Wednesday, August 27, 2014

20 Bulan Memberi ASI

24 Agustus 2014 lalu, Abby tepat berusia 20 bulan. Banyak tingkahnya, nggak bisa diem, saingan Dora the Explorer, tapi versi bandelnya.

25 Agustus 2014, hari terakhir saya memompa ASI. Kanan kiri, lengkap dengan pijatan perah dua kali pagi dan malam. Hasilnya... barely 20 ml for the whole day. Setelah mempertimbangkan masak-masak, that's it. Saya akhiri untuk saat ini perjuangan saya memberi ASI.

Sebenernya saya punya cita-cita besar kasih Abby ASI sampai dia umur 24 bulan alias 2 tahun. Tinggal 4 bulan lagi padahal. Tetapi sudah sejak beberapa bulan lalu, Abby tidak doyan ASI lagi. UHT pun dia tidak doyan. Tapi dia doyan makan, dari mulai nasi daging dan sayur, plus dia doyan sekali cemilan yang saya buat: cake, cookies, yang kadang saya selipkan susu di dalamnya. Tapi kalau dikasih ASI ataupun UHT langsung? Kaburrrr... Bahkan untuk kasih ASI ke dia, kepaksa saya harus pakaikan dot dan agak "dicekokin" walaupun dia akhirnya ngenyot juga. Buat beberapa ibu, nyapih setengah mati. Buat saya, malah sebaliknya. Abby nyapih sendiri. Harus bersyukurkah? Yak bolehlah ini disyukuri dan ambil sisi positifnya.

Sejak saya mengajar tahun lalu, otomatis saya jadi lebih jarang menyusui langsung. Pada saat Abby 8 bulan, giginya mulai tumbuh, mulai juga dia menggigit-gigit puting saya. Akhirnya setelah itu, saya kasih susu via botol. Tetapi saya tidak berhenti untuk mompa beberapa kali sehari, berapapun hasilnya. Dari mulai bisa di atas 800ml per hari, sampai akhirnya pelan-pelan ASI saya berkurang, seiring dengan nafsu makan Abby yang meningkat kalau melihat solid food. God is fair, right?

Konsumsi ASI Abby juga menurun, karena dia lebih doyan makan. Saya sempet concern dan tanyakan ke dokter, karena Abby cuma mau makan terus, gak mau minum susu sama sekali. Kata dokter, justru itu bagus, karena ternyata susu bukan sumber energy satu-satunya dan utama. Banyak sekali sumber makanan yang bisa diberikan kepada Abby, dari nabati dan hewani. Justru dokter senang melihat Abby doyan makan, dan selama ini, dia selalu mengkonsumsi makanan sehat buatan mamanya. Kekhawatiran saya pelan-pelan luntur, dan akhirnya, saya relakan untuk tidak lagi memompa payudara (yang sudah turun kayak pepaya Bangkok kempot ini).

Gimana perasaan saya? Bittersweet. Banget. Masih ingat saat-saat dia di pelukan saya dari masih merah, dengan semangat mengeyot ASI. Saya yang waktu itu buta banget cara menyusui, berjuang habis-habisan dengan ASI yang minim, supaya Abby bisa lulus ASIX, sampai kena mastitis, dan ternyata dia bisa jadi anak full ASIX sampai umur setahun. Masih ingat gimana dia tadinya begitu bergantung pada saya untuk menyediakan sumber makanan utama untuk dia, sampai akhirnya sekarang dia bisa lepas alias independen tanpa ASI lagi. Ngebayangin bayi kecil yang merah itu sekarang sudah bisa lari-larian dan bernyanyi, duh... jadi bikin mewek. Padahal saya bukan orang melankolis.

For this 20 months of fighting, I think I should pat myself on the back.

And now, let's go on diet!! TU WA TU WA TU WA! *niat besar, tenaga kurang*

Stock ASI sisa-sisa perjuangan sampai hari ini
20 months old "Abby the Explorer" doing grocery with Mama



43 comments:

  1. Baca ini jadi keingetan kakakku, Le. Sejak usia 2 bulan stop susu sama sekali. All kinds of milk! Mau ASI, mau susu kaleng, semua dia tolak. Bayangin, anak umur 2 bulan, cuma dikasih air putih doang dan trus akhirnya dikasih makan pisang (jaman dulu sih ya, pisang itu terfavorit para ibu :D), cuma gak kebayang aja itu mamaku gimana ketar-ketirnya punya anak bayi yang gak minum susu sama sekali. Tapi puji Tuhan dia sehat-sehat aja, makannya jauh lebih pinter dari aku, dan tinggi badannya malah lumayan jauh lebih tinggi dari aku padahal aku minum ASI sampe puas gak mau lepas dan waktu kecil doyan banget minum susu. Mungkin karena kakakku makannya bagus, jadi kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dari makanan2 itu, sementara aku ngandelin susu doang, makannya susah :D -> ini antara mo komen sama mo curhat penyesalan masa lalu yang waktu kecil susah makan sebenarnya...hihihihi

    Selamat diet ya Leony, senangnyaaa...udah bisa diet tanpa rasa bersalah..hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wowww... kakakmu perutnya hebat juga udah bisa masuk pisang dr umur 2 bulan. Abby pas pertama kali makan pisang, saking doyannya sampe sembelit hehehehe.

