Sunday, January 19, 2014

Abigail's First Birthday - The D Day

Eh, Penontonnnnn! *ala lenong* Masih ada yang penasaran nggak sih soal ulang tahun pertamanya si Abby? Atau ngga? Hahahahah. Berhubung para pembaca setia di sini udah banyak yang ngikutin kisah hidup saya mulai dari nikah sampe punya anak, rasanya ngga afdol ya kalau saya nggak cerita soal perayaan ultahnya si Abby. Sebenernya saya ada rasa malas yang melanda nih. Pertama, karena sekolah udah mulai, itu artinya saya mulai bersibuk-sibuk ria. Kemudian, banjirpun melanda, yang bikin hati ini rasanya sendu.... (diiringi lagu Antara Benci dan Rindu-nya Ratih Purwasih.... Yang, hujan turun lagi...). Ketiga, mobil saya nyerempet tiang gara-gara parkiran penuh banget dan saya kepaksa maju mundur saat mau ngeluarin mobil (tambah sendu). Last but not least, komputer saya yang nyimpen seluruh kerjaan saya selama 1 semester di sekolah crash!! (super senduuuuuu). Tapi kemarin suami saya tercinta, sepulang dari tugas luar kota langsung ngoprek komputer saya, dan akhirnya data-data berhasil diselamatkan, walaupun si leptop harus diserpis. Dan sebagai ungkapan suka cita, akhirnya saya ngalahin rasa males ini, dan mulai membuka halaman untuk update blog.

Psstt.... ini prolognya panjang bener sih?

Oke, langsung ke intinya ya. Tadinya, saya ngga mau ngadain acara ulang tahun Abby yang jatuhnya pas malam Natal itu. Alesannya sederhana. Saya ngerasa capek, lelah, dan ngga punya energi sama sekali untuk ngurusin printilan acara anak setahunan, dan saya cuma kepingin leyeh-leyeh saat liburan semester. Saya berpikir, "Hey, I deserve a nice holiday, because I've spent so much energy during the last 5 months. Why should I bother to prepare a first birthday while my baby knows nothing about it?" Sampai bulan November, saya masih meyakinkan diri, kalau saya cuma mau makan keluarga kecil, kemudian kabur ke Bali untuk nyante sambil gegulingan dan menikmati udara pantai, sambil makan-makan sampe puas. Dan di pertengahan November itu, it hit me. SAYA EGOIS! Yes, saya manusia paling egois! Walaupun temen-temen saya meyakini kalau sebenernya rencana saya untuk kabur santai itu sama sekali tidak salah, tapi saya kok ngerasa bersalah banget. Saya ingat foto-foto ulang tahun saya yang pertama. Saat itu mama saya masak-masak banyak sekali dan ngundang seluruh keluarga besar untuk merayakan ulang tahun pertama. Acaranya meriah, tamunya banyak, dan mama saya masak semuanya sendiri! Dan saya??? Ya ampun, kok saya gini amat sih?? Terus...saya nangis dong, saya kecewa sama diri sendiri yang nggak punya spirit itu. 

Di akhir November, dimulailah gerilya persiapan ulang tahun Abby. Eh ngga gerilya sih, cuma nyari tempat doang! Habisnya kan saya masih mesti ngurusin ujian akhir semester. Habis kelar terima rapor di pertengahan Desember, saya liburan dulu sebentar ke Bandung, dan setelah itu baru dimulai gerilya persiapan ultahnya. Itupun masih belum intense karena saya masih kepingin ngerasain suasana liburan beberapa hari lagi. Tanggal 23 Desember, baru deh mulain gerilya habis. Soal perayaan ultah yang agak besarnya, saya ceritakan di postingan selanjutnya aja ya, biar tambah penasaran! HUAHAHAHAHA *kejam dan keji sekali saya ini. Udah preambule panjang-panjang, acara ultahnya gak dikasih liat pula huahahaha*

Jadi di postingan ini, saya mau menceritakan acara  yang diadakan tanggal 24 Desember 2013, tepat saat ulang tahun pertama Abby. Karena ultahnya yang jatuh malam Natal itu, kami sepakat cuma makan sederhana saja di rumah, karena sorenya harus ikut Misa Malam Natal. Jadilah hari itu saya masak beberapa macam yang gak susah2, dan mama saya juga datang bawain beberapa masakan dia. Kita kumpul keluarga kecil saja, yang penting dirayain. 

