Saturday, December 13, 2014

Alat Tipu-Tipu

Belum lama ini, ada berita yang menurut saya sangat menggelitik, yaitu cerita seorang laki-laki bernama Mark Anthony Perez yang bunuh diri lompat dari lantai 4 sebuah mall, gara-gara shock berat melihat wajah asli wanita idaman yang selama ini dia temui di Facebook dan Twitter, ternyata berbeda total dari aslinya. Padahal mereka udah LDR-an selama 4 bulan loh. Kalau ngga percaya, bisa dibaca di sini. Sedih ya? Ternyata si cewek ini, populer sekali di kalangan social media, karena foto-fotonya menarik, cantik banget, dan katanya sampai bisa dapet begitu banyak 'likes' setiap kali dia posting foto. Gimana sih Mark nggak kepincut ya? Karena penasaran, saya jadi googling lagi, sebenarnya bagaimana sih bentuk ceweknya saat di socmed dan bentuk aslinya yang sampai bikin si Mark bunuh diri. Ternyata....


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
UPDATE! Dec 14, 2014 (yang tulisannya Italics ya)

Saya nyasar ke tiga situs berita (tiga loh, bukan satu) yang apparently salah pasang foto girlfriendnya si Mark. Saya pajang lah fotonya di blog saya ini. Saya sama sekali nggak kenal siapa orang tersebut, terus mendadak saya di bash rame2 sama fansnya orang tersebut. Ternyata dia adalah seorang top blogger Singapore. Silakan ngintip di bawah deh di bagian komen kalau penasaran. Katanya sih si blogger itu terkenal orangnya (in this case saya gak tau terkenalnya itu "famous" or "notorious", tapi saya sih gak kenal). Maklum saya mah kagak gaul euy!! Instagram aja kagak punya! Yang jelas, saya tidak pernah mempunyai intensi buruk sama sekali terhadap si blogger Singapore dimaksud.

Mengetahui kalau ternyata fotonya itu foto orang lain, saya buat tambahan note di bawah (sekarang sudah saya hapus karena irrelevant with this update), yang menjelaskan kalau saya dapat info dari beberapa komentator (dua komentar pertama), kalau ternyata itu foto si blogger Singapore yang hobinya memang editing dan sudah melakukan operasi plastik berkali-kali. Wah, saya bersyukur banget ada yang kasih info. Saya sendiri tulis kalau saya mengakui GAGAL mendapatkan foto asli pacar si Mark, dan saya tambahkan, kalau gitu anggap saja mungkin kira-kira contohnya seperti foto di atas. Setelah itu saya tidur karena sudah lewat tengah malam, dan saya santai saja menikmati hari Sabtu saya. Tapi ya ampunnnn... komen-komen dari fansnya setelah itu, maaf-maaf, kok jadi agak mengerikan ya, dan mereka semua pakai anonymous. Bahkan ada yang ngaku terpaksa pakai anonymous.

Contoh yang saya ambil sedikit dari bashingnya (buat yang nggak mau scroll ke bawah), adalah bilang kalau postingan saya kayak tabloid, murahan, nyinyir, cuma buat nunjukkin kalau saya pake foto asli, bikin orang lain berasa hina, nggak punya etiket, keluar kata2 busuk. Dan yang lucunya, orang yang bashing tersebut ternyata ngikutin blog saya dari dulu, bahkan ada yang mengakui kenal sama pribadi saya, tapi kalau dia mengenal saya dan care, mestinya kan bisa japri toh instead of bashing in public. (lagi2 ini menurut saya...)

Gara-gara kejadian itu, saya jadi penasaran, sebenarnya siapa sih si blogger Singapore yang terkenal itu. Saya sampai cari beberapa article dari news publishers in Singapore, dan saya jadi tau lah kira-kira orang tersebut reputasinya seperti apa dan fansnya seperti apa (some of the articles even said that some people "blindly" adore her). Kemudian hari ini juga, saya mendapatkan pesan pribadi dari seorang blogger yang rupanya sudah cukup lama mengikuti kisah si blogger Singapore tersebut. Saya merasa orang ini yang benar-benar care karena dia japri saya. Intinya dia bilang, kalau si blogger Singapore ini, kalau sampai ada orang yang sedikit saja menyinggung dia, dia bisa habis-habisan serang orang tersebut bahkan sampai detail. Later I found out kalau dia juga terkenal suka bikin feud dengan orang lain, kemudian kalau bashing bisa sampai keluar kata-kata yang tidak senonoh in public.  Surprisingly, there are LOTS of news about her bagaimana dia dan fansnya bisa menyerang sampai ke ranah pribadi (including family members) jika dia merasa tersinggung (intentionally or unintentionally). Wow... ternyata sampai sebegitunya ya. Now.. I kinda see the thin line in how that Blogger and her fanatic fans treat others, and I do understand. Dear Her fans out there, this is NOT my opinion, I read everything from the news source terpercaya (such as news.yahoo.com)

Putting that in mind, I decided to remove the picture even though it's still out there in the web. Mungkin para fansnya bisa bantu untuk sekalian bash saja site ini, ini, dan ini, daripada ngamuk sama saya yang waktu awal menempatkan foto itu sama sekali tidak punya niat apapun terhadap tokoh kesayangan kalian tersebut, dan unfortunately saya mendapatkan informasi yang salah. Last but not least, I put my safety and my family's safety above everything. CASE CLOSED! Di bawah ini lanjutan isi blog yang sama persis dengan yang saya tulis sebelumnya. 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dari artikel tadi, ternyata cewek ini selalu pakai software macam Camera 360 dan Retrica, supaya bisa "menipu" orang lain. Dan sebenernya, kalau menurut saya sih, ini cewek berarti udah bener-bener kadung cinta sama si Mark ya, sampai akhirnya dia nekad menemui si Mark secara langsung, berarti dia sudah siap dengan segala konsekuensinya yang mana, ternyata berakhir dengan super tragis.

Saya yakin seyakin-yakinnya, kisah sejenis si Mark ini bukan kali pertama terjadi. Saya juga yakin, begitu banyak laki-laki (bahkan wanita) yang tertipu dengan penampakan manipulasi foto supaya jadi lebih cantik, seksi, bahkan lebih tinggi. Begitu ketemu orang aslinya yang ternyata bentuknya jauh banget dari foto, pilihannya either bener-bener ditemuin cuma buat sekedar basa basi daripada terasa tidak gentleman tapi kemudian tidak kontak-kontakan lagi, atau malah ada yang udah liat dari jauh, langsung kabur. Ya syukur-syukur ada yang tetep nyambung, tapi kok rasanya rada sulit deh, Kakak! Biar gimana orang kan kalo ketemuan di socmed apalagi cowo-cowo, pasti nomer satu liat bentuk fisiknya dulu (hayo cowo jangan bohong, gak mungkin cuma liat hatinya... wong hatinya gak keliatan). 

