Friday, June 26, 2015

Super Senewen Mom

Tidak seperti anaknya yang super santai, mama saya itu orangnya susah banget santai alias senewenan. Senewennya kalau menurut saya sudah hampir tahap akut, dan bikin kita ikutan dibikin stress. Kalau jaman saya masih sekolah di Jakarta dulu, dan belum jamannya punya telepon genggam, seandainya saya pulang telat dari sekolah (saya pulang naik jemputan loh ya, bukannya naik angkot), mama saya bakalan bolak balik kamar mandi disertai mules berkepanjangan. Hal itu berlangsung sampai anaknya tiba di rumah. Kalau kita sampai rumah, mama saya udah kayak orang kebelet ketemu wece. Leganya minta ampun.. *plung...*

Makin saya dewasa, kesenewenan beliau bukannya makin berkurang, malah makin nambah. Kalau nyariin anak, sistemnya harus ketemu saat itu juga. Kalau nggak ketemu, segala cara akan ditempuh. Saya kasih beberapa contoh. Pernah waktu itu ketika saya masih di Amerika, saya lagi nonton rame-rame serombongan sama temen-temen. Mama neleponin saya ngga diangkat-angkat, ya jelas karena saya lagi di bioskop, jadi HP pasti saya silent. Jaman dulu juga belum jamannya smart phone, jadi ya gak biasa juga chattingan di dalam bioskop. Pas sudah kelar nonton, saya lihat HP saya, isinya missed call berbiji-biji dari mama saya. Tapi bukan HP saya aja yang isinya missed call. Mama saya ternyata juga neleponin Pastor Indonesia yang kebetulan lagi studi juga di Amerika, demi nyariin saya! Luar biasa kan? Terus si Romo (Pastor tadi) juga sama-sama nggak ngangkat telepon. Lah Romonya juga lagi nonton sama rombongan saya! Huahahaha...

Contoh lainnya, saat itu saya sudah balik Jakarta dan sudah ngantor. Seringkali mendadak saya dipanggil ke ruang atasan, dan biasanya saya bawa diri aja, gak bawa HP. Waktu itu masih jaman BBM. Mama saya itu kalau BBM saya, harus dibalas dalam tempo maksimal 5 menit. Lebih dari itu, dia akan ping berkali-kali. Dan kalau masih ngga dijawab juga, dia akan telepon langsung, mulai dari nelepon ke HP, sampai nelepon ke extension saya. Kalau sampai dua-duanya ngga diangkat, langsung aksi selanjutnya, neleponin temen kantor! Temen kantor biasanya ngetuk ruang bos, terus bilang... "Le, lu dicariin nyokap lu tuh."  Pas ijin keluar, langsung dong nanya ke mama, kali-kali aja ada yang penting. Tau-tau cuma dijawab, "Mama cuma pengen tau doang kamu kemana..." Yaelahhhh.... Kejadian kayak gini, selama saya ngantor, kayaknya lebih dari 10 kali, sampai temen baik saya yang sering diteleponin mama sudah hafal. Palingan kalau kejadian lagi, temen saya cuma bilang pas saya udah keluar dari ruang bos. "Le, biasa, nyokap lu nyari..." *sigh*

Kejadian lain yang masih saya ingat banget sampai sekarang, waktu itu saya lagi on-the-way ngajak mama makan dimsum di salah satu hotel daerah Senayan. Saya belum nikah, jadi berduaan doang perginya. Kita lewat jalan tol, dan saat sudah sampai exit Semanggi, mendadak mama ngomong, "Non, pulang sekarang Non, mama lupa, tadi kayaknya keran ledeng belum ditutup." Gubrak! Udah sampe Semanggi loh! Dari Cawang loh! Terus disuruh balik lagi ke Cawang gara-gara keran. Saya ngga mau lah! Udah laper banget, nyetir jauh-jauh, eh disuruh pulang lagi. Akhirnya kita tetep makan. Makanannya enak, tapi suasana jadi ngga enak. Sepanjang makan bahasannya cuma satu, "Buruan pulang, mama mesti liat keran." Serius dongkol banget, plus jadi ngerasa mendingan makan Indomie aja di rumah daripada buang duit ke restoran. Rencana shopping sehabis makan, batal! Kita langsung pulang ke rumah... dan ternyata? Kerannya udah mati aje dong! Grrrhhh... Makanya gak salah kalau kita mau berpergian, pertanyaan nyokap itu banyakkk banget. "Kompor udah dimatiin belum? Lampu teras udah ditimerin belum? Keran udah mati semua belum? Pintu sudah dikunci belum? AC udah mati belum?" Walaupun check-listnya sudah dijalanin lengkap, tetep deh, di jalan, pasti nanya lagi.

Kalau dikira yang di atas itu udah "seru", yang terjadi kemarin adalah yang terseru. Mama kan lagi nginap di tempat saya, jadi otomatis di rumah mama cuma ada adik saya aja. Kira-kira pukul 9 malam, mama saya WA adik saya, dan nggak delivered. Last seen-nya pukul 2.11 siang. Mama saya telepon adik saya, dan ternyata teleponnya mati. Langsung deh mama saya senewen parah. Saya bilang sama mama saya, adik saya kan lagi banyak undangan bukber, jadi mungkin aja dia kehabisan batere. Sabar aja, nanti juga pasti akan dibales. Tapi mama saya gitu loh, mana bisa sabar. Bisa diliat kan, kalau cara A ngga bisa, masih ada cara B sampai Z.

Telepon ke rumah, ternyata nggak diangkat. Tapi yang lucu mama saya bilang, kalau adik saya emang paling males angkat telepon di rumah. Kalau di rumah selalu mama yang ngangkat. Kalau gitu sudah jelas kan, ngga diangkat artinya bukan karena dia kenapa-napa, tapi karena memang dia males angkat aja. Saya bilang ke Mama, kalau paling mentok adik saya lagi tidur kecapean dan HP-nya dimatiin. Ehhhh.... dia gak percaya. Dari pukul 9 malam WA tidak delivered itu, mama saya udah bolak balik kayak setrikaan. Dari kamar dia, ke ruang tengah, ke kamar saya, entah berapa kali. Saya bilang ke mama, kalau dia harusnya tenang aja. Tunggu sampai besok, kalau besok dia tidak ngabarin, itu baru kita boleh panik, toh adik saya udah gede banget. Bukan gede badan doang, tapi ya emang udah tuwir! Laki pula! Si mama yang super sentimentil itu, bilang, "Kamu ngga ngerti, kamu cuma saudara... tapi dia anak mamaaa..." *serasa sinetron*

Pukul 10 malam, dia nelepon tetangga aje gitu loh! Tau ngga nelepon tetangga minta ngapain? Minta tolong, liat mobil di carport ada brapa biji alias mau ngecek adik saya udah pulang atau belum. Ampun dahhh! Pas giliran tetangga bilang mobilnya lengkap, langsung panic attack tingkat tinggi. Mama saya berkeyakinan kalau adik saya PINGSAN! Dan saat itu juga dia minta saya anter pulang. It was 10.30 PM!! Suami saya baru pulang kantor gak sampai dua jam lalu, kasian kalau minta dia yang anter lagi. Mama saya bilang, kalau saya nggak mau nganter dia mau pulang sendiri naik taksi. Ealah, siapa yang tega?? Jadi deh, dengan kedongkolan super, saya nganter mama saya dari ujung Barat ke Timur Jakarta, menembus kemacetan rombongan truk sepanjang jalan kenangan.

