalu ke Disneysea besoknya, saya menganjurkan mengambil 2 days pass seharga JPY 800 (IDR 96,000) per orang yang bisa dipakai bolak balik selama 2 hari. Lebih worth daripada beli tiket sekali jalan 2 hari bolak balik yang kalau ditotal jadi JPY 1,040. Nah, untuk membeli tiket ini, sudah tersedia mesin tiket di depan Disney Resort Line. Enaknya lagi, untuk membeli days pass, bisa langsung potong kredit dari Suica. Tinggal pilih saja mau opsi yang mana, kemudian tiket di tangan kita.

Booth pembelian tiket monorail. Kalau bingung, banyak petugasnya yang siap membantu. 

Asyiknya lagi, kita bisa dapat tiket monorail yang gambarnya lucu kayak gini. Edisi Halloween pula :) Untuk naik tinggal selipkan saja kartunya di gate, dan jangan lupa diambil ya untuk pemakaian selanjutnya. 

Seneng banget mau ke Disneyland sampai lompat-lompat terus.

Senyum dulu berdua sama mama. Mirip gak? Nggak ya, beloan anaknya hehe.

Foto dulu di depan jendela Mickey Mouse.

Maksud hati mau foto suasana di dalam kereta lengkap dengan jendela dan pegangan tangan berbentuk mickey. Tapi si om malah matanya ngelihat ke kamera, sadar banget dia haha.

Selfie lagi di depan gerbang Disneyland. Untung banget kita udah beli 2 days pass dari Jakarta. Yang antri beli tiketnya, serem banget nguler-nguler panjangnya. Oh iya, saat kita masuk, jangan lupa untuk meminta map plus jadual parade dan show hari itu, supaya kita tidak ketinggalan.

Suasana Disneyland saat halloween, serba oranye dan penuh dengan labu dimana-mana.

Tuh kan, udah mendung, dingin, anginnya kenceng, si Abby rambutnya jadi kayak artis cowok Korea haha.

Walaupun cuaca terlihat kurang mendukung, tapi antusiasme orang ke Disneyland sama sekali tidak berkurang. Untungnya ternyata tidak sampai hujan, dan makin siang makin cerah.

Suasana pas masuk ke dalam area Grand Bazaar, rame banget! 

Dan baru saja sampai tengah, orang-orang sudah melantai untuk melihat Halloween Parade. Hampir tidak mungkin buat kita menemukan tempat duduk strategis karena parade akan dimulai 30 menit lagi. Di sini kalau mau dapat tempat duduk enak, patokannya 1 jam di muka sudah harus nangkring. Serius! Ga boong! Untungnya Halloween Parade ini sehari ada 2 kali, jadi sekarang kita pass dulu dan kalau sempat nanti lihat yang sorenya. 

Saya langsung menuju ke Star Tours di area Tomorrow Land karena ini salah satu yang saya kepingin naik, plus di situ waiting timenya cuma 20 menit. Jarang loh di Disneyland ini antrian cuma 20 menit untuk wahana dewasa. Jadi saya pakai Alternate Ride system, mirip dengan Child Switch di USJ, dimana saya bisa masuk dulu sementara Abby dan bapaknya nunggu di luar, lalu setelah saya main, bapaknya bisa langsung masuk tanpa antri dari area fastpass. 
Nah di sini yang saya agak-agak mangkel sedikit. Di situ dibilang waiting time 20 menit. Dalam kenyataannya, sampai kita betul betul naik ridenya, itu lebih dari 30 menit sendiri nunggunya. Malah mungkin hampir 40 menit. 20 menit waiting time itu baru jarak antrian sampai kita masuk ke wahana interaktif, bukan ride-nya. Jadi saat saya keluar, si Abby sudah agak bete, tapi berhubung bapaknya belum naik, saya tetep kasih bapaknya naik deh, while saya nemenin Abby sambil makan biskuit. Bapaknya yang masuk via Fast Pass aja, ternyata tetap butuh 30 menit sampai ride selesai. Ridenya sendiri gimana? Bagus tapi nggak banget-banget, ceritanya kita lagi mau ikut Star Tours bersama dengan tokoh Star Wars. Kita naik ke dalam pesawat keluar angkasa, lalu perang bintang. Seru juga, tapi seruan Spiderman kemarin hehehe. Asal tau saja soalnya saya belum sempat naik di pas di US. Untungnya nih, sebagian besar rides saya sudah pernah naik, soalnya kalau kemari ngarep naik rides, siap-siap keki. PARAH BANGET ANTRIANNYA! Jauh lebih parah daripada USJ kemarin (kecuali Harry Potter ya).

Parkiran stroller, tertib banget ya!
Kita sempat melewati tempat untuk show One Man's Dream II yang termasuk incaran saya di Tomorrowland, tapi ternyata antriannya sudah melingkar nggak karuan, padahal shownya masih lama. Sudah gitu ya saya pikir nanti saja deh nonton show selanjutnya, mungkin sore sudah sepian, dan ternyata saya salah langkah, karena untuk nonton One Man's Dream II, tiketnya itu diundi! Nanti saya ceritain di bawah.

Habis gitu, kita sudah berpikir, no more rides for now, mari kita fokus untuk bikin seneng Abby. Langsung deh kita pindah ke Toon Town dan mengunjungi rumah-rumah tokoh Disney. Yang pertama kita ke rumah Goofy.

Pintu masuk rumah Goofy. Lucu banget, tanamannya rimbun, ada pohon jagung, jemuran, pokoknya cute semua.

Ini teras rumahnya, ada banyak kaleng cat. 
Unfortunately, di dalam untuk masuk ke ruangan-ruangannya saja kita butuh antri. Di sini si Abby mulai cranky. Di dalam kan gak terang ya, udah gitu padat sama manusia, jadi dia gak betah, dan minta keluar langsung! Boro-boro kita bisa masuk ke rumah-rumah tokoh lainnya, intinya anaknya bad mood total liat orang kebanyakan. Dia lebih suka jalan-jalan di luar saja karena lebih lega. Papa Abby di sini sudah turun juga moodnya dan mukanya asem, lantaran tujuan kita kemari kan sebenernya mau bikin Abby happy ya, mana beli tiketnya buat 2 hari pula. Tapi anaknya sama sekali nggak mau main. Cuma saya bilang sama Papa Abby, kalau kita di sini sudah kehendak kita. Ya udah kita bikin anak happy pakai cara yang dia suka, bukan yang kita suka. Mari deh, kita keliling-keliling aja, foto-foto, pokoknya cari area yang luas-luas.

Kita jalan-jalan aja deh keliling Toon Town. 

Naik mobil gembos dulu ya. Tin...tin... 

Suasana Toon Town yang lucu, tapi super padat dan ramai. Intinya mah kalau anak nggak dipegangin, bisa nggak kelihatan.

Untuk ngebangkitin mood anak, saya langsung beliin snack yang dia suka yaitu Caramel Popcorn dengan container bentuk Mickey Mouse. Lagi-lagi agak kecewa, popcornnya gak gitu garing. 

Tuh, kayaknya senengan emaknya habis beli popcorn daripada anaknya. 

Ini lucu loh fireworks housenya, kalau ditekan, langsung ada suara meledak-ledak dan asap keluar. 

Ini anak-anak SMA Jepang yang numpang minta difotoin sama kita. Nah, buat yang mau lihat cewe-cewe SMA pakai rok mini dan gayanya kayak di komik, boleh lah main ke Theme Parks. Banyak! 

Ini contoh ride anak-anak yang antriannya gila. 70 menit cuma untuk naik Pooh's Hunny Hunt.

Kalau mau ambil Fast Pass, dapatnya baru pukul 20:30 malam! Luar biasa gak tuh? Ride anak-anak aja kayak begini. Minta ampunnnn.... 
Lanjut ke Fantasy Land, sebenarnya semua rides di sini cocok untuk Abby, tapi semua antrinya panjang dan lama. Selain itu, prioritas kita sekarang sudah bukan lagi naik rides. Sedapatnya aja.