Adik saya aja sampe hafal cewek-cewek yang kalau di socmed pakai efek Camera 360, dan biasanya dia langsung rada turun interest, karena menurut dia cewek yang kebanyakan ngedit foto pasti aslinya gak cakep (nih adik saya kok brasa ganteng banget sih?). Makanya kalau saya mau kenalin cewe ke dia, dia ngintip dulu, fotonya pake editan atau ngga. Saya sendiri, nggak pernah pakai software editan foto, kecuali cuma untuk cropping atau resize. Tapi alasan saya ngga pakai software editan sih, bukan karena saya kelewat percaya diri loh, tapi karena saya males berat pake gitu-gituan. Jadi jangan harap nemu Camera 360 atau software sejenis di HP saya. Ya walaupun memang patut diakui kalau saya memang sudah cantik alami dari sononya sehingga gak perlu diedit hihihi.... ( dan sebentar lagi yang baca beneran muntah). 

Kenapa saya nulis soal Camera 360 ini? Soalnya akhir-akhir ini, saya tuh menemukan fenomena yang menurut saya rada ajaib. Saya kan mikirnya software macam ini tuh lebih ke arah anak-anak muda yang masih nyari jodoh ya, biar keliatan cantik, lalu bisa lah mendapatkan perhatian lebih di socmed supaya dapet likes ratusan bahkan ribuan, ya syukur-syukur kalau habis gitu kopi darat dan beneran ketemu jodoh. Eh tapi kok yang akhir-akhir ini saya liat getol pakai Camera 360 tuh malah ibu-ibu yang udah nikah, udah punya anak, dan yang lebih mutakhir lagi, anak-anaknya aja yang masih bayi fotonya diedit pakai Camera 360, supaya kulitnya lebih glowing-glowing gimana gitu. Padahal kulit anak itu kan alami ya dari Tuhan yang Maha Esa, yang belum tersentuh produk-produk kosmetik. Kalau kulitnya hitam pun, mereka kan hitamnya bersih, dan tetep aja lucu. 

Kalau emak-emak yang mukanya rada keriput dan berjerawat atau ada flek hitam, mungkin masih ada alasan untuk edit-edit dikit. Tapi jangan sampai berlebihan dan bikin kita jadi orang lain. Buat apa juga sih? Memangnya kalau kita cantik di socmed, dapet 'likes' puluhan, ratusan, atau ribuan karena foto "palsu" kita, fungsinya tuh apa? Apakah kita jadi ngetop? Apakah kita jadi lebih percaya diri? Yang ada justru menurut saya (menurut saya loh ya, jangan dikemplang) malah menutupi kepercayaan diri kita. Artinya kita seperti agak tidak menerima, kalau kita tuh ada sedikit keriput dan jerawat, atau tidak puas karena kulit kita nggak seputih di iklan-iklan kecantikan. Ataukah mungkin karena chance kita untuk ketemu orang di luar socmed itu lebih sedikit, jadi nggak apa-apa lah ya narsis berat di socmed, supaya orang melihat kita tetep cantik, muda, langsing dan bisa berbangga hati walaupun cuma di batas dunia maya. Atau kemungkinan lain adalah, karena sesungguhnya kita malas merawat diri, tapi pingin keliatan sepertinya kita itu kinclong selalu. Nah yang kayak model begini, pas beneran mau ketemu orang di luar socmed, akhirnya bisa kocar kacir panik (dan pakai make up dempulan 2 senti). 

Lumayan lah ye jadi rada Korea-Koreaan walaupun aslinya mah dari Kampung Klingkit (foto dari sini)
Fenomena yang lebih parah lagi jaman sekarang adalah, adanya geng emak-emak yang semuanya narsis berat, kemudian kalau fotonya gak diedit pakai Camera 360 terasa belum sah buat dimasukin ke socmed. Itupun kamera orang ditarik-tarik dulu, diliat, dianya jelek apa cakep, kalau dianya jelek, delete! Hadehhh... Suka nemu yang model begini? Yakin deh, pasti pernah kan? Gak usah nunggu jadi ibu-ibu sih buat nemu orang yang kayak gini, di satu geng gede, pasti nemu. Dan kalau nemu yang model begini, saya suka ngomong dalam hati, "Emangnya kalau lengannya keliatan gedean dikit, seluruh dunia akan memandang hina gitu?"

Postingan yang sungguh kurang penting ini, sebenarnya bisa disimpulkan sama kartun si Mice di bawah ini. 

Ujung-ujungnya, kita cuma nipu diri sendiri kan? (gambar dari sini)
Buat yang pada pakai Camera 360, semoga nggak kesindir ya sama tulisan saya ini, dan tolong saya jangan dirajam virtual hihihihi. Hanya sekedar berbagi opini. Tapi ya berhubung saya gak pernah pakai Camera 360, jadi ada asiknya juga loh! Kalau mau ketemu orang ya gak usah mikir orang bakalan nggak ngenalin kita, karena bentukan kita ya sama persis sama yang orang lihat di socmed. Bahkan ada bonusnya, yaitu bisa jadi nambah pede, kalau ternyata orang yang selama ini di socmed keliatan mulus, taunya sama buteknya sama kita. Ihiy!

97 comments:

  1. Cewe foto pertama diatas itu Xiaxue bukan sih? Singaporean blogger.. Bukannya dia udah punya anak sama suami ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu yang bikin berita itu ngeledek kali ya soal efek kamera. Tadinya saya kira itu tuh Xiaxue look alike, karena sekarang cewe2 pada obsessed foto supaya mirip sama dia dengan gaya dia. Kalau ternyata itu memang dia, berarti sumber beritanya error ya. Tp Xiaxue itu memang ratu instagram kan? Kalau si Xiaxue mah oplas abis2an yak hahaha.

      Delete
  2. Eh iya ci itu fotonya xiaxue ya kayaknya.. Dan yg kanan foto udah lamanya banget kayaknya. Aslinya si ga jelek2 bgt kok dan sampe skrg dia udah merid dan punya anak blasteran.. Hahaha.. Btw komenin ttg camera 360, ak juga ga pake si.. Cm klo upload foto suka difilter dulu warnanya.. Hihi.. Sama aja ya? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya sih emang gak cakep kan. Tp si Xiaxue juga udah oplas banget. But style fotonya dia itu kan emang pake editan semua hihihi. Bahkan dia challenge herself untuk edit foto lamanya. Edan juga tu orang hahahaha...

