Saturday, December 07, 2013

Sponsored Video: Gondappa ~ Lifebuoy

Sebelum kita makan, Dik
Cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan, Dik
Untuk kesehatanmu.

Banyak-Banyak makan, jangan ada sisa 
Makan jangan bersuara, ayo makan bersama.

Masih ingat penggalan lirik lagu di atas? Sekarang, ayo kita nonton video ini, untuk mengingatkan kita betapa pentingnya cuci tangan sebelum makan.



Terharu nggak? Bayangin si Gondappa, bisa ngerayain ulang tahun ke-5 anaknya aja, senengnya minta ampun lantaran anak-anak dia sebelumnya meninggal semua sebelum usia lima! Huks. Bagi mereka, bisa mencapai usia lima adalah sebuah prestasi yang luar biasa. Bener yang orang tua bilang, kalau demi anak, "kaki buat kepala, kepala buat kaki." Literally loh di video tersebut! Hahaha.

Kalau kita lihat video tadi, memang benar, bukan hanya soal cuci tangan yang menjadi isu utama, melainkan hidup bersih secara keseluruhan. Tetapi melihat bagaimana kuman masuk ke dalam diri kita dan diare menjadi salah satu penyebab utama kematian anak, berarti kita harus menjaga kebersihan makanan kita, dan juga kebersihan tangan kita. Betapa hal kecil seperti mencuci tangan dengan sabun, mampu mempertahankan hidup seseorang! 

Kalau saya dengar kata Lifebuoy, saya pasti ingat sabun antiseptik, dan saya tau banget, betapa Lifebuoy gencar sekali mengkampanyekan cuci tangan sebelum makan sejak tahunan yang lalu, dan juga mandi yang bersih dengan sabun. Kampanye yang sama seperti video di atas, sebenarnya juga sudah mulai terlaksana di Indonesia. Kalau di India tadi sasarannya adalah di Thesgora, di Indonesia sasarannya adalah desa Bitobe di NTT, di mana angka kematian anak tinggi, sebagian besar disebabkan oleh diare. Mungkin sudah pada lihat ya iklan yang dibintangi oleh Pandji Pragiwaksono yang temanya "5 Tahun Bisa untuk NTT".

Sayangnya, beberapa waktu lalu, saya membaca artikel di salah satu surat kabar di Indonesia, yang isinya adalah (perwakilan) masyarakat NTT protes keras karena iklan tersebut dianggap melecehkan warga NTT, dan mengeksploitasi warga NTT. Saya sendiri terus terang kaget dengan protes tersebut, karena menurut saya, walaupun ini adalah bentuk Corporate Social Responsibility dari Lifebuoy, setidaknya ini merupakan bentuk kepedulian dibandingkan dengan eksploitasi. Dalam kenyataannya, memang kehidupan di beberapa kampung di Indonesia sungguhlah memprihatinkan, dan mungkin ini merupakan sedikit "tamparan" untuk beberapa pihak *terutama pemerintah* untuk lebih memperhatikan warganya sebelum ada pihak luar yang justru lebih memperhatikan. Saya tau banget bagaimana masyarakat NTT ini justru banyak mendapatkan bantuan dari pihak-pihak lain di luar pemerintah termasuk pihak asing dan banyak institusi. Lifebuoy ini hanyalah salah satu pihak yang turut berpartisipasi.

Dibalik berbagai kontroversi yang diciptakan oleh kampanye ini, inti yang harus diambil adalah, bahwa mencuci tangan harus menjadi suatu kebiasaan, Lifebuoy membantu kita mengingatkan mengenai pentingnya hal tersebut. Jangan sampai ada desa-desa lain yang juga mengalami nasib yang sama. Marilah kita mencuci tangan, untuk Indonesia dan generasi mendatang yang lebih sehat.

Postingan ini disponsori oleh Lifebuoy.

10 comments:

  1. Setujuuu, penting sekali cuci tangan sebelum melakukan apa2, bahkan sekarang juga banyak pocket anti bacterial ato tisu basah. Jadi gak ada alasan untuk gak jaga kebersihan tangan kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Apalagi kalau makan fast food ayam goreng atau masakan Sunda. Bahaya deh kalo nggak cuci tangan dulu.

      Delete
  2. g klo habis dari luar rumah dan dari toilet sih pasti cuci tangan yah~ klo habis masak atau sebelum makan juga udah jadi kebiasaaan sih hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu Pit. Apalagi elu bentar lagi ada baby, kebersihan itu pentingnya bukan main.

      Delete
  3. And it's never too early to teach our kids to wash hands.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, si Abby juga suka sambil digendong, terus dibawa ke washtafel buat cuci tangan hehehe. Abisnya suka iseng sih segala apa dipegang.

      Delete
  4. hayuuu cuci tangan rame2..demu kesehatan...iklannya keren juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklannya bagus ya. Unik. Yang di Indonesia sebenernya juga not too bad. Tapi ya gitu deh... adaaa aja dimasalahin.

      Delete
  5. Mau kontroversi atau tidak, yg jelas ajakan di iklan itu baik. Jadi apa salahnya kita kampanyekan kebaikan. Jika tidak setuju isi iklan ttg NTT tsb, maka sangat bijak jika orang2 yang berwenang di sana bisa membuktikan dg meyejahterakan warganya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, pathetic banget deh, denger2 pemerintah sana korupsinya juga gede banget. Yang bagus cuma rumah pejabat pemerintahannya, sementara warganya miskin2.

      Delete