      Memang ya, Tuhan pasti atur yg terbaik buat kita, yg terpenting kitanya dulu harus usaha dan ga gampang nyerah.

      Delete
  2. Abby the explorer seneng bngt kayanya diajak grocery hehehee.. semangat ce dietnyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia happy diajak jalan2 kemanapun hahaha. Grocery apalagi. Kayaknya udah bosen cuma muter2 rumah hihi.

      Delete
  3. 20 bulan udah keren banget sih menurut gw walau ga sesuai target ya... Keren, Le!
    Raka kayanya yang calon susah disapih nih. Makan mood2an, kadang gampang banget, kadang emoh. Doyan banget nyusu dan cuma mau nyusu langsung. Sekarang belom mao gw pikirin, liat nanti aja.
    Semangat diet! Gw juga harus nih... nanti. Sekarang masih ada excuse. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mgkn ada hikmahnya jg gue jadi working mom saat itu dengan sendirinya Abby tersapih dan minum dari botol. Dan karena doyan makan itu malah akhirnya mulai ga ngefans sm rasa susu. Bagus si Raka msh nyusu langsung Din. Msh setahun jg kan, semangat terus! Mgkn kl gue nyusuin lgsg terus, Abby msh nempel nih hahaha.

      Delete
  4. dari pengalaman kita dengan 2 anak, emang anak yang bisa minum susu dari botol bakal nyapih sendiri. kayak si emma. sementara anak yang selalu nyusu langsung (kayak andrew) itu yang susah nyapihnya. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Man, dulu mnm susu dr botol all the time itu mulainya sebulanan setelah gue mulai ngajar. Pdhl tdnya gue pulang ngantor msh ngasih ASI lgsg. Yah ada blessingnya jg deh.

      Delete
  5. 20 bulan pompa ASI! Keren banget.. hehe..
    aku selalu liat2 blog mbak Leony buat referensi, waktu mau beli barang2 buat Zafran juga.. mudah2an bisa terus semangat memompa seperti mbak, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal2 kasih langsung Del, blakangan baru pompa hehe. Apalagi back to work kan waktu itu. Mompa itu emang butuh dedikasi juga. Seringkali ud cape tp hrs dilakukan or else ASInya cepet surut. Sip deh, selamat liat2 blog saya hehe. Tp saya ga banyak nulis detail barang2 jg sih.

      Delete
  6. plok plok applause utk leony. udah berhasil 20 tahun kasih ASI.
    perjuangan utk working mom kasih ASI itu kan ga mudah. :)

    pinter ya si abby bisa menyapih diri sendiri. dulu gw menyapih dhika sm rania susah bgt.

    hehe yakin mo diet le. tar udah langsing singset eh ga taunya udah isi lagi adeknya abby hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. LIMMMM.... 20 tahunnn??? I know itu typo tp malah jadi lucu hehehe. Kalo 20 tahun, dada gue jd keriput n rata kali ye.

      Ya seandainya ud langsing singset terus nanti isi lagi, at least starting weightnya udah lbh rendah Lim. Eniwei... kapan ya gue langsing n singsetnya hahaha.

      Delete
    2. wakaka maaf kok salah tulis jadi tahun :p

      Delete
    3. Dimaafkaann... *salaman*

      Delete
  7. salut le, bisa sampai 20bulan. butuh niat dan perjuangan banget utk bisa sampai sejauh ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan Wid. Sedikit under the target tp apalah artinya target2an deh as of now hahaha. Banyak hikmah yang diambil, and yes it was a tough fight. Tp worth every drop hehe.

      Delete
  8. bisa nyampe 20 bulan itu uda hebat loh... mudah2an gua juga bisa hehehehe... tapi emang kalo nyusu langsung susah nyapihnya ya... kayak keponakannya si suami, uda umur 2,5 taon masih nyusu langsung... dan sebenernya itu lebih biar anaknya comfort aja... uda ga ada gizinya lagi... kata iparku sih gitu hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan WHO itu sampe umur 2 tahun Mel. Setelah itu memang lebih ke arah comfort. Makanya gue rasa ada blessing in disguise juga krn Abby nyapih sendiri.