      Delete
  3. wah nice info leony, gw jadi penasaran apa itu camera 360, mungkin gw bole coba donlot... *eh umpetin hp sebelom disambit leony*

    kok gw gatau berita orang loncat itu yah, gw juga gatau xiaxue siapa, kemana gw slama iniii... padaal biasanya gw demen berita infotainment hahaha. klo yg loncat itu sebenernya cowonya gimana yah, mestinya gaperlu sampe bunuh diri ya, kan tinggal mutusin hubungan aja sambil misuh2 cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Cobain aja download. Banyak yang pake tuh. Sebelum ada Camera 360 juga org2 kan udah heboh photoshop. Tp ini malah ada yg instant hahaha. Parah dah.

      Itu yang loncat org Philippines, Teph. Udah 6 bulan lalu kejadiannya dan cuma dimuat di koran lokal Pinoy sana. Nah itu ada yg translate di the Real Singapore. Sebelum dia loncat itu katanya dia cried sambil misuh2 hahaha. Parah emang. Saking kecewanya kali ya. Gue tau si Xiaxue bbrp waktu lalu dr blogger jg. Tp banyak yg niru2 gaya dia jd gue ud ga kenalin lagi mana asli dan aspal.

      Delete
  4. numpang komen lagi hehe
    bener banget ada lah temen yg ngulang foto ampe bagus gtu hasilnya, dan kalo foto bareng2 pake kamera diam kalo dia nya jelek diulang terus ampe dia nya bagus dan gak peduli kalo temennya hasilnya jelek yg penting diri sendiri bagus :p
    btw itu kamera 360 kalo kebanyakan efek kulitnya jadi glowing kayak hantu menurut gw :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh kan Qonita, ada aja kan di sebuah grup yang tipe orangnya kayak gitu hihihi.

      Bener banget tuh efek glowing jadi kayak hantu. Idungnya ilanh semua hahaha.

      Delete
  5. Hahhahaha tos dulu cici ak juga ndk ada applikasi ini di hp karna ndk fungsi apa2 jg tp aslinya ak dulu malah ndk tau tentang fenomena camera 360 ci, sampai pas kmrn reunian temen2 pada heboh foto kudu pake camera 360 hahahha sampai bingung camera 360 ini apaan? mang bisa merubah org? ternyata iya, temenku yg jerawatnya parah banget foto pake camera 360 jadi kinclong tanpa jerawat...hebat yaa applikasi ini....korea effect dahsyat yaa semua pengen kulitny glowing, drpd pake camera 360 buat foto knp ndk pasang lampu tempel pas foto jd cerah gt fotony hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kalo pasang lampu tempel, effortnya jadi lebih kan Mir alias lebih rempong. Tapi ya sebenernya kalo udah sampe pake effort berlebihan juga kesannya jadi tepu2 dikit hahahhaa...

      Delete
  6. g photo pakai kamera biasa dengan efek kaca jendela di kost plus angle ok na g, itu aja orang udah pada heboh wakakaka...
    power of make up juga kadang bikin orang suka tertipu lho! hehehe.. makanya ada temen co dia ga mo klo bangun tidur liat istrinya ga ada alis matanya sipit, jadi mo cari yang alami aja hahahah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah angle foto juga ngaruh banget tuh Pit. Cewe kudu difoto dr atas lah biar keliatan lbh langsing etc. Pdhl kalo foto sebadan, malah keliatan bogel kl foto dr atas hwhahahaha..

      Make up berlebihan juga bikin serem. Tapi sejak ada Cam 360 ini, orang males make up aja bisa keliatan kinclong kan?

      Delete
  7. beda dong, xiauxue oplasnya karena suka mencoba semua produk kecantikan, bukan karena dia foto pake app jadi kinclong. dia suka muncul pake baju rumah biasa, dari akun orang lain juga sama aslinya kok bukan karena jelek pake filter trus jadi kinclong dan mendadak pirang. Memang dia berbeda dari zaman dulu, tapi dia pajang foto wujud aslinya, waktu masih culun. dibilang oplas kok rada kasar ya, kesenangan tiap orang beda kan. xiaxue memang suka bereksperimen produk kecantikan, dan sharing apa yang dia pakai. muka bantal dia, muka dia before tanpa make up dan after dengan make up, foto jadul dia, semua dipublish...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe. Ngefans berat sama Xiaxue ya? Tapi kamu nggak nyambung sama topik saya. Saya ngga fokus ke soal oplasnya dia. Saya fokus gimana orang2 obsessed untuk tampil cantik kinclong, bahkan mengedit fotonya sendiri. Saya aja baru tau kok kalo itu Xiaxue beneran dan saya gak fokus sama dia dan saya tulis seandainya itu foto dia, ya mgkn kira2 seperti itu perbandingannya yang bikin cowok kaget. So many people are very obsessed with being pretty and will do anything for it including editing the image of them. Camera 360 is the most instant way.

      PS: on another note, if you said bilang dia oplas dianggap kasar, dianya sendiri aja ngaku oplas dan gak pusing about it. Kamu sendiri pun bilang dia oplas (even though your reason is because she loves to try all beauty products which). Fans2nya kayaknya yg pusing hihihi.

      Delete
  8. Gw sih mendingan foto tanpa efek trus kalo ketemu aslinya dikomentarin: "ih cantikan aslinya yaaa. Iiih kok langsing sih ternyata"

    *eaaa* *ngarep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhhh bener kan Din?? Serasa dapet bonusssss. Eh ternyata gue cakep juga gitu loh hahaha.

      Delete
  9. le, emak gw donk ada apps camera 720 di hpnya HAHAHAHA ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan emak2 juga mau tampil cantik mempesona. Eh ada tapi dipake gak?? Haha. Ya udah lah yg penting emaklu happppyyy hihihi...

      Delete
  10. iya lagi bahas camera 360, tapi foto xiaxue bisa ikut kebawa, yang mana afternya foto xiaxue itu bukan dari efek camera 360, tapi dari produk perawatan kulit, kosmetik, dan diet bertahun2. memang konsekuensi comot foto sembarang dr internet suka ga nyambung sama topik.

    lagian ngapain juga ngambil2 foto orang dan dibahas di blog pribadi, yang lebih ambil pusing siapa? Banyak orang tertipu dengan foto palsu bla bla bla, kenapa juga ambil pusing?

    sy juga bingung kenapa leony tetiba suka ngambil pusing, nulis blog kayak isi tabloid, berasa banget nyinyirnya, mengambil foto asal dr internet yg tdk sesuai topik, hanya untuk menunjukkan dirinya sendiri asli, padahal sih tanpa postingan nyinyir ala tabloid gossip ini, isi blog mengenai kehidupan leony lebih menarik.

    mengapa oh mengapa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh ini lagi ada postingan anonim. Pencinta Xiaxue lagi ya? Kan udah saya jelasin di atas. Kalau ternyata saya tidak berhasil nyari fotonya dan anggep aja kira2 misalnya seperti itu. Apa masih belum puas dengan keterangan di atas?

