Saturday, February 21, 2015

Waktu Berjalan, Kita Berubah

Di bulan Februari ini, banyak banget hal-hal yang menyangkut perayaan, dan rasanya postingan paling ngehits bulan ini adalah postingan soal Valentine dan Chinese New Year. Saya juga mau post soal tersebut, tapi dari sisi yang agak berbeda, soal bagaimana, penambahan usia saya, sungguh membuat acuan prioritas saya sedikit banyak juga berubah.

Soal Valentine

Kalau pembaca mengikuti blog saya selama beberapa tahun terakhir, setelah saya post kisah Valentine masa lalu saya, kata pembaca, saya ini termasuk orang yang saat di-PDKT-in atau saat pacaran termasuk orang yang dimanjakan dengan kehadiran cowok-cowok yang katanya sih romantis. Yang namanya dibeliin bunga, boneka, diajak makan ke restaurant romantis sudah saya nikmati. Makanya, saat saya nikah, lalu ketemu sama suami yang ternyata kurang romantis, saya malah jadi keki sendiri. Waktu tahun pertama nikah, saya masih dibawain buket mawar. Eh tahun kedua pas sudah ada anak, malah dia ngga bawain saya apa-apa. Mungkin gara-gara hormon juga karena saat itu saya baru melahirkan, ditambah suami yang cuek, saya sedihhhhh banget saat Valentine. Sedihnya itu sampai saya sesenggukan sendiri loh, ngerasa kalau punya suami kok gini banget. Untung akhirnya besoknya dia bawain Silver Queen sebiji yang dikasih pita. Kisah sedih nan ironis itu saya tuangkan dalam tulisan, yang anehnya jadi top 3 most viewers of all time di blog saya. Kayaknya banyak perempuan senasib kayak saya deh hahahaha. Tahun lalu, suami kasih saya rangkaian bunga dan coklat. Anehnya saya sudah nggak terlalu merasakan demand yang sama soal merayakan Valentine. Gremet-gremetnya itu sudah hilang seiring dengan anak yang bertambah besar, dan saya yang bertambah tua. 

Kemudian, saya merasakan satu hal yang berbeda, yang baru saya sadari akhir-akhir ini soal suami saya. Mungkin dia tidak terlalu mempedulikan Valentine, tetapi dia selalu ingat ulang tahun dan anniversary kami, dan dia selalu memberikan saya hadiah-hadiah yang menurut saya betul-betul berguna plus masih ada tambahan buket mawar yang ujung-ujungnya malah ngejogrok di pojokan sampai kering. Dan dipikir-pikir, Valentine itu sebenarnya untuk orang marketing kan lebih seperti marketing tools untuk membuat another celebration out of so many celebrations out there, biar ada event buat jualan dan ngelakuin produk-produk. It hits me, that Valentine is very mainstream. I prefer my husband to remember our important dates, karena ngga ada reminder lain selain dirinya sendiri yang mengingat (plus istri yang kasih kode dikit hihi), sementara Valentine itu remindernya dimana-mana.

Tahun ini, saya resmi ngomong ke suami kalau dia tidak perlu membelikan saya apapun untuk Valentine. I have changed my perception about it. Suami saya juga lagi sibuk berat dengan pekerjaan kantornya dan saya sungguh ngga mau ngerepotin. Valentine tahun ini jatuhnya hari Sabtu, dan pagi-pagi itu dia sakit perut, pingin beli enzyplex. Dia ajak Abby keluar, katanya mau ke apotik. Pulang dari apotik dia ngadu ke saya kalau enzyplexnya habis. Terus dia kasih saya.....eng ing engggg....

Santai belum santai.... tanpa diaaaa.....
''Tadi enzyplex-nya ga ada. Pulang aku lewatin Alfamart, terus aku beli ini deh. Happy Valentine's Day!'' Lucunya, saya kok malah seneng. Dua tahun lalu saya kesel, sekarang dapet yang sama tapi rasanya lain. Not that I am lowering my expectation, tapi menurut saya, ini malah bisa jadi our annual tradition. While others are eating Ferrero Rocher, or Royce, we're happy with Silver Queen. Sabtu siang itu, kita duduk di sofa ditemenin Abby, nonton TV sambil nyemil Silver Queen, rasanya nikmat! Sorenya kita ke gereja, lalu makan malam bareng as a family. Mungkin saya bakalan ngerasain gremet-gremet itu lagi, kalau Abby sudah sekolah, dan dia kasih Valentine card ke saya. I will be waiting for that moment :).

