Friday, March 20, 2015

Abby Tamasya ke Malang dan Surabaya - Bagian 2

Sudah siap lanjut ke bagian ke dua? Sudah intip belum bagian pertamanya? Kalau belum, intip dulu ya, biar makin kerasa serunya perjalanan dari awal. Untuk hari kedua ini, saya berusaha banget untuk seleksi foto-fotonya, soalnya buanyaknya ya ampyunnnn. Jadi saya sudah irit-irit nih, yang penting pembaca tetep bisa ikut jalan-jalan, dan yang jelas, merasakan keseruan yang kita rasakan. Yuk lanjut!


Hari Kedua, Senin, 2 Maret 2015

Selamat pagi, Batu!

Hari ini, kita disambut dengan cuaca yang sangat baik dan cerah, sampai tepian Gunung Panderman pun tampak jelas batas garisnya.

Kebetulan, tingkat okupansi di hotel sangat rendah. Sepertinya hanya sekitar 20-an orang saja loh! Restaurant segini besar, jadi serasa milik sendiri. Menu utama pun disajikan secara a la carte sesuai dengan pesanan. Tetapi masih banyak menu buffet-nya juga.

Lihat deh, anak kecil aja tau kalo liburan itu enak hihhi. 

Salad bar dan cold cutsnya lumayan lengkap

Cereal, Milk, and juice station. Hiasannya lucu dan antik. 
Fruit station dengan manisan dan buah-buahan lokal dari Malang

Stasiun lontong sayur

Jangan lupa minum jamu (kalau doyan hihihi)

Dua petugas di egg station selalu siap sedia

Masih ada juga stasiun Rawon komplit. Kelihatannya banyak ya! Tapi sebenarnya kita masih boleh milih menu ala carte lagi loh.

Di belakang restaurant pemandangannya kapel seperti ini. Cantik banget. 
Ini menu a la carte pesanan untuk Abby. Sausage, Bacon, dan Hashbrown

Mama dan suami saya pesan nasi gorengnya. Dan katanya maknyus banget! Gak asal-asalan.

Suami saya lagi menikmati kopi. Pokoknya asyik suasananya dan banyak sekali burung gereja yang berciap-ciap.

Suster pesan Soto Ayam, dan katanya enak banget

Kalau ini pesanan saya, Smoked Salmon Egg Benedict. Masih peer untuk bikin poached egg-nya. Tapi untuk ukuran sebuah hotel di Malang sih oke banget.
Eh iya, masih ada yang belum difoto yaitu bread and pastry station. Overall, saya suka sekali pelayanan dan menu breakfastnya. Semua bahan-bahannya segar berkualitas. Dengan occupancy rate yang hari itu rendah, tidak mengurangi semangat para pelayan untuk memberikan servis terbaik. Abby juga senang sekali karena dihibur oleh bapak-bapaknya, bahkan dibikinkan bebek-bebekan dari apel (yang sudah remuk duluan sebelum difoto).

Setelah makan pagi, kita langsung menuju ke obyek wisata terbesar kita hari itu yaitu: Jatim Park 2. Jatim Park 2 ini terdiri dari Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Hari itu saya membeli tiket terusan, masing-masing senilai IDR 115,000/pax. Kalau weekend kalau tidak salah IDR 150,000/pax. Jauh lebih hemat membeli tiket terusan, dan murah sekali jika dibandingkan dengan apa yang kita nanti akan nikmati. Apalagi seluruh wahana di dalam Zoo maupun Park sudah termasuk di harga tiket tersebut.

Tips dari saya, pakailah sepatu yang enak! Saya aja sampai pakai sepatu terenak saya yaitu sepatu yang dipakai waktu hamil (untung saya gak hamil, cuma gendut doang). Batu Secret Zoo sendiri baru buka pukul 10.00. Jadi kalau mau ke tiga tempat sekaligus, mulailah dari Eco Green Park yang buka pukul 08.30, lalu lanjut ke Batu Secret Zoo, dan terakhir bisa ke Museum Satwa, karena Museum Satwa tutup paling malam yaitu pukul 18.00.

Halaman depan Batu Secret Zoo. Di sebelah kiri itu adalah hotel Pohon Inn. Kalau mau hemat biaya transport, bisa nginap di Pohon Inn. Tetapi ya hotelnya minimalis (alias fasilitas sangat standard). Keunggulannya, tinggal ngesot dari Zoo, dan kalau dapat kamar menghadap zoo, bisa dengar suara-suara binatang secara live (yang tentunya bisa bikin saya ngga tidur hihihi).

Di sebelah kiri Pohon Inn ada Museum Satwa yang nanti kita masuki. Oh iya, untuk ke Eco Green Park, bisa jalan kaki sekitar 150 meter ke arah kanan belakang, atau bisa naik kereta mini ini. 
Eco Green Park sendiri mengajak kita untuk mencintai lingkungan. Koleksi serangga dan unggasnya luar biasa bagusnya. Saya sendiri dibuat ternganga-nganga dengan kelengkapan dan cara mereka mengatur supaya kita merasa dekat dengan alam. Yuk disimak!