      Saya tetiba suka ngambil pusing? Sering kok saya nulis2 kayak begini. Soal barang KW, soal orang yg suka omong gede, dan mungkin gak semua orang seneng sama tipe tulisan kayak gini. Saya kan sudah bilang kalau ini opini saya. Kalau ada yang berpendapat lain ya saya terima.

      Kamu komentar anon gak berani kasih lihat nama. Tapi kamu bilang kalau saya cuma mau ngasih tau kalau foto saya asli. Itu opini kamu sendiri kan? Padahal saya lagi memandang fenomena jaman sekarang loh. Kalau kamu menyayangkan gpp kok. Orang pny blog bukan cuma buat nulis kegiatan sehari2 kayak diary. Anyway, saya nulis bukan mau cari aman dan nulis indah2 doang. Anyway, thanks for stopping by dan nulis komentar ini. Artinya kamu peduli sama isi blog saya. Makasih loh yaaaaa....

      Delete
  11. Le, sory gue jadi anonim. Iya gue udah kenal lo kayak apa, gue ngerasa sama dengan anonim laennya, gue kagak ngefans xiaxue lho, rasanya ga nyaman bahas topik yang bikin pihak lain hina karena yg lo sebutin diatas kurleb "gak pede sama muka sendiri."

    Foto xiaxue pun diambil untuk sebuah contoh dari topik yang negatif. Biar kata penjabaran lo bener semua, rasanya kagak nyaman dan malah berasa murahan. Ini topik biasanya cuma sekedar candaan di kantor "luat nih dulunya dia kayak ini, filter app sekarang canggih ya."

    Yaiyahlah gue sama seperti anonym diatas, kita pasti care sama lo...

    Maap hehehe *kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. To another anon, first of all, makasih untuk carenya terhadap isi blog gue. Sebenernya sayang banget pakai anon, karena gue sendiri gak masalah opini macam apapun yang akan orang kasih pada topik yang memang kontroversial dan kata elu emang biasa jadi candaan kantor. Bener dong ya berarti ini topik hangat kalau sampai jadi becandaan kantor. So I guess gpp gue nulis mumpung masih hangat dan memang fenomenal haha.

      Kalau soal gak pede dll, kalau lu baca baik2, semuanya gue pertanyakan dengan kata 'apakah'. Makanya biarkan yg memakai jawab sendiri aja. Dan soal kesimpulannya di karikatur itu, itu gambar dari kartunis Mice yang memang suka menangkap fenomena dari sisi humor, walaupun mgkn beberapa org bakalan tersinggung.

      Gue yakin, ini bukan kali pertama gue nulis soal fenomena2 seperti ini. Dan kayaknya baru kali ini org2 paling gimanaaaa gitu. Ya biarlah postingan ini tetep aja sebagai kenangan kan, kalau di saat gue nulis ini memang hal ini yg lagi trend.

      Delete
  12. aku jg kadang muak sih knp ada yg hobi bingit selfie dan foto2nya MOSTYLY selfie semua. mau diunfollow, sungkan, nasip deh (tp trs tetep diunfollow, huahahahahaha).

    tp mungkin ada jg yg sebel sama aku, hobinya motoin gedung, bunga, rumah, jembatan, plang bertuliskan nama stasiun. hadeh, hahahah. ya udahlah. emg kegemaran org lain2, yg bisa bikin org hepi itu ya lain2.

    btw maap loh klo komenku oot, qeqeqeqeqe.

    ndu.t.yke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tykeee... km jadi pulkam gak?? Haha. Eh iya waktu itu km invite saya kan buat blog. Tapi saya mau log in ga bisa2. Aneh deh. Nanti kl sempet reinvite ya.

      Memang org hobinya lain2. Jaman skrg ini memang org pd hobi selfie n narsis hahaha. Salah satu fotografer terkenal pernah ada yg ngomong gini kira2. 'Nanti di masa depan, kepikiran gak ya punya dokumentasi kok gayanya sama semua.' Dipikir2 bener jg hihihi.

      Delete
  13. 11-12 sama yang suka oplas ya :D gw jadi inget artikel (entah ini asli atau campaign) yg ada keluarga, co&ce nya oplasan trus muka anak2nya ga ada yg mirip ortu nya :D lucu sih liatnya hahaha.

    klo cam 360 gua pernah cobain saking penasarannya gimana muka gua kalo "cakepan" dikit hahaha. iseng2 gua edit ternyata ya emang kulit jadi mulus, nyoba2 kalo pipi gw dikecilin kaya gimana, mata digedein, dsb dsb setelah liat hasil akhir, jadi merasa "this is not me" bangettt :)) jadi aneh rasanya liat muka gua beda gitu. jadi ga pede :D

    tpi gw ga ambil pusing sih sama cewek2/cowok2 oplas dan pemakai camera 360, hak2 mereka aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama elu Ngel. Gue jg tidak melarang orang yg mau pake software sama seperti gue jg ga akan bisa melarang orang pake barang KW. Di postingan ini gue cm menumpahkan apa yg ada di pikiran gue yang mungkin orang lain sebenernya jg punya pendapat sama tapi sebenernya diem2 aja malah jadi gossip sendiri hihihi. Makanya tadi di atas blg sampe jadi gossip kantor. Itu malah ga enak benernya krn ngomongin org yg kita kenal haha. Mendingan dijembreng aja fenomenanya. Biar seru.

      Delete
  14. Jujur sejujurjujurnya.. gue sih lumayan suka mengedit foto. Terutama bagian yg terlihat mencuat kemana2. Hahaha. Tapi ya ga sampe berubah jauh dari aslinya gue. Paling klo muffin top gue kecetak jelas ya gue liquify dikit. Klo rambut gue awut2an gue rapihin dikit. Klo soal putih sori ya eke udah putih dari sononya. Hauhahahaha.

    Gue edit bukan krn ga pede sih. Cuma biar lebih enak diliat aja.

    Btw bocoran nih.. g sih ga suka pake camera360. Gue pakenya mei tiu xiu xiu.. lebij canggih lagi bok. Huahahhahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting kalo menurut gue sih jangan sampe bikin diri kita jadi diri orang lain aja. Kalo sampe menipu diri sendiri itu yg gawat sebenernya. Kadang suka serem sendiri yg idungnya sampe ilang saking terangnya hahahaha.