Akhirnya kita ke rides yang bisa dibilang wajib untuk seluruh keluarga. The original version of Istana Boneka yaitu It's a Small World. Lihat nggak tuh tumpukan strollernya sudah kayak gitu? tadinya sih sudah pesimis, ternyata katanya cuma 10 menit saja antriannya. Yuk deh kita naik. 

Di depan it's a small world, bunga berwarna warni dan semuanya bunga asli! Maintenancenya memang luar biasa bagus. 

Nah gini nih enaknya, walaupun manusianya bejibun, naiknya rapi banget. Si Abby awalnya sih nangis gitu, tapi pas di tengah-tengah senang lihat-lihat ke kanan kiri. 

Saya nggak foto banyak di dalam sini, soalnya goyang-goyang juga, It's a Small World di Jepang ini, jauh lebih pendek jalurnya daripada yang di US, bahkan daripada Istana Boneka, tetapi semua hal di dalamnya dikerjakan dengan sangat detail, indah. Atapnya juga high ceiling jadinya benar-benar full view. 

Habis gitu, kita kan mau keluar ya nyari makan siang. Tapi jalan ke arah manapun, penuhnya kayak begini! Nih di area Critter Country. Kita mampir ke beberapa restaurant, dan mendapatkan kenyataan kalau semua restaurant antriannya di atas 1 jam! Minta ampun deh!
Bapak, Ibu, atau siapapun yang pingin ke Tokyo Disneyland, apalagi yang bawa anak kecil, beneran deh, bawa snack agak banyakan. Di sini itu, ibaratnya walaupun duit ada, kita tetep susah makan lantaran manusianya kebanyakan, dan antriannya panjang semuanya. Naik rides, ngantri, makan, ngantri. Mending kalau antrinya 20-30 menit, ini mah pakai hitungan jam. Sudah gitu, di restaurant antrian nggak bisa diwakilkan ya. Kita tidak akan dikasih duduk sampai grup kita lengkap, dan makanan sudah ada di tangan. Kalau di USJ kemarin kan masih bisa tuh, papa dan Abby duduk, lalu mama beli makanan. Kalau di sini, nggak bisa sama sekali. Jadi beneran siap-siap snack just in case mau late lunch. Abby saat itu bisa-bisaan molor, mungkin karena pusing juga kebanyakan manusia.

Karena saya dan suami sudah agak lapar, sementara gak mungkin makan di resto sekarang, saya akhirnya antri untuk beli turkey legs. Kebetulan banget suami dapet tempat duduk di bawah pohon, jadi saya bisa antri. Lucunya, nggak lama kita berasa kok ada putih-putih di atas meja. Ternyata tepat di atas kita, ada burung lagi santai buang hajat. Huahahahah. Langsung orang-orang pada pindah semua. Phew!

Antrian beli turkey legs,  itu saya sudah agak depan. Antriannya kayaknya sekitar 100-an orang (or more), CUMA BUAT BELI TURKEY LEGS! -_-

Horeeee akhirnya dapat juga! Kaki kalkun gini harganya JPY 700 (IDR 84,000) per kaki.

Nyam, lumayan buat ngisi perut. Ternyata lama-lama asin bener! Hahahaha. 
Tau-tau sudah pukul 12.30 saja, yang berarti sebentar lagi parade utama akan segera di mulai. Bukan segera sih, tapi masih 1 jam lagi alias pukul 13.30. Walaupun masih 1 jam di muka, orang-orang sudah pada heboh semua gelar tikar sepanjang parade, dan para petugas sudah mulai bersiap-siap mengatur batas jalan. Ya udah deh, karena kita sama kiasunya sama orang Jepang, kita juga langsung tag tempat strategis di lantai. Semestinya Abby tidak boleh ada di dalam stroller alias stroller harus dilipat, tetapi berhubung anaknya molor, jadi diijinkan sama petugasnya untuk tetap bobo di stroller.


Nih mamanya habis antri lagi buat beli pumpkin churros. Ngga makan siang bener, tapi nyemil turkey leg sama churros, gimana ini? Hahaha.

Tuh, bukti nyata, semua orang sudah siap-siap tag tempat dari 1 jam sebelumnya Ada yang gelar tikar, gelar plastik, gelar kertas koran, sementara kita mah langsung aja blek duduk di aspal. Aspalnya bersih banget gitu. 

Sambil nunggu waktu parade, tukang jualan souvenir keliling juga sekalian sambil beraksi. 

Cupnya lucu banget, gambar Mickey Mouse and friends.

Di seberang kita, tempat khusus untuk lansia dan orang-orang berkursi roda lainnya. Rapi semua berjejer. 

Oke, jalanan sudah kosong, semua siap menonton parade.
Begitu parade mau dimulai, musik menghentak mulai dimainkan, dan lucunya, Abby langsung bangun, segar, dan gembira! Menurut saya pribadi, nonton parade di Disneyland-lah yang made my day! Rasanya walaupun nggak naik rides apa-apa, nonton parade ini sudah mengobati kerinduan saya akan masa kecil yang indah, yang dari dulu ditemani oleh betamax dan VHS berisi cerita Mickey Mouse, Donald Duck, dan kawan-kawan. Yang paling bikin saya bahagia di sini adalah, Abby super bahagia juga sepanjang tokoh-tokohnya lewat di depan mata dia. Saya nggak bisa foto semuanya ya, cuma sebagian saja, moga-moga jadi terasa ikut nonton juga. Dan inilah parade pertama yang kita tonton: Happiness Is Here.

Let the parade begin!!

Goofy with all his goofiness 

Three Little Pigs lagi main tali

Pasukan musik yang sangat antusias menari

Hi, Lilo!

Hi, Stitch!

Melihat dengan seksama

Ubur-ubur menari

Genie! 

Antusias banget matanya liat Genie!

Waaa... ketawa seneng banget! Di belakang itu ada gajah besar, hayo siapa yang naik gajahnya? 

Aladdin! Itu hidungnya mancung banget ya! *serasa pakai shading, eh apa emang pake?*

Putri-putri eksotis ala negeri 1001 malam versi Disney.

Rapunzel, kudanya aja ungu!

The Ugly Duckling yang sebenernya gak ada ugly-uglynya. Cute banget!

Disney Princesses: Cinderella, Belle, Aurora (ngga kelihatan di sini)

Seneng liat Princess cantik-cantik

Muka sumringah bahagia

Alice, mukanya kayak kaget pas ngelihat kamera saya hehe.

Madhatters! The original version tentunya, bukan Johnny Depp :P

King and Queen of Hearts from Alice in Wonderland

Rabbit from Winnie the Pooh

Langsung nunjuk-nunjuk Tigger, tapi bilangnya harimau. 

Tigger and Winnie The Pooh bermandikan madu (serasa mbak Elvy Sukaesih)

Mary Poppins and Bert

Bisa tebak ini anak tepuk tangan meriah pas ngelihat siapa? 

Donald Duck dong tentunya! Lengkap dengan Daisy, plus Chip and Dale.

And the most famous ones, Mickey and Minnie Mouse!

Bagian belakang mobil Mickey, ada Donald besar banget.

Abby sampai terkesima dari awal sampai akhir serasa tak berkedip. Finally selesai juga deh paradenya. 

Setelah itu kita mengincar kemari nih, Super Duper Jumpin' Time, dimana anak-anak bisa duduk dan menari bersama tokoh-tokoh Disney. Tetapi lebih dari 30 menit sebelum acara dimulai, tempat dibilang sudah penuh dan kita tidak bisa masuk lagi. 

Masih di Critter Country, mau naik jungle cruise, antriannya sudah kayak gini. Itu tali terus-terusan di extend panjangnya sampai melingkar-lingkar karena antrian luar biasa. 

Turun sedikit ke Westernland, kita melihat antrian Pirates of The Carribean tidak terlalu panjang, hanya sekitar 15 menit. Hayuk lah naik, sekalian kasih liat suami yang dulu pas ke Jepang belum naik ride ini. 