Selamat datang di Eco Green Park. Masuk-masuk sudah disambut dengan kolam dan miniatur candi yang bagus sekali.

Ikan koinya gemuk-gemuk dan lincah semua

Eco Green Park ini mengusung konsep daur ulang. Jadi lihatlah, kayu-kayu bekas disusun menjadi domba lucu

Nah, kebaca sendiri kan kalau sapi besar ini terbuat dari 3 mobil bekas.

Dan di gajah terbuat dari susunan televisi tabung dan monitor komputer CRT

Setelah itu kita akan masuk ke daerah serangga. Ayoooo.. Itu logonya ternyata dibentuk dari 1221 ekor kumbang. Hiyyyy!

Di dalam ruangan ini, terdapat banyak sekali aquarium berisi serangga hidup, lengkap dengan keterangannya. Ada juga serangga yang sudah diawetkan.

Ini contohnya, kupu-kupu kristal yang bagus sekali

Ada juga pengetahuan umum seperti di atas itu. Pantes aja kalau ada kecoak rumah jadi bau, soalnya kentutnya 15 menit sekali. Untung saya kalau kentut jarang-jarang (tapi kalau kentut langsung bikin semaput)

Nih kupu-kupu disusun sampai sebagus ini, dan bukan cuma ada 1 frame ini loh. Banyak!

Setelah itu, kita masuk ke area Walking Bird, dimana burung-burung ini bisa jalan-jalan barengan sama kita. Terutama burung merak, hobi banget dia pindah-pindah kandang.

Nih contohnya, burung meraknya nangkring aja gitu di situ. 

Yang ini saya lupa banget namanya. Pokoknya lucu aja rambutnya kayak anak punk. Ada yang bisa bantu namanya apa?

Eh iya, yang saya suka di sini, cara mereka menuliskan keterangan, cocok sekali dibaca oleh siapapun. Tidak menggurui dan sangat kids friendly.

Kalau ini udah tau dong ya? Burung Onta yang tingginya sama kayak kuda! Asli, kayaknya saya bisa tunggangin itu. Gede banget! Ngeri dipatok.

Selanjutnya kita memasuki area Plaza Music. Di sini kita diajarkan kalau aliran air yang menyentuh logam, bisa menghasilkan musik yang menarik. Nah ada juga permainan dimana kita semprotkan air ke ikan-ikanan, lalu nanti ada bunyi dan mendadak... CURRR... saya kebasahan karena disemprot air hahaha.

Selanjutnya kita naik wahana Jungle Adventure. Kita semua dikasih pistol untuk nembakin para pemburu liar. Tapi sayangnya kayaknya pistolnya pada rusak, atau sensornya pada rusak, jadi nggak mati-mati tuh pemburu hahaha. Ada juga sih yang mati, suami saya pointnya paling banyak.

Pose dulu di pintu keluar jungle adventure. Liat deh suster saya senengnya amit-amit.

Selanjutnya kita masuk area Animal Farm, di mana kita bisa berinteraksi dengan kambing dan domba. Nama dombanya lucu-lucu bener. Ada Suhe si Domba Garut, lalu ada Meri dan Rino si Domba Jerman. Masih banyak lagi jenis-jenis lainnya.

Setelah itu kita masuk ke daerah ayam-ayaman. Ayam beneran ya, bukan "ayam-ayaman" kayak di Mangga Besar (ehem...). Serius itu ayam jenisnya udah ga jelas brapa banyak. Banyak banget! Tapi saya gak pasang fotonya ayam, soalnya lebih menarik foto suster saya yang bikin pose sungguh ga jelas.

Ini ada smoking area. Sayang banget ya, mestinya nggak boleh ada sama sekali. Kasian kan nanti ayam-ayamnya pada batuk. 

Kita memasuki kebun hidroponik. Tapi lihatlah, suami saya ini memang gak boleh liat yang gede-gede, langsung aja pose. 
Di sini ada daerah tanaman unik dan langka. Semuanya dipelihara dengan sangat baik.

Berbagai jenis kaktus, dan bonsai

Nah, ini area yang menurut saya mengagumkan yaitu World of Parrot. Luar biasaaaa.... Berbagai burung kakaktua dari berbagai belahan dunia dengan warna-warnanya yang memanjakan mata. Sayangnya saya tidak bisa taruh semua fotonya. Main aja sendiri ya ke sana.

Lihat deh, indahnya minta ampun perpaduan warnanya.

Belum lagi ada yang berkelompok dan imut-imut begini

Foto sama kakaktua, cuma bayar 5 ribu saja! Sayangnya cuma saya yang berani dari berempat hahaha. Payah deh lu pada... 