Lalu apa yang ternyata terjadi? Apakah benarrrr... kalau adik saya pingsan?? *mohon dibaca dengan gaya Fenny Rose sambil melotot*

Saya males turun dari mobil, jujur udah ngantuk banget. Biar si mama aja yang turun ke rumah. Ternyata eh ternyata, dugaan saya 100 persen bener! Adik saya lemes, masuk angin dan muntah-muntah, jadi pulang dia minum Panadol dan tidur. HP-nya batere abis ya dia cuek aja. Orang lagi lemes kok. Tapi ya gak sampai pingsan kaliiiihhh.... Pas mama saya dateng itu, dia baru aja bangun, dan lagi ngecharge HP. Mungkin nunggu 30 menit lagi juga udah on bales WA mama saya tadi. Pas tau adik saya ngga kenapa-napa, bawaanya saya udah gemes bangettttt.... Sepanjang jalan saya udah merepet ke mama saya supaya kalau jadi orang tuh jangan panikan, jangan stress, harus percaya kalau anak-anak udah gede, dan kalau ada apa-apa pasti semua ngabarin. Ngoceh-ngoceh sepanjang jalan itu bikin saya jadi laper berat....

Pukul 00.10, tiba lagi di Puri, langsung mampir McDonalds 24 jam Drive-Thru. Saya pesen paketan Double Cheeseburger with Fries and Lemon Tea, minta si mama bayarin. There you go... junk food for midnight snack. I was physically and mentally exhausted, and suddenly, junk food felt like a filet mignon in a Michelin Star resto. Nikmatnya minta ampun. Selamat datang lemak berlebih!

Apakah ada juga yang dirinya sendiri atau kenalannya punya masalah senewen gini? Mungkin semuanya harus berkumpul dalam gathering group SA. Senewen Anonymous.

PS: This post in not sponsored by McDonalds. If there's 24 hours KFC, I prefer the latter one.

88 comments:

  1. Kalau masih jaman pager starko lebih berabe dong yah lewat operator hahahahaah

    Gw juga mirip2 gitu kl pergi suka resah nggak jelas udah matiin kompor blom, matiin ac blom, tutup lampu blom, kunci pintu kamar blom, gembok rumah blom (nggak sampe harus pulang) tapi selama pergi hati gundah gulanah trus komat kamit berdoa biar tenang. Yang parah semua nggak kejadian ahahahah.... kalau kata pastor itu badai2 yg kita ciptakan sendiri secara psikologis (mengutip homili misa kemaren) cara menghalau badai dengan mendekatkan diri sama Tuhan

    Kalau gw (hampir) tiap hari abis parkir pasti setelah anter anak masuk sekolah atau tpt les balik lagi cuma buat cek mobil udah kunci blom, udah kunci stang blom atau tanya anak "mami udah kunci mobil blom" saking seringnya ditanya ky gt cm dijawab "mami balik aja lagi liat udah dikunci atau blom" dan gw selalu balik lagi tapi pasti udah kekonci (kl parkir jauh menderita nih)

    Percayalah dulu gw orgnya NGGAK begini setelah Conrad lahir kayanya otak gw susut separo wkwwkwwk, beban berkali lipat

    Ferry paling stress kl liat gw ydah kobok2 tas cari ipon gara2 gw cemplungin gt aja trus lupa trus kobok2 resah kirain hilang atau ketinggalan. Beneran rasanya pas sambil korek2 mau nangis waakakkak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue blg sama nyokap gue jg Fel kalo hrs lbh yakin n berserah sm Tuhan secara dia itu khawatirannya berlebihan terhadap semua hal. Senewennya kadang suka udah lewat batas kayak di atas itu deh. Gue ngga ngerti apa karena pertambahan usia kali ya hidup jd makin khawatir. Buktinya skrg apa2 maunya gue dampingin, kayak ga bisa apa2 sendirian pdhl itu semua beneran ky lu bilang, cuma di dalam pikiran dia sendiri.

      Delete
  2. Hahahaha. Jangan kesel dong, kasian atuh.
    Gw juga senewen an apalagi kalo masalah anak. Yg gak parah kayak nyokap lu sih secara juga anak anak gw msh kecil dan sama kita all the time ya. Tp tiap kali mereka mau perform tuh gw sampe kepikiran jauh jauh hari dan gak bisa tidur. Mau nyari Summer camp atau les les an bisa sampe kepikiran. Hahaha.
    Moga moga gak sampe parah kayak nyokap lu dah ntar ya. Tp intinya emang jd ortu ya gt lah ny, pasti banyak khawatir nya ama anak.
    Hayo lu skrg kesel ama nyokap, ntar pas Abby udh gede, lu jangan gt lho ya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyokap gue bukan khawatir tipe yg kalo anak mau tampil atau kegiatan2 gitu Man. Anak mo tampil atau ujian mah dia ga deg2an. Ambil rapor aja dia nyante. Dia cm hrs memastikan anaknya ada n jawab dia. Senewen dia kan bukan soal anak doang. Soal printilan juga macem lampu, pintu, keran dll. Jadi hal2 tsb berkecamuk di dalam pikiran pdhl itu cm kegugupan aja.

      Kalo soal Abby sih gue berharap ga jd kayak nyokap gue. Tp skrg aja nyokap gue suka protes/heran krn gue kok santai banget menghadapi hidup, gak khawatiran kyk dia. Dia ud stress mikir ini ono, guenya yg tenang2, termasuk soal ke anak sendiri.

      Delete
  3. Papaku...
    Tp ga separah mamanya cici sih...


    Ampyun kalo lama pulang, tp makin tuir sih gegara dia mw bobo doang sama kita ga boleh be kunci,


    Dan parahnya aku ga boleh bawa mobil. Ya ampun deh, pdhl ud bs nyetir jg. Sim punya. Alesanny bejibun dan bikin kzl.