Soal Imlek

Malam Imlek kali ini sungguh berbeda karena jatuh tepat pada hari Rabu Abu. Sebagai umat Katolik, kami diwajibkan untuk berpantang dan berpuasa. Pantang yang biasa saya pilih adalah pantang daging. Berpuasa bagi umat Katolik artinya makan kenyang satu kali sehari. Biasanya, malam Imlek adalah saatnya kita makan besar dengan menu mewah. Tahun ini, karena Rabu Abu bentrok dengan Malam Imlek, bagi umat Katolik keturunan Tionghoa yang merayakan Imlek ada edaran khusus dari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Kira-kira intinya sebagai berikut. Di hari Rabu Abu kita tetap misa di gereja, berpuasa dan berpantang, lalu malam tetap bisa berkumpul buka puasa bersama keluarga dengan makan yang sehat, tapi tetap berpantang. 

Walaupun sudah ditekankan oleh Keuskupan Agung, sayangnya masih banyak keluarga yang tetap  makan mewah di malam Imlek, bahkan mempengaruhi keluarga Katolik lain yang berniat puasa dan pantang untuk melanggar pantangannya. Sebenarnya sangat disayangkan ya, karena menurut saya sangat mudah sekali untuk makan nikmat tanpa daging. Tetapi banyak orang yang mengutamakan alasan, kalau ini adalah acara keluarga, dan alasan kalau tidak semua anggota keluarga agamanya sama. Kalau di negara lain, saya tau ada yang kasih dispensasi dengan membolehkan tak berpantang, tapi harus diganti di hari lain. Pada akhirnya, semua kembali ke keluarga masing-masing. Toh soal agama memang relasi pribadi dengan Tuhan. Kalau saya dan keluarga inti, tetap berpegang pada himbauan dari KAJ, karena menurut kami, tinggal tunda 1 hari untuk makan daging sampai puas pas di hari Imleknya. 

Sebagai perbandingan sedikit, ini menu makan malam saya dan keluarga saya (mama dan adik) di malam Imlek tahun 2014 lalu. Saya tidak foto makanannya, tapi kebetulan masih foto menunya. 

Fancy kan? Di hotel, lengkap dengan barongsai hehe.
Lalu tahun ini menunya apaan dong? Nih, menu malam imlek tahun 2015!

Siapa bilang pantang daging tidak bisa meriah?
Jadi menu buka puasa kita malam itu, ada nasi uduk dengan bawang  goreng dan telur dadar, ketupat, sambel godog, semur tahu kentang, perkedel kentang polos, krupuk dan emping, lalu saya masak telor balado, tempe orek, dan es buah. Makan-makannya sederhana di rumah mertua, cuma keluarga mertua dan keluarga saya. Mama saya malah tugas prodiakon untuk Misa Terakhir Rabu Abu. Pas lihat menunya. teman saya sampai berkomentar, ''Ini malam Imlek atau Lebaran?'' Loh, Imlek itu istilah jaman dulunya Lebaran Cina kan? Hihihi. Jadi inilah menu pesta malam Imlek tanpa daging di tahun 2015 ini. Yang penting maknanya tetap sama. Ternyata, tanpa daging pun, nikmatnya teteeuuupppp!

Memang banyak sekali godaan soal makan mewah di malam Imlek ini. Dari hotel tempat kita dinner tahun lalu, managernya sempat telepon dan merayu saya berkali-kali untuk dinner di sana lagi, lalu dikirimin lagi menu-menunya yang bikin saya ngiler berat. Sekali lagi di sini bukan cuma kedewasaan usia yang penting, tapi juga kedewasaan iman. Memang ini adalah proses yang panjang untuk belajar memilih hal yang terbaik, tetapi saya yakin Gereja selalu kasih kita dispensasi yang tepat, tinggal kitanya mampu tahan godaan atau tidak. 