Kakaktua yang ini istimewa banget! Berkali-kali dia manggil-manggil "Cewe...cewe..." Ciyus, saya kaga boong!

Kemudian kita masuk ke ruangan tertutup. Kenapa dibuat tertutup? Karena dalamnya ada burung-burung liar yang bisa berinteraksi dengan kita. Tuh lihat deh di depan ada burung yang mayan gede kan lagi jalan? 

Jalan lagi, kita akan menemukan daerah Ducks Kingdom. Di area ini, puas-puasin deh liatin berbagai jenis bebek dan angsa dari berbagai belahan dunia. Nih lihat deh betapa besar dan gemuk angsanya.

Kemudian ada area gelap yang isinya ada berbagai jenis burung hantu. Saya pajang satu saja ya, soalnya ngingetin saya sama yang punya Harry Potter.
Kelihatan sekali kan, semua burung, bebek, dan tanaman di sini dirawat dengan baik. 3 foto di bawah ini adalah buktinya.

Waktu itu saya lihat dua petugas ini lagi pegang anak bebek. Saya tanya lagi ngapain, katanya lagi dikasih vitamin. Kemudian saya lihat kaki bebek sedang diurut pakai Counterpain. Ternyata itu karena bebeknya habis keseleo. Ya ampun, bebek ada ratusan, keseleo satu saja diperhatikan loh! Amazing!

Kelihatan jelas ngga? Ini adalah ruangan inkubator di daerah NICU. Ada empat ekor burung kakaktua yang baru menetas 13 Januari 2015, sekarang ini masih dihangatkan. Bulunya baru tumbuh sedikit-sedikit sekali. They are very cute!

Ini adalah sample dari bahan pangan, vitamin, serta obat yang dikonsumsi oleh para burung dan bebek. 

Selain ada hewan dan tumbuhan, Eco Green Park juga ada beberapa wahana. Salah satunya agak ngga nyambung sana konsep Eco Green yaitu rumah terbalik. Iseng ah masuk! 

Wah serius, satu rumah terbalik semua. Terus itu kenapa ada kambing di pojokan ya? Eh iya, rumahnya ini ternyata besar dan terdiri dari banyak ruangan. Jadi sampai dapur dan kamar mandi juga terbalik semua.

Ada juga lokasi 3D trick art. Nih contohnya, "sapi" lagi merah sapi.

Tulisan Eco Green Park ini semuanya terbuat dari botol bekas minuman!

Kalo tukang durennya kayak saya, mau beli gak semua? *tau tau malah pada kabur*

Ada juga Ampitheater untuk bird shownya

Ini yang paling lucu. Gara-gara sepi, saya, mama, dan suster ngga boleh nonton di teater karena minimal harus 8 orang, maksimal 200 orang. Nungguin 8 orang itu gak dapet-dapet juga, akhirnya mbaknya ga tega, kita cuma nonton bertiga. Was it worth my eight minutes? Nggak terlalu sih, soalnya rendering filmnya kasar  dan suaranya gak gitu jelas hahaha. Tapi boleh juga lah buat ngisi-ngisi waktu.

Selain itu ada juga wahana di mana kita bisa merasakan simulasi tornado. Saya sama suami masuk berdua. My oh my it was LOUDDDD.... Tapi kayaknya ada yang menikmati tuh!
Sesudah dari Eco Green Park, kita lanjut perjalanan ke Batu Secret Zoo. This is the highlight of the trip. Love love love! Tadi separuh jalan di Eco Green Park, Abby agak ngantuk karena kan binatangnya lebih ke arah burung-burungan ya. Tapi kalau di sini, Abby ON TERUS! soalnya dia bisa ketemu dengan berbagai binatang yang dia hobi banget sebut-sebut di buku cerita dia. Sebenernya foto binatangnya banyak banget, tapi dipilih-pilih aja ya. Mendingan liat muka saya kan daripada binatangnya? *kemudian ditimpuk telor burung onta*

Difoto dulu petanya, just in case nyasar. Tapi ternyata, gak mungkin nyasar, soalnya petunjuknya jelas banget dan jalannya satu arah.

Wahana-wahana di sini dibikin bagus banget, dan binatangnya gemuk-gemuk. Nih, buat iguana aja dibuat seperti sedang di Amerika Tengah.

Lalu kita ketemu dengan monyet terkecil di dunia. Serius ini kecil banget gedenya cuma 1 genggam.

Buaya moncong panjangnya, sangar-sangar dan gemuk.

Eh, ini si tokoh yang lagi terkenal itu ya? Yang kerjaannya brantem mulu sama Ahok? #savelutung

Ada racoon lagi nangkring di pohon.

Nah, bener kan tuh anak kecil girangnya ampun-ampunan. 

