Tuesday, June 25, 2013

Setengah Tahun Berlalu

... sejak saya menjadi seorang ibu. Perasaan belum lama deh ngedennya. Masih kerasa mules gara-gara makanan India yang ternyata berujung pada lahiran. Apa saja yang saya alami selama 6 bulan ini?

1. Dengan usaha keras ketekunan yang luar biasa, campur keringet seember dan air mata segalon air mineral (lebay), Abby berhasil juga menjadi anak ASI exclusive selama 6 bulan. Buat saya yang ASI-nya super pas-pasan, ini merupakan prestasi yang luar binasa! Ada hari-hari di mana saya rasanya sedih binti frustrasi, meratapi pompa yang dibeli mahal-mahal tapi hasilnya seadanya, botol2 dan kontainer penampung ASI yang hampir tak terpakai, sampai menatap nanar kulkas baru dua pintu yang akhirnya kosong melompong, sampai pintunya aja kalau ditarik keikut semua kulkasnya karena ngga ada isinya. Pernah saya diledek nyinyir seorang ibu-ibu kalau cuma ukuran doang yang besar tetapi isinya ngga ada. Tapi Tuhan baik, ternyata tetap dicukupkan semuanya sampai 6 bulan berlalu.

2. Gara-gara nggak bisa nampung ASI sama sekali, saya akhirnya mengambil cuti tak digaji atau istilahnya unpaid leave, supaya Abby mendapat ASI langsung dari ibunya. Selama masa unpaid leave itu, saya berkontemplasi, apakah saya harus kembali ke pusat kota dan menjalani kehidupan saya yang lama, pergi pagi pulang malam, meninggalkan anak di saat dia baru bangun dan kembali saat anak sudah hampir tertidur. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak kembali ke profesi lama saya, dan memutuskan untuk memulai profesi baru. Apa itu? Kasih  tau nggak ya? Hahahaha. Ya intinya, saya SALUT LUAR BIASA dengan para ibu-ibu bekerja di sana, terutama yang tinggal tidak di tengah kota, yang masih bisa dengan keseimbangan luar biasa menjalankan profesinya di hiruk pikuk kehidupan kota, dan tetap total dalam mengurus buah hatinya. *hormaaat grak!*

3. Menyusui membuat badan kurus itu, tidak sepenuhnya benar! Sebelum saya melahirkan, saya sudah booking untuk program pelangsingan badan yang orangnya datang ke rumah untuk pijit-pijit selama 30 kali, kemudian saya juga membeli berbagai cream merek kosmetik ternama yang lumayan menipiskan kocek. Setiap hari saya dibebet sampai susah bergerak, dan saya aktif menyusui anak, beberes rumah, memasak, dan lain-lain. Apakah saya kurus? NGGAK! Lantaran ASI saya pas-pasan, saya diminta untuk makan full meal 3 kali sehari oleh DSA, makan protein yang banyak demi ASI yang lumayan. Bener sih, kalau habis makan seabrek, ASI saya lumayan. Begitu makan wajar, langsung surut. Suplemen sudah disantap, daun2an juga, tapi saya lebih cocok dengan daging-dagingan. Walhasil, berat badan saya selama 6 bulan ini: stabil, alias ngga turun2 hahahaha. MANA BAJU-BAJU HAMIL? Saya masih mencintaimu!

4. Imunisasi bayi adalah saat paling bikin deg-degan. Buat ibu-ibu yang bayinya gemuk montok, santai-santai aja ya. Tapi buat bayi mungil seperti Abby, emaknya ini ibarat Kristina Dangdut... Jatuh bangun akuuu mengejarrrmmuuuu. Mengejar berat badan maksudnya. Dan syukurlah, walaupun posisinya sering di bagian bawah kurva melulu, si Abby sehat walafiat, lincah, manis, murah senyum, dan nggak takut disuntik. Dia cuma owek2 beberapa detik pas obatnya masuk, setelah itu tenang dan santai. Perkembangan motoriknya nggak ada yang ketinggalan, jadi Puji Tuhan Halleluya! Deg-degan yang kedua sih pas BAYAR IMUNISASI! Oh uang, turunlah dari langit! (mau nangkep pake sprei super king size dilebarin).