Di Imlek ini, yang jelas banyak banget berubahnya adalah Abby. Nih saya kasih lihat foto dia pas Malam Imlek 2014 lalu.

2014: Masih bantet, baru bisa jalan beberapa langkah sambil pegangan.

2014: Belum bisa pose gongxi-gongxi, cuma bisa duduk dan dadah-dadah
Lalu di malam Imlek tahun 2015 ini gimana? Setelah training intensif dari mama dan susternya... inilah hasilnya!!

2015: Udah bisa pose gongxi gongxi, plus... nadahin tangan buat minta angpao! One step ahead dong! Huahahahaha
''Om Tante... tolong ya Angpaonya. Mama Abby siap kasih nomer rekening kalau ada yang mau transferr!!'' *khayalan Mama Abby*

Pas bongkar file imlek tahun lalu, jadi terharu sendiri loh. Anak kecil ini kok luar biasa berkembangnya. Kadang kangen melukin dia yang masih bunder dan ga berontak-berontak. Sekarang udah bisa kabur kalau mau dipeluk sama mama-nya.

Hari Imlek 2015, di rumah mama. Saya doang yang nggak pakai baju merah hihihi...
Ayo, dilihat lagi foto terakhir di atas, ada lagi nggak yang berubah? 

Udah ketebak? 

Bagus gak?

 Ayo jawab bagus! *maksaaa*

Selamat Tahun Baru Imlek 2015! 
Semoga kesehatan, umur panjang, dan rejeki menyertai kita semua!

52 comments:

  1. Wooow Mama Abby udah langsing nih! rambut baru pula! Baguus koook *kan udah dipaksa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Din, itu akibat potongan baju aja. Kalo duduk berjendol samcan. Kanan kiri atas bawah. Asik dibilang bagus!

      Delete
  2. Gunting rambut ya... Bagus... :)

    Iya kalo ngeliat foto anak anak dari taun ke taun emang keliatan banget cepet gede nya ya...

    Gong Xi fa cai ya leony...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Man Gong Xi Fa Cai. Iya gue gunting rambut hehe. Udah gerah n bosen. Anak-anak ngebut bangetttt...sampe kangen dia kecil lagi.

      Delete
  3. Pas liat foto menu Imlek di FB, pengen komen sih ini Imlek apa Lebaran? Hehe...

    Gue udah nggak ngeharapin apa-apa lah sama suami gue yang gak romantis sama sekali. Udah hopeless, dan udah ditulis juga di blog.

    Gong Xi Fa Cai Leony, Feliz & Abby! Madeline dong tahun ini gak mau pai pai sama sekali, liat angpao cuek aja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha... bukan lu aja kan Ngel yang komen gitu, Banyakkkk hahahaha. Lebaran Cina gpp dong ya. Makanya Ngel, mgkn lu kudu kasih email addressnya Diaz. Nanti gue ingetin sblm Valentine deh...

      Abby tuh disuruh pai2 mau. Tapi pas dikasih angpao, diambil bentar.. terus lemparrrrrr... hahahaha.

      Delete
  4. ah ya, gw masi ingat postingan lu yang valentine itu, yg bikin gw ternganga berapa banyak mantan lu tuh Le? hahahhaa. dan hebat juga lu bisa ingat dr taon ke taon tiap valentine ngapain aja :D Barusan gw baca lg karena dah rada2 lupa, iya ya mantan2 lu manis2 romantis smua.

    Gw sama kaya angel ya, lama2 terbiasa ama misua yg ga romantis jadi uda ga expect apa2 lah klo valentine. Malah kadang gw beli coklat sendiri pas valentine (emang doyan coklat sih hahaha). Masih mending tuh lu dikado klo anniv ato bday. Gw anniv gaperna dikado, nah bday aja yg kdg dikado. Tp bday kmren ini juga gak, cm dikasi cake huhuhu. Yah sudalah disyukuri aja suami masing2 hahahaha :D

    Waow iya ya masakan tanpa sayur tapi klo kreatip gitu kliatannya enak2 smua. Abby kliatan banged tambah tinggi yaa, n pinter bgt uda bisa minta angpao skarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang... mantan gue yg resmi cuma 5 termasuk suami hehe. Hihihi. Cm kl pas lg jomblo suka ada yg ngajak Val dinner doang. Iya gue skrg udah ga gimana deh kalo Valentine. Yg penting ga lupa yg bersejarah. Eh lumayan dong msh dikasih cake. Itu kan kado jg.