Cuban Flamingo! You are sooo pinkkk!

Abby girang banget di sini ngikik-ngikik ngeliatin bebek

Ini adalah ujung dari area Binatang Afrika. Di area tersebut, kita menyusuri lorong panjang berkaca yang di kanan kirinya ada berbagai binatang liar dari Afrika. 

Saking napsunya pingin lihat gajah, sampai duduk di atas pagar

Karena perut sudah lapar, kita melipir dulu ke food court yang terletak sebelahan dengan Fantasy Land alias area permainan. Areanya makannya luas sekali dan cukup banyak pilihan. Yang saya kagum adalah, untuk amusement park sebesar ini, makanannya harganya MURAH! 

Cwie Mie ini kalau nggak salah harganya IDR 17,000. Rasa sih standard, But what do you expect from an amusement park food?

Bakso ini juga harganya IDR 17,000! Murah ya! Kelupaan foto makanan yang lain. Yang jelas mama saya pesen Soto Daging, Abby seperti biasa, makan ayam goreng hihihi. *Yang punya anak kecil pasti paham deh*

Di dalam area bermain ini juga ada water park. Waktu itu kami nggak main sih. Tapi kalau mau puas-puasin, bisa banget di sini.

Hayoooooo... Siapa itu yang naik roller coaster? Ada nenek-nenek dan suster. Popo-nya Abby tegang, susternya GIRANG!

Abby sampai terpesona ngeliatin Sus sama Popo-nya naik roller coaster hahaha.

Kalau Abby sih naik yang aman-aman aja ya. Merry Go Round bisa berlima naik semua.

Ada juga rumah hantu, tapi saya ngga masuk. Gak ada juga yang mau nemenin. Makasih makasih makasih...

Wahana favorit kita semua yaitu SAFARI FARM. Jadi kita semua naik bak terbuka yang ditarik traktor, lalu melewati binatang-binatang, dan kita bisa kasih makan langsung loh! 

Kapan lagi bisa segini dekat sama Llama!

Untung saya kagak dicium. Kalau sampai dicium, jangan-jangan suami saya puasa nyium seminggu kali! 

Siapa yang paling girang di sini? Abby lah! Senengnya amit-amit, ketawa terus sampe ngikik-ngikik. Siapa yang paling diem aja? Poponya. Muka tegang sepanjang perjalanan hahahaha. Maklum kaga demen binatang.

Kalau ini wahana mirip dengan Istana Boneka, tapi masih kurang banget dibanding Istabon. Bonekanya rada serem, dan musiknya suka ngadat hahahaha. 

Jadi inget, di Tsunami ini, ada anak remaja yang teriak teriak, "Tolonngggg.... Mamaaaahhh... Tolonggg..." Pas diliat-liat anaknya ada kali umur 20an huahaha. Malu-maluin aja.

Wahana lain yang bikin Abby hepi berat. Gajah terbang. Sambil dadah-dadah pula sama Popo dan Sus.

Kenapa melet2 By? Mengecap segarnya udara Batu ya?

Sebentar lagi kita masuk ke area River Adventure dimana kita akan naik perahu di danau.

Di background itu ada kapal Nabi Nuh yang dibuat cantik sekali lengkap dengan binatang-binatangnya.

Sebelum naik perahu, kita melihat burung pelikan dengan dikasih makan. Abby seneng banget pas giliran pelikannya mangap untuk nangkap ikan yang dilempar.

Ngelihatin burung Pelikan dengan serius

Beruang Coklat lagi leyeh-leyeh di dalam gua beruang

Setelah ini kita memasuki area Tiger alias macan, singa, dan teman-temannya. 

Karena yang punya blog namanya Leony, harus ada foto SINGA.

Ini pas lewatin lorong di bawah kandang Singa. Hmmm... hmmm... I see the balls.

Our last stop at Jatim Park, Museum Satwa! Gede bangettttt.....

Ngga tahan lihat 3D trick art di Lobby, langsung dong manjat!

When I said huge, I meant it! Asli itu rangka dinosaurus gede-gede banget. Dan display-display di museum ini rata-rata life size semua!

Bener kan, suami saya itu paling ngga tahan liat yang gede-gede. Pasti langsung diajak pose. *makanya istrinya juga gede*

What? Ulernya 6 meter? 

Rangka Mammoth. Kalo ketemu Mammoth msh hidup, saya udah kabur deh.

Abby with her favorite animal, elephant!!