5. Punya anak itu sungguh mengubah hidup! Bioskop mana bioskop?? Hahahaha... Eh bukan bagian situ maksudnya. Maksudnya mengubah hidup adalah, kita jadi punya prioritas lain yang utama, dan itu bukan diri kita sendiri. Sekarang, apa-apa buat anak. Percaya atau nggak, si Leony yang kalo liat sepatu nggak tahan ini, udah lebih dari 6 bulan nggak beli sendal ataupun sepatu! Yang dipikirin lebih ke kebutuhan anak, kecukupan gizinya, pendidikannya. Kalau malam ngobrol sama suami, juga yang diomongin topiknya anak melulu, dan menyangkut masa depan keluarga. Ternyata gini toh ya begitu jadi orang tua. Pantesan aja kalau anaknya ngeyel, orang tua bisa sedihnya berlipat ganda. Mamaaaaaahhh.....!!! (mendadak haru).

INTINYA: Jadi ibu itu SUSAH! Yah bisa juga sih digampang-gampangin, gak usah usaha pol. Saya tau, bukan rahasia lagi banyak orang yang BAHKAN TIDAK MENCOBA untuk memberikan yang terbaik untuk anak, just for the sake of keeping their old appearance and activities. Bukan rahasia lagi banyak ibu yang nggak mau nyoba menyusui karena takut dadanya turun dan bodynya melar (tapi di luar bilangnya ASInya gak keluar sama sekali), bukan rahasia lagi banyak ibu yang serahkan semuanya ke baby sitter/ pembantu karena takut kehilangan waktu ngemal, traveling, dan kumpul-kumpul bersama temen-temennya. Bukan menghakimi ya, tapi memberikan beberapa fakta (tolong saya jangan ditoyor). Namun saat para ibu MENCOBA SEMAKSIMAL MUNGKIN untuk memberikan yang terbaik buat anak, I bet, the reward is there. Saya berani jamin, tiap anak itu, di hati kecilnya tau, kalau ibunya itu berusaha atau tidak. Mau kita bekerja, mau kita jadi ibu rumah tangga, kalau semuanya itu kita lakukan demi keluarga tercinta, it will be very-very rewarding.

Happy 6 Months, my dear, Abby! Thank you for teaching me how to be a Mom. This is only the beginning. I might not be as awesome as some other moms out there, but too bad, you ended up with me as your Mom and you have no choice! Huahahahaha... When I decided to marry your father, I have decided to have you in my life. It's our choice! That's why, I'll try my best to take care of you, until... probably until the end of my day.

121 comments:

  1. mulai perjuangan mpasi nihh ^__^
    btw, iyaa ya stelah punya anak kekny apa2 yg d bahas dan d utamain anak. skg g jd lebih berbinar2 klo liat diskon baju anak ketimbang baju buat sendiri wkwkwkkk.. hepiii 6months abby :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bener banget tuh mata berbinar2 kalo diskon baju anak. Diskon baju dewasa rasanya biasa aja!

      Delete
  2. masing2 anak punya ibu yang luar biasa buat mereka mbak. Termasuk Abby yang punya orangtua luar biasa seperti dirimu. U're an awesome mother, indeed.

    selamat 6bulan, Abby. Sehat selalu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Ul, berharap jadi awesome mother, tp kayaknya susah banget deh oi!

      Delete
  3. happy 6 months old abby...

    gpp abby mungil, gendongnya kan jadi ga berat hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungil2 ternyata berat juga loh Mel. Lebih berat daripada karung beras yang 5 kg kan? Mayan jg pegel hahaha.

      Delete
  4. Selamat ya udah berhasil lewatin 6 bulan yang luar biasa :)

    Metabolisme tiap orang beda, kalo gw waktu nyusuin emang berat badan turun cepet banget.. hamil naik 18kg waktu nyusuin turun 20kg. Tapi setelah masa menyusui selesai ya naik lagi berat badannya hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahhhh, ini berat badan elu masih mending katrolan. Ini gue baru turun, terus mandek, kayak kepentok dinding beton. Makasihhh. Yes 6 bulan yang penuh perjuangan.

      Delete
  5. selamat ulang bulan yang ke 6 abby :))

    perjuangan untuk ASI exclusive nya mantap mbak! ..*standing applause*
    dan selamat berjuang untuk kedepannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma mencoba aja nih San. Mencoba sampe maksimal sesuai kemampuan. Kalo udah mentok, at least pernah bilang: I've tried my best.