    Yah mikir lg sih, mungkin ortu mw protect anaknya. Tp kadang over protective jg bikin stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mamaku untungnya ga tipe over protektif. Dia khawatiran tp dia ga ngehalangin kita gaul atau bawa mobil. Cm kitanya harus lapor terus every step of the way cm untuk mastiin kita baik2 aja.

      Kayaknya emang semua ortu ada khawatirnya, tp kalo ud bikin kitanya ikut stress jadi ga enak juga.

      Delete
  4. karena belom punya anak jadi belom tau ya rasanya senewen ama anak...
    yang gw tau ya si adek gw cewe... jadi abis dia putus ama ex nya, nyokap sekarang over protective abis... tiap bbm an senyum2 ditanyain itu siapa.. parno gitu balikan ama si mantan... hahaha...
    kalo mau pigi juga ditanyain pigi ama siapa kemana pulangnya kapan.. omg...
    nyokap pinginnya si dede di rumah aja... lha kalo di rumah aja gimana kenalan ama cowo... kalo ga kenalan ama cowo dibilangnya inget ama mantan..
    serba salah dehh...

    ehhh mamer gw juga senewen an lhoo... tapi karena beda kota jadi ga separah nyokap lo.. tapi kalo pas kita lagi mudik kesana ya senewennya kumat... bakal cari kita sampe ketemu kalo kita pergi2 ga ama dia... hihihi... dinikmati aja lah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Mantannya parah banget ya sampe nyokap takut banget dia balik lagi? Itu sih kayaknya over protective aja kali ya Rol? Saking parahnya tuh mantan jd ga ingin terulang. Moga2 dede lu segera ketemu pengganti yg baik deh biar nyokap lu tenang hehe.

      Kalo yg mertua.. itu kayaknya krn jarang2 ktm jadi kepinginnya kelonan sama anak cowonya kali. Kangen berlebih haha.

      Delete
    2. hihihi.. iya si mama masi ga rela kalo dia balik ama mantannya soalnya mantannya masi ngejar2 gt... tapi pingin cepet2 biar dd gw married juga... hahaha... kalo soal mamer kayaknya bgitu deh... #oops

      Delete
    3. Hahahaha. Kalau ternyata mantannya baik dan putusnya krn alasan konyol, kalo jodoh bakalan balik lagi loh hahaha (bbrp kali kejadian sm temen).

      Delete
  5. Hehehehe itu artinya sayaaaaaaannnnngggggg banget Le :D

    Nyokap gw jg senewenan orgnya. Klo anak2nya blm plg, bisa bolak balik pipis. Berkali2 tlp dan klo ga diangkat bakalan tlp tmn gw ato tmn nya adek gw. Kdg suka malu klo tmn gw ditlp soalnya pasti dicengin hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ye, terus bagaimana dengan penjelasan gue mesti pulang gara2 keran? Apakah itu karena sayang juga sama keran? Hahahahah. Tp ya Ye, nyokap tue itu suka kelewatan ketakutannya, kl dipikir2 sayang banget, gue kmrn ini ud ga kuat ngantuk tp dia mnt gue anterin. Jd itu sayang apa ego ya? Bingung garuk2 pala jg.

      Delete
  6. Bokap g ituu.. dulu wkt g masi sekolah suka disodorin koran yang isinya berita anak diperkosa trus kemana2 pasti dianter jemput hehe.. smp skrg kalau g pulang malem jg dia masi nungguin (rumahnya sebelahan sama gua), parno soal orang pajak, kompor, kunci juga sih.. tp dia masi sebatas ngomong aja ga sampe nelpon2in atao nyamperin sih hehee..
    Mgkn apa nyokap takut bgt kehilangan kalian le..
    Btw dirumah ade ga ada prt ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parno tingkat tinggi tuh ternyata ga baek juga ya. Nyokap gue itu orgnya super senewen dr dulu, tp pas kehilangan bokap emang tambah menjadi2.

      Udah hampir 10 thn ga ada PRT Bon. Udah terbiasa mandiri kita semua. Gue aja skrg cuma ada nanny kok dan itu khusus untuk urus Abby. Ngerjain kerjaan rumah yg lain2 sendiri hehe.

      Delete
  7. Hahaha...aku jg pasti dongkol kalo ada yg senewen. Tapi mama kamu kocak jg, pasti terkenal dia di tetangga, suka nyariin anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di tetangga sih ga terkenal tkg nyariin Nov. Tp kalo di kantor, apalagi sm si temen baek itu.. terkenal hahahha. Kasian tuh temen diteleponin melulu.

      Delete
  8. hahaha..parah banget itu sih senewennya le ...mama gua juga sejenis tuh kalo urusan matiin kompor, nyalain lampu, tutupin jendela, kunci pintu, dll ...kalo pergi pasti kita semobil ikutan mikir, udah matiin kompor belom yaa? hahaha, jadi sepanjang jalan berdoa aja semoga tuh kompor emang udah mati....sighhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue ga tau senewen ini ada kaitannya dengan iman gak ya? Apakah kalau kita beriman lebih dalem jadi bisa lbh tenang dan ga senewen? Ataukah senewen itu emang udah bawaan? Hahaha. Gak jelas.

      Delete
  9. g bacanya aja senewen... untung nyokap g enggak kek begini ?! walo nyokap g itu agak liar juga, suka mendadak nonggol aja di jakarta sembarangan naik bus, dengan bahasa indo yang belepotan, tapi Amin selama ini sampe2 aja nyokap g ke tujuan, thanks GOD
    dulu sih nyokap emang suka khawatiran matiin aer atau listrik, soalnya di kampung bayar aer kan mahal hahaa... mana ada pompa ke di jakarta :D, jadi yah suka khawatir tagihan aer mahal cuma gara2 keluar rumah lupa matiin aer, khawatir ada cuma ga sampe lebay banget ^^ udah jalan jauh minta polang ^^, bagaimana pun masih untung rumah nyokap dan lo, masih satu atau kota, klo g jkt-krw gempor aja hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyokap gue juga rada kayak preman Pit. Masih suka naik turun mikrolet. Tp gak seheboh nyokaplu yang bisa sampe naik bus AKAP haha. Tp nyokap lu ga pernah minta pulang kan? Kalo minta pulang kan lumayan keder juga hihihi.