Suka banget sama display yang ini. Singa, Zebra, Hyena. Bukan berarti saya suka kekerasan ya, tapi menurut saya majestic banget. Hyena kan pemakan daging juga, tapi pas ada Singa, mereka melipir.
Sore itu kami pulang ke hotel dengan kaki super gempor. Kalau Annisa Bahar punya Goyang Patah-Patah, kami sekeluarga punya Kaki Patah-Patah. Langsung pada mandi, urut Counterpain #bukaniklan. Eh iya, tapi jangan kapok buat ke Jatim Park 2. Sebenarnya di dalam itu bisa sewa e-bike kok seharga IDR 100,000/3 jam. Tapi berhubung saya bawa stroller buat Abby, manalah bisa pake e-bike, karena cuma tiap e-bike cuma bisa buat 1 orang. Buat yang hobi jalan kaki kayak saya, enakan jalan kaki sih, lebih puasss karena lebih bisa interaksi juga dengan animals. Apakah saya senang? SENANG BANGET!! Dan yang bikin tambah senang adalah, karena Abby juga senang sekali.

Setelah istirahat lebih kurang dua jam, untuk malam malam, kita menuju ke kota Malang, sekitar 30 menitan dari Batu, ke restaurant yang cukup fenomenal di Malang, yaitu Restaurant Inggil. Inggil ini sebenarnya kalau siang juga ada museumnya yang memamerkan berbagai barang antik. Seperti diketahui, Malang sendiri ini kota yang nuansanya Belanda banget, lengkap dengan cukup banyak Gereja Katolik tersebar di mana-mana. Dan begitu masuk ke Inggil, walaupun cuma di area restaurantnya, saya merasa dibawa ke masa lalu. Seru!

Di halaman depan ada arca, lengkap dengan kolam dan tanaman air yang rimbun

Di ruang makan utama ada berbagai topeng. Nuansanya pedesaan, lengkap dengan sangkar burung.

Bisa makan lesehan atau bisa juga makan di meja.

Ini ruangan yang dindingnya full dilapisi kaset! Siapa yang masih dengerin kaset sekarang? Masih ngga percaya kalau kaset sekarang jadi barang sejarah.

And look! Akang Hedy Yunus dengan album Suratku. Masih kinyis2 hihihi.

Di ruangan lainnya, ada organ dan juga foto-foto serta surat kabar tua. Yang di kiri itu yang keliatan ada kayak kabel2nya, percaya atau ngga, adalah alat keriting rambut di jaman Belanda. I feel in pain already looking at that device.

Daerah kasirnya unik dengan banyak bel, dan wangi karena kembang sedap malam

Kalau ini di terasnya, ada ratusan wayang kulit. Keren banget!

Di depan dapurnya, terdapat radio, mesin jahit, dan mesin tik tua. Luar biasa orang Malang. Kalau sudah ngumpulin, niat abis!

Yang ini bukan barang antik, yang penting cintanya awet ya, sampe kita jadi setua barang antik... *co cwittt...sakit gigi*
Dan ini pesenan-pesenan kita. Semua rasanya enak, dan untuk restaurant sebagus ini, harganya sangat masuk akal.

Tahu goreng

Mie Goreng Jawa

Udang Bakar Madu

Sate Ayam

Ayam Bakar. Ini dia juaranya. Bener-bener enak dan meresap. Kemarin ini cuma pesan 1 ekor. Serius 2 ekor kayaknya juga abis!

Terancam. Terancam ini sayurannya persis Karedok. Tapi bukan dengan bumbu kacang, melainkan dengan kelapa urap.

Ayam goreng tepung, tau dong buat siapa? Nah cuma ini saja yang kurang enak dan sempat saya protes dikit karena ayamnya undercooked. Mungkin ngga ada orang lain yang pesan kali ya heheheh. Sisanya enak semua!

Gurame goreng kering. Lihat deh, disediain sambal cobek untuk ikannya, cobeknya gede banget!

Jeruk dan teh panas. Cocok banget untuk udara malang yang lagi rintik-rintik.

Yak makanan segini emang cuma buat berempat aja kok. Huahahaha...

Abis makan, ada yang girang banget, lihat-lihat jam antik, nunjuk-nunjuk, terus ngomong satu...dua...tiga... 

Last picture of the day, Abby yang senyum lebar. Cheeseeee!!
Selesai juga hari kedua. Kita kembali ke hotel dengan perut kenyang, hati gembira, dan kaki masih cenat cenut. Ditunggu postingan hari ke 3-nya ya! Mamanya Abby udah jereng nulisin caption.

56 comments:

  1. by, abby oleh-olehnya dong apel malang atau kripik apel lah :D hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikirim deh... nanti dikirimin gambarnya di post selanjutnya hahahaha.

      Delete
  2. wah seru banget ya itu eco green park. zoo nya juga. itu yag safari farm lucu banget, tapi deg2an juga kali ya deket banget ama binatangnya takut kalo dicium beneran. huahahaha.

    btw iya itu suster lu lagi gaya apaan ya yang di salah satu foto di eco green park itu. haha. lu gak tanya ke suster lu ny, dia lagi ngapain? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deket banget serasa mesra hihihi. Nah gue jg udah nanya Sus gue dia lagi ngapain. Tp dianya sendiri udah lupa gitu loh!

