Saturday, August 24, 2013

Liburan (bikin) Lebaran

Liburan Lebaran kemarin, memang bikin lebaran, alias body bengkak lantaran makan melulu setiap hari. Kayaknya terlalu bahagia akhirnya bisa libur dua minggu. Tapi jujur aja, saya ngerasanya libur kali ini tuh beneran cuma seminggu doang, lantaran minggu keduanya, setiap hari saya malah nyiapin bahan ngajar plus soal-soal buat test anak-anak. Yah namanya ngajar enam level yang berbeda, materinya lain-lain semua... mabok.com banget deh ceritanya!

Highlight liburan ini tuh.... akhirnya saya balik ke bioskop lagi! Wee hee!! Setelah terakhir nonton Life of Pi beberapa hari sebelum lahiran di bulan Desember 2012, kali ini dibuka lagi lembaran baru pergi ke bioskop dengan nonton Wolverine. Pokoknya diembrace banget hari itu ceritanya mau kencan berdua. Pas sampai bioskop, saking excitednya langsung beli popcorn yang sekotak tenteng itu, (dan ludes di 30 menit pertama). Terus habis keluar bioskop, rasanya gimana ya....hmmm... biasa banget... Malah ngerasa filmnya jelek. Atau karena memang excitement kita ke bioskop itu turun ya gara-gara ada anak di rumah? Jadi, during the holiday, rencana nonton marathon itu diakhiri dengan nonton SATU film saja. Sampai sekarang sih saya masih meyakinkan kalau memang filmnya aja yang jelek (supaya gak luntur semangat nonton di bioskop).

Highlight yang kedua adalah... MY BIRTHDAY!!! (PENTING). Hihi. Udah tua dong! I just turned 31! (BANGGA hahahaha... tua kok bangga). Perayaan ulang tahun saya ini memang jatuhnya pas di akhir liburan kemarin, jadi bisa dibilang penutup liburan yang manis. Dan yang lebih highlightnya adalah, si suami yang nggak romantis itu, malah ngagetin saya pas di hari ultah dengan ngasih ini!

Jejengggg... sebuket bunga mawar yang guede guede hihihi....

Pas saya dikasih itu, saya masih kucel loh di rumah, terus langsung siap-siap late dinner (gak late banget sih, tapi considering jam tidur anak, itu udah late, jadi anak bisa ditinggal). Nyari resto aja kudu yang deket rumah, supaya ngga kelamaan ninggalinnya (halah... ternyata jadi emak-emak begini toh yo...). Motret dulu bertiga nih sebelum brangkat.

Foto wajib sekeluarga, yang motoin si Sus, jadi harep maklum blur2 dikit haha.
Akhirnya makan di Tony Roma's aja deh, soalnya kayaknya itu resto yang oke yang lokasinya tinggal ngesot. Sampe sana pun makan gak ada romantis-romantisnya. Seporsi regular slab baby back ribs ludes sendirian, makannya pake tangan pula sambil isep-isep huahahaha, sampe lupa motret berdua loh saking laper. Yang kepotret makanannya doang sebelum ludes. Makasih ya suamiku buat bunga dan traktirannya...cup cup mwah!
Onion Loaf yang masih bisa buat nyemil pas besoknya saking gedenya

Baby back pork ribs yang sempet difoto sebelum dihajar sama Jeng Lele

Hari terakhir liburan, seperti biasa ngajak makan-makan keluarga saya dan suami. Kita makan di Gio Vanese di Gandaria City.

Cuma sempet foto makanan sendiri. Lagi-lagi gak lama gone!
Daaannn..... saya dapet kue dua biji aje gitu! Rupanya kedua belah pihak masing-masing bawa satu kue dan ngga koordinasi hahaha. Udah gendut, tambah gendut aje dong!

Yak... dua loyang kue

Mama saya, masih aja ngerjain dengan beliin lilin yang nggak bisa mati! Ma, anak mama udah tua kali!