      Waduh setelah cam 360, cam 720, ternyata ada yang lebih sadis lagi? Mantaabbb hahaha.

      Delete
  15. Ya elah, kamera 360 sering ngehang di kamera gw. Skrg gw pakenya filter di instagram aja. Eh tp kl masukin blog sih foto langsung dari kamera kaga diapa2in lg.
    xiexue gw udah tau dr dulu sih, dan tampangnya kl di blog temennya ya gitu deh, ga di edit jd ga cakep. Tp ya sutralah ya, ga usah dibahas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Soal si blogger Singapore itu kayaknya yg heboh tuh ada yg fans berat. Tapi gak apa2 juga sih. Biar tambah rame hahaha. *lah ini kesannya ngomporin yak*.

      Gue dari HP aja males ngedit apalagi yg dr kamera beneran. Cukup masukin kompi trs meluncur ke blog. Cincai dah kalo jelek2 dikit haha.

      Delete
  16. Parah parah.... kalo mau nulis topik sih sah2 aja, namun jangan posting foto xiaxue dan gadis klingkit, dengan caption yang merendahkan. Pakai etiket kalau ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kenapa kalau saya yang ngeblog dianggap gak pakai etiket ya? Padahal sudah banyak banget yang bahas soal ini, di blog, di forum2, pakai gambar yang sama, bahkan lebih kasar dan sadis2. Jadi kalau saya yg ngeblog harus memenuhi ekspektasi tertentu ya? Haduh cape euy. Saat saya nulis ini, saya tidak berharap untuk selalu disukai atau memenuhi ekspektasi siapa2. Waktu jaman political campaign lebih parah lagi tuh. Kali ini saya jg cm kasih contoh. Bukan bullying. Artisnya aja.. (eh artis bukan sih) gak repot.

      Eh iya, makasih ya udah komentar di sini another anon.

      Delete
  17. Karena penasaran, saya jadi googling lagi, sebenarnya bagaimana sih bentuk ceweknya saat di socmed dan bentuk aslinya yang sampai bikin si Mark bunuh diri. Ternyata bentukannya ya begini ini....

    Dipajanglah foto wendy cheng. Ngapain si xiaxue ldr sama orang filipina, foto hanya sebagai contoh? Nah ga sopan banget pajang foto orang dengan caption ngejek.

    Apa salah gadis klingkit, fotonya dipajang.

    Beda kali, masalah barang KW, pekerjaan orang yang bikin tdk nyaman, semuanya elu gak pajang fotonya kan?? Bahkan toko mawar aja bukan nama asli.

    Nah ini mana netiketnya asal pajang foto dengan caption ngolok2

    ReplyDelete
  18. Selama ini, beberapa topik di blog lu rada pedes, itu sih wajar lah, pengalaman pribadi dishare bisa buat orang lain waspada.

    Lah,,,, ini, pajang2 foto dua orang yang walopun wajahnya bukan asli, tapi sangat ga pantas, apalagi kasih caption yang mengejek.

    Ini topik jelas menarik tanpa bawa2 foto orang2 tersebut juga kami mengerti maksudnya.

    Pakai dong etiketnya, ga nyangka bisa keluar kata2 segitu busuknya

    ReplyDelete
  19. Sepalsu2nya xiaxue dan gadis klingkit, bukan berarti hak elo pajang foto dengan caption mengejek, sebagai study kasus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anon...kamu gak capek ya nulis komen sampai berkali2. Kalau mau nulis 20 kali lagi juga nggak apa2 kok. Saya appreciate. Asik jadi rame. Haters gonna hate anyway. Lagian makasih juga udah baca2in blog saya. Rajin juga ya sampe lumayan hafal isinya.

      Oh iya, mungkin (mungkin loh yaaa..) kamu jarang mampir2 ke forum2 di dunia maya jadi gak pernah ngerti yang namanya meme. Di dunia politik pun ada banyak meme yang pakai gambar orang beneran. Artis dan tokoh politik pun banyak yg diledek habis2an. Artisnya gak marah, eh yg ngamuk malah fansnya hihihi.

      Udah ah. Sekali lagi makasih loh sudah jadi pemerhati setia blog ini. Kalau nggak happy, ya udah deh you have so many options to read other than my personal blog (which of course contains my personal opinion). Makasih ya.

      Delete
  20. Yah walaupun emang sih banyak org yg fotonya nipu di socmed tp masa sampe bunuh diri sih gara gara ditipu begitu doang? Geli banget si mark itu... :p

    Gw blm pernah tau lho camera 360 tp ya mirip mirip yg lu bilang, gw gak perlu lah secara udh ganteng alami. Huahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya itu beneran terjadi Man di Philippines. Jadi berita lokal heboh di sana hahaha. Ya tapi krn cuma berita lokal jadi gak terlalu mendunia.

      Soal kegantengan, orang yg ganteng alami kayak elu, difoto dr blakang aja ud ganteng kok Man hihihihi..

      Delete
    2. Lo sama Man komennya sama gue! Hahaha mau pake camera 360 kek, apaan kek. Grow up lah jadi laki ya. Pake bunuh diri hahahaha..

      Delete
    3. Lelaki galau krn kelewat ngarep..hihi.

      Delete
  21. aduh kok jadi seru yak bahasannya dan komentarnya? hehehe :) Gw sich bacanya biasa2 aja sich... dunia maya ini "kejam" soalnya hehehe :)
    sus gw juga punya tuh 360... kincloonggg.. hehee :) gw sampe ledekin "kinclong amat sus? pasti pake 360 yak?" waktu liat foto di profile WA nya.. dia ketawa aja dan bilang "aah ibu, bisa aja"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga ngga menyangka, karena gue juga gak kenal siapa orang yang mereka maksud, yang katanya terkenal itu dan dipuja2 serta punya fans fanatik. Jadi gue gak pernah punya intensi apapun sih terhadap orang tersebut. Cuma yaaa...gitu deh, fans2nya kelabakan, dan maaf-maaf, kasar bangetttt... *rada mirip sama style idolanya setelah gue search about her*

      Sus gue kagak pake HP yang canggih sih hihi. Dan boro2 selfie. Mau difoto aja suka kabur hihihi. Cuma lately dia suka minta gue fotoin, tapi kalau backgroundnya antik2, seperti sendal jepit raksasa huahahahah...