      Delete
  3. enak na sepi yah pas kesana ? g pas ke sana asli deh kek dawet :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pit enak sepiiii hehehehe. Asik deh. Tapi sebenernya ga sepi2 amat juga. Jadi enak buat jalan2nya dan ga pake ngantri buat wahananya.

      Delete
  4. Susternya kocak! Abby bahagia banget ya jalan-jalan liat binatang.. Berarti kalo mau ke sana mending pas weekday yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cuma weekdays sih Nin. Tp mendingan pas ngga musim liburan hehe.

      Delete
  5. Itu senyum susternya dfoto trakhirsenyum 5000wat, btw abby ayo tamasya kesulawesi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susternya paling girang deh kayaknya. Nomer 2 baru Abby hihihi.

      Wah boleh jg Abby tamasya ke Sulawesi. Tante yang bayarin yaaaa hahahahah.

      Delete
  6. Kyknya seru bgt ya le :D jd pengen kesana deh soalnya marco lg suka bgt sama binatang terutama kucing hahaha. Ketemu kucing di jalanan disamperin mo dipegang, emak nya yg jejeritan takut dicakar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kucing mah kaga usah jauh2 ke Malang. Cukup makan kaki lima di Pecenongan hwahahahaha. Just kidding.

      Ke Malang nanti Marco liat kucing gede yaaa... Leopard, macan, cheetah, singa... pasti happy.

      Delete
  7. aduh beneran keren yak disini.. bener2 pengen ke sana deh.. taon depan deh yak.. :)
    btw bukannya loe bilang sus loe ga mau difoto? kok sekarang jadi banyak fotonya? hehee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sus gue sekarang jadi udah tau nikmatnya difoto dan mulai ketularan narsis hihihi.

      Delete
  8. Bagussss ya, gua masih terkenang2 lho dan kayaknya waktu 3 hari 2 malam gak cukup deh ke semua tempat itu. Berasa terburu2 gak? Pas di area bermain itu kita cuma sempet1-2 jam dan asli muka Denzel sedih banget pas disuruh udahan. Kadang yang kita berasa biasa anak tuh bisa demeeen banget. Contohnya pistol air musik itu Denzel sampai sejam sendiri, terus rumah terbalik juga gak mau keluar :)

    E bike emang harusnya sendiri ya, tapi karena Denzel nyetirnya ugal-ugalan dan hampir nabrak orang akhirnya gua berduaan lho. Kayaknya gak pa pa ya habis papasan juga pada berdua sama anaknya. Gua malah sempet mogok e bikenya trs telpon no telp yang tertera di situ, sigap lho gak lama datang petugasnya. Si suster gaya apa ? Kirain peragain burung merak atau bangau haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue sih ngga ngerasa keburu2 banget El. Mungkin karena saat itu sepi ya. Jadi mainpun ngga ngantri dan anak gue blm bisa main banyak permainan hihi. Cukup lah pokoknya soalnya si Abby juga gak semua binatang dia interest dan timingnya semua pas. Gue keluar dari Museum Satwa sekitar 5.30 deh dan msh sempet beli es potong *laper mata*

      Si suster gaya taichi bangau menangkap ikan tuh. Mungkin kebanyakan liat burung.

      Delete
  9. Gue buka ini posting dari ipad ngeloadnya macet macet, hahahahahhaha soalnya potonya bannnyyaakkk....
    Bagus banget ya Le parknya...gak nyangka ada yg sekeren gitu di indo, abis taunya taman safari aja yg dulu gak begitu berkesan buat g.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sih Nan di sono macet?? Kan di sono udah 100 Mbps. Gue aja cm 16 hahahaha.

      Iya it's a must kalau lu ada waktu buat explore Indonesia. Daripada ke Bali kalau bawa anak ke sini bakalan lebih seru.

      Delete
  10. eh iya, ke malang sempet ke kebon apel nya gak yang bisa metik sendiri? kenangan gw ke malang ya cuma itu sama bromo, abis itu gak ada apa2 lagi (itu 10 thn yg lalu sih haha)
    ahhhhhhhh, aku jadi tambah pengen ke malangggggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue ngga ke Agrowisatanya Mel. Mesti nambah hari lagi kalau mau ke sana plus ke air terjun Cuban Rondo. Berhubung harinya limited, belum dulu deh. Nanti diconsider kalau pergi ke Malang lagi. Yuk ke Malang!

      Delete
  11. Puassss bacanya! Berasa ikut jalan2 juga. Bagus banget yaa eco green parknya.

    Eh iya, rasanya masih belom percaya ya kalo kaset sekarang udah jadi barang antik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mulai disusun Lis buat jalan2 ke Malang. Pny dua anak cowok yg aktif pasti seneng bukan main ke sana.