      Delete
  9. aduhhh kebalikan sama gw nih.. awal2 Joanna lahir, ASI meluber kemana2 sampe kudu beli 1 freezer 6tingkat punya buat nampung stok asi. seiring jalan, ASI gw makin dikit, dan gw sadari itu karena gw males mompa. Gw males mompa bukan karena males gimana gitu, tapi males karena ga tau mau taro dimana lagi tuh ASI. sekarang baru gw kejar lagi stok nya, karena stok juga lama2 udah menipis. Mudah2an Joanna bisa tetap asi sampe 1th la minimal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Fun! Keep pumping. Gue yakin cukup buat Joanna. Bisa naik lagi sih kalo sering mompanya. Pasti bisa. Hebat elu frezer bisa penuh. Gue boro2. Kulkas kosong mulu awal2nya. Suka sedih mikir ngapain beli kulkas baru hahaha.

      Delete
  10. wah pas banged gw baca ini.. Beberapa hari belakangan gw mikir-mikir mau kasi susu tambahan mulai kapan. Karena rata2 temen gw kasi susu tambahan begitu umur 6 bulan keatas. Gw sendiri masi maju mundur nih bingung mau beli susu kaleng apa gak, trs susu kaleng apa juga bingung hahaha. James 10 bulan, tapi gw klo pompa sih hasilnya ga banyak, seringan nyusu langsung, idealnya sih selangseling botol dan nyusu langsung yaa.. Tapi apa daya gw di rumah, sungguh bawaannya lebi enak buka lapak sodorin langsung drpd ribet merah trus kasi ke sus.. #mamamalas -_-' James minum botol klo pas gw pergi (...masalahnya gw jarang pegi)

    Brati dari 8 bulan sampe 20 bulan itu km merah terus le? hebattt lhoo.. rajin bangedd. Untung ya abby gampang nyapihnya

    Btw le, brati asi aja tanpa susu tambahan apa2 gapapa ya? sbab dulu temenku perna bilang klo dokter di singapore bilang asi sebaiknya sampe 6 bulan aja abis itu dah ga ada gizinya - masaa sih?? gw rada ga pecaya cuman jd gundah aja dengernya hahaha


    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut WHO ngasih ASI itu kalau bisa sampai 2 tahun Teph. Bukan ga ada gizinya, tapi beda komposisi gizinya. Abby bener2 ASI aja tanpa tambahan sampe setahun. Terus pas setahun gue ksh UHT tp ga doyan. Jadi sampe 1.5 tahun ASI thok sama makan. Terus gue coba ksh UHT lagi dan tetep ga doyan. Akhirnya gue ke DSA dan dibilang gpp ASI sedikit bahkan ga perlu tambah UHT asal makanan bergizi. Terus dia blg kalo susu itu bukan sumber gizi utama.

      Iya gue mompa doang dr Abby 8 bulan dan seterusnya. Seringkali sampe ngantuk2. Trs kl di sekolah ruang pompa di lt. G, dan kelas gue kudu naik 5 lantai pake tangga. Capeee... hahaha.

      Delete
    2. hebatt bok, klo gw mompa doank mungkin ga betah selama itu. tapi brati lu dah kurusan donk le? kan naek turun tangga 5 lante tiap ari? hihihi

      Ohh gitu ya, iya sih asal uda mau 2 taon n makannya oke sih should be okay :D dsa lu siapa si?

      Delete
    3. Naek turun tangga iya, tapi gue ga bisa ngurangin makan, soalnya kl ga makan ASInya langsung mamfet... huks... jadilah gue tetep makan banyak n ga kurus2. Paling betis yg jadi kencengan hahahaha...

      DSA gue dokter Sumarwoto. Udah tua hehehe.

      Delete
  11. Wah masih banyak stock ASI-nya di freezer.
    Cooler bag ikut dimasukin kedalem freezer?

    Hebat lho bisa ampe 20 bulan. Gw mompa 10 bulan aja, setengahnya doang hahhaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Xiao, cooler bag medela itu dalemnya kan ada sekalian blue icepack medelanya. Jd gue taro dalem sekaligus biasanya hehehe. Itu stock ASI tinggal dikit, gue pikir buat jaga2 doang kl anak ga gitu fit.

      Delete
  12. booooook 20 bulan stok masih segitu mah hebring be'eng kelessssss *kenapa gw jadi alay begini?*
    btw yah kata dokter lo gpp minum ASI sedikit asalkan makan mknan bergizi? berarti hrsnya gue gak usah nambah sufor dong? gw kasih grace minum asi 3 botol sehari + 1 botol sufor. Dia kalo siang jarang minta susu sih. mintanya kalo mo tidur doang. Tp apakah saran dokter lo itu applicable buat baby dibawah 1 thn? *kayaknya gw mending tanya dsa gw yah hahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo baby under 1 thn kayaknya ASInya tetep hrs rada banyak tp berkurang gpp asal diboost makanan bergizi. Gue rasa sekitar 600 sehari ud cukup deh Mel kl dia doyan makan ya. Si Abby makan nasi aja 4 kali sehari hahahaha.