Yang atas: Bakmi Goreng, Asinan Betawi, Galantine - buatan Emaknya Leony
Yang bawah: Sup Baso Ikan dan Sapi, Mapo Tofu, Ayam Asem Manis (gak kefoto sausnya) - buatan Emaknya Abby 

Pose sama Papa ganteng (ganteng loh, menurut saya)

Pose sama Mama cantik (tentulah cantik, menurut saya juga)
Sama Tantenya Abby dan sepupu-sepupu
Setelah acara makan-makan, rencananya kan mau potong kue. Tapi apa yang terjadi? Anaknya molor dong! Ditungguin nggak bangun-bangun, sampai akhirnya tamunya pulang semua, tinggal nyisa mama saya, adik saya, dan adiknya suami hahaha. 

Sleep in heavenly peeeeaaaceee *sambil ngenyot*

Untungnya anaknya akhirnya bangun juga, dan dimulailah acara potong kue. Eh iya, kali ini kuenya kecil banget, soalnya memang tujuannya buat simbol aja, dan nanti kuenya akan dipakai untuk di-smash *bukan boyband* alias dihancurkan, sebagai tanda Abby sudah berhasil melewati tahun pertamanya dengan kejayaan! Hey, my baby had conquered her first year! YEAH! (Dan emaknya juga masih hepi dan nggak gila... YIPPIEEEE!!)

Kue kecil, buat simbol acara tiup lilin dan nanti bakalan dihancurin sama Abby

The Birthday Girl with her Birthday Cake, Birthday Pudding, and Red Eggs

Acara Tiup Lilin dimulai, dan anaknya bengong....

Lalu mulai mewek.... 

Dan SUPER MEWEEEEKKKK!!! Mamaaahhh Abby ga suka sendirian!

Habis gitu, dipaksa2 buat smash the cake, padahal kan Abby gak suka kotor.

Karena tampangnya melas gini, akhirnya acara smash the cake pun diselesaikan. Kuenya gak ke smash, cuma kecowel-cowel doang. 

Yak, beginilah kalau punya anak yang resik, begitu dikasih "arena" buat dia kotor-kotoran, malah ngga mau dan akhirnya bete sendiri. Dipikir-pikir, gak apa-apa juga sih ya, By, mungkin kamu sudah paham kalau butter cream itu berlemak, dan baguslah kamu gak suka butter cream, biar gak gendut kayak mama ya. Hihi.

Pose dulu sama Papa dan Mama
Demikianlah acara ultah Abby yang pertama, yang dilanjutkan sorenya dengan Misa Malam Natal. Dan hari itu Abby kasih hadiah yang indah buat Papa dan Mama, karena Abby gak rewel sepanjang misa yang super ramai itu. 

Terima kasih Tuhan, telah memberi kami kepercayaan untuk merawat titipan-Mu selama setahun ini. Terima kasih Kau beri anak kami kekuatan, kesehatan, dan hari-hari yang penuh kebahagiaan. Semoga Abby tumbuh besar menjadi seseorang yang bisa menjadi pewarta kasih-Mu, dan menjadi kebanggaan kami. 

Abby, Papa dan Mama sangat sayang sama kamu. Cup cup mwah! 

54 comments:

  1. lucu banget sih mukanya pas lagi nangis gitu hihihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abby tuh jarang nangis loh, makanya bingung kenapa dia malah takut pas dibiarin sendirian sama si kue hahaha.

      Delete
  2. eh kuenya knp harus di bejek2 yah? muka Abby pas nangis kocak banget loh trus badannya montok2 gitu gemesin banget yah hihihi

    mama Abby keren loh masakannya udah kaya keluaran restoran gitu

    gw juga ada foto ultah dr umur satu sampe 11 atau 12 lupa gw walaupun nggak rayain cuma di rumah foto keluarga tapi berkesan dan ada memory

    gw berencana nerusin tradisi nyokap gw tiap thn foto ultah anak sama kue tiup lilin plus keluarga inti lengkap sama per 10 thn bikin foto keluarga (yg kmrn baru foto lagi tahun ke 30an hahaha telat 3 thn harusnya 2010)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuenya itu dibejek artinya dia udah punya "bagian" sendiri, jadi terserah dia mau diapain, dan biasanya anak2 itu suka banget bejekin kue, tapi Abby ngga rupanya hehe. Iya sekarang udah montok si Abby dan sekel.

      Delete
  3. Hahaha persis keponakan gw yang paling gede tuh! Pas ultah setahun, kita semua udah semangat mau 'pamerin' karena dia jalannya udah lancar banget udah lari-larian. Yang ada, pas acara, anaknya tidur pules les les nggak bangun sampe acaranya ampir kelar. Dan pas bangun, mewek juga. hihi.

    Jadi itu meweknya karena disuruh kotor-kotoran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meweknya itu gara2 dia dibiarin sendirian. Dia kayaknya ga suka sendirian hihihi. Kaciman yak.