      Delete
  22. Huahaha... Kok malah lebih seru komen2nya ya. Menurut gua elo emang orang yang opionated dan sah-sah aja lha ini blognya elo. Dan kalau ada yang gak setuju ya jangan pakai anonymous ya, lebih baik ngomong straight forward kali ke elo. Namanya masing-masing boleh punya opini. Obyektifnya sih gua gak ngeliat intensi elo pakai foto yang tyt salah tapi ya wiselah mending dicopot aja:P

    Kalau soal camera 360 gua kadang penasaran juga tapi rasa malas mengalahkan rasa penasaran. Lagian gua gak tll suka pajang foto diri, hampir semua profile pic foto anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi El... seru banget yaaaa.. hahaha. Gue aja sampe termelongo2 lantaran gak kenal siapa itu si orang ngetop. Kemudian yg lucunya org tsb mengatur dia lbh suka gue nulis apaan. Hadehhh... ibaratnya, rumah gue tp org laen yg ngatur isinya. Jd bingung euy.

      Sama El. Males gue gak ada waktu buat edit2an. Ngurus anak aja ud beribet. Udah bs ngeblog seminggu sekali aja udah syukur hihihi. Tp gara2 entry ini.. waktu gue ada tambahan buat ngegoogle si blogger itu hahahaha... *rada kurang kerjaan tp sudahlaaahh.. *

      Delete
  23. Kalo aku kok malah gak suka foto 360 itu ya. Hasil fotonya jadi aneh, putih banget, mukanya malah jadi aneh. Ato emang akunya gak usah diedit dah cakep hahaha *lalu dilempar kamera*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah itu yg kalimat terakhir aja dah hahahaha. Gak dilempar kamera nanti... tp dilempar kue bolu hahaha.

      Delete
  24. Aku gak pake 360 and the gank Le, soalnya bb aku tak bisa diinstalin aplikasi2 macam itu...hihihi


    Btw, itu blogger singapur kyknya ngetop banget ya? Tapi kok aku baru tau gara2 post mu ini ya? hihihi..kemana ajaaaa :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, BB yang baru kayaknya udah bisa Lis, kalau yang lama emang ya gitu deh limited pisan... udah pensiun dr ampir 2 thn lalu tuh BB saya haha dan terakhir kepake bbm doang.

      Nah itu juga saya bingung berat. Ya mayan deh kemarin jd spend time googling dia gara2 bingung knp di bash dimari. Kalo gitu anggeplah dia ngga gitu terkenal ya Lis, buktinya kita gak tau! HAHAHA *abis ini siap dibash lagi sm fansnya*

      Delete
    2. BB ku bb10, Le, tetep nyaman pake bb krn masih ada keypad fisiknya..wkwkwkwk...maklum, nasib tangan keringetan gini agak2 gak kompatibel kalo sama yang full touch screen. Tapi aku baru tau lho klo di bb10 udah bs diinstalin camera 360..ehehehehe...soalnya gak berasa butuh jadi gak kepikiran buat cari tau juga.. :P

      Delete
    3. Hahahaha. I have no idea jg Lis. Soalnya terakhir pakenya msh Onyx 2. Jd kalo yg baru denger2 sih udah lebih compatible with many apps. Aku jg dulu mikir bakalan susah kl pake full touch. Tp ternyata enak hahaha.

      Delete
  25. aku baca ini pas di ipone dan anehnya ga bisa comment.
    dan sungguh orang aneh gitu bisa ada fansnya?
    amit-amit ketok meja amit-amitt.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, siap2 Madammm.... nanti penggemarnya panik krn lu bilang idolanya aneh hahaha. Gue jg bingunggg... hardcore fans garis keras!

      Delete
  26. le, ada aplikasi lain lagi selain camera360 yaitu line camera.
    bisa edit muka jadi tirus, mata jadi belo, idung jadi mancung, payudara jadi besar, kulit kinclong.
    mantap dah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh... mau cam 360 atau apapun itu, serem gue kalo udah bikin diri kita looks like orang lain. Kemarin gue baca ada yg koplak banget loh, ada transaksi prostitusi yang gagal gara2 cabe2annya gak sesuai bentuk di foto trs "client"nya kabur huahahaha...

      Delete
  27. baca ini lebih seru bacain komennya mbak le. aku sendiri pernah install tapi ga ngerti dan males banget harus poles sana sini. lagian, udahlah aku sadar diri. udah beranak dua, ya ga mungkin juga aku bisa sekinclong jaman gadis dulu. yang penting suami cinta dan bagi anak, aku yang paling cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emangggg... seru ya komen2nya. Mungkin kalau saya nggak minta dia stop bakalan ada lebih banyak lagi huahahahaha. Anggep aja hiburan lah, dan jadi nambah2 "ilmu gak penting" soal tokoh baru hihi. Sama Vi, saya jg sadar usia gak bisa dibohongin. Kalau mau ya rawat diri secukupnya,pastikan anak dan suami sehat dan sayang, kitapun bahagia.

      Delete
  28. muka gw jadi aneh dan ngga real kl pake 360... biar pori2 agak gede... jerawat bbrp muncul dan tenggelam... kesan nya 1 sie, pake 360 itu artinya ngga pede sama kenyataan bentuk diri sendiri, padahal kita di ajarin untuk selalu bersyukur :)...

    salam,
    aneke

    ReplyDelete
    Replies
    1. You get my point. Beberapa orang kan memang kepingin terlihat sempurna.. sempurna versi dia loh. Bukan versi orang lain atau versi sang pencipta. Ya sah2 aja sih gak ada yg larang juga ya pake software hehe. Cm bingung aja sama reasonnya yg kadang pakai edit berlebihan. Makanya sy pertanyakan di post yg ini hehehe.

      Delete
  29. ci, ini salah satu link yg menampilkan wajah asli cewe si mark http://www.hotmagz.com/2014/08/pria-ini-lompat-bunuh-diri-setelah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh... ternyata sampe 4 situs berita ya bukan cuma 3 yang menampilkan foto si blogger Singapore sebagai wajah girlfriendnya si Mark. Kalau gitu boleh deh fansnya silakan nambah bashing site yg itu juga hahahaha.

      Delete
  30. Seru ci komentarnya.. :p

    Bener lah ci, gak usah diladenin. Haters gonna be haters. susah. :D

    Aku pribadi juga gak suka ada pake kamera 360 atau yang skali jepret bisa bikin beda hasilnya. Kalo maen angle foto masih okelah yah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruan baca komentar ya daripada isi blognya hahahaha. Haters gonna hate itu emang istilah yang pas banget. Sama juga kayak hardcore fans, bakalan hardcore doesn't matter idolanya ngapain, pokoknya bener terus hihihi...