Nih di dalam antriannya sudah kayak capcay. Untung cuma 20 menitan aja nih antrian, kalau ngga sih si Abby pasti udah ngamuk-ngamuk parah. Di sini aja sudah agak bete, tapi lumayan excited pas sudah naik perahunya.
Pada sudah tau dong ya kalau film The Pirates of The Carribean itu diinspirasikan dari ride ini? Jadi jangan salah mikir kalau ridenya diinspirasikan oleh filmnya. Rata-rata wahana itu kan filmnya duluan ya yang keluar, baru dibikin wahananya. Tapi Captain Jack Sparrow itu ya awalnya ada di ride ini, baru deh Bang Johnny Depp dibikin karakternya supaya mirip dengan si kapten di sini.  Jadi buat penggemar filmnya, wahana ini wajib banget dikunjungi, bukan karena trilling (soalnya beneran gak ada thrillnya), tapi buat melihat work of art yang betul-betul detail bentuknya serasa patung-patung tersebut hidup, dan kita ada di era yang sama dengan mereka.

Pas kita keluar, show Super Duper Jumpin's time masih berlangsung, dan saya membayangkan seandainya tadi Abby berhasil masuk, pasti dia senengnya minta ampun. At the same time, kalau Abby berhasil masuk sini, berarti dia nggak nonton parade. Serba salah kan? Hahaha.

Dasar beruntung, pas shownya selesai, Abby berhasil nemuin si monkey. Eh salah sih  tepatnya si Monkey jalan-jalan dan nyamperin Abby loh. 

Monkey udah sadar kamera, Abbynya malah ngelihat ke bawah.

Show jazz band di Westernland, serasa di New Orleans, lengkap dengan pemusik berpakaian pirates.
Berhubung di dalam sumpek banget, kita ke depan dulu deh, foto-foto sama Cinderella's Castle dan Walt Disney statue. Cari angin :)

Foto wajib dengan patung Walt Disney dan Mickey Mouse, tepat di depan Castle. Itu ransel bukan punya kita loh, malah bikin fotonya jadi kurang cakep ya. Gimana cara photoshop? Hahaha. 

Cinderella Castle secara utuh. Loh, kok orang udah pada duduk-duduk lagi? Kan paradenya masih 1.5 jam lagi?? *beneran tepok jidat sama ke-kiasu-an penonton parade* Saat itu kita mikir, udah lah ya, nanti kalo hoki juga dapet tempat duduk yang oke.

Suasana musim gugur plus Halloween gini, semua bunga serba oranye dan kuning. Semuanya bunga asli! Hidup semuanya!

Dan orang Jepang itu memang sakti banget antrinya. Yang ini, antri buat: FOTO DI DEPAN CASTLE! Serius, demi foto di tengah, dibantuin sama petugas. 

Berhubung kita males, sudah lah ya, kita foto dari sisi lain aja hehehe.

Foto sendiri sambil pegang map, kemudian lari-larian di atas kursi.

Begitu digendong buat foto bertiga, mukanya Abby malah meringis. Hihihi.

Finally, antrian untuk lunch sudah nggak terlalu panjang. Tadi siang, di resto ini antriannya melingkar sampai keluar ruangan loh! Restaurantnya namanya Queen of Hearts Banquet Hall di area Fantasy Land.

Di dalam, kita dibawa ke dunia Wonderland, dimana bunga jadi raksasa.

Kids meal untuk Abby. Isinya mini hamburg, jagung manis pakai cream, nasi tomat, kentang, brokoli, pudding, dan juice kotak. Gak cakep ya, kayak di kantin banget padahal gak murah.

Yang ini punya papa Abby, half roasted chicken.

Yang ini punya saya, carved steak. Rasanya enak juga walau nggak istimewa banget. Udah bisa duduk dan makan  proper aja bersyukurrr banget lantaran daritadi semuanya penuh. As I told you, it's very easy to spend lots of money in the theme park for quite mediocre food hihihi. Mediocre di sini untuk standard Jepang ya, soalnya makanan di Jepang itu rata-rata enak semua. 

Abby cuma mau minum juice sama makan nasi tomat. Itupun nggak nafsu-nafsu banget. Soalnya memang kurang lezat dibanding dengan yang di Molette pas di Kyoto. 

Pas kita selesai makan, sudah tinggal 15 menit lagi menuju Halloween Parade, dan rasanya kok hampir tidak mungkin dapat tempat duduk yang baik. Dasar hoki besar banget, tempat kita berdiri yang tadinya jalanan orang lewat, pas banget baru ditutup dan kita boleh duduk di situ. Rejeki anak soleh!

I just love this picture. Mukanya brantakan semua, terus di mulut Abby ada popcorn.

Muka senyum bahagia (mungkin karena udah isi makanan hahaha).

Bapak petugas yang ini super lucu. Dia dansa ngikutin lagu, tapi gayanya kayak bajing. Very cute!

Saya pingin kasih lihat, how serious those Japanese when taking pictures, even only for taking pictures of the parades. Lihat itu lensa sadis-sadis banget gedenya!
Halloween Parade ini adalah parade musiman khusus di saat Halloween month. Jadi kalau sekarang pada pergi ke Tokyo Disneyland, paradenya sudah ganti jadi Christmas Parade. And my oh my, modalnya bikin parade ini kayaknya gede banget ya. See those cars, see those costumes! Gile banget bagus dan meriahnya.
Parade dibuka dengan ratunya yaitu Minnie Mouse!

Daisy Duck and Clarice. Clarice ini adalah cewe idamannya Chip and Dale :)

Three Little Pigs, kali ini pakai kostum bandit.

Mickey Mouse and Pluto!

Mickey Mouse dari dekat. Hi, Mickey!

Stitch and Angel, Chip and Dale!

Winnie The Pooh and Friends! Saking detailnya, itu di bawah ada pumpkin yang dibentuk seperti Eeyore. Keren ya! 

Donald Duck and all his nephews: Huey, Dewey, Louie.

Dan beginilah suasana menuju Tomorrowland saat parade bubar. Kenapa saya kok balik ke Tomorrowland lagi? Ini semua karena kedodolan saya yang nggak tau kalau mau nonton One Man's Dream II itu harus pakai undian.  
Oke saya jelasin ya. Di Tokyo Disneyland ini, ada 2 show besar yang kita harus mengikuti undian alias loterry untuk mendapatkan tempat duduk. Yang pertama adalah Once Upon A Time, yang merupakan show di malam hari di depan Cinderella Castle yang menggabungkan proyeksi dan kembang api. Mungkin tadi sudah lihat ya foto di depan castle yang Abby berdiri di tengah banyak kursi. Yang kedua adalah One Man's Dream II yang merupakan broadway musical theater yang lokasinya di sebuah theater terbuka di Tomorrowland. Shownya ada beberapa kali sehari, dan peminatnya seabrek. Gimana cara dapetin lottery-nya? Kita harus pergi dulu ke sebuah stasiun pengundian yang isinya tuh banyak banget mesin seperti mesin fast pass. Kemudian kita mengadu keberuntungan kita dengan scan code dari tiket kita. Saat itu saya berniat untuk memilih show terakhir pukul 18.30 untuk One Man's Dream II, dan untung-untungan saja untuk Once Upon A Time yang shownya cuma 1 kali sehari. Kita cuma bisa nyoba lottery ini 1 kali saja. Dapet nggak sih saya?

Scan.. scan... YAK GAGAL! Boro-boro dapet. Nyeseknya, pas lihat sebelah saya dapet. Huks huks huks. Ya yang kayak gini memang hoki-hokian sih. Sudah lah ya, mau diapain lagi. Sedih sih. Tapi memang Tokyo Disneyland ini terasa overcapacity banget sampai mereka harus bikin sistem begini. 

Bapaknya Abby masih berusaha kepingin bikin Abby naik ride, padahal anaknya tuh males banget antri. Jadi deh dia nangis, padahal mau naik ride kesukaan dia yaitu naik mobil di Grand Circuit Railway. 