      Delete
  6. selamat ulbul abby, smg selalu menjadi anak kebanggaan ibu bapaknya....^^

    ReplyDelete
  7. Semuanya sama banget kayak gue, eh kecuali yang nomer 3 sih, soalnya gue jadi kurus berat karena ASI *ditimpuk nasi 2 bakul sama Leony*

    Dan akhirnya minggu lalu gue nonton berdua lagi sama Diaz, setelah... Gue pun lupa kapan terakhir kalinya gue nonton berdua sama Diaz, yang pasti sebelum Madeline lahir.

    Selamat ulbul Abby! Asyik udah mamam! Good job Mommy Lele for exclusively breastfeeding Abby! Ayo lanjutkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue bukan cuma mau nimpuk elu dengan nasi dan bakul, tapi juga dengan centong dan dandang! Ih sebel! Hahaha. Wahhh berarti elu nunggu setahun lebih ya baru berhasil nonton. Gue terakhir nonton kalo nggak salah 20 Dec. Nonton Life of Pi!

      Delete
  8. Congrats Leony, 6 bulan ASIX adalah prestasi yang luar biasa :) Semoga Abby sehat2 terus ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma berusaha nih, dan pantang menyerah. Walaupun beneran pake keringet seember.

      Delete
  9. Lele... gw juga kagum sama ibu2 yang tetep sanggup kerja kantoran, dan masih ditambah berjibaku di rumah, demi memberi yang terbaik buat anaknya.
    Tapi gw juga kagum sama lo, yang mengambil keputusan-keputusan besar buat ngasih ASI eksklusif buat Abby.
    Gw juga masih harap-harap cemas gimana proses kelancaran breastfeeding gw nanti. Ya we'll see lah :D

    Terakhir...selamat 6 bulan-an, Abby! Foto mana foto?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa... gue kagum bangettt! Gue aja yang berjibaku di rumah mabok sendiri. Sampe pernah deg2an gara-gara kulkas bener2 kosongnya plong! Gak punya apa-apa lagi. Padahal mestinya kan ngga stress supaya lancar. Lah gimane bisa gak stress? HAHAHAHA.

      Fotonya masih disimpen! Emaknya males mindahin ke PC hihi.

      Delete
  10. Happy 6 month old Abby... Hehe, nti klo sdh bisa baca,dan mengerti.. Abby pasti bangga punya mama spt Leony :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh semoga ya. Diamini dulu. Semua anak kalo mamanya berusaha yang terbaik, pasti bangga kok.

      Delete
  11. Happy 6th months yak... Betul banget kalo soal berat badan mah... Gw Donk mau beranjak naik nih, tetep aja masih pake baju hamil khususnya celana hahahaha
    Betul, sekarang hobinya shopping buat anak yak,, semua dem anak deh pokoknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih celana hamil itu enak tauk! Nyaman bangettt tinggal srolot aja kalo mau pipis! Hihihihi (ketauan emak2 malas).

      Delete
  12. Selamat ulang bulan Abby :)
    Yah tiap bayi ada 'masalah'nya masing masing ya. Kenapa gue bilang masalah, karna ortu kebanyakan nganggep begitu, pdhl kata dokter, bayi itu berkembang sesuai dg kapasitasnya masing masing. Yeah right, kaya gue gak panik aja waktu Saif pernah dibawah kurva hahahah..

    Intinya, welcome to the club lah Le! Bwhahahahahahaha..
    Semoga Abby sehat terus ya, aamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw gue baru ngeh, pas maternity leave itu lo kontemplasi yak. Sama dengan gue nih, galau tak berkesudahan bwahahahhahahaa..

      Delete
    2. Nah, di Indonesia tuh masalahnya dokter memang selalu menekankan lumayan soal berat badan ini. Dan kayak jadi patokan banget. Untungnya DSA gue walaupun wanti2 soal pola makan Abby, masih lumayan gak pushy banget. Haha, emak-emak galau itu memang selalu terjadi. Elu masih mending di sana dikasih waktu kontemplasinya lama. Lah di sini??

      Delete
    3. Ngerti banget gue Le..
      Wajar lah kita emak emak pusing kalo bayi di bawah kurva or gak mau makan.
      Lo gk coba Scott's Emulsion? Mumpung Abby udah MPASI kan?
      Gue minta temen dari Jakarta bawain tuh cairan mujarab lho kmaren hahahahah..