      Maen angle ya gak apa-apa asal jangan niat tipu2 alias gak jadi diri sendiri. Toh gak ada juga orang yang misalnya mau difoto dari sisi yang ngga bener (misalnya dari bawah gitu? Huahahha)

      Delete
  31. Gue baru tau ada yg namanya apps (bener ya apps?) camera 360....hahahahahhaa....andaikata itu apps bisa bikin org jadi lebih cakep di asli nya juga, baru canggih! hahahhahahahah.....*kebanyakan ngayal*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Gih sono cobain Nan... tp gak usah lah ya secara aslinya jg ud cakep kan hahahaha.

      Delete
  32. Buset komen orang2 kok kayak gini banget ya? Blog juga punya siapa kok anon2 itu yang pada ribut.. *sigh* sbenernya gw juga suka edit foto sih dulunya cuma skrg jadi maless haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya sih edit foto itu seru kalo buat lucu2an atau sekedar memperbaiki kualitas foto such as HDR buat pemandangan. Tp kalo udah yg sampe ngubah diri.. itu yg ga asik. Anon2 pada ribut soalnya mirip sama tokoh idolanya yg emang hobi nyari ribut hahahhaha.

      Delete
  33. Hai Ci Leony, postmu kali ini cukup menarik untuk dibaca.
    To be honest, saya agak gimana gitu baca comment dari para anonimnya.
    Tapi salut dengan Ci Leony yang kepikiran untuk buat post seperti ini, plus berani untuk menghadapi semua comments yang nadanya nyinyir gitu.
    Thanks for sharing ci :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal postingan fenomena gini saya memang suka bahas. Pasti ada pro dan kontra tp ya gak pernah sampai sekasar itu. Toh kita kan di sini seneng kl bisa diskusi asik.

      Ya pas mereka komen2 sangar gitu, jujur saya kaget sih apalagi ngatainnya kok kasar. Tapi ya saat itu saya jawabnya santai dengan mikir haters gonna hate. Tp pas tau kalau tokoh yg diomongin agak mengerikan di dunia perbloggingan, jd paham hahaha. Mendingan gak usah diladenin lagi deh.

      Delete
    2. Haha, iya ci. Anjing menggonggong, kafilah berlalu. And yes, haters (will always) gonna hate.
      To be honest, saya engga tahu berita ini sampai baca blogmu ci. So once again, thanks for the sharing.

      Delete
    3. Sama2! Beritanya sih beneran, cuma fotonya doang yang salah dipajang sama situs beritanya hihihi. Sebenernya penasaran sih, itu 4 situs berita yang salah itu pernah di bash gak sih sama si blogger tsb dan fans2nya?

      Delete
  34. Woww....baru baca ternyata uda rame nih cii...Iya camera 360 tuh fenomena banget yaa..bisa ada filter yg bikin bibir oren kaya abis makan chuba..jujur jaman dulu 360 lg booming bgt aku juga suka nyobain..hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chuba itu apaan Rib? Chupacup gitu ya kayak lolipop? Haha. Iya gpp dicobain krn penasaran ya. Aslinya jg ud cakep kan hihihi.

      Delete
  35. Camera360 aku jg punya dong ci! Ikut2an tren ceritanya duluuu. Tapi ya yg diedit dikit doanglah, kek ada jerawat2 gitu. Aku setuju ci, kl udah emak2 duh ya ngapainlah ya pake apps2 gitu hihi. Yah kl buat profpic sosmed bolelah, tapi kl smua mua foto kudu diedit mukanya mah agak lebay yaa. Btw, aku baru pernah denger si xiaxue ini loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fixing dikit2 cincai. Toh kamera DSLR aja ada fungsi demikian. Tapi kalo sudah mengubah bener2, sampai org gak kenalin dan gak sesuai aslinya, itu yg gawat hehehehe. Yah ibu2 mgkn jg mau eksis.

      Sama dong, baru pernah denger jg. Berarti kagak top2 amat yak. Or mgkn interest saya gak ke situ.

      Delete
  36. Pastinya saya yang awalnya ga tau xiaxue, sekarang jadi ngeliatin blognya ....
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan kan dia jadi nambah "terkenal" gara-gara saya accidentally pasang foto dia hahahaaha. Mestinya bersyukur ya fansnya, bukan ngamuk2 hihihi...

      Delete
  37. bener loh... komennya seru2 hahahaha... gua pernah download 360 tapi ga pernah dipake sama sekali...uninstall dah hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik ya Mel baca komennya, apalagi yang dari anon hihihi. Lumayan buat kenang2an nanti pas tahun berapaaa gitu balik lagi baca ini, pasti senyum sendiri bacanya.

      Delete
  38. Wihhh wihhh....jadi rame yaaa le. Seruu aja. Gua klo foto malah kagak pede klo pake 360... Hadeuhhh piyee tohh?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Kalo gue mikir pake 360 aja ngga. Soalnya so far kl liat yg editan itu idungnya jd pada ilang semua hahaha. Iya tuh jd rame dan seru deh post yg ini. Pdhl kaga ada niatan.

      Delete
  39. serasa baca berita online tapi komentatornya kaya di pages j*nr* yg ngeri2 bahasanya kl komen hahaahha serasa nggak pernah mengenyam pendidikan formal PMP/PKN yg mana harus hidup rukun, harus sopan
    kesimpulan dunia socmed memang mengerikan dibanding dunia nyata 🙈
    harusnyakl org baca blog ini tau karakter lu berarti kl lu berani menulis opini yg mana blogger idola belom tentu berani disatu sisi harusnya juga kl lu memuji berarti tulus apa adanya bukankaya orang munafik memuji2 biar dipuja sama orang 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... dunia socmed memang kejam. Mgkn bukan ga pernah kelas PKN Fel... tp emang sudah blinded by the character aja hihi.

      Spt bu Dok Elisa blg.. gue orgnya memang opinionated. Tp bagus ya bagus jelek ya jelek. Berusaha apa adanya... bukan ada apanya hahahah...

      Delete
  40. Le, serem bener sampe mati cuman karena kuciwa liat muka asli ceweknya.
    Aku juga gak pake camera 360 itu karena ngeditnya palsu banget haha. Cuman tetep aja aku punya app editan foto di hp, snapseed :) paling cinta deh. Cuman kayaknya gak bisa bikin foto jadi keliatan kurus atau kinclong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Non. Parah bener ya kecewa sampai bunuh diri.

      Ssoftware edit foto emang banyak dan banyak yg berguna untuk korektif. Tp seperti yang Mice ungkapkan.. kalo cuma buat 'nipu' diri sendiri mendingan ga usah dipake hahaha.