      Delete
  10. Sama kaya mami aku ci...paling susah diajak trip...alesannya ga ad yg jaga rumah lah, takut nanti ad apa2 lah d rumah, dan kalo di rumah listrik turun suka panik sendiri bilang kaya ad bau angus padahal ga ad apa2...hahaha...kadang2 lucu juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau yg kayak gitu laen lagi tuh Rib. Ada tante gue yg kyk gitu. Jadi rumah harus ada yang jaga, kalau yg lain bilang takut rumahnya ilang kalau ditinggal atau takut rumahnya jalan sendiri hihihi. Untung nyokap ga sampe kayak gitu sih. Tp kl nyariin anak suka lumayan extreme.

      Delete
  11. Halo Le, salam kenal... btw bersyukur sifat nyokap ga nurun hehe.. Soalny saya jg sering mrasa khawatir/takut berlebih dan klo sy liat itu turunan dari nyokap. Makanya saya cekikikan sendiri wkt baca postingan ini.. soalnya mirip2 wlo ga separah mm km hehe. Dan ketika punya anak, kekuatiran saya nambah trutama klo nyangkut keselamatan dan kesehatan anak. Thank God suami berbanding terbalik dgn sy jd ada yg dikit ngademin klo lg panik. Kebayang klo dua2nya begitu kn. Perasaan kuatir berlebih itu teramat bikin hidup ga nyaman.. nyiksa lahir batin dah. Pgn lepas dr rasa kuatir tp susahh... bener cm doa pasrah pd Tuhan spy bikin tenang. Kdg sy ambil positifnya aja.. mungkin ini cara Tuhan tuk bikin sy sll dekat dgn Dia hihi.. (hera)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Hera, salam kenal juga. Suami saya juga orangnya super tenang. Saya yang lumayan tenang (dibandingin mama) jadi lebih tenang lagi kalau ada suami. Makanya mama saya yg kebingungan ngeliatin saya dan suami ngadepin urusan RT santai2 aja while dia yg lbh mikirin printilan. Kalau dr komen2 beberapa org yg udah saya baca, memang kayaknya kekhawatiran itu related banget sama faith to God ya. Makanya saya jg selalu ngingetin nyokap utk nyerahin semuanya ke Tuhan krn kan kita jg udah usaha yg terbaik.

      Delete
  12. Le, nyokap lo mesti diajak high five sama nyokap gue le. Bisa jadi BFF tuh huahahaha. Nyokap gua pun sama parah nya kayak nyokap lo le, kalo gue protes jawaban nya gini "kamu belom punya anak makanya bisa blg gitu, tar coba rasain kalo uda punya anak". Nah sekarang uda ada marco, bilang nya naek level dikit "marco belom gede, coba aja tar dia uda sekolah". *pusing pala barbie*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue rasa bukan jadi BFF Pi, tapi jd kompetitor alias saingan siapa yg lebih khawatir hahaha. Bayangin 1 org khawatir.. trs ktm org khawatir lainnya.. saling nakut2in dan ngomongin kemungkinan terburuk. Pasti lgsg stress dah dua2an hahaha.

      Delete
  13. wkwkwkwkw... untungnya emak gw ga gini.. tapi kayaknya gw nih yang begini le..tapi ga separah emak loe sich wkwkwkw.. misal : waktu mo pergi, kunci pintu rumah.. gw akan memastikan bahwa suster/suami gw liat kalo gw bener2 kunci pintu... jadi istilahnya bawa saksi bahwa gw emang beneran kunci pintu. jadi kalo di dalam mobil, gw bisa nanya "rumah dah dikunci kan ya?" naaah suami/suster gw udah tau harus jawab apa...wkwkwkw :)

    kalo gw sering "berantem" ama emak gw gara2 emak gw bisa bikin statement yang sesuai dengan pikiran dia. Misal : ada wartawan dateng cariin bokap. Tuh wartawan cuman nanya bokap dimana? Nyokap jawab ga tau. Trus nyokap dengan hebohnya bilang ke semua anaknya, termasuk bokap..beritanya adalah "bokap dicari2in wartawan..ditungguin terus loh...kayaknya mo minta duit deh" buseeett deh, padahal tuh wartawan ga ngapa2in loh...cuman gara2 wartawan mungkin nanyanya dengan intonasi agak tinggi gitu.

    ambil positifnya aja le.... emak loe cuma punya loe orang berdua, jadinya was2nya udah tingkat tinggi..artinya dia sayang loe orang... wkwkw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fun.. itu bagus kalo elu udah bisa menemukan metode yang tepat untuk mengurangi kesenewenan elu misalnya ya dgn pake saksi tadi. Lah kalo gue cm mentok encourage nyokap aja utk lbh banyak doa spy tenang.

      Kalo nyokap lu mgkn pny pengalaman buruk kali ye sm wartawan. Jd kaya org trauma kl ada yg dtg hehehe.

      Kalo soal sayang, gue tau banget nyokap sayang sm anak2nya. Tp kalo caranya begitu, yg ada anak2 ikutan dibikin sport jantung. Lah kalo anaknya kuat.. kalo ngga? Haha.

      Delete
  14. wah le..ternyata beneran ada ya mama yang tipenya sama seperti mamanya leony. Tadinya aku pas liat di tv jpn ada kasus kaya gitu, aku sempet kepikiran berlebihan amat hehehe. Tapi segitu sayangnya ya namanya ortu ke anak, mungkin memang perlu dihargai.
    Klo yang di TV sini itu kasusnya : maknya telpon kekantor(anaknya baru lulus & masuk kerja). Ngga ketemu anaknya, dia telpon ke bossnya nanya apa anaknya udah makan siang. Bossnya bilang dia makan siang barengan tapi skrg anaknya lagi keluar nyales. Ditanyain makan apa? Soalnya mamanya bingung mau masak dinner apa, takutnya sama ama yang dimakan anaknya waktu lunch *gubrak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah. Kalo yang di tivi lebih parah lagi ya. Kalo nyokap sih palingan ditanyain udah makan apa belom. Tp yang nanya soal makan itu frekuensi berkurang sih udah. Tp kalo soal yg laen2 misalnya nyariin anak, waduh kl sampe ga ada mikirnya negatif banget2!

      Delete
  15. Mungkin nyokap lo punya undiagnosed OCD. Biasanya orang OCD kan suka gitu.

    Tapi liat dari sisi lain aja kali Le, mungkin karena nyokap lo udah nggak punya suami lagi, jadi dia sangat overprotektif sama anak-anaknya, yang notabene all that she has left now.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pas nyokap bener-bener depresi parah, sempet kita bawa ke psikiater, dan memang dokternya bilang nyokap gue ada gejala OCD. Tp mestinya kalau orang OCD itu, dia sebenernya bisa belajar mengendalikan dirinya, bisa meditasi atau mengenali saat gejalanya mulai keliatan jadi dia bisa kontrol. Cuma nyokap gue kayaknya tuh ngga bisa belajar, malah kayak "melayani" OCDnya tersebut.