      Delete
  4. mantep nih abby masih kecil udah g doyan kotor2an, jadi mamanya gak bakalan cape2 nyuci...:D
    happy belated bday ya abby, mudah2n selalu sehat dan bertumbuh sesua harapan papa mama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ucapannya Tante. Haha, kalo soal nyuci sih, tetep aja cucian setumpuk kok, bukan karena kotor2an, tapi karena anaknya ga bs diem keringetan melulu hihiihi.

      Delete
  5. wah hebat lho mommy nya abby pinter masak ternyata!!! :)

    hihihi lucu si abby malah gak pengen megang2 kuenya ya karena takut tangannya kotor ya. jadi inget dulu pas si emma ultah pertama malah dia pengen banget megang boneka di kue nya. :D

    ayo ny lanjutkan ke acara pestanya!!!! :D *kepo*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, masak itu kan hobi Man dari dulu hihi. Gue expect tuh semua anak bakalan demen ancurin n colek2 kue, tapi rupanya Abby kagak :(

      Delete
  6. Haha abby kocak bgt tampangnya pas bengong ngeliatin kue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bengongnya sih lucu, abis gitu mewekkk.... (tapi tetep lucu sih hahaha)

      Delete
  7. Abby kok lucu banget yah yah yah pas mewek di depan kue.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya kan, mewek aja lucu kannn...

      Delete
  8. hahaha kocak!!
    anak2 gw juga nangis pas ulangtaun pertama, tapi ultah kedua dan seterusnya udah mulai paham :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... iya nih, kayaknya kalo ultah ke dua udah ngerti sih. Kalo ultah ke 1 kan baru pertama kali liat kue buat dia sendiri, jadi grogi hihihi.

      Delete
  9. happy 1st bday dear abby...

    hehe baru umur setahun udah sadar resik sih :)
    ga nyangka lu pinter masak jg le :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak emang lumayan hobi Lim. Tapi kemarin itu ga bisa masak yang heboh2 gimana, buat makan sendiri doang.

      Delete
  10. hallo, salam kenal ya...
    Abby lucu sekali tampangnya ngegemesin waktu mau tiup lilin trus masakannya tampang masakan restoran banget
    Happy 1st birthday Abby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Hahaha, tampang restoran, rasa warung ya? Haha. Rasa rumahan banget sih hihihi. Thank you ucapannya.

      Delete
  11. Happy belated birthday ya Abby! semoga tumbuh menjadi anak yang diharapkan papa mamanya...God blees you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Tante Debby buat ucapannya.

      Delete
  12. Happy belated b'day Abby, salam dari koko Jake and Matt disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante Sylvi, salam buat Koko Jake and Koko Matt!

      Delete
  13. happy 1st birthday abby, makin cute, sehat n pinter yah... ^^

    dia gak kyk baby yg lain yah, biasanya kan doyan colek2 kue, malah klo dibiatin pasti ancur sndiri tuh kuenya. btw itu ancurin kue tradisi jg ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante Jurie buat ucapannya. Sebenernya itu tradisi barat, artinya dia udah boleh punya "hak kue" sendiri dan boleh melakukan yang dia suka hehe.

      Delete
  14. haha itu pas dia bengong liatin kue ultahnya, tampangnya kocak banget keningnya sampe berkerut gitu, mikir apa ya dia dalem ati nya??
    happy belated bday abby ya , moga makin montok, cakep, pinter...perutnya buncit ny ! lucu banget. dia gak mau makan butterkrim krn takut tambah buncit jgn2? =))
    btw resep galantine gimana? klo sempet share resep2 dong disini biar gua gak keabisan ide saben ari itu2 mulu masakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, anaknya emang suka mikir Nat. Untung gak sering2 nanti keriput hahahaha. Iya perutnya buncitttt....tapi sekel badannya, jadi bukannya berlipet. Resep galantine itu resepnya mama gue, dan yang jelas kalo resep mama gue biasanya ribet hahaha.

      Delete
  15. Duh gw nulis panjang td Eror, giliran test doang malah masuk =.=""
    happy bday abby^^ lucu bener fotonya ni anak pas mewek hahhaha... Emang beda ya anak cewe itu kalem resik gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante Olive, tapi Abby itu gak kaleeemmm! Abby itu gak bisa diem hihi. Tapi kalo resik kayaknya bener.

      Delete
  16. Heppy belated birthday abby...lucu banget siiiihhhh... kuenyaaa...hehehehe
    abby nya juga ko ci...apalagi pas mewek ituh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuenya lucu ya? Murah lagi hihihi... beli di Eaton yang kicik2 gitu kuenya. Rasa sih ga jelas, cream semua hihi.