      Delete
  41. Jangan2 yang comment itu marketingnya xiauxue. supaya pada nyari blognya dia. Gue aja jadi ikutan penasaran siapa dia. wkwk.. loh kok jadi comment-in commentnya ya.. kikik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... kalo gue liat sih rasanya bukan marketing dia, tapi pembaca blog gue yang ngefans sm dia (up to blinded by her) . Buktinya tuh anon sampe tau2 soal tulisan2 lama gue. Sebenernya kasian tu si anon, merasa "mengenal" diri gue, padahal sebenernya dia gak kenal sama sekali alias sok kenal hihihi.

      Delete
  42. Itu anonim kok IPnya rata2 sama ya.

    Sebenarnya harus dibuat hukum penipuan dalam bentuk foto, sejak ada kamera begini makin banyak yang narsis berlebihan -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Ron kamu sempet ngecekin IP ya? Hihi. Soalnya kl saya sih mikir anjing menggonggong kafilah berlalu saja deh. Tapi boleh jg bantu dincek kali2 ada yg pake nama tapi IPnya sama kayak yg anon. Abisnya katanya kan dia mengenal saya banget hihihi.

      Narsis berlebihan gpp sih haknya org tsb, asal jangan pny maksud kurang baik dan memberikan kesan yang salah ya. Hasilnya bisa berabe!

      Delete
  43. udah lama ga blogwalking, eh sekalinya nemu postingan (rangkaian comments) yang seru bgt! hihihi

    si famous blogger itu hebat bgt ya bisa sampe punya devoted fans begitu macam agnez monica *bravo* *nyinyir* *siap-siap di bash*

    eniewei, gw mau share cerita donk soal ketidakpedean dengan diri sendiri. jadi jaman mirc dulu gw pernah kenalan sama satu cowo, dari chatting, tuker nomor hape trus dia minta dikirimin foto. Karena ga pede, gw kirim aja foto gw rame-rame. waktu itu ada 3 cowo dan 2cewe yang foto. Pas dia terima dia kira temen gw adalah gw karena muka gw ketutupan border ala-ala photobox dulu (jd keliatannya cm ada satu cewe di foto!) hahaha dan itu semua gw lakuin dengan sadar karena ga pede ama muka gw. haha gelo dah

    asli masih geli sendiri sampe sekarang klo inget :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha. Agmon mah masih mending punya prestasi beneran. Album ada, suara bagus, walaupun tingkahnya emang suka nyeleneh. Lah kalo yg blogger itu? Hihihi... makanya gue blg dia notorious alias terkenal tp not in a good way.

      Waduh... masih main MIRC ketauan umurnya hahaha. Wah sampe skrg msh jadi misteri gak tuh alias apakah si cowo finally tau the verdict? Hihi. Gpp geli sendiri mengenang masa lalu. Dulu gue jg suka foto2 artistik gitu... biar kesannya jadi cewe misterius dan skrg kl diliat lagi foto2nya jg bikin geli hihi.

      Delete
  44. Komen gue beda sendiri kayaknya yaa..
    Pertama: gue gak pernah pake camera 360, dan kalo ngedit foto di Instagram, seringnya pake Picsart yang buat efek bokeh gitu alias cahaya2 matahari hahaha..

    Anyway, laki galau manaaa yang mau bunuh diri? Apa si lelaki jelek bener sampe desperate gitu pas tau si blogger aslinya jelek, dan dia drop karena gak yakin dapet cewe lain lagi trus terpaksa loncat dari lantai 4? Di mall pula?
    Dont you think he was a drama king? Please lah..

    Ada berita juga kan tuh yang suami filing cerai karna anak2nya jelek, although gue gak membenarkan tindakannya, tapi i think it is more of a gentleman. Si cewe berani gak jujur, so she got her payment kan.

    Hadoh so drama deh, orang bunuh diri karena beban pendidikan (kayak students di Jepang gitu), or utang milyaran, eeh ini bunuh diri karena muka pacarnya jelek.
    Come on, hahaha at least when you want to commit suicide, find a better problem gitu deh. Or a nice and more elegant way to kill yourself hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah My... cerita si laki2 bunuh diri itu ga ada hubungannya sama si blogger heheheh. Makanya tuh fansnya si blogger protes berat sampe anon2 komen hahaha.

      Justru gue tergelitik sama berita itu My. Itu sih memang contoh extreme dan menurut gue cowo itu emang dodol. But banyak banget contoh2 kecil di kehidupan nyata yang ternyata banyak orang 'ketipu' sama editan dan kecewa berat pas ktm aslinya walaupun ga sampe bunuh diri. Gue baca banyak banget di forum2, sampe cerita nyata temen2 sekitar gue kejadian sejenis. Too bad ya hari gini banyak org galau yg lupa melihat kalau banyak hal yg lbh penting dr sekedar front page... and if we talk about drama queen and king.. wuihhh... banyakkkkkk... hihihi. Di socmed aja seabrek My.

      Delete
  45. seruuuuu banget postingan ini. hehehhee.... aku jadi bisa belajar banyak.

    * si blogger dari singapore itu bikin aku kagum setengah mati, sampe ada penggemar yang bela belain dia sebegitunya.sampe kayak artis beneran. padahal cuman blogger aja. pastinya dia special banget tuh.
    * si cowok filipina itu... gak tau deh mau ngomong apa. masak masalah begitu aja sampe bunuh diri. bukannya anak anak muda jaman sekarang udah pada pinter pinter ya, pasti mereka tau lah... ini foto hasil editan, ini foto gak asli.
    * 360 emang aplikasi yang luar biasa. jelek jadi cantik. tapi biasanya sih dipake anak anak muda ya. Kalo udah tua kayak aku nih lebih suka pake pixlr.
    * haters tetep aja haters, mau komen geblek atau yang well educated, tetep aja haters ya... but thank you anyway. you look so wise in facing them. aku masih harus banyak belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger Singapore itu sih lbh ke arah notorious ya daripada famous. Ngomongnya gak disensor, tukang cari masalah sama orang lain, tapi ya banyak yg ngefans. Jujur makin ke belakang makin gak beres aja tuh berita soal si blogger tsb.

      Mungkin aja si cowok filipino itu tau kl ga secakep itu. Tp kalo jauh buangettt ya shock jg kali hahaha. Yg jelas dia sih dodol ya sampe sebegitunya.

      Soal ngadepin komentar, kudu nyantai aja kali ya. Biarin yg ngomen ga enak keki sendiri hahahaha.

      Delete
  46. Saya baru denger ini camera 360, hihi..kuper :p Salam kenal ya mbak. Yang asli tentunya lebih baik bagus lah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Camera 360 malah udah ketinggalan skrg. Banyak katanya yg lbh canggih. Tp biar gmn jg alami lbh asik biar org ga kaget pas ketemu benerannya hehe.

      Delete