      Kalau soal protektif, gue yakin banget nyokap itu emang sangat protektif. Dan sebenernya agak kurang bagus juga, misalnya, adek gue itu suka ngga ngabarin nyokap krn dia tau pasti dicariin, jadinya malah pasif.

      Delete
  16. huahaha lucu gw ngakak yang bagian lu cerita ala Fenny Rose :D

    Nyokap gw juga dulu tipe yang nyari anaknya banged sampe berkali2 miscall, whatsapp gw - kalo ga dibaca bakal telpon, kalo telpon hp ga diangkat, bakal telpon rumah. Sebenernya gak senewen kenapa tapi cuman pengen ngomong di saat itu juga. Nah sejak gw punya anak2 gw tegur pokoknya jam2 tertentu kan anak gw tidur siang, jadi hp gw pasti silent (krn gw lagi nidurin anak gw), klo hp ga diangkat jangan telp rumah, krn anak gw yg lagi mau tidur pasti jadi kaget n batal tidur dah. Untung skarang uda ngerti n mau sabar nunggu whatsapp nya dibales aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur, kalau nyokap ke gue sih udah mendingan, karena apa? Karena gue tau nyokap gue tipe yang senewenan, jadi kemanapun gue pergi, rata2 gue selalu kabarin, atau gue selalu jawab secepatnya pas dia nyari. Sementara adek gue lain, adek gue itu cuek bebek setengah mati, dan kaya ga bisa ngerti kalo emaknya senewenan. Jadi kalau ngga ditanya, ga akan ngabarin. Udah gitu tipe yang selowwww abis kalo respons.

      Delete
  17. Bapak gw kadnag senewenan juga kalo urusan nyariin anak, untungnya gak separah nyokap lu Le.
    Palingan dese gak bisa tidur dan terus-terusan nelpon kalo anaknya belom ada dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyokap gue itu tipenya harus dikabarin from time to time gitu. Gak bisa cuma dibilang: Ma, nanti aku mo pergi, pulang jam sekian. Nah kalau jam sekian itu belum sampe rumah, pasti bakalan mules deh langsung si nyokap. Jadi kita sebagai anak bener-bener harus nauin banget-banget. Dan keselnya, adek gue itu tipe yang suka ga nauin juga dan cuekkk... Seandainya kmrn pas dia pulang kantor ngabarin kl dia mo tidur, pasti gak perlu gue malem-malem sampe nyusul pulang.

      Delete
  18. mirip lah, nenekku juga kadang gt. kalo senewen, bawaannya buang air melulu. hp-ku laku deh ditelponin sama nenekku (i live with my grandma since 2003, btw). telat 30 menit nyampe rumah, lgsg di telp. lah emak gua? nggak pulang jg sante aja kalik, huahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Berarti yang kelebihan sayangnya itu si nenek ya. Kalo nyokap mgkn liat nenek udah kayak gitu, jadi ngapain dobel dua kali kerjaan? Satu aja yang pusing, ga usah berjamaah hahahaha.

      Delete
  19. Ada ci, ada, itu SAYAH SENDIRI #tosssama mamanya ci Le... persis, baca postingan ini saya merasa ngaca, wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, ini anon siapa ya? Nah, kalo gitu kudu ngelatih pengendalian diri kali ya. Jadi sebelum keluar rumah udah periksa dulu semuanya, jadi yakin. Kalau ada orang dihubungin ga bisa, harus sabar, ga boleh panik.

      Delete
  20. Ya ampun ci, parah ya senewennya, aku takjub :P Aku sampe ngakak loh pas drama sinetron "dia anak mamaaa" itu hahahahaha. Stok sabar cici banyak yaaaa hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... mana ngomongnya sambil gemeter-gemeter pula... memohon-mohon supaya dibolehin pulang nengok sebentar terus balik lagi. Sabar sih udah dari jaman dahulu kala hahahaha. Cuma kali ini rada extreme, makanya sekalian sharing aja, kali-kali ada yang mirip-mirip pengalamannya. EHHHH ternyata banyak hahaha.

      Delete
  21. wkwkww.. mama dan papaku malah gak pernah nyariin. ahahahahahaha.. tapi kalo aku belum pulang rumah, biasanya mama nungguin aku di ruang tamu. kalo aku udah balik, dia langsung masuk tidur tanpa banyak bicara. lol. wkwkwkwkwkw.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo ga pernah nyariin juga bingungin si Poi hahaha. Mestinya seengganya kalau udah malem belum pulang di WA/ SMS gitu. Mgkn tanpa banyak bicara itu = udah males nanya, udah keburu ngantuk hahahaha.

      Delete
    2. gak nyariin mungkin karena udah jelas kali yah mau kemana dan sama siapa. *biasanya aku bilang dulu*. cuma kadang kalo malem, tetep aja gak sms. ahahahaha.. :D

      Delete
    3. Hahahaha. Itu artinya bokap nyokap super percaya ya Poi. Ya gak apa-apa deh, asal anaknya kan tidak menyalahgunakan kepercayaan. Nanti kira-kira kalau sama cucu, bonyok bakalan santai aja atau lebih heboh ya? Hihi. Biasa lebih heboh sama cucu loh.

      Delete
  22. sama, nyokap juga kayak gitu, kalau anaknya belom pulang atau belum bales telp, pasti di rumah udah gak tenang, gak bisa ngapa-ngapain. Tapi nyokap ga sampai se-extrim itu, coba cara lainnya yang B-Z sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa ngapa-ngapain palingan berdoa kan juga bisa kan? Berharap semuanya baik-baik aja. Daripada nyari-nyari terus, kalau ngga dapet hasil malah kena panic attack.

      Delete
  23. hahahaha...sabarrr...namanya juga sayang anak. si mama kepikiran kali sampe malem tapi anaknya ga ada kabar plus sendirian pula di rumah.

    gue juga rada senewen secara gue orangnya pelupa. Kalo lagi pergi, kadang si Lung di tengah jalan, bisa aja muncul pertanyaan, kompar tadi udah matiin kan? Kabel rice cooker udah cabut kan? Trus gue yang tadinya cuek plus pelupa tingkat tinggi, langsung nanya balik, eh, udah belom ya? abis itu yang nanya cuek, tinggal gue yang senewen mikirin udah apa belom ya. Tapi ga lama juga lupa apalagi kalo lagi liat yang bagus2..hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ti, nyokap gue tuh ya, udah hidup sama adek gue selama lebih dari 30 tahun, tapi kayak ngga hafal sifat adik gue yang emang suka paling lelet kl ngasih kabar dan males ngangkat telepon. Adek gue sendiri juga kayak ngga hafal sifat nyokap gue yg harus selalu diupdate. Jadi ya yang ketempuan... gue, as usual hahaha.