The whole gank
Last but not least, dari sebelum liburan, anak-anak yang saya walikan di kelas 7 sudah nagih dong, minta dimasakkin sama Ms. Leony kalo nanti pas jam wali kelas sehabis liburan. Jadilah... perayaan terakhir ultah ke 31 ini dirayakan di sekolah, sama anak-anak murid saya. Dari hari sebelumnya sudah gedabukan dibantuin mama saya yang khusus dateng dan nginep demi masakin anak-anak. Masakannya sih sederhana, cuma pasta sama meatballs (mesti bikin meatballs sendiri nih lantaran keberagaman agama anak-anak), lalu mama saya juga bawain 2 jenis kue lagi. Yang ribetnya itu ya ngebawanya karena kelas saya di lantai 4 kan. Dari lantai G, 1, 2, 3, 4, naik tangga aje gitu! Untung pas sampe sekolah ada 1 OB yang bisa bantuin, itupun ngos2an naiknya.
Murid-murid saya... liat deh bedanya yang cowo sama yang cewe... *bikinpusing.com*
Siangnya, dapet bonus dari orang tua murid, ada yang bawain kue lagi!! HAHAHAHAAH... 3 loyang aje tuh kue di kulkasssss...

Kue lagiiiii!!! Gendut lagiiiii!!! 
Kalo kado-kadonya, selain tentunya tiga loyang kue tersebut, dari suami saya dapet pre-birthday gift berupa laptop yang sudah mulai dipakai sejak ngajar bulan kemarin. Suami yang milihin modelnya, yaitu Samsung Ultrabook, yang mayan ringan cuma sekiloan. Kata suami sih supaya enak dibawa-bawa dari kelas-ke kelas, dan  ternyata malah ribet dikit gara-gara saking tipisnya jadi kudu pake konektor hahaha. Tadinya saya pikir cukup lah dapet itu sebagai birthday gift, tapi ternyata masih dibonusin lagi bunga, terus backpack Samsonite buat ngajar dan sepatu Rockport yang modelnya bu guru banget. Semoga ini bukan redemption atas ketidakromantisan Valentine lalu! HUAHAHAHA. Lanjutkan, Pak Suami! Kado dari keluarga saya, kasih "mentahnya". Mayannnnnn. Mertua saya sendiri sudah bertobat ngasih kado yang membuat saya feminin seperti tahun lalu, dan beralih ngasih saya panci. Hihihihi...

Ultah kali ini, rasanya apa ya... rasanya lain sih sama tahun kemarin. Kalau tahun lalu semuanya mendoakan biar lahirannya lancar, tahun ini semuanya kasih selamat, lalu dikasih embel-embel, didoakan supaya segera hamil lagi anak kedua.....-_- *plis dong, ada yang mau bantuin jadi baby sitter plus ngasih tabungan extra buat ngegedein anak?* Yang bikin lain lagi adalah, karena si Abby yang tadinya masih di dalam perut, sekarang udah mulai gede, memasuki usia 8 bulan di weekend ini, dan lagi lucu2nya. Sering nyebut "mamamamama" (sebenernya itu masih misteri, apakah dia manggil mama-nya atau dia minta mamam. We haven't figured it out :P)

Abby with her Mamamamama
Tahun ini, saya merasa tambah lengkap lagi. Sungguh penuh rasa syukur diberikan kesehatan, kekuatan, dan rejeki dari Tuhan terutama untuk keluarga kecil yang baru dirintis ini. Saya merasa sangat beruntung punya orang-orang di sekitar saya, baik keluarga maupun teman-teman yang luar biasa yang selalu mensupport saya dalam masa-masa awal saya menjadi seorang ibu. Semoga ke depannya, saya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. I love you all.

Saturday, August 03, 2013

Balada Tiga Minggu

Tadinya saya mau membuka dengan: Nggak terasa, sudah tiga minggu saya mengajar. Tapi setelah dipikir2, NGGAK TERASA APANYA??!!! KERASA BANGET TAUK! (sambil mukul2in badan yang ngerentek dan minum air banyak-banyak gara-gara leher yang mengering). Apalagi sebagai guru baru, saya itu ibaratnya harus nyiapin semua bahan dari nol. Makanya nggak salah, pas masa orientasi guru, dia nyeletuk, "Miss Leony, siap-siap deh ya ngadepin berbagai tantangan di sekolah ini..." Iya deh, Mister, oke lah kalo begitu.