      Delete
  13. Hahaha pepaya bangkok kempot ya leee... *tos dulu donk*
    Push up bra sudah tidak mbantu ya bok. 😣

    Btw 20 bulan mah udah keitung hebring !!!! Mgkin tastebud anak seumuran abby juga udah developed banget kali ya. Udah merasakan anehnya rasa ASI.. jd udah ga doyan..
    Baguslah klo suka makan le.
    G lg puyeng kenny susah bgt mknnya. 5 suap aja sukur alhamdulilah. Buah ga mau juga. Doyannya susu.
    Lah kebalikan banget ya ama abby..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Push up bra itu cuma PHP alias pemberi harapan palsu hwhahahaha. Gue jg ga pernah pake push up. Ga enak cuy rasanya gimanaaa getu.

      Iya kok si Ken bs kebalikannya Abby ya. Dikasih makanan yg dia doyan aja kali Na.

      Delete
  14. Hebat ci, uda 20 bulan ngasih ASI nya :)
    Sebenarnya bagus ci uda makan nasi, soalnya kadang agak susah kan anak mau pindah dari susu ke nasi :)
    Semangat dietnya ya ci :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurnya emang Abby doyan makan itu. Kalau ngga sih ketar ketir juga. Yang ini justru mayan cepet pindah ke nasinya hahahaha.

      Delete
  15. Hebat Le, 20 bulan dan banyakan dipompanya. Dulu gue 13,5 bulan terus nyapih Madeline, karena Madeline cuma nyari nenen kalo malem aja, kalo siang udah nggak nyari nenen sama sekali kecuali ditawarin. Tapi emang ya masa-masa nyusuin itu menurut gue romantis banget. Dulu kalo gue udah buka lapak, Madeline langsung ketawa-ketawa bahagia gitu. Lucu banget deh.

    Gpp lah Abby gak suka minum susu kalo makannya banyak. Sehat-sehat terus ya Abby!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha romantis ya dan penuh cinta. Kalau skrg masa romantisnya berganti dengan mainan sama anak yg kadang bikin punggung lemes hahahaha.

      Delete
  16. kalau bahasa temen kuliah gw yg cowo dulu bilangnya : nenennya gede tapi jebroy dulu gw sampe mikir maksudnya gmn tuh... setelah gw baca pepaya bangkok kempot mungkin kira2 itu korelasinya hahahaha

    gak apa2 20 bulan perjuangan itu patut di jadikan memory, yg namanya mompa emg butuh usaha keras ketimbang buka warung doang. Nanti giliran dedenya Abby jangankan 20 bulan pasti bisa 40 bulan... buruan ke Maldives hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jebroy itu temennya asoy geboy ye. Asoy geboy jebroy hahahaha. Kayanya kalo jebroy itu ukurannya gede tapi turun Fel. Kalo gue kan kempot hahahah. Eh turun pulaa...

      40 bulan mompa terus?? Rata itu maahh!! Mau sponsorin gue ke Maldives?

      Delete
  17. Keren lho bisa ampe 20 bulan mengASI *twothumbup*

    Hidup pepaya kalifornia *eh:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berharap bisa 2 tahun, tapi udah bersyukur masih bisa kasih segitu lama. Ngga nyangka mengingat dulunya susah banget. HIDUP PAPAYAAA!

      Delete
  18. Waaa sisa asinya banyak banget, hehe kreatip loe jadi asinya dibuat bikin kuenya abby ya hehehe daripada mubazir ya hehe tapi iya bagusan gitu Le, abby malah lebih suka makan daripada susu, ketimbang si alice ini lebih suka susu daripada makan until now!! Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang buat bikin kue tuh UHT Lyd. Bukannya ASI hehehe. ASI kan ga bisa dimasak. Skrg ASInya buat jaga2 ke depannya aja kl dia ga enak badan di boost ASI. Kan tahan 3 bln kl di freezer.

      Delete
    2. Oo haha iya jg ya asinya ga bs dimasak lol..

      Delete
  19. Congrats Le! 20 months is a great achievement!
    Jadi ASI mesti diminum plain gitu aja ya? gak bisa dicampur ke makanan or minuman lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Nan. Tapi gak boleh dimasak. Misalnya nanti buat MPASI perdana, kita masak dulu gasol organiknya. Pas mau dikasih makan ke anak, baru deh ditambah ASI.

      Delete