      Mendingan sblm brangkat bikin checklist dulu kali ye, kalo udah yakin br brkt drpd di jalan bertanya-tanya.

      Delete
  24. Ada bagusnya juga mbak cek cek dulu sebelum pergi..nah aku pernah lho pergi keluar kompor lupa dimatiin. Waktu itu lagi ngangetin soto tapi lupa sama sekali trus pergi ke indomaret, pulang2 pintu udah dibobol tetangga, disiram dimana-mana, rumah penuh asap. Ngeriii...Puji Syukur Alhamdulillah nggak kebakaran cuma panci gosong aja, dan untungnya pager nggak dikunci jd orang2 bisa masuk rumah meski ngerusak pintu. sejak itu suka parno sendiri kalo mau pergi mesti cek macem2. Pernah juga keran air nggak dimatiin pdhal ditinggal kerja seharian, alhasil tagihan air di akhir bulan membengkak hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kalau cek-cek semuanya itu bagus sih Hen. Saya juga setuju kalau semua harus di cek. Tapi kalau semua sudah di cek, tapi di jalan masih senewenan, nah itu yang bikin ngga nyaman. Waduh ternyata kamu brapa kali lupa ya? Kalo gitu kamu yg harus bikin check list tuh di belakang pintu keluar kali ya haha. Sebelum berangkat liat dulu, cek satu2.

      Delete
  25. sama ciii...nyokap bokap juga begituu...dulu tiap belom pulang rumah, selalu ditungguin di depan rumah..tapi pas udah married udah ngga gitu lagi koq, sepertinya udah ngasih kepercayaan sama suami buat jagain anaknya ini..hihihi mama cc itu sayang bangettt kynya sama cc..makanya keliatanya agk berlebihan...hihihi nnti klo tiba2 ga dicariin pasti ngerasa ada yang aneh deh cii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cici sih udah jarang dicariin soalnya cici udah hafal sifat nyokap, dan berusaha banget selalu ngabarin. Kalau dia nanya juga usahain cepet-cepet jawab. Sekarang dia jg udah paham kalau lama gak dijawab seringkali lagi masak atau bobo siang. Feature last seen di WA itu yg bikin nyokap suka stress. Kalau udah lebih dari 1 jam gak liat WA, dia pasti gelisahan.

      Delete
  26. Mbak leony, aku silent reader tapi jadi pengen komen, karena aku mirip banget sama mamamu! Udah nyetir setengah jam, bisa balik ke rumah lagi buat ngecek kompor dan tentu saja kompornya udah mati.
    Terus di jalan nanyain bolakbalik, kunci pintu, AC, kompor, jendela, gorden, dsb.
    Suamiku jg kl gak cepet bales WA/BBM aku langsung panik, karena dia tinggal di luar kota sendirian, takut dia kenapa2 dan langsung parno.
    nah mau nanya jadinya, do you still love your mom meskipun annoying setengah mati gt?
    Aku kuatir anakku nanti kesel sama aku akibat keparnoanku nih, hahahaha -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chancenya kamu ada OCD juga loh Dev kayak nyokapku didiagnose ada, tp gak tau seberapa besar kadarnya. Dan seperti aku td jawab di atas, semuanya itu bisa kita kontrol, misalnya bikin check list, atau bisa meditasi dan banyak doa. Kalo aku sama suami justru kita gak sering WA walaupun misalnya dia ada tugas di luar kota. Soalnya aku suka mikir nanti ganggu, biarin aja pas dia udah balik dan relax, pasti ngabarin atau video call. Kadang cowok jg suka gak hepi kalo dicariin terus hahahha.

      Soal apakah I love my mom or not, I love him to Jupiter and back (soalnya to the moon and back is too mainstream hahaha). Aku sayang sekali sama dia, cuma suka kesel kalau dia sudah panik berlebihan. Dan kekesalan aku dikarenakan aku sayang sekali sm dia. Kalau aku ngga sayang, sebodo amat dia mau ngapain kan? Jadi ngga usah worry soal itu ya.

      Delete
  27. ya ampunnn, si tante mah gw rasa bukannya senewen, tapi parno. Takut anaknya kenapa2, takut rumahnya kenapa2.. bonyok gw malah cueknya setengah mati. Kayaknya mo pegi ya pegi aja gitu :p Tapi gw kebiasaan ikut mereka sih, kalo abis buka pintu selalu harus ditutup. Kalo nyalain lampu n mo pergi selalu dimati2in dulu, kalo mo keluar rumah sebentar harus kudu kunci semua pintu depan n pager. Setelah itu ya sudah, gak inget lagi sama rumah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue untungnya beda sama nyokap. Gue gak cuek, tetep periksa-periksa, tapi kalo udah di jalan ya berusaha ngga inget-inget lagi yang ada di rumah. Apalagi sebelum berangkat kan saling check sama suami, ya saling yakin aja. Nyokap tapi masih jauhhhh lebih mending daripada tante gue Mel. Tante gue itu rumah ga boleh ada yg tinggal, pdhl gak ada pembantu. Jadi gak pernah bisa pergi full team sekeluarga. Parah kan? Bahkan kalau imlek aja ganti2an keluarnya loh!

      Delete
  28. yang bagian ini: "Kamu ngga ngerti, kamu cuma saudara... tapi dia anak mamaaa..." sinetronnya berasa banget.. :D

    Kalau nyokap gw kira2 50%-nya nyokap lo lah.. sering panik sendiri juga kalau lagi ga di rumah, sering maksa mau tau kabar anak2nya... tapi orangnya rada ga enakan jadi jatohnya dia kayak sibuk sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... kalau kaga enakan nanya, dia bisa lbh stress lagi krn berprasangka terus jadinya ya. Tp kalo dia bs kontrol prasangka itu jd gal positif, pasti semua akan lbh baik.