      Delete
    4. Kemaren ketemu temen gue yang dari Canada kan. Katanya anak gue itu sebenernya wajar, karena anak dia juga seukuran kira-kira sama dengan anak gue pas seusianya. Skrg anak gue MPASI lagi doyan2nya makan hahaha. Let's see perkembangannya gimana. Adik gue dulu pas umur 2 tahun minum Scott's Emulsion juga hihihi.

      Delete
  13. congrats ya buat asix 6 bulannya!!! :)

    kocak banget sih kalo buka pintu kulkas sampe kulkas nya ikut ketarik. huahaha.

    jadi lu pindah kerja kah? atau jadi ibu rt? apapun itu.. selamat ya buat your new 'carreer'... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Man! Itu di atasnya sampe gue tumpukin majalah tebel2, supaya berat hihihi. Nanti gue cerita deh ya gue bakalan ngapain. Makasih buat selamatnya hihi.

      Delete
  14. happy 6 month abby, tumbuh sehat dan aktif terus yah :D, udah mulai MPASI dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih! Iya nih Tante Dian, udah mulai MPASI, so far doyan tp masih dikit2 aja hihi.

      Delete
  15. Selamat Ulbul Abby :)

    Btw dirimu sm ky gw Le, bdn stabil bgt ini alias ga turun2 hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosssss!! Pake toss tangan, toss jempol dan toss kaki!

      Delete
  16. wahh congrats yaa buat Asi esklusif nya
    happy 6 months for Abby ^^
    emang paling enak kalo bisa cari pendapetan dari rumah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak emang cari duit dr rumah. Tapi gue belum cerita apa-apa kan ya gue bakalan shift career jadi apa? Hihi. Tunggu tanggal mainnya yah!

      Delete
  17. Horeee....Abby sekarang bisa nyobain makanan.
    Makan yang banyak yang, Abby.

    Dan selamat buat Leony, tough Momma.
    Bener banget, Le. Ternyata gak gampang jadi emak-emak. Apalagi emak-emak dengan napsu duniawi. Hahaha #eh #ituMahGwYa.

    Tapi kalo gw sih coba menikmati aja. Lah terus mo diapain lagi.
    Ya gak ? bener kata loe, udah jadi pilihan kita sendiri kok mo punya anak.
    Kita sendiri yang apply posisi ini.
    Masalahnya sekali kita apply, kita gak bisa resign seenak jidat.
    Chayou, Leony dan Abby. Kalian pasti bisa jadi tim ibu-anak yang bisa menaklukkan dunia per-emak-anak-an. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Tante Indah, Abby mau maem yang banyak biar montok dan seksi! Hihi.

      Emak2 napsu duniawi?? TOLONG SPESIPIK! APAAN SIH NAPSU DUNIAWI?! Haha.

      Bener banget, kagak bisa resign! Makanya harus semaksimal mungkin dijalanin dengan semangat, hati yang gembira, dan totalitas.

      Delete
  18. happy 6 mos abby, jangan bandingkan ama orang2 lain lah le, ynag penting abby sehat mau badannya kecil or gede gak masalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bandingin masalahnya bukan gue Vi, banyakan orang orang deketnya yg komen2nya nyentil nyentil. Bikin pengen dikasih cabe hahaha *ih jahat ya gue hihi*

      Delete
  19. met 6 bulan Abby, selamat makan :)
    penutupnya bagus banget Le.....
    *terusin ke teman yang lagi galau masalah ASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penutupnya itu... ibarat petir menyambar, muncul di otak gue tiba2 haha. Mengalir bagaikan air sungai bengawan solo di musim penghujan (kalo kemarau kering soale). Makasih, doain ya makannya banyak.

      Delete
  20. Ih aku meleleh baca penutupnya. Selamat 6 bulan ya Abby! :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya ucapannya. Ih tante/ Om meleleh kayak eskrim ya hihi.

      Delete
  21. Selamat yah udah berhasil Asi Exclusive nya.. :D Selamat juga buat Abby udah 6 bulan, sehat terus yah nak.. gpp mungil yg penting sehat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Py, so far sehat banget, dan happy baby banget.

      Delete
  22. selamat ulbul ke 6 Abby.. Salut buat ci leony yg semangat pantang menyerah menjadi ibu yang terbaik buat Abby. Abby pasti bangga deh..