Nih mama foto dari atas. Tapi gak sempat kefoto Abby alias kejauhan. Pas awal-awal naik mobilnya anaknya mewek, untungnya pas udah kelar udah happy. Memang susah deh kalau mood lagi gak asik. Kelihatan banget dia nggak tahan karena kebanyakan orang dari pagi. 

Star Jets, wahana mirip-mirip beda-beda tipis sama gajah bleduk, tapi tinggi, cuma yang antri tuh panjang melingker. Mana sekali ngangkut cuma dikit hihihi. 

Malam-malam kita balik lagi ke Toon Town, melihat suasananya kalau lampu-lampu halloween sudah nyala, sekalian mau mampir ke baby's room karena mestinya di sini ada Baby's Room yang gede. 

Kirain malem-malem udah sepian, gak taunya masih rame begini. Bahkan di baby's room nggak dapet tempat a.k.a umpel-umpelan. Akhirnya  masuk ke wece biasa aja deh. Untung anaknya udah gede. 

Dan suami tertarik ngelihat ini! Lucu gak sih? Sandwich bentuk tangan Mickey dan Donald. Kata dia mumpung antrian belum panjang dan belum jam makan, mending beli dulu. Lagian, habis ini kan harus tag tempat lagi untuk nonton parade. Yes, masih ada 1 parade lagi!

Lumayan banget, antrinya palingan 10  menit buat beli makanan, dan yang jelas, ada tempat makannya di luarnya. Nama kafenya Huey, Dewey, Louie's Good Time Cafe. 

Sandwich, Fries, and Hot Chocolate.

Yang kiri kaki Donald itu namanya Donald's Shrimp Cutlet Burger. Yang kanan itu si tangan Mickey adalah  Mickey's Roasted Chicken on Chinese Bun (alias bakpao dong?). Rasanya enak, tetapi berhubung masih rada kenyang abis late lunch tadi, jadi berkurang nikmatnya hahaha.
1 jam lebih sebelum parade mulai, kita bertiga sudah mulai tag tempat pas di depan Haunted Mansion. Kemudian daripada bengong, saya milih main di Haunted Mansion aja deh, dan antriannya katanya 50 menit. Saya coba minta alternate rides. Jadi kalau pas saya selesai ternyata masih ada waktu sebelum parade, suami jadi bisa main juga hehe. Padahal yang udah pernah main malah saya, suami malah belum. Entah pas dia pergi ke Disneyland dulu dia main apa, kok hampir gak dinaikin semua haha. Tapi ended up, dia gak keburu main karena pas saya main di dalam, lebih dari sekali keretanya berhenti cukup lama karena kesalahan teknis hahaha.

Haunted Mansion ini ridenya diilhami oleh Tim Burton's Nightmare Before Christmas. Gak serem sama sekali kok, malah lucu ridenya dan cocok juga untuk anak-anak (kecuali anaknya penakut).

Keluar dari Haunted Mansion, ngelihat ke Cinderella Castle, warnanya oranye alias halloween color. 
Saya langsung ambil duduk di tempat yang sudah di tag suami dan Abby. Malam ini kita saksikan lagi parade terakhir di Disneyland yaitu Tokyo Disneyland Electrical Parade Dreamlights. Dari namanya aja sudah tau dong, isinya lampu-lampu semua! Let the parade begin!

Pembukaan, ada pangeran-pangeran pengawal naik kuda.

Dan parade kali ini, dibuka dengan Goofy, Mickey, and Minnie.

Minnie lagi dadah dadah. Hi, Minnie!

Pasukan tentara Disney berbaris rapi. Tu Wa Tu Wa!

Alice dan Cheshire Cat (ih, pengen geser itu penjaganya deh, nutupin aja jadi ada bayangan).

Snow White lagi nyanyi manggil burung (ngarang).

Pete and Elliott The Dragon from Pete's Dragon. Nantikan remakenya ya di tahun 2016. Sekarang aja udah dipromosiin, padahal ini film klasik tahun 1977.

Captain Hook, Peter Pan, and Mr. Smee

Crush the Turtle from Finding Nemo

Nemo, we found you!

Tuh kan, kalau liat parade,  Abby antusias banget. Tak bisa berpaling.

Woody, Jessie, and Buzz Lightyear from Toy Story

Mike and Sully from Monster's Inc

Dan dibelakangnya, ada the cutest girl on that movie, Boo!

Aladdin and Princess Jasmine *mendadak jadi pingin nyanyi A Whole New World*

Genie! Ini Genienya keren banget loh, selain warnanya biru, dia juga terus-terusan berganti warnanya. Ini pas banget bisa dapet pas dia full warna biru. 

Rapunzel and Flynn. Jadi inget adegan mukul pake panci. 

Cinderella dengan gaunnya yang menyala-nyala dan beranimasi juga.

Prince Charming hihihi. Kenapa namanya Prince Charming? Soalnya beneran nama aslinya gak ketauan!

Tinkerbell ditemani sama peri-peri lain.

Donald and Daisy Duck, plus 3 Little Pigs!

Chip and Dale!

Pinocchio and Mr. Geppetto

Last but not least, Jose Carioca and Panchito. Buat yang belum tau, trio Donald Duck, Jose Carioca, dan Panchito ini dinamakan The Three Caballeros
Setelah Parade terakhir, kita cuma punya 30 menit sampai show selanjutnya di depan Cinderella Castle yaitu Once Upon A Time yang dibuka dengan Halloween Special Fireworks. Terus kita ngintip ternyata ride Snow White's Adventure (salah satu ride paling jadul di Disneyland) antriannya cuma 10 menit. Boleh lah ya kita naik walaupun ridenya super biasa banget dan kerasa teknologinya sudah salah satu yang tertua.
Nah, lucunya, dia tau aja kita udah pada teler, jadi dari 7 nama kurcaci, kita dapat kereta yang Sleepy hihihi.

Dan sekarang, waktunya kita untuk menikmati pertunjukkan di depan Cinderella Castle. Ngomong-ngomong, ini bagian belakang castlenya ya. Jadi kita kudu muter untuk dapetin front view. 

Pas kita sudah ambil posisi, posisi  kita tuh sudah agak belakang loh. Tapi pas nengok ke belakang lagi.... HUMAN...HUMAN EVERYWHERE! Gilaaaaa itu cendol parah nian, udah gak jelas berapa ribu orang ada di situ. 

Ini adalah show Halloween Specialnya. Buat saya yang ini shownya biasa, cuma ada lagu dan fireworks berganti-ganti di sebelah kiri. Castlenya sendiri dikasih proyeksi warna-warna Halloween dan gambar labu-labu berterbangan. Shownya cuma 5 menit saja. Kemudian kita ada 5 menit break, dan disambung dengan pertunjukan utama, Once Upon A Time. 
Show pamungkas yang sangat patut untuk dilihat, adalah Once Upon A Time. Yang ini bagusssss banget! Cinderella Castle ini berubah jadi sebuah kanvas cerita dengan projection images langsung dari potongan film-film Disney, tetapi dibentuk sedemikian rupa supaya bisa cocok dengan bentuk castlenya. Misalnya ya, pas adegan castlenya si Rapunzel, ya beneran seakan2 Rapunzel yang tinggal di situ. Mrs. Potts sebagai narator, bercerita kepada Chips (unfortunately dalam Bahasa Jepang), soal mimpi, cita-cita, dan cinta. Dipadukan dengan kembang api, laser, lagu yang ciamik, bener-bener deh kita nggak boleh melewatkan show ini. Sayangnya Abby di sini sudah tidur karena show baru mulai sekitar pukul 20.40, plus Abby juga posisi di stroller dan kehalangan ribuan manusia di depannya. Kalau dia masih bangun, pasti saya sudah minta papanya untuk taruh di pundak supaya kelihatan. Shownya sendiri berlangsung 20 menit, and not a dull moment in this spectacular presentation! Bahkan seluruh penonton berteriak-teriak mengagumi keindahannya. Saya gak taruh fotonya banyak-banyak ya. Pokoknya kalau ke Tokyo Disneyland, jangan pulang dulu sebelum nonton ini.