      Delete
  29. Gak punya kenalan yang kayak gitu, tapi aku sendiri yang kayak gitu. #sigh#
    Ga separno cerita diatas, tapi mirip lah ya.
    Aku kalo bepergian atau keluar rumah parno : kompor udah di posisi bener gak itu panelnya, jangan2 ngowos gas-nya, pintunya udah kekunci belon ya?, Charger masih ada yang nancep gak? dsb dsb dsb
    Yang paling sederhana adalah kalo ke mall bawa mobil sendiri, suka ragu....tadi mobilnya udah kekunci belum yaaaaa?
    Gak enak lo kalo kepikiran gitu. hikss....
    Aku mikir sih trauma kali ya, karena mamaku demen gitu pas aku kecil. Apa turunan ya?
    Kalo mau pergi cek dari belakang ke depan, kiri ke kanan. Gitu juga di mobil sering ragu, beneran udah kekunci ya?? # blame on the parents# hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pau.. kalau gitu km mesti bikin checklist beneran. Mgkn checklistnya di salah satu page di HP biar sebelum keluar rumah di cek semua, begitupun kl ninggalin mobil. Sebenernya senewenan itu = mempertanyakan keyakinan diri sih. Kl kita pede yakin pasti ga senewenan. Tp itu pendapat saya.. bukan pendapat ahli hahaha.

      Delete
    2. Udah lo, ga bikin checklist sih, tapi udah 2x cek kompor, masih aja paranoid.
      Padahal kalo pede, takutnya aku malah kepedean hahahaha, kecuali masalah keamanan ini tadi.

      Delete
    3. Hehehehe, kalo gitu, kamu ganti kompornya yang ada safety featurenya. Tau kan yg model baru, begitu apinya mati dia lgsg lock gas. Coba dicari! *terus kesannya saya ngomporin beli kompor baru hahahaha*

      Delete
  30. kfc deket rumah gua 24 jam tuh le, tapi ayamnya kalo malem suka ga panas hahahaha... nyokap gua juga senewenan, tapi ga separah nyokap lu sih... untungnya dia masih punya banyak kegiatan, jadi senewennya bisa dialihkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegiatan ga ngaruh ke senewenan sih Mel kayaknya. Nyokap gue itu kan mayan aktif kegiatan macem2. Tp yg namanya senewen itu ud kayak bawaan orok hahaha. Syukur deh kl nyokap lu gak sampe spt nyokap gue. Soalnya seringkali kita repot ngehadapinnya krn permintaannya jd aneh2.

      Delete
  31. Yang bagian fenny rose berasa kocaknya Le :D Wahh kebalik banget Le, ortu gw malah santai kayak dipantai. Cuma mesti ngabarin kalo pas lagi jalan jauh ngtrip gitu. selebihnya mah sesukak mu lah..haha :D Malang kadang suka muncul pertanyaan "Sayang ga sih sama gw" bahaha.. :p

    Btw, si fillet mignon kemarin baru nonton gw di masterchef jadi tau bentuknya..xixi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalo ga dicariin jg bingungin ya hahaha. Mgkn ada ortu yang tipenya.. udah gede ini lah.. terserah. Nanti kl ada keperluan baru nyari hahahha. Tp lu udah biasa merantau ya. Biasa kl anak merantau mestinya nyokapnya lbh santai krn anak ud biasa mandiri. Tp ini gue ud 6 thn merantau.. sampe balik lagi.. nyokap senewennya tetep sama persis haha.

      Delete
  32. KFC Semanan 24 jam loh.. Tapi jadi muter sih kalo dari Puri ya..

    Emak gue pun senewenan tingkat mahadewa Lee. Mulai dari checklist panjang dan berulang setiap mau pergi (pintu udah dikunci? AC udah mati? Kompor tadi nyala gak? Keran masih dibuka gak ya?), sampe kalo lagi jalan bareng, dia ngecek tas gue masih dalam kondisi tertutup atau gak loh. every 30 minutes deh kayaknya..
    Trus kalo tas gue posisinya agak ke belakang (gak dikepit ketiak), atau risletingnya kebuka dikit, langsung dibenerin sama dia..

    Emak gue kog kaya bodyguard ya..*daftarin emak ke grup SA*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Pes.. itu sama persis sama nyokap gue! Kalo ke mall tas gue kebuka ritsletingnya, dia yg senewen pdhl guenya pun ud tau kl masih kebuka dan sengaja emang lg dlm posisi buka. Tas pun posisi hrs di depan hahaha. Sama banget deh! Itu kalo emak2 kita jd 1 club.. saling senewen bareng yg ada senewen kwadrat hahaha.

      Delete
    2. mwahahahaha bisa sibuk berduaan saling senewen. trus saling nanyain checklist berulang-ulang juga *ngakak*

      Delete
    3. Masalahnya check listnya itu kayak imaginary ya hehehe. Yuk doakan para nyokap-nyokap supaya lebih percaya diri dan yakin kalau Tuhan akan lindungin.

      Delete
  33. kl gue dulu, pernah kejadian temen kantor kagak ngunci pintu abis dia pulang malem, padahal kantor gue itu lokasinya di pinggiran red district (yg pastinya malem rame dan banyak org drunk)...pas bos gue masuk kebesokannya doski ampe kaget bin marah bok...gue jadi ikut-ikutan sutris...kebawa sampe skg gue selalu parno soal kunci pintu...pas hamil apalagi, bawaannya sering lupaan, makanya beberapa kali sampe balik lagi ke kantor, manjat 3 lantai, cuma buat ngecek pintu kantor udah gue kunci. Malah pernah minta tolong ama kantor tetangga buat ngecek...hihihihihi.....
    Tapi kasihan nyokap loe juga Le, krn gue tau parno an gitu gak enak banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu berarti colleague elu pelupa Nan, dan dia bikin elu jadi stress deh. Seandainya dia lebih hati-hati, lu gak bakalan ketempuan. Ga enak ya gara-gara orang lain kitanya malah jadi ikutan senewen. Ya udah next time elu taro check-list "before leaving the office" aja Nan. Biar gak stress naik turun hehe.

      Delete
  34. Hihihi…Gue ngikik bacanya, gue juga kadang begitu kek nyokap elo, tapi gue langsung sadar, langsung doa minta ketenangan…..Le sebenarnya kasihan nyokap elo, dia pasti tersiksa juga, mungkin nyokap perlu therapy…...Oiya gangguan ini belum tentu berhubungan dengan iman ke Tuhan, bisa juga murni karena psikologi…nanti nyokap tersinggung lho kalau dibilang kurang beriman…..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyokap gue secara psikologi gue yakin sejak bokap ga ada jadi lebih ketakutan, tp kalo soal senewen ini udah ada dari sejak gue kecil alias bokap masih ada. Gue tuh somehow yakin banget psikologi itu juga ada kaitan sama faith sih. Kalau soal iman, gue yakin nyokap gue adalah orang yang beriman, tetapi rasa takut dan khawatir dia seringkali mengalahkan imannya. Baru aja dibahas 2 minggu lalu pas gue ke gereja, kalau rasa takut dan khawatir itu sering kali karena kita kurang percaya sama Tuhan. Di Injil ada Yesus yang meredakan badai di kapal, dia sampai nanya ke muridnya kenapa mereka tidak percaya (saat itu murid2 ketakutan badai). Dan dari jawaban org-org di atas, rata-rata mendapatkan ketenangannya itu setelah berdoa. Jadi somehow gue yakin, sedikit banyak ada relationnya. Gue udah ungkapkan soal relation itu ke nyokap gue, dia gak marah ataupun tersinggung, soalnya dia dlm hati juga suka questioning God despite dia rajin berdoa dan ke gereja. (i.e. msh bertanya2 kenapa God took my dad away... until now!).