      Delete
  12. le, yang area unggas2, unggasnya iseng2 nyamperin kita apa cuek aja? gua soalnya kan takut sama unggas hahahaha... (ada phobia).
    pengen juga jadinya ke sini. musti nginep minimal 2 malam kayaknya ya le?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga nyamperin kok. Mereka cuek2 aja kecuali kalo kita pancing pake makanan Des. Minimal Des 2 malam. Itu aja kita lumayan speed up walaupun ga keburu2. Kalau mau main dan santai2 sih 3 malam aja sekalian hahahaha. Bisa agrowisata jg metik apel.

      Delete
  13. seru!! keren!! happy!!
    itu ci yang gue rasain pas baca cerita tamasya Abby part 2 iniii, en buat makin yakin dink next trip ke dari Surabaya ke Malang :D mumpung cici ipar di sby, hehehehe..
    kemarin abis dari TSI en berasa ga ada apa2nya dibanding sama Jatim park ini *dipites gajah safari :p
    yang seneng bgt ga cuma Abby ya ci, sus juga girang terbukti di foto2 yang diposting + foto trakhir, sumringah bener :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pas banget tuh jadi bisa ada alasan ya buat jalan2 ke Jatim. TSI mah beneran ga ada apa-apanya. Eh gimana getawaynya ke Puncak? Nanti diceritain ya. Sus sekarang udah lebih gaul dan lebih mau bergaya hihihi.

      Delete
    2. tar postingan cici, gue kasi unjuk baca ahh ke Jo biar makin kuat alesan jalan2 lagi :D
      seru ciiiii, nanti ya gue posting, hehehehe..
      sus pun ga mau kalah eksis ya ci kalo difoto :p

      Delete
    3. Hahaha. Seru penganten baru ya hahahaha. Eh ga baru2 amat sih ya padahal, tapi yg namanya pergi berdua pasti asik. Iya dong, nanti nyesel dia kalo ke tempat wisata tapi ngga mau difoto :)

      Delete
  14. Le, lucu deh ngeliat yg foto dirimu sama suami dgn domba dari kayu bekas lucu bgt deh. Itu domba yg paling kiri matanya ngelirik gitu..haha :D Sama yg didisplay itu kok gw ngeliatnya si zebra mukanya menikmati gitu digigit singa..Bahaha.. Ini khayalan gw tinggi bener dah :p Dan sangat terhibur dengan pose2 si Sus..haha :p 2 orang yg girang maksimal emang Abby sama Sus nya yah..hihi..

    Makasihh Le foto2nya lengkap, meski belum kesana tp berasa bgt petualangannya.. Jadi ga sabar pen kesana juga..haha :D Dan itu restorang Inggil mesti bgt ya kesana.. *catet*

    Menanti hari ke3. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sebenernya kalau dipajang semua lebih banyak lagi. Gile bener deh baru pertama foto cuma 4 hari pergi kok sampe ribuan. Milihnya ampe jereng, dan kata suami belum merepresentasikan semuanya soal Jatim Park! *huks... dia mah tinggal ngomong doang, lah kite yg milihin dan nulis, lemes bo! Ayo ke sana juga! Walaupun kalau untuk bulan madu, not sure if it's romantic enough. Tapi kalau yg namanya berdua sama suami, di pasar juga romantis :)

      Delete
  15. Leony cantik.. kurus langsing mana gendut sih..
    Foto2nya bagusss beda sama blog post aku mengenai ini hihihi..
    Next time aku pingin nginep di singasari juga ahh keren sptnya, btw itu breakfastnya bukan tipe buffett gitu ya? kalian pesen lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bon... penghiburannya gak berhasil, soalnya kemarin pas aku mau beli Krispy Kreme, suami bilang, "Diet dong, Nonnnn..."
      Iya Singhasari bagus, Bon. Kebetulan karena occupancy ratenya lagi low banget, menu utamanya pesan a la carte. Padahal menurutku menu buffet yg available hari itu aja udah mayan enak-enak, tapi masih bisa pesen a la carte lagi (udah include di rate-nya, 1 menu per pax). Tapi besoknya menunya full buffet kok karena banyak tamunya. Tunggu posting hari ke 3 ya nanti diceritain.

      Delete
  16. selalu suka liat expressi nya aby..hehehe lucu n gemesin bangett...apalagi pas liat yang foto suster sama poponya naik roller coaster...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bengong dia kok susternya ketawa-ketawa di roller coaster. Seneng banget tuh si Sus, tak terkira senangnya.

      Delete
  17. aaaaaaahh, aku sllu menunggu edisi jalan-jalannya Abi nih ciii :D
    Seruuuu ya..
    lagi-lagi liat makanannya ngilerrr, laperrrr wkwkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppp... masih ada bagian ketiga ya hahahah. Soalnya apalah artinya jalan-jalan tanpa wisata kulner. Tull??