    Poin ke 3 - 5 bener-bener mewakili perasaanku banget. Kalo poin ke 1 Villia udah terlanjur jadi baby hybrid jadinya gak bisa deh disebut ASIX karena masih nyampur sufor. Poin yg ke 2 berhubung masih butuhhhh gajinya jadi belum berani resign hehehe.. Masih dibutuhkan untuk mensubsidi pembayaran biaya imunisasi yg mengempeskan kantong itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Vi, semua ibu, pasti mengusahakan yang terbaik kan. Termasuk kamu, pasti kamu juga sudah usaha yang terbaik semaksimal yang kamu bisa. Dan Villia juga pasti bangga!!

      Iya tuh kenapa sih imunisasi itu suka bikin geregetan?

      Delete
  23. selamat 6 bulan abby...ponakan ku juga kecil mungil ci, ampe sekarang umur 2 tahun, malah kesusul gedenya sama adenya yg baru umur 1 tahun...hahahaha...tapi tetep sehat, lincah, en bawel dy...giginya aja msh jarang-jarang tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, gigi jarang malah jadi lucu ya? hihihi. Anak kecil kalo bawel itu lucu banget loh! Gemesin!

      Delete
  24. Selamat 6 bulan ya Abby :) selamat ya udah lulus ASIX, skrg mari berjuang MPASI ya Ci :D semangaaaaaattt
    Btw badanku kurus setelah 3 bln lahiran kemudian bln ke 4 dan seterusnya melar sampe skrg huhuhu, capek ya kalo badan gembrot, nafas ngos2an dan bergerak lebih lamban drpd org kurus >_< bahkan aku masih suka pake itu celana hamil hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, berjuang mulai buat MPASI! Sekarang sih menunya masih lumayan sederhana, krn baru mulai makan. Itu aja suka bingungin ya karena kan gak semua makanan yg kita kasih dia doyan.

      Eh celana hamil itu enak tauk!

      Delete
  25. Congrats Abby. Hebat deh elo teteup ngasih ASI. Dulu gw cita2 kasih ASI lama2 sibuk and juga ASI gw gga banyak, dipompa2 malah takut nanti gentong gua gga rupa bentuknya setelah lepas ngasih ASI jadi gw pakai Similac deh. Pas punya Matt, aku kasih ASI sampe 2 bln doang terusnya pakai Enfamil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya, kalo mompa bentuk gentongnya emang suka jadi manyun! Hahahaha... Tapi yg penting udah usaha ya, Syl!

      Delete
  26. iyahh, jadi ibu itu susahhhh le....kepentingan anak diatas segalanya....semoga cepet langsing alami deh le...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, gimana cara supaya langsing kayak ci Yance?? MAU DONG!

      Delete
  27. Baca ini jadi pengen nangis deh...hehehe... *pengen nangis kok malah ketawa..wkwkwkw*

    Semangat terus yaaa....dan Abby pasti bangga kok sama mamanya dan semua pilihan yang mamanya buat untuk ngasih yang terbaik buat Abby :)

    Selamat ulang bulan, Abby...sehat terus yaaa... God bless u! :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah aku nulisnya juga antara nangis dan ketawa kok!! Abisnya ketawa bayangin kulkas gerak-gerak, tapi haru inget orang tua sendiri hahaha.

      Delete
  28. selamat ulang bulan yang ke 6 Abby, sehat sehat selalu ya :).
    wah hebat ci, akhirnya Abby lulus ASI eksklusif juga ya. Memang pekerjaan jadi ortu (terutama ibu) itu susah dan banyak tantangannya. Kalo kata mamiku, mesti banyak doa & deket sama Tuhan biar tetep waras pikirannya hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangettttt!! DOA DAN DEKET SAMA TUHAN!! Tiap malem komat kamit supaya sehat dan ASI banyak, komat kamit berdoa supaya tahan sama gempuran omongan orang yang kalo bicara mulutnya suka minta dislepet hahaha.

      Delete
  29. congratz leony&abby, uda lulus S1 asi *yaaay*
    iya ya, gue aja yg belom brojol malah lebih berbinar-binar liat diskonan mothercare daripada zara huahahahaha...apalagi kalo uda brojol ya? pasti utamain si dede mulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha... tar pas udah brojol, justru lu bakalan tau prioritasnya yang mana deh. Kalo sebelum malah apa aja mau dibeli! Hihihi. Kalo udah brojol, banyak beli baju bo!