Opening scene yang belum apa-apa sudah wow banget.

Potongan dari The Little Mermaid

Potongan dari Cinderella, mendadak jamnya berubah jadi jamnya Peter Pan. Flownya bagus banget dan smooth. 

The infamous rose from Beauty and The Beast

Mrs. Potts lagi cerita ke Chips. Permainan Lasernya ciamik banget. 

Potongan dari Frozen, tuh Olaf lagi tergelincir (gak kelihatan ya di ujung bawah hehe).

Kartu-kartu dari Alice In Wonderland

And the Finale, itu laser, kembang api, blar blar blar...hajar semua!!! Wow banget!! 
Karena Abby sudah bobo, malam itu kita memutuskan untuk langsung balik saja ke hotel. Sebenernya bisa sih kalau mau nekad main lagi sampai pukul 10 malam, tapi mendingan pulang dan istirahat. Kasihan anak bobo di stroller, walaupun dia juga tidur nggak tau apa-apa hehe. Pules banget!

Nih, seperti biasa, antri lift mau naik ke stasiun monorail aja antri. Lucunya, yang pulang jam segini justru nggak kelewat banyak. Kayaknya pada nunggu sampai tutup deh biar puas. Kata temen, kalau nunggu bener-bener tutup, gila-gilaan penuhnya keluarnya. Jadi mendingan keluar sekarang, cari aman.

Muka udah setengah teler di dalam monorail. Tuh kan monorailnya aja nggak gitu penuh.

Diem-diem nyemilin popcorn di dalam kereta. Soalnya benernya kan nggak boleh makan di dalam sini *mohon jangan dijitak*

Malam itu kita iseng nyoba turun di Nishi Shinjuku Station yang katanya punya jalan masuk bawah tanah langsung ke hotel kita. Ternyata, tutupnya pukul 11 malam. Untung kita sampai situ pukul 11 kurang, kalau ngga sih, berabe dah mesti keluar lagi dan jalan di luar haha. Nggak lupa mampir dulu convenience store untuk beli ransum buat besok.

Malem-malem, pas sampai hotel, anak ini bukannya molor, malah kebangun, dan minta makan popcorn. Itu cahaya terang bukan karena matahari ya, tapi karena reading light. Hehehe. Gak apa deh ya, By, soalnya hari ini makannya dia kacau banget di Disneyland alias gak gitu selera.
Jadi impresi saya soal Disneyland gimana? Ini opini subjektif, tapi menurut saya it's just waaaayyy too crowded. Saya tuh sempat nanya loh sama petugas sana, ada apa hari itu, apakah ada libur spesial, atau hari spesial di Disneyland. Ternyata jawabannya: Just like regular days. Masyaampunnn... penuhnya kok kayak begini. Yang interesting itu adalah, Disneyland itu kan ridesnya sasaran lebih ke anak-anak ya termasuk yang usia di bawah 3 tahun kayak Abby gini. Tapi ternyata semua ridesnya super ngantri, super penuh, sehingga sudah tidak terlalu nyaman lagi untuk anak sebesar Abby ikutan mengantri. Mungkin kalau sudah SD, sudah lebih bisa mengerti. Bisa juga sih anak saya aja kali ya yang gak suka while untuk anak-anak lain fine-fine saja. Semua rides, rata-rata tipe yang gelap-gelap. Mungkin supaya special effectnya keluar. Tapi namanya rides yang suitable untuk anak 3 tahun kebawah, kalau gelap semuanya kan juga kurang enak walaupun tipe ridesnya bukan yang thrilling.

Selanjutnya adalah, soal nyari makan, itu ampun-ampunan ribetnya. Bukan berarti tempatnya sedikit ya, tempatnya sih banyak banget, tapi pas jam makan, gila-gilaan penuhnya, serasa sudah tidak manusiawi hanya untuk isi perut. Selain itu, karyawan di sana lebih kayak robot dibandingkan dengan di USJ. Keramahannya jadi kurang genuine lagi, mungkin karena memang sudah tiap hari mabok menghadapi manusia sebanyak itu. Banyak dari mereka juga yang kurang paham soal istilah-istilah yang ada, misalnya alternate rides (memang gak semua wahana ada alternate rides, but at least they should know the meaning).

Lalu apa yang bisa menyelamatkan di Disneyland buat saya? Of course: The parade, and the show! Buat yang bawa anak kecil dan anaknya tipe seperti Abby, parade itu sangat jadi penyelamat. Keberadaan parade dan show yang spektakuler dan nggak main-main itu sudah bikin anak saya happy berat, jadi terasa sebanding dengan harga tiket masuknya yang termasuk nggak murah. Lupakan saja rides-rides dan menunggu berjam-jam. Kayaknya lebih worth nangkring nyari tempat yang nyaman untuk lihat parade because the the kid's expressions were priceless. But again, it's just me. Oh iya, pemandangannya juga bagus, sekedar buat jalan-jalan atau foto-foto aja sudah memuaskan, apalagi buat yang narsis hahahah. Semua spot bisa dijadiin background deh.

Kalau di Disneyland seperti itu, gimana dengan Disneysea? Tungguin saja bagian selanjutnya ya!

64 comments:

  1. Kerennn foto2 parade and castlenya Le....menuruf gua juga sama, waktu ke disneysea cuma menang rame doang, mau naek apapun antri gila2an...ga nyaman, cuma kehibur sama paradenya doang plus foto2...naek wahananya cuma 1 biji doang...hahaha, rugi dehh gua klo ke tempat beginian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ci, gue sampe ke blog mamiefunky cuma buat liat postingan Disneysea. Itu tega banget ikut tour cuma dapet 4.5 jam doang di situ! Mana bisa dapet apa2? Tapi ci, elu dapet ride yang paling kerennya loh hahaha. Untung cici dulu rombongan kantor ya. Coba kalau ikut tour bayar ndiri dari Jakarta, terus cuma dapet waktu segitu, beneran deh eike minta refund! Hahaha.

      Delete
  2. Aku juga loh sampai berhenti di tengah dan cek harinya beneran bukan weekend atau enggak, saking liat di fotonya orang semuaaa. But then again, aku kalo ada kesempatan ke Jepang ya tentu masukin Disneyland ini di tujuan teratas. Dan aku yakin ada jutaan orang juga yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, padahal udah milih hari biasa, bukan hari libur nasional, eeeehhh tetep aja ramenya kayak capcay begitu haha. Actually, seandainya cici tau kalau Tokyo Disneyland kayak gitu, I better skip it. Padahal ke situ demi anak, tapi ternyata anaknya gak hepi itu...sedih :( Cici sendiri sih sekedar oke-oke saja sama Disneyland, gak craving for it.

      Delete
  3. Akhirnya post disneyland keluar dan rame bangeett hahahaha.. Emang smua warning tentang ramenya disney Tokyo bener bgt ya. Kalo boleh tau kemaren Leony ke disneynya tgl berapa ya? Pengen iseng cek di disney crowd calender pas tanggal itu masuk kategori apa hehehehe.. Klo disneyland uda rame gini, Disneysea lebih parah dong ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu aku udah tulis di atas kan perginya tanggal berapa hehe. 21 Oktobet 2015, hari Rabu. Not even weekend. Kayaknya susah deh kalau km nyocokin liburan sama crowd calendar. Karena kalau km cm fokus nyocokin sm crowd calendar, the rest of Japan km dapetnya cuaca yg kurang mendukung hehe. Disneysea? Liat aja postingan selanjutnya ya.

      Delete
    2. Waks gimana kalo weekend atau pas lagi ada event ya, ga kebayang cendol nya kaya gimana..