      Delete
  35. bokap gw banget lah ini, bahkan sampe gw kawin dan udah punya anak pun kalo jam 6 malem belum balik, doi neror lewat telpon, gak boleh nonton midnite (padahal sama suami). Dan ternyata nurun ke gw hahaha, bulan lalu anak gw fieldtriep (gak boleh ditemenin ortu atau mbak pengasuh) gw senewen berat, tiap 10 menit sekali gurunya gw telponin,nanya anaknya lagi apa, rewel apa enggak dll padahal museumnya juga gak jauh-jauh amat dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau gitu bapakmu lebih parah lagi dr mama saya haha. Kalau mama saya ngga ngelarang kita pergi, tp harus ngabarin terusan pokoknya untuk mastiin anaknya masih eksis dan ga kenapa2.

      Ternyata ada ngaruh turunan juga ya Osi? Gue msh belum tau apakah bakalan seperti itu atau ngga karena anak baru akan masuk sekolah. Semoga ngga deh, soalnya kebayang diri gue yg selalu dicariin ortu rasanya kadang suka ga nyaman. Hehe. Mgkn hrs lbh ksh kepercayaan aja. Kan guru2nya jg memastikan semua aman.

      Delete
  36. Ini ceritanya postingan curhat, Ci? Wkakakka :p Nyokap sih kadang nanyain printilan jg krn kan di rumah lebih banyak laki dimana laki2 itu kebanyakan cuek. Jadi ya 1x-2x nyokap nanya kalo dijawab aman yaudah, ga recokin lagi nyuruh pulang krn ga yakin...

    Nah yg kena OCD tuh gue Ci, dulu udah sempet sembuh trus kambuh lg. Mo keluar rumah ngecek gagang pintu kost berkali2 udah kekunci, malem2 mo tidur ngecek pintu kekunci jg ampe kadang kebangun tengah malem, naik-turun tangga endingnya harus angka genap (2, 4, 6) gt2 -____- Musti latihan lg biar sembuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok postingan curhat. Bukan ini doang. Yg sebelumnya jg curhat kan? Hehe.

      Saya tuh yakin deh semua hal pasti kalau kita bs self control gak akan kebablasan. Baik OCD, stress, senewen dll. Tp seringkali kalau ada gejala malah kita ladenin. Dan itu yg seringnya dilakukan nyokap. Makin liar pikirannya dan mikir yg ngga2.

      Delete
  37. christineliyantoJuly 06, 2015 7:17 PM

    hallo ci le salam kenal ya. aku silent reader udah lama loh haha,. udah tamat pula blognya
    ini sih super ngakakkkkkkk banget bacanya kudu pulang gara2 keran
    kayanya sih ga ada sangkut pautnya dengan iman ga sih ya? soalnya kadar keimanan orang juga kita ga bisa ukur.. tp mungkin juga kalo menemukan pemahaman apa yang terjadi pasrahkan sama Tuhan bisa agak sedikit lebih tenang.
    nyokap aku juga gitu sih tapi ga separah gara2 keran suru balik hahahahaha...
    lucu denger cici komen apa dia sayng juga sama keran???
    kayanya sih emang bawaan ci, soalnya dari dulu kan? trus semenjak ditinggal papa cici makin menjadi ya.
    kayanya kitanya aja kudu lebih sabaaarrrrr soalnya sih susah ngubah pikiran orang yang sudah puluhan tahun, apalagi nih orang tua kok makin tua aku rasa makin ngeyel ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh...serius udah tamat? Yang lama-lama kan bosenin! Cerita2 geje dari jaman kuliah hahahaha.

      Exactly, itu yang aku maksud ada relation sama faith. Bukan berarti org senewenan itu ga beriman ya. Krn aku percaya mamaku itu beriman. Tapi kalau sudah senewen parah, jadi ga bisa pasrah sm Tuhan, pdhl mestinya percaya kl Tuhan lindungin, jd cara kita menghadapi masalah lebih tenang.

      Kalau sabar sih jangan ditanya hehe. Kalau ngga sabar mana mau saya nganterin mama yang udah misuh2 stress sepanjang jalan. Udah ngadepin ini bertahun2, kayaknya kesabaran saya udah tebelll banget kayak samcan di perut hahaha.

      Delete
  38. wah nyokap loe beneran khawatiran banget yach.. nyokap gw juga khawatiran tapi beda khawatirnya hehe.. kadang kalo udah bete gw cuekin nyokap haha.. n untungnya nyokap gw kalo cara A B C ngga berhasil dia ngga go all the way sampe Z haha.. well kecuali untuk hal2 tertentu.. maklum lah ya orang tua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue jg udah pada tahap nyuekin nyokap sih Lid. Tp lu bayangin kl gue cuekin.. dia nekad mau pulang sendiri malem2 naik taksi. Apa kagak serem tuh? Ya gue sabar2in diri aja deh sambil doain nyokap spy lbh bs tenang n pasrah sm Tuhan.

      Delete
  39. Gue pernah ci waktu itu mau pergi k singaparna wkwk pas udh dkit lg smpe airport nyokap nanyaain"air udh mati blm (mesinair) " kita serempak bilang UDAH tp nyokap g percaya sampe akhirnya bokap kesel muter balik dh tuh pdhal kita udh telat bgt ! Pas di check ternyata eh ternyataa tuh Mesin udh MATI duhileh dengan kedongkolan bokap nyetir ugal2an wkwk kita telat 10 menit gara2 AER Dan kesenewenan Nyokap -😢😢😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. The joy of having a senewen mom kan. Nanti pasti saat kita udah tua bakalan kangen disenewenin kayak gitu kali ya haha. Yang penting akhirnya liburannya tetep jalan ya.

      Delete
  40. Of course ;) seru bgt blog nya :) ditunggu "Abby tamasyaanya"lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip! Ditunggu aja ya serial barunya. Mulai sekolah nih jadi belum kemana2 lagi.

      Delete