      Delete
  30. Setuju. Menjadi ibu adalah masalah kelahiran, tapi menjadi ibu sejati itu masalah pilihan. Selamat Abby, Le, dan hubby udah jadi tim yang kompak 6 bulan ini. Lanjutkan yaaa! Lanjutkan jatuh bangun bikin menu mpasi maksudnya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih bijak banget deh Maryna iniiii. Bener banget kita tuh memilih untuk punya anak, ya berarti kita sudah siap dengan segala konsekuensinya ya :D

      Lagu Kristina dangdutpun berlanjut lagi... Jatuh bangun aku bikin menuuuu....

      Delete
  31. Waaaw abby udah 6 bulan ! Ci noni good luck ya di kerjaan barunya - im sure it will be rewarding khan ci noni punya passion disitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, Wen! Doakan ya semoga jadi pilihan yang tepat!

      Delete
  32. met ulbul 6 bulan Abby!!
    Mana photonya Abby??? koq ngga dipajang??
    jadi selain jadi ibu rt buka usaha apa nich? :D
    jiayou buat mpasinya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nihhh postingan selanjutnya deh ya gue post potonya si Abby. Tar deh gue ceritain karir barunya apaan hihi. AMIN! Doain buat MPASI periodnya ya!

      Delete
  33. Happy 6 months to Abby :)
    Semoga menjadi a wonderful daughter for your wonderful parents :)

    ReplyDelete
  34. i feel you...
    hehehe. terutama yg no. 5. beneran ngubah hidup banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari ordinary girl jadi super mom ya?

      Delete
  35. Happy 6th month Abby sayang! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante El! Semoga Tante El lancar2 ya hamilnya.

      Delete
  36. Selamat selamat selamat... Selamat buat semua langkah yang udah diambil dan selamat sudah menjadi ibu yang terbaik untuk Abby kecil.. huhu.. *terharu sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya, Tif! Berusaha doang nih jadi ibu yang terbaik.

      Delete
  37. MAU MEWEK BACA PARAGRAF TERAKHIR!!! HAPPY BDAY ABBY :)) hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante Auliaaa. Duh jangan mewek ya, tar Abby jadi ikutan mewek nih (resonansi namanya)

      Delete
  38. Selamat ulang bulan Abby imuuut.. muach muach

    ReplyDelete
  39. Awwww... sweet bangeeet... Happy 6th month Abby :) You're blessed with a cool & lovely mom!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya, Tante!! Ih mama saya sejuk ya alias cool?

      Delete
  40. Selamat mbak...semoga sehat terus Abby & mommy_nya :-)

    ihh saya aja yang anak udah mo 3 tahun mesih ada lemak yang nyantol nggak mau luntur kok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya lemak abis lahiran itu eternity fat yah? Hihihihi...

      Delete
  41. Le,
    I am very sure you're giving 100%, even 150% for Abby, but not necessarily other moms who doesn't give 100% (let's say only 80% krn 20% nya ngeteh cantik dan nyalon) are bad moms. Maybe they have their own priorities, maybe they got married or had babies before they were ready.
    I don't mean to preach yaaa :)
    I really enjoyed reading this post, gave me a slight of imagination of being a mom (and trust me I never do that!!!)
    I'm not a mother yet, Le, not even close. I don't know how hard it is being a mom, but I'm giving you a perspective as a daughter. Sometimes I think my mom is the kinda mom who doesn't give 100% too, just like those moms you mentioned.
    But I still love her. :) LOTS.
    Imagine how much Abby loves you Leony. Must be LOTS AND LOTS.
    Happy 6 months baby abby!

    ReplyDelete
    Replies
    1. May, gue tulis kok di atas, caranya ibu itu lain2. Bisa dia jadi IRT, bisa dia bekerja, tapi kalo dia berjuang buat keluarganya, pasti anak-anaknya bisa ngerasain. Bukan berarti hrs similar perjuangannya. Di statement itu gue menyayangkan banyak ibu yg did not even try to give their best when they knew they could. I never said they're bad moms.

      Beda kasus dengan org yg misalnya nggak tau. Contohnya ya nyokap gue hahaha. Dia gak tau kalo ASI itu yg terbaik buat anak, karena dulu RS aja disponsorin sama susu formula, dan dia menyatakan, she wished she'd known that. Even with that case, gue tau dia sayangnya setengah mati sama gue.