      Masakan tanpa daging ya maksudnya hihihi. Iya ternyata lbh seruuu. Mgkn krn besoknya makan babi2an ya. Jadi makanan Indo hr sebelumnya terasa pas. Iya tp dia ngomongnya msh blm luwes. Semoga taun depan tambah step ngomong yg luwes jd komplit hihi.

      Delete
  5. Weitssss.. Pangling gw liat nya.. Bagus Le.. Jd lbh fresh gitu lho hehehe

    Btw, Gong Xi Fa Cai yah Leony, suaminya dan Abby.. Angpao mana angpao :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik dibilang bagus lagiii.. hihihi.

      Sama2 Ye. Lu msh rayain kan dikit ya hehe. Angpao buat anak gue jg dong ya Ye.

      Delete
  6. gongxi gongxi ci :D

    biar cuma silverqueen, yang penting niatnya ya, sweet dah misua cici :)
    gaya Abby minta angpao lucu ci, senyumnya dikulum malu2 gitu, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silver Queen-nya jadi gak "cuma" Ping tahun ini. Soalnya kan gue sudah pesenin ga mau apa2 hihi. Jadi dpt SQ itu udah plus hahahaha.

      Iya makin lucu dan ekspresif dia tuh.

      Delete
  7. Wah udah langsing nih le...rambut kakak juga baguss! Hahaha..ketupat mah mama gua juga suka bikin pas imlek, jadi.kesaru sama lebaran sih...hahaha..rame banget tuh ketupat ama temen2nya, bikin mupeng aje

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsingan sedikittttttt...... dan abis makan gembrot lagi. Makasih Ci hihihi. Jadi makin yakin akan keputusan rambut. Bener kan ya Lebaran Cinaaa.... Makan ketupat seru, dan gak kebanyakan babi jadinya hihihi.

      Delete
  8. cakep rambutnya. ngebob manis :)

    -ndutyke-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tykaaa... itu blognya baru ya? Yang lama aku gak bisa access loh walaupun sudah sempet km invite. Aneh ya. Makasih buat pujian ke rambutnya hihi.

      Delete
  9. Rambutnya bagus kakaaaakkk....si abby uda kliatan tinggi bgt, saking uda lama kita ga ketemu ya Le, dulu dia masih bayi di stroller blm bisa jln pas terakhir ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow makasih Kakakkkk.... Abby sih gak tinggi2 banget, tp dibanding pas setahun emang dia udah jauh naik ke atas hehe. Ayo kita ketemuan buat makan enakkk! Sekarang Abby pasti udah bisa main sama Katy. Di Pesanggrahan yuk!

      Delete
  10. Rambut baru :))
    Kiong Hi yah le!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe yoiii.. biar ademmm. Kiong Hie jg El!

      Delete
  11. Waahh asyikk tuh dapet silver queen, aku suka banget sama silverqueen.
    Iya Sincia tahun ini bareng sama rabu abu, supaya malamnya bisa kumpul makan bareng keluarga, aku ikut misanya bareng anak - anak di sekolahan jam 9 pagi. Tahun ini keluarga kita juga makan sederhana, di resto kecil, menunya seputar tahu, telor, sayur - sayurnya sama ikan buat anak - anak.
    Gong Xi Fa Cai yaa buat leony and family ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Angela atau Inge nih manggilnya hehe. Saya jg ikut misa yang pukul 10 pagi lalu suami ikut misa yg pukul 4.30 sore. Dia cepet2 balik dr kantor agak early spy bisa misa dulu sblm ke rumah mamanya. Gak pakai daging bs seru n enak jg kan ya. Kita sih kmrn ini gak pakai ikan jg. Besoknya pas Imlek br ada menu ikan.

      Delete
  12. Rambut dong pastinya yg berubah, lgsg kelihatan soale :D Bagus!! *tanpa paksaan lho ini* hihi :D

    Meriah bener yah makanannya, apalah daging kalo dah nasi uduk komplit begitu..