      Delete
  18. ahhh makin pingin kesana.. kangen sekali ke kebon binatang yg bagus. terakir ke taman safari pas sma. ini mah jadi gue yang pengen pergi. hihi *menatap nanar*
    eniwey, cusnya abby menyenangkan sekali ya. dapet darimana sih? *ujung2nya nanya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak si Pam nih artinya next trip bakalan ke Malang, asikkkk....

      Susternya Abby dari Mutiara Kasih, Carolus. Waiting list dari Abby msh di dalam perut. Kalo Sus mah kayak nyari jodoh Pet. Kalo jodoh cucok aja, kerikil2 diusahain dipapas biar licin hahaha.

      Delete
  19. gua juga dulu terkagum2 ama batu secret zoo... yg gua suka, tempatnya tuh bikin kita ngeliat semua binatang yg ada... ntar kalo jayden uda seumur abby, gua pasti bawa di kesana... sekalian belajar sekalian jalan2, ketimbang bawa ke ragunan hahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi Mel, jalannya satu arah ga pake cabang2. Tapi kalo mau keluar jadi ngga ada jalan pintas ya hahahaa. Atau ada tapi gue gak perhatiin. Yang jelas Abby seneng banget di zoo.

      Delete
  20. ikh. si cici.. emang paling okeh deh untuk deskripsiin kalo lagi jalan2. pengen kesono. ASAP. hahahahahaa.. :D

    sus abby maksimal banget gaya dan senyumnya yah. sekarang udah gak malu2 lagi yah buat di foto. hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo donk minta suami buat babymoon ke sana, kan 2nd trimester paling asyik buat jalan2 loh!! Sekarang sih Sus Abby malah suka minta difoto, tapi kadang tergantung mood juga. Kalo lagi males ya kabur huahahahaha.

      Delete
  21. Leony, transportasi di Malang pakai apa..??? mksh ya,
    boleh dong CP nya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah saya tulis kok di bagian 1. Pakai Praktis transport. http://www.praktistransport.com. CP-nya Pak Heri.

      Delete
    2. oiya sorry kurang teliti bacanya hehe..

      Delete
    3. Hehehe biasa memang org2 udah keburu liat foto2nya ya hehehe. Jadi kelewatan deh.

      Delete
  22. baguss yaaa museum satwanya.....enak banget jadi Abby, jalan2 terus...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak memang jadi Abby. Jalan2 terus tapi ngga keluar duit hwahahaha. Jd anak kecil memang menyenangkannn...

      Delete
  23. Fotonya abby yang terakhir sweet bangettt.. Happynya keliatan skalii abbyy.. Hehe.. Ci ini sih worth the money bgt yahh lengkap isinya.. Masi baru ga ini? Takutnya kalo dah lamaan dah ga terawat semua sayang :( Caption fotonya juara banget ci yang si lutung hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disuruh senyum keliatan gigi, ya jadinya begitu Fan hahaha. Paling happy Abby, kedua SUS hahahaha. Iya murah banget biaya masuknya, dan puas sampe gempor por por. Ini udah beberapa tahun kok Fan. Dari tahun 2010 tepatnya kalau gue buka di wiki. Caption foto mah, keisengan yang nulis hihihi.

      Delete
  24. Mbak Leony, sumpah blognya kece bingit yooo..
    Ulasannya menarik dan gak bertele-tele, langsung pada makna dan sumpah, ini blog kesekian yang saya cari (berhubung mau Tour de Malang), namun ini artikel terbaik yang saya bisa langsung kebawa ke TeKaPe..

    Semua fotonya keren, yang punya blognya gak kalah keren :)
    Nice to read your review.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Devitaaaa.. yg pny blog jd tersanjung melayang di udara.. *trs gabruk krn keberatan body hahahahaha*

      Semoga sukses ya jalan2 ke Malangnya. Yg penting harus have fun!

      Delete
  25. Hallo mbak leony, saya Gabie, salam kenal ya.. Selama ini cm jadi silent reader, semua tulisannya sy sukak^^
    Kayaknya kalo bikin itenerary liburan bakalan sama spt jalan2 nya Abby, deh :P
    Oiya, mbak leony di hari kedua ini juga pakai sewa mobil ga? Pakai jasa rental seperti yang mbak rekomen di hari pertama itu lagikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry, sudah dimention dink ya di bagian pertama.. Pakai full 4 hari.
      Ga sabar liat foto-fotonya sih, jadi kelewatan bacanya =P

      Delete
    2. Hi Gabie, iya saking seru ya bacanya. Full 4 hari dan puas banget jd bisa atur kemana2 n bs main ke kota malamnya.

      Delete
  26. Thx infonya ya Ci..
    (biar gue serasa muda, manggil Cici)
    Nice blog...
    #savelutung?
    Its very very dangerous..

    ReplyDelete