      Soal menikah sebelum siap nikah atau punya anak sebelum siap punya anak, sebenernya itu kembali lagi ke pilihan. Kalo mau enaknya (having sex), tapi gak mau resikonya (punya anak), ya jangan having sex. Itu menurut gue loh ya hahahahah... So, kalo udah having sex, it means that kita harus ready with the risk of having baby. It's our choice to have sex rite? (kecuali getting raped, itu laen lagi dah, gue gak bisa ngomong hihi).

      Eh tapi gue seneng ada opini dari elu, mungkin mewakili banyak orang juga yang mempertanyakan statement gue hihi.

      Delete
  42. selamat ulang bulan abby! makin pinter makannya yaa biar gak kristina dangdut lagi.. nanti kalo tante pulang jakarta bilang mama kita karaokean lagu2 jadul ya, dari rahmat kartolo sampe broery marantika kita hajar semuanyaaaahhhh!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh Tante Rani... mamaku kan jadi malu kebongkar rahasia umur... (pdhl ngebongkar sendiri). Sip deh tanteee ditunggu tanggal mainnyaaa!!

      Delete
  43. hihihi baca postingan u bikin ketawa2 ndiri.. i feel u banget deh.. trutama yg bagian imunisasi yah hahhaha.. perasaan saban minggu kerjaannya ke RS trus setor duit yah hahaha :D

    gue dl jg akhirnya unpaid juga le,.. tp cm 2 bulan doang (ga bole lebih ma bos gue hiks hiks).. dan krn gue terlanjur buang2 cuti hamil+melahirkan selama 5 mingguan gara2 jaejun ga lahir2 tuh, so walau unpaid 2 bulan pun, jaejun masi umur 4 bulan pas gue kudu balik ke kantor.. yah ditega2in wkt itu.. first day ngantor gue sukses mewek selama perjalanan wkwkkk

    oh ya congrats ya buat kelulusan S1 nya abby :) met berkreasi utk MPASI nya.. ^^

    ReplyDelete
  44. le.. baru nyadar comment gue masuk ga yah td? udah beberapa kali komen tp ga pernah masuk nih skrg :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Livvv tau ngga bbrp komen lu ada di spam foldernya blogger!! Apakah anda seorang spammer?? Hahaha j/k. Gue ud note as not spam tp tetep masuk ke spam. Konyol haha.

      Elu sukses mewek ya? Doh kmrn gue pas packing barang kantor aja yg keingetan mau buru2 pulang. Inget asi bawaan si sus masih cukup atau ngga, makanannya diabisin apa ngga. Ampun deh.. pdhl last yr mah boro2 mikirin ginian.

      Delete
  45. Hi Le.. Ini Soesan.. Akhirnya baru baca new entrymu... Abis baca ini jd penguin nangis deh.. Perjuangan seorang mami tuh bener2 kita rasain pas kita udah punya anak nanti yah... Abby beruntung punya mami kayak kamu.. Ga udah disebutin satu-satu beruntungnya kayak gmn deh.. nanti si maminya ge-er lagi.. hehehe... jadi inget dulu sodaranya temen, dia seumuran aku.. katanya pas anaknya udah 3 bulanan gitu tiap malem suka nangis minta asi.. harus bangunin dia terus.. gara2 capek akhirnya pas malem dia kasih susu formula aja biar tdrnya nyenyak, ga bangunin dia tiap tengah malem.. aku sih ga tau yah blm jadi mommy, cuma kok dengernya bete yah.. soalnya dia ngomongnya "gue sumpelin aja formula.. capek gue". Speechless yah sama si mommy ini... btw, reinvite bb ku lagi Le.. si dodol ini lupa masukin password nya sendiri sampe s.e.p.u.l.u.h kali. -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih San. Eh iya, setiap ibu emang usahanya laen-laen. Tapi kalo menurut dia segitu udah maksimal sesuai kemampuan dia, ya nggak apa-apa juga. Itu ya sudah terbaik, dan kalo capek terus jadi nggak waras, kasian juga loh mommynya hahahaha. Anaknya juga tau kok maminya pasti berusaha. Yg manatahan itu kan yang sama sekali nggak mau coba untuk usaha dan udah nyerah duluan.

      Weits, password bisa 10 kali salah? Kebanyakan soc med kali kamu jd kebanyakan password lain2 huahahaha... j/k.