    Gong xi fa cai yah Leony dan keluarga :D Dan mantep Abby posenya, panen banyak ga, By? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rambut kita jadi rada mirip ya Py? Hahahaha. Sama2 pendek skrg. Iya makanan kayak gitu meriah banget dan rasanya lbh ngga eneg-in dibanding makan babi2an besoknya hihihi.

      Abby tahun ini lumayan aja. Soalnya kayaknya sincia tahun ini gak serame tahun sebelumnya ya, at least itu yg dirasain soalnya bbrp family ada yg sempet kebanjiran hehe.

      Delete
  13. Aku hampir tiap hari dapat silver queen dr suami, soalnya mmg itu doang coklat kesukaanku. Pas valentine gini asik, krn berasa tiap hari dapat kado valentine :D

    Jadi tahun ini Abby dapat angpao berapa nih? Dari posenya udah menjanjikan banget buat dapat banyak yaaa...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Lis, kamu cemilannya sangar ya Silver Queen hahaha. Heran masih bisa langsing loh yg nyemilannya coklat.

      Abby dpt angpaonya, cukup lah buat beli gorengan plus grobaknya hahahahha.

      Delete
  14. Haiii cii salam kenal...Gong xi fa chai yaa...^^
    Tahun baru, rambut baruu ya cii..hehehee...
    makanannya enakk2....jadi pengen ketupat sayur nyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lia, rambutnya pernah pendek gini juga sih. Pas mau lahiran hihihi. Jadi skrg brasa fresh lagi ya! Wah mesti nunggu lebaran kali baru ada ketupat sayur lagi.

      Delete
  15. rambut baru dan langsingan ci!! tambah cakepppp.. hihihi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potongan rambutnya bener baru, tapi kl langsingannya, agak questionable hahahah. Makasihhhh!

      Delete
  16. Gong Xi leee...
    Mirip bngt ama mami ya le? Ntar abby gede jg ga beda2 jauh d, pdhl dulu mirip bngt papanya.
    Gw jg imlek makan tahu toge dkk hahaha. Trs klo menyusui gini pengen ngemillll jadi godaan bngt.

    Btw gw demen silver queen loh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue mirip nyokap ya Nge? Lu mesti liat emak (nenek) gue, sayang udah meninggal. Katanya orang-orang sih paling mirip hihi, except mata gue lebih belo. Abby tambah lama tambah mirip gue ya? Hihihi.

      Gue jg demen Silver Queen, tp bahaya kayaknya kalo buat nyemil haha.

      Delete
  17. gong xi, kak leony! angpao na lai.. wkwkwkw *dikeplak*
    cubit pipi Abby aja deh yaa.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, boleh sini minta angpao, tapi kudu dtg! Cubit pipi Abby di komputer aja ya, biar gak sakit.

      Delete
  18. bagus le... ini tulus dari lubuk hati yg paling dalam loh hehehehe...

    kalo soal valentine mah, dia ga coklat ato bunga pun juga ga gimana2 sih, soalnya dari jaman pacaran juga uda tau, ini cowo bukan makhluk yg romantis... 5 taon pacaran plus 1 taon married, uda kebal hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, kalo gue sih ngerasa romantisnya udah berubah ya. Kalo suami kita tuh main bareng sama anak aja, bawaannya udah romantis loh. Ya tapi kalo nanti dibawain bunga sebuket sama Seno, ada gremet2 juga kan Mel hahahaha.

      Delete
  19. aargghhh kamu kurusan yak? *toel2* hahaha :)
    gong xi yaaak.. Joanna juga udah bisa gongxi loh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toel2 terus kena samcan Fun. Hahahaha. Wah pinter Joanna! Si Abby pas umur 1 masih angot2an kadang bisa kadan ngga. Tp kalo sekarang beneran udah bisa kalo disuruh.

      Delete
  20. pantangnya di skip dulu ! happy lunar nu yer :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan di skip dong Pit haha. Direplace di hari lain msh mending deh hehe.