Oh iya, gara-gara kemarin banyak banget yang nanya saya ngajar di mana, dan ngajar apa. Saya ngajar di sebuah sekolah international di bilangan Jakarta Barat, dan ngajar Business Studies and Entrepreneurship. Ya tentu saja lidah ini mulai keriting kembali ngomong bahasa Inggris was wes wos. Kalau ada yang nanya, belajar apaan sih itu? Bayangin aja pas tahun pertama kuliah deh materinya. Mulai dari pengenalan soal bisnis serta ekonomi, financial, manajemen operasi, manajemen keuangan, manajemen manusia, dan sebagainya. Ribet? Iya. Apalagi kalau kita belum pernah mendalami secara langsung dunia keuangan dan korporat, dijamin itu cuma sekedar teori belaka. Tapi kalau kita sudah pernah ngalami langsung, ya itu nilai plus sebenernya buat saya. Jadi kalo anak-anak pada nanya, ya saya bisa terangin lah dikit-dikit. Tapi yang bingungin itu, rata-rata mulai anak kelas 8 aja udah mulai nanya saya, "Miss, gimana sih cara jual beli saham. Saya mau dong online trading. Miss kasih tau saya dong gimana cara lihat saham yang bagus itu gimana." *tepok jidat* Padahal kalo saya tanya mereka, ngerti atau ngga saham itu apaan, rata2 jawabannya nggak tau. Hahaha. 

Menghadapi anak-anak itu bagaikan sebuah seni yah. Seni bela diri tepatnya. Anak-anak remaja itu kan lagi masa-masanya galau. Kalau ditanya mau jadi apa, rata-rata jawabnya masih bingung. Tapi kalau diajarin, kadang-kadang suka ngga mau dengerin. Ditambah lagi, balada guru baru itu, biasanya anak-anak mau ngetes mental kita sampai mana. Yang namanya diledek, diketawain, sampe dikerjain supaya perhatian kita teralihkan, itu mah biasa. Intinya, mereka itu pengen adu kuat sama kita. Tinggal kita aja, mau nyerah, atau mau saingan adu panco sama mereka. Hihihi. 

Anak-anak di masa remaja ini juga bener-bener masa peralihan. Dari yang masih diperhatikan sama orang tua, sampai perlahan-lahan dilepaskan sama orang tuanya untuk jadi manusia mandiri. Eh iya, saya lupa cerita kalau saya juga ditunjuk menjadi wali kelas. Jadi selain ngajar, tentulah saya punya pekerjaan ekstra untuk mengasuh anak-anak. Yang ini juga yang kadang suka bikin urut-urut dada, terutama saat menghadapi: PARENTS!! Percaya nggak, ada anak yang sudah remaja, tapi parentsnya masih periksain SELURUH PEER DAN BUKU-BUKU ANAKNYA! Kemudian gara-gara anaknya peernya nilainya kurang dikit, ortunya sampe dateng ke sekolah untuk challenge guru mata pelajarannya. Dan siapa yang kudu ngadepin? Ya saya! Pusing yah kalo ketemu rabid mom kayak gini. Belum lagi kalau anaknya ditegur di depan gurunya seakan anaknya itu salahnya segede gunung. On the other side, ada juga anak yang sangat dicuekin sama ortunya, sampai sering melakukan kesalahan berulang misalnya salah seragam, atau nggak bawa ini itu. Sampai anaknya suka ada yg curhat, "Miss, saya udah kasih tau mama, tapi mama nggak ada tanggapan tuh." Duh, sama juga, ikut mleres hati ini jadinya.

Setelah tiga minggu ini, kayaknya bukan anak-anak saja yang belajar dari saya, tapi saya sangat banyak belajar dari anak-anak. Saya sampai suka berefleksi sendiri, akan jadi orang tua seperti apa nanti buat anak nanti. Kemudian, jadi suka berandai-andai anak saya nanti bakalan jadi anak yang seperti apa kelak, saat dia beranjak besar. Rasa takut dan khawatir itu pasti ada, tapi ngga mau mikirin dulu ah. Mikirin si Abby yang lagi lucu-lucunya aja biar gak mabok. 

Buat temen-temen yang merayakan, saya mau ngucapin: Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin. (dan nadahin tangan buat minta kue kering dan ketupat sayur). Liburan tahun ini saya nggak kemana-mana. Mau spend as much time as possible with my family, pergi ke bioskop lagi for the first time, dan ngelempengin badan saya yang kayaknya udah pada zigzag urat-uratnya. ASIK LIBURRRRR!!! *kesenengan padahal gak dapet THR*