      Delete
    3. Disneyland itu kayaknya hampir selalu ada event deh, soalnya tiap hari raya besar, pasti dia rayain. Tapi kalau weekend ya pasti extra heboh, extra rame, apalagi kalau pas lagi hari liburnya orang Jepang macem Golden Week gitu. Wuihhhh... ga kebayang beneran.

      Delete
  4. haduh...itu orang semua? Rame banget ya...saya 5 taun lalu juga batal masuk Disneyland, langsung balik kanan karena ruame banget banget. untungnya duluuuu banget udah pernah 2 kali ke Disneyland.
    Iya, parade-nya keren...jaman saya ke sana dulu parade-nya baru ada satu, cuma eletrical parade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 tahun lalu aja rame, apalagi sekarang ya hahaha. Nah saya jg untungnya pernah ke Disneyland. Or else mgkn penasaran setengah mati sama ridenya haha.

      Kayaknya kalau daytime parade yang Happiness is Here itu udah wajib deh Yum. Parade siang itu pasti ada soalnya itu parade yg paling komplitnya. Yg nggak wajib ada itu cuma yg Halloween parade. Sekarang yg Halloween udah ganti jadi Christmas parade.

      Delete
  5. berjubel bgt ci orang2 yang ke disneyland (>___<)

    setuju sama poin trakhir ci, parade2nya tuh buat hati seneng :D
    cuma liat foto2nya aja gue uda seneng ciiii apalagi kalo liat langsung! ga kalah exicted dari Abby dink, hehehehe en salut sama acara paradenya : rapi, detil pokoknya menyenangkan :))

    ditunggu ci cerita ke disneysea-nya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang parah banget. Di US aja pas Christmas holiday rasanya gak separah itu loh. Shocking banget deh. Untungnya ketolong sm parade yg bagus.

      Tungguin aja Disneysea-nya ya.

      Delete
  6. aih keren dan panjang serta detail bgt..foto2nya juga cakep,,,the parade and the show asli keren abis....suka bacanya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah. Banyak foto soalnya ada paradenya yg tokohnya lucu2 semua.

      Delete
  7. itu roti ... buat eijke ya le ... ha222
    g juga demen liat disney parade ..seneng banget , entah ya knp bisa begitu .
    btw itu roti nepsong banget liatnya wahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di post sebelumnya lebih menggiurkan kan? Lebih close up hahaha.

      Soalnya masa kecil kita memang dihiasi sama tokoh2 dari Disney ini Ven. Rasanya tuh membawa kebahagiaan yang timeless banget kalau lihat tokoh2nya langsung.

      Delete
  8. keren banget paradenya, tapi pusing duluan ngeliat banyaknya orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pusing sih udah pasti haha, cuma dinikmati aja deh. Intinya try to get the best that we can aja selama di sana dan jangan maksain.

      Delete
  9. haduh, aku rencana kesananya bertepatan dengan libur nasional di japan, pasti makin penuh banget yaaa

    fireworks nya memang menakjubkan dan bikin nganga, dan jadi paham kenapa biaya masuk ke disnyeland bisa mahal.

    btw katanya Disneyland itu dulunya merugi loooo , apa sekarang masih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mau ke sana pas Golden Week? Wah selamet deh, itu kemarin hari biasa aja udah kayak gitu loh, apalagi pas Golden Week, mungkin lebih tumpah ruah lagi.

      Nah Once Upon A Time ini tuh benernya dibandingin sama yang dulu, fireworksnya banyakan yang dulu. Tapi yang ini full production value-nya lebih tinggi, jadi komplit banget pertunjukannya.

      Kayaknya Disneyland Jepang sih nggak merugi deh kalau tiap hari kayak gitu hahaha.

      Delete
    2. iyaaa pas golden week :(((( ya naseb.

      rencana ke Disney sea aja sih, let's see seberapa menarikkah Disney sea nya menurut leony ...

      Delete
    3. Hahaha, ditungguin aja deh. Disneysea...hmmm... antriannya lumayan makjan juga loh kemarin! Ada 1 stall sandwich yang antriannya 200 orang :P Gila banget deh di sono.

      Delete
  10. Gw sampe lupa kalau Donald punya keponakan, itu yang Kwak Kwik Kwek kan kalau di majalah atau buku gober gitu.

    Gw blom pernah ke Disney nih, gimana dong... kalau rame gitu mau nonton parade sama mau naik permainan jangan2 bisa 2 hari disana 😱 kemudian bangkrut.

    Abby minta popcorn dong....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, kalau di sono jadi Huey, Dewey, and Louie hehehe. Permainannya sih biasa aja Fel kalau Disneyland nggak ada yang thrilling gimana-gimana karena park ini kan benernya lebih buat anak kecil ya. Kalau Disneysea baru lebih seru, tapi kemarin gue mah ga bela-belain deh naik rides. Mendingan nonton parade aja udah puas lah. Popcornnya udah alot, Tante!

      Delete
  11. Memang Disney Jepang itu crowded banget. Menurut guide saya, orang Jepang itu suka banget ke theme park. Setahun bisa 4x sesuai tema musim yg ada. Saya kemarin perginya pas Golden Week yang liburnya penduduk Jepang. Kebayang crowdednya ya. Alhasil hampir gak naik apa2. Lihat parade juga susah. Disney Jepang termasuk yang paling profitable dibanding Disney lainnya. Gak heran ada Disney Sea lagi yg cuma ada di Jepang ya.
    Kalau masalah antri, memang Jepang itu super banget. Kata guide saya, kalau orang Jepang lihat ada antrian, otomatis ikutan antri, bahkan tanpa tahu yang diantriin apa. Dia minta kita buktiin dengan berdiri aja sekitar 10 orang bentuk antrian dan pasti ada orang Jepang yang ngekor antri di belakang kita, ha ha.
    Agak surprise dengan petunjuk waktu yang molor ya. Biasanya kan Jepang paling punctual untuk waktu dan estimasinya biasanya tepat. Keamrin itu sih cukup akurat estimasi waktu ngantri sampai saya dapat naiknya. Jadi ingat dulu pas yang di US, cape2 ngantri udah hampir 1 jam, ternyata diumumkan kalau wahana rusak, sampe pada gak mau bubar karena bete pengunjungnya
    Untuk popcorn, saya sempat kesel karena dapat titipan untuk beli popcorn karena bucketnya yg lucu-lucu. Ternyata bucket yang berbeda di jual di titik yang berbeda. Mana yang pesan juga spesifik lagi mau bucketnya yang model tertentu. Akhirnya ngider gak karuan dan ternyata bucket yang dicari sudah off season, cape deh.
    Oh ya, Abby suka Hi 5 gak? Aimee suka banget. Udah minta nonton Hi 5 December nanti yang di Gandaria City.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang, Jul. Tiap season bisa paradenya beda-beda gitu, dan kayaknya emang kacau fanatiknya orang Jepang sama Disneyland. Brasa lebih parah daripada di US hahaha. Disneysea sih bagus banget especially buat difoto. Ngerjainnya niat deh hehe. Jepang emang bagus banget antrinya, yang bikin rusak antrian biasanya turis TD hihihi.

      Kemarin ini brasa banget molornya, apa mungkin mereka anggep pas masuk ke bagian interaktif itu yang sebelum ride udah part of the ride kali ya. Makanya jadi agak-agak salah perhitungan soal waktu. Oh iya, di US juga lebih banyak deh barisan single rider. Di USJ juga while di Disneyland ngga ada loh. Kayaknya sih karena saking ramenya, dibuka single rider juga ngga ngefek.

      Waduh, aku tuh paling kesel kalau udah dititipin, terus titipannya yang spesifik. Jadi makanya kalau mau pergi kemana-mana, aku diem-diem aja deh. Anehnya, yang titipannya aneh itu bukan org yg bener-bener deket sm kita. Soalnya kl org yang bener-bener deket, justru malah mengerti kalau kita travel itu udah repot.

      Abby sukaaa banget. Emangnya mau main ya di Gancit? Aku baru tau. Wah kudu incer tiket nih, moga2 timingnya pas dan kita gak pergi kemana-mana.