      Delete
  21. Tukaaan komen gw ilang melulu :'( musti ngulang terus klo komen, huhu

    Lele kece dan kuruuus deh!
    Gw inget banget cerita Silverqueen itu, hihi. Lucu ya semakin dewasa umur dan usia pernikahan, perspektif atas hal-hal begini jadi berubah. I think it's sweet too karena jadi "your thing" sama F. Gw sama P emang ngga pernah rayain Valentine dari jaman pacaran dan gw wanti-wanti nggak usah kasih bunga-bunga lagi, sayang uangnya...mending traktirin makan aja, haha. Pernah deng taun pertama, tapi itu karena dia pikir gw tipe yang ngerayain Valentine. Jadi pas gw dikasih bunga dan diajak makan malem, gw pake baju casual bangettt...akhirnya jadi ketawa-ketawa dan dia ganti pake celana pendek, trus kita tetep dinner di antara pasangan-pasangan yang dandan rapi pake baju pink-pink, hihi. *loh malah cerita panjang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, mohon maaf ini "permusuhan" antar nulis komen di WP dan Blogspot emang rese banget. Gue jg kalo nulis di WP suka ilang hihihihi.

      Iya Met, sayang banget kembang mahal2 buat hari yang mainstream kayak Valentine. Kalo Bday/ Anniversary msh oke lah yaaaa hahahaha *teteup*. Haha, justru casual itu malah lebih enak kok Met, lebih brasa suami istrinya. Yang lain kan mgkn msh pada pacaran lovey dovey. Kalo kita, ya gitu deh... serasa kakek nenek hahaha.

      Delete
  22. Keluarga lu taat yah le, gua salut dengan keluarga yang imannya kental kaya kalian, gong xi yah..blom capgomeh jd msh boleh ngucapin haha.. Salam kis2 buat abby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya blm Capgomeh, jadi Abby msh bisa terima angpao dr Tante Viol nihhhh... hihihi. Kiss2 dr Abby.

      Mencoba buat taat aja Vi, soalnya menurut gue n family sih gampang banget himbauannya kenapa ga berusaha dilakukan. Besoknya pas imlek tetep rame2 ketemu semuanya lagi dan pesta lagi. Cm pending, bukan omitting.

      Delete
  23. inget banget postingan valentine kemaren2 dulu itu XD ahahahaa
    gong xi fa cai xin nian kuai le ce Leony sekeluarga :D may this year be another happy journey and blessings to the fam :)
    p.s. looove the new hair~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh Mia ternyata ngikutin blog saya udah lama ya hahahahaha. Iya beda ya postingan dulu sama sekarang. Padahal dapetnya sama-sama silverqueen.

      Thank youuu.. makin sreg deh sm potongan rambut ini :)

      Delete
  24. ngomong2 gara2 posting ini gw jadi beli silver queen kapan tau, baru dinikmati tadi pagi sebatang penuh...nikmatnya...
    Gong Xi...gong xi Abby sukses dong sampe tangannya udah bisa nadah hahaha....banyak angpao, banyak rejeki, banyak kesehatan, senantiasa dalam perlindungan dan berkat Tuhan...AMIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran kan silver queen memang nikmaaattt tiada tara (apalagi kalo makannya sama pasangan hauhahahah).

      Lumayan deh hasilnya, bisa cukup beli gorengan segerobak plus grobaknya. Makasih Tante Felicia doa2nya!

      Delete
  25. Rambutnyaa bagusss. suits u well. hihi

    Gue malah gak ke gereja. Tapi pantang jalan terus sih. Ga boleh puasa sama tetua karena lagi nyusuin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasihhhh!! Makin pede jadinya.

      Kalo lagi menyusui emang jangan puasa dulu, Petris. Yang ada nanti air susunya mampet euy! Kalo buat gizi anak, emaknya emang mesti makan kayak sapi. Memamah biak nonstop hahahaha.

      Delete
  26. Hehhee menurut gw malah silverqueen coklat nya lbh enak drpd coklat lainnya hehe..
    Gong xi hasil training dari suster n mama hahahha lol cari duitnya sukses ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo coklat2 yg internasional gampang dicari ya Lid. Tapi kalo Silverqueen always reminds us of home.

      Mayan deh dapetnya. Tp surprisingly last yr lbh banyak loh hahaha. Kayaknya efek kebanjiran jd this yr ga serame last yr.

      Delete