      Delete
  17. Happy belated birthday, Abby! hahahaa..sama donk sama anak sepupu gue juga demen nya resik...tiap ada rambut rontok di lantai, langsung bilangin mama nya,...supaya dibersihin...ahahahhaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Abby sih belum sampe ke situ ya. Rambut rontok mgkn dia belum ngerti. Tapi kalo narikin rambut sampe rontok emang suka tuh huahahaha.

      Delete
  18. Happy birthday Abby....ih kamu lutu banget sih montooooookkk *cubit2*

    Itu lucu amat sampe nangis berurai airmata ky abis diapain gitu ya pdhl cm disuruh smash the cake hahahaha, bagus deh gk suka kotor, kalo Meca udah pasti tuh ancur, gk usah pake disuruh pasti di emek2 kuenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tanteee... Iya tuh Abby kayak abis digebukin aja ya. Padahal emaknya sayang banget sampe siapin kue khusus buat dia. Aku kira anak2 tuh semua suka cemek2 kue loh. Ternyata Abby ngga.

      Delete
  19. selamat ulang tahun Abby.... montok banget kamuuu...nggemesin!
    pas pake baju ijo itu kece bener Le... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bajunya lucu ya? Hihi. Emang sengaja hari itu pake ijo sekalian buat malem Natal. Makanya pas smash the cake ganti baju dulu haha.

      Delete
  20. Nggak percaya abby udah setahun, sehat, dan cantik!! Rasanya baru kemarin kita semua menghibur kamu mau lahiran ya le hihihi..
    Selamat ulang tahun ebiten ebifurai kesayangan.. semoga selalu dikasihi Tuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante Dhira. Iya baru kemarin ini masih bertanya2, apakah beneran mau lahiran atau nggak. Ternyata udah setahun berlalu.

      Delete
  21. ahahahahahahaha aduh ngikik deh ngeliat Abby dan kuenya. Maaf ya Abby bukannya tante seneng ngeliat kamu nangis, tapi..tapi...kayaknya tante deg degan dulu setiap ngasih krucils kue ultahl, yg deg degan itu emaknya karena takut dibejek. Soalnya respon anak kecil suka nggak disangka sih.
    Happy birthday ya Abby cantiik, ditambahkan segalaa yang baik dalam hidupmu dan semoga jadi jawaban buat generasimu. Amin. Welcome to Toddler world uhuuuy *siap-siap bungkuk ngikutin Abby deh ya, Leony ihik*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante. Sekarang aja udah mulain nih pegel2 karena anaknya udah mau jalan sendiri tapi masih wobbly hihi. Jadi ya beneran bungkuk terus.

      Delete
  22. Selamat ulang tahun Abby... Tuhan berkati di setiap langkahmu ya.. Sehat2 dan tetap lucu... Btw Mamanya cantik koq Non :) Orang bilang kalo punya anak perempuan mamanya bakal tetap terlihat muda.... Cheers to many2 happy and joy life with Abby..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuu! Ini Mariska siapa ya? Kok tau aku dipanggilnya Non hihihihi... Wah amin deh keliatan muda. Padahal body udah mau rontok hihi.

      Delete
  23. Happy Belated Birthday Abby... sehat dan diberkati selalu... Lucunya Abby, lagian kenapa harus dibejek Le, ada artinya ya? atau untuk fun aja. Harusnya elo tukeran kuenya ama gua, kemarenan si Diaz udah gemes mau ngebejek kuenya kita larang2 haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante El. Iya itu sebenernya tradisi Amerika aja sih, artinya anaknya udah boleh dikasih hak sebiji kue sendiri untuk dia "enjoy" alias terserah mau diapain. Biasanya anak kecil kan suka gemes terus dibejek2. Tapi ternyata kalo buat Abby, dia malah ga suka hahaha.

      Delete
  24. Happy birhday, Abby >.< Lucuuu gemesin banget ya si Abby

    ReplyDelete
  25. Le, telat abis gue bacanya hahahah..
    Anak lo lucu bangettt, dari mulai ekspresi bingung pas didudukin di meja, trus bengong, trus nangis hahahaha.. Bagus deh anak lo gak suka kuenya, biar jangan jadi wanita gembul macam kita (kita? Gue kali!) hahaha..

    ReplyDelete
  26. Hahaha... iya untung kecapture tuh moment2 meweknya di kamera hihi. Biar jd kenang2an buat die. Anak gue ga suka kotor... tp kalo makan kuenya sih doyan. Apa sih yg dia ga doyan haha. Rasanya cm pepaya doang.

    ReplyDelete
  27. lucunya yang tidur sambil ngisep jempol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... dia kalo ngantuk suka isep jempol. Untungnya ngisep jempolnya ga lama2.

      Delete