      Delete
  12. hahaha emang kalo ajak anak dibawah 4thn lebih enak nonton parade-nya.. jangankan anak2, dewasa pun suka. selena juga tipe yang cepet bad mood kalo banyak orang, antri kelamaan, desak2an.. dia bisa tiba2 turun moodnya.. makanya kalo bawa anak jalan2, yg paling penting jaga mood anak.. apapun demi dilakukan deh, biar anak2 hepi terus...enaknya Abby bisa tidur dimana aja dalam suasana apapun ya... selena kalo dah capek banget bisa tidur di stroller, tapi pasti kebangun2 kalo ada suara2... dan pastinya rewel.. hehe

    ditunggu cerita disney sea nya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abby tuh juga lumayan suka naik ride. Pas di USJ dia happy aja tuh. Entah kenapa pas di Disneyland ini moodnya jadi berantakan karena kelewat padat. Udah gitu kan yang dilihat orang semua ya, gak ada kayak gunung atau apa gitu, jadi beda kali bukan nature. Untungnya Abby lumayan biasa travel dan biasa molor di stroller sih, jadi aman deh :)

      Delete
  13. wuihhh...itu manusianya rame banget yak...apa di Jepang itu bolos sekolah & kerja gampang ya? koq hari-hari biasa tapi bisa ramai sampai segitunya...padahal di awal udah pada siap bgt ya.. papa juga pakai kaos mickey, mama & abby udah pakai bandonya, tapi untungnya ada parade yang menyelamatkan ya, jadi Abby ttp bisa senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu juga pertanyaan suamiku. Kok kayaknya orang sono kayak pada nggak kerja hahaha. Bahkan anak sekolah tuh banyak banget especially yang teenagers plus masih berseragam. Suami sampe bilang, waduh, ini field trip kok ke Disneyland enak amat, belajar apa? Huahahhaa.

      Iya, kita udah lumayan pakai atribut Disney hehehe. Syukur Abby masih bisa enjoy parade, plus masih bisa makan sore walau dikit.

      Delete
  14. wow wow gw jadi berasa barusan jalan2 di disneyland juga (jalan2 di postingan lu le) hahahah.
    paradenya gila bagus banget yaaa :D :D
    dan keren ya paradenya sampe ada 3 sehari :D. gw kira td lu bilang once upon a dream diundi juga? bukannya lu bisa lihat tanpa undian?
    gw cman perna ke disneyland HK, dan katanya jauh lbi kecil drpd japan punya ya. cman pas di sono bisa naek ini itu, ga terlalu rame, mala uda naek ini itu juga gw masi sempet memuaskan napsu di toko suvenirnya hahahha. Gw sukaa banget toko suvenir disneyland soalnya barangnya lucu lucu bangettt wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahhaah, emang sengaja Teph, soalnya emang yang bagus tuh paradenya, jadi kasih deh fotonya lumayan banyak. Di kamera gue lebih banyak lagi loh hahaha.

      Once Upon A Time itu diundi buat dapetin duduk di area bench situ Teph. Kalau lu lihat gue kan berdiri berjubel-jubel. Kalau dapet duduk itu kan enak gak usah jubel2 terus dapetnya agak di depan.

      Disneyland Hongkong tuh kecil banget dan banyak pencinta Disney yang bilang kurang "sah" buat disebut sebagai Disneyland karena kecil. Toko Souvenir di Tokyo Disneyland sih juara deh penuhnya, tapi untuk barang, anehnya menurut gue lucuan USJ. Emang bener souvenir tuh mahal-mahal, dan kebanyakan ngga kepake. Jadi kudu milih bener biar gak kebuang.

      Delete
  15. keren mommy abby, bisa inget semua nama2 tokoh kartun dari disney. hehehe.
    wah ci, bagus banget parade nya, sehari 3x dengan parade yg berbeda pula. tapi rameeenya bukan maen.
    jd penasaran ci, ke WC nya jg antri panjang ga ci? hihihi, nanya ga jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mostly sih inget Rochan, tapi ada juga yang lupa-lupa especially yg tokoh pendukung macem si Angel pacarnya Stitch itu hahaha. Wece antri juga panjang, tapi untungnya banyak stallsnya dan lumayan cepet karena antrian rapi (bukan kayak di Indonesia ya yg antrian 1 pintu 1 line). Makanya Abby tuh gak sempet deh ganti popok di Baby's Room soalnya nunggunya kelamaan. Mending di wece biasa, lebih cepet dapet tempatnya.

      Delete
  16. ahhh disneyland!!! gua taun ini gak ke disneyland nih.. kangen!! hahaha.

    lucu banget itu bakpao berbentuk tangan mickey nya ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa Man, tahun ini ke Disneylandnya diganti dengan ke Jakarta toh? Bisa main ke Dufan hahaha (terus kayaknya Andrew bakalan keki).

      Sandwich bakpao Mickeynya menggoda ya, padahal rasanya biasa aja hehe. Sekedar lumayan buat dinner.

      Delete
  17. Untungggg..paradenya bagus ya Mbak..kasian Abby moodnya kurang happy jadinya. jangankan Abby, sayapun pusing kalo ngeliat orang banyak begitu.. Tapi liat mukanya Abby pas nonton parade, sumringah banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur banget ada Parade yang menolong, dan Abby jadi bisa dadah-dadah sama tokoh yang dia suka :)

      Delete
  18. Cii foto cc yang diatas mobil gembos itu cantikkkk deh...hehe bukan berarti foto yg lain gak cantik yahh cii tapi yang itu fotonya dbest..hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mukanya lumayan, tapi bodynya penuh lapisan lemak hihihih. Yah namanya juga udah emak-emak ya (plus emak-emaknya doyan makan). Thank you!

      Delete
  19. Waaaa, foto2 pas night parade dan castle nya ciamikkk, sampe merinding nihh huhu. Kemarin ini aku cuman ke Disneysea aja dan penuhnya minta ampun! Sampe ngomong ke suami, di sini aja udah kayak sarden, apalagi di Disneyland yak. Aku sampe sekitar jam 10, tp tiket fast line untuk toy story aja udh sold out *tepokjidat*. Akhirnya cuman bisa naik beberapa ride sisa waktunya buat muter2 keliling aja. Untungnya dapet nonton broadway (yg superrr kece) sama show semacam castle itu cuman ada air2nya hihi. Itu juga breathtaking bgt rasanya, cakeppp banget. Jangankan si Abby ci, dulu wkt nonton parade di Disneyland HK aja aku sampe pgn nangis saking bahagianya hahaha.

    Masih ditunggu cii buat episode selanjutnya. Baca edisi tamasya jepang ini jadi kepingin balik lagi (''':

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, Disneyland sama Disneysea sama gilanya sih. Cici sih udah gak kepikiran deh ke Toy Story. Journey to the Center of The Earth juga parah. Untungnya mata lebih dimanjakan di Disneysea ya. Cici sih emang udah incer yang King Triton's Concert, apalagi si Abby emang lebih suka nonton show daripada jubel-jubelan naik rides. Kalau malam sudah pasti harus nonton Fantasmic :)

      Delete
  20. pas pergi bulan juni ga rame2 banget, rasanya ga ngalamin antri lebih dari 30 menit.
    ngincer Super Duper Jumpin' Time, selama 2 hari disana kaga kebagian tuh.. karena hujan huhuuuuuu.. jadi dibatalin show-nya. ampe fireworks-nya juga ga kebagian hahaaa.. waktu itu belom ada Once Upon A Time-nya
    restoran juga biasa aja antriannya..
    Kalo liat di crowd calendar-nya TDR pas kalian pergi itu emang jumlah pengunjungnya biasa aja.. ga ampe meleduk.. gimana pas peak yah.. serem hahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ride-ride yang model lama antriannya emang nggak gitu panjang si Xiao, palingan 20-30 menit, tapi tetep aja ya, kalau penuh rasanya ngga nyaman dan ngga worth padat-padatan. Pas gue pergi si Pooh itu bisa 70 menit antrian, padahal kid's ride. Once Upon A Time baru ada di 2014, sebelumnya cuma fireworks biasa. Nah, mungkin Juni itu gak gitu rame juga karena banyak hujan kali, jadi based on weather forecast, mereka lebih milih gak ke TDR pas hari itu. Cuma memang belakangan ini Japan sendiri jadi tempat tujuan utama pelancong dunia, dan Disneyland udah pasti jadi part of it. Makanya ampun2an ramenya.

