Posts

Showing posts from August, 2014

20 Bulan Memberi ASI

Image
24 Agustus 2014 lalu, Abby tepat berusia 20 bulan. Banyak tingkahnya, nggak bisa diem, saingan Dora the Explorer, tapi versi bandelnya.

25 Agustus 2014, hari terakhir saya memompa ASI. Kanan kiri, lengkap dengan pijatan perah dua kali pagi dan malam. Hasilnya... barely 20 ml for the whole day. Setelah mempertimbangkan masak-masak, that's it. Saya akhiri untuk saat ini perjuangan saya memberi ASI.

Sebenernya saya punya cita-cita besar kasih Abby ASI sampai dia umur 24 bulan alias 2 tahun. Tinggal 4 bulan lagi padahal. Tetapi sudah sejak beberapa bulan lalu, Abby tidak doyan ASI lagi. UHT pun dia tidak doyan. Tapi dia doyan makan, dari mulai nasi daging dan sayur, plus dia doyan sekali cemilan yang saya buat: cake, cookies, yang kadang saya selipkan susu di dalamnya. Tapi kalau dikasih ASI ataupun UHT langsung? Kaburrrr... Bahkan untuk kasih ASI ke dia, kepaksa saya harus pakaikan dot dan agak "dicekokin" walaupun dia akhirnya ngenyot juga. Buat beberapa ibu, nyapih seteng…

Tiga Dua

Image
Iye... itu umur saya... Hu hu hu. Masih muda apa udah tua? Depends dari siapa yang baca kali ye. Tapi kayaknya pembaca saya banyakan umurnya lebih kecil dari saya deh. Jadi saya ambil kesimpulan sendiri kalo saya tua hihihihi. Yang penting jiwanya tetep muda lah yaow!

Jadi di hari Sabtu lalu, saya ulang tahun. Walaupun yang ngucapin biasanya semua pada bilang, "Semoga cepet nambah anak lagi yaaa... " (standar), tapi wish saya lebih standar lagi, yaitu supaya keluarga saya ini sehat semuanya, diberikan jalan yang terbaik menuju ke masa depan. Saya menyadari, di usia yang sudah tidak muda lagi ini (a.k.a TUA!) saya harus lebih simpel mikirnya. Ibaratnya, cara berpikir harus diubah dengan tambahan kebijaksanaan yang lebih, yaitu kita berusaha sebaik mungkin, dan berharap Tuhan yang akan melapangkan segala jalan baik keturunan, rejeki, dan apapun itu. Makin merasakan setelah semakin lama hidup, kalau mau rencana apapun seandainya Tuhan ngga ijinkan, ya nggak akan terjadi, dan k…

Tepat Pada Waktunya

Image
Hey ho! Gimana liburan lebarannya? Meriah? Seru? Ada yang mudik kah? Kalo saya, karena saya nggak punya kampung, jadi jelas saya ngga mudik :). Terus kalo ngga mudik ngapain dong? Terus Sus-nya pulang kampung ngga? FYI, Sus saya Katolik, jadi ngga pulang kampung. Asik gak tuh? Mestinya sih asik ya, tetapi ternyata tahun ini nggak asik, karena si Sus di hari Lebaran pertama tanggal 28 Juli 2014 lalu resmi diopname di RSPI karena positif thypus! 
There goes my Lebaran leyeh-leyeh time. Selama seminggu liburan, saya dan suami berjibaku ngurus si kecil yang minta ampun lincah dah aktifnya, udah kayak batere Energizer ditandem sama Duracell, lalu masih ditambah batere litium, dan gak lupa pake serep power bank. Jujur, pas Abby masih belum bisa jalan, jauh lebih enak buat saya, karena anaknya tinggal ditaruh di crib atau di dalam playpen, sementara saya bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Nah kalo sekarang ini, ditaro di playpen atau crib, teriak-teriak minta keluar dan minta main baren…