      Delete
  21. Wah cakep bgt parade2nya ci.. Abi keliatan senengnya pas nonton parade dibandingin antri2 ridesnya ya ci. Gak kebayang deh aku liat orang sebanyak itu, bisa pusing2 hehehe
    Baru pertama ini dgr cerita papa abi bete n asem ci, kyknya abi dah ga betah ya awal2nya..
    Dl kyknya di postingan cici yg ke berapa gitu diblg klo ada satu tmp yg hrsnya abi tuh bahagia tp malah cranky itu tuh di tokyo disneyland ini kah ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Awal2 Abby udah gak happy karena penuh banget. Terus bapaknya kesel krn Abby gak mau antri apapun hehe. Ya gmn ga kesel krn kita maunya kan bikin anak happy tp anaknya gak happy hehe.

      Iyes bener banget. Dia cranky di Disneyland.

      Delete
  22. rame banget le.... gua sama kayak abby, kalo ke tempat yang terlalu crowded gitu, mood suka jatoh... makanya kalo ke kondangan yang jalan aja ampe susah, mending makan tengah, salaman trus langsung pulang... pusing kalo keramean...

    mungkin disneyland lebih terkenal dari universal ya, makanya lebih rame....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua2nya sama2 terkenal sih Mel. Tp namanya Disneyland n Disneysea itu lokasi di Tokyo, digadang2kan sbg yg terbaik di dunua, terus lbh pny attachment ya sama people's childhood, jadinya kayak a must see. While bagi gue sih.. ya kalau bs diganti, mau gue ganti aja tuh tujuan hahaha.

      Delete
  23. Emang soal parade Disneyland ini kagak ada matinya ya. Gak usahlah anak kecil, orang dewasa aja suka ngeliatnya.

    Disneyland dulu seinget gue juga rame banget. Disneysea malah lebih legaan, dan bisa main lebih banyak. Dan dari segi rides gue juga lebih suka Disneysea sih.

    Madeline juga paling anti nih rame-rame gini. Mungkin bagi anak kecil jadi makin overwhelming ya ngeliat orang gede segitu banyaknya. Tapi makin gede Madeline makin terbiasa sih berada di keramaian, walo masih belum terlalu suka, tapi udah mending.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue aja terharu loh nonton paradenya haha. Kayak anak kecil ketemu idola. Disneysea jg ramenya gak kira2 Ngel. Sama aja gilanya. Malah ada bbrp tempat yg lbh gila ramenya drpd Disneyland. Haha. Disneysea jg sasaran lbh ke teenagers dan mainan dia banyakan diadaptasi dr California Adventure (bukan Disneyland).

      Abby gak masalah kalau ramai, asal gak sumpek. Di tempat2 lain kayak Kyoto or Dotonbori kan ramenya jg ga kira2 ya. Tp at least gak harus antri2 kayak buat naik ride.

      Delete
  24. Capek.. Hahaha... Yang liatnya aja capek.. Tapi mungkin karena kepikirannya kalo bawa anak pasti udah crancky,beda kalo sendiri kali ya ci hajar aja semua antrian hahaha...

    Paradenya swmua oke beraatt.... Pantaslah abby anteng, yang dewasa aja terkesima, suka foto cici makan popcorn, laen aja gtu hehe..

    Dan suka apa yang cici bilang "biarkan dia bahagia dengan cara yang dia suka,bukan cara kita" rr.. Intinya gtu ya ci.. Jleb banget, emang bener sih kalo sikonnya udah ga nyaman buat anak2 mending turutin aja dulu deh ya maunya apaan..

    Anwy, yang mau bangkrut itu disneyland paris kan? Emang katanya sepi, tapi lagi perbaikan kok sekarang.kok bisa ya di paris sampe mau bangkrut gitu :( jomplang banget sama yang di jepang.

    Ditunggu disneysea ya ci... Cemungudh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disneyland Paris kayaknya memang susah deh buat sukses. Pertama2 org Prancisnya sendiri lebih fanatik sama budaya negara sendiri. Sementara Disneyland kan budaya Amerika ya. Ke Prancis deh, some people doesn't even want to try to learn English. Kelewat cinta sm negaranya.

      Jadi kl jalan2 itu hrs pikirin tujuan utamanya. Kl bawa anak, dan pengen bikin dia happy, ya kita ga boleh egois nurutin maunya kita.

      Delete
  25. Kyyyaaa akhirnya disneyland.
    Mupeng banget aku ke disneyland, tapi antrinya kalo luar biasa gitu isinya bayar tiket buat nonton show doang, sama naik max 2 ride.
    Untung Abby nya happy liat parade hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah balik lagi ke tujuan kamu Paula. Kalau anak2mu gak cranky saat ngantri, menurutku sih gak masalah dan lebih bisa naik banyak rides. Jadi semua tergantung prioritas saja. Kalau ramenya sih unavoidable.

      Delete
  26. Salam kenal mama abby.. biasanya di disneyland bertebaran karakter princess2 dan badut2 yg bisa diajak foto2 dan ngobrol.. kmrn ga ada atau sangking rame nya di skip??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Kemarin ngga ada yang keluar dan muter, Dwi. Mungkin karena kelewat rame. Beda banget sama di US yang tokoh2nya ngider terus.

      Delete
  27. Parade nya keren ci.. bnr2 bikin mata ga mau kedip rasanya, ga mau kehilangan setiap moment nya,haha. Yang halloween parade jg keren banget.. Abby kasian, krn kbnykan org jg ga happy dia.. tp parade ngobatin banget ya, bisa balikin moodnya lagi.hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paradenya emang yang menyelamatkan. Kalau sepian mendingan banget sih Disneyland itu, soalnya benernya permainannya cukup menarik untuk anak2 usia segede Abby. Kekurangannya, kebanyak dark rides jg sih, jadi buat anak2 kecil suka agak serem hehe.

      Delete
  28. paradenya kerennn bgt sih nih.. smoga suatu saat kesampean bawa anak2 liat ini.. nunggu gedean dikit dah, kl skrg gw nya yg ga sanggup haahhahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Jangan kelewat gede tar jg repot tempat tinggalnya secara kamar mungil2. Kecuali mau airbnb haha.

      Delete
  29. Manis banget Abby yg foto pake bando Minnie Mouse. Ga bosen diliat lama2 juga.. :)
    Duh liat antriannya pala lgsg puyeng..wkwk.. Apalagi kalo antri sndiri yak.. Syukur ada parade ya.. Bagus-baguss bangettt :) Rasanya pengen foto disetiap mobil yg lewat.. aaaaa..



    ReplyDelete
    Replies
    1. Di situ lagi manis banget, gak lama jg dilepas tuh bando haha.

      Emang itu kerjaannya selain nikmatin parade adalah motoin parade hihihihi. Untung banyakan bapaknya Abby yang fotoin, jadi cici bisa memandangi aja dengan riang :).

      Delete
  30. Waaahh paradenya ampe 3x ya. Seru bangeetttt :D Tapi ramenya kok luar biasa begitu ya :| Udah gitu antriannya juga bikin bete sih ya, denger cerita temen, bisa ngantri 2 setengah jam cuma buat naik satu ride, kalo begitu sehari mah ga bakal cukup ya untuk naik semua rides di Disneyland Jepang hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bakalan cukup deh 1 hari. 3 hari kayaknya br kelar hahaha. Itupun hrs stay dr buka smp tutup.

      Delete