      Delete
  46. Happy 6 months old dearest abigail.. semoga tumbuh jadi anak yang sehat. Le selamat ya sudah berhasil sampai sejauh ini.. aku bangga sama kamu *kisses*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Dhir. Jadi inget awal-awal di PU, sungguh aku banyak belajarrrrrr!! Makasih makasih makasih.

      Delete
  47. Duhh apaan sih ini kok jd mewwekkk huhuhu. Abis penutupnya itu lohhh...jleb2 bangetttt. Syelamatt ulbullll ya dear Abby :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, jangan mewek donggg! Tar diliatin orang kan bahaya, disangkain abis kena musibah hihihi.

      Makasih Tante Mumun.

      Delete
  48. met ulbul abby, semoga perjuangan kalian berdua senantiasa dimudahkan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante Tikeeee... Amin amin :D

      Delete
  49. Asyik, udah lulus ASIX! Plus minus kok Le, anak2 gua saking gembrotnya motorik jg telat. Mau balik badan alias tengkurap aja ngos2an sambil pipi kejepit wkwk. Denzel jg jalannya br 17 bln tp skrg lomba lari bs ngejar gua:)

    Aih aih... Jd penasaran apa profesi barunyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipikir2 ya Bu Dok, kayaknya ujung2nya sizenya anak2 mah mirip2 lah ya pas udah gedean. Cuma di sini itu kan orang2 komennya suka aneh2 kalo anaknya kurang gemuk. Pokoknya yang salah emaknyaaaa aja. Pdhl metabolisme tiap anak beda2 yah.

      Nanti pasti dikasih tau profesi barunya apaan.

      Delete
  50. Happy Birthday Abbyy!

    gw kebanyakan bacain blog orang punya bayi, jadi pinginn atuu! *padahal kawin aja belom jelas kapan*

    tapi sungguh, jadi ibu jaman sekarang berat banget ya.. apalagi sama komentar-komentar nyinyir orang. hiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha baru Jigo, kawin aja masih lumayan muda tuh umur segitu hahahaha. *Pdhl ada tetangga yang kawin umur 19, umur 24 anaknya udah 2*.

      Iya bener, berat banget karena namanya era makin terbuka, emak2nya makin kompetitip, kerabatnya ngerasa kepo, ditambah lagi biaya tambah mahal hahahah.

      Delete
  51. Le...setuju banget ama cerita elu. after being a mom, our priorities totally changed.
    Gua sejak punya Ben, udah jarang banget shopping, yang ada beliin baju anak mulu. Tapi gw ga pede beliin baju Grace, takut kekecilan secara dia montok banget...hahahaha.
    Trus nanti kalo beli2 makanan, sayur, buah2an buat anak belinya yg organic, kalo buat nyak babe nya beli yg biasa.
    Enaknyaaa jadi anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ver, itu dia yang bikin gue tuh kadang kepingin balik jd anak kecil yang ngga usah mikirin apa2 hahaha. Trus konyolnya, anak kecil itu, udah kita beliin yang enak-enak, terkadang suka males makan hahaha.

      Si Grace beli baju ukuran 12-18 months aja Ver, aman lah hahahaha.

      Delete
    2. actually, baju dia sekarang aja udah pake yg 12 months Le. Better gw beli kalo pas bawa si Grace deh, jadi pasti cukup ga nya.
      btw, bbm elu error yah? Gw msg kok ga bisa kekirim yah?
      Got your "thank you" glass. Thank youuuu Le...you're so thoughtful.

      Delete
    3. Sama2 Ver. Sorry banget gak sempet lama2 di office. Kapan2 kita ketemuan ya.

      Delete
  52. Met ulbul, Abby.. dan selamat maeemm.. buat mamanya , met berjibaku dgn mpasi... he he he
    G kmrn itu sempet ntn fast n furious 6. Si bocah titip ke mertua. Tp tetep aja abis ntn lgsung pulang, ga bisa deh jalan2 liat ini itu..

    Genre banget juga klo skrg apa2 buat anak. Transaksi klikbca g skrg semua buat barang2 Kenny. Emaknya mah pake yg udah ada aja. *maksa pake jegging ukuran pre-pregnancy*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Kalo muat pake pre-pregnancy clothes sih gak apa2 Naaa! Gue juga mauuuu!!

      Nah Na, gue tuh pengen nitip, tapi kok rasanya gak tega ninggalin anak ke ortu cuma buat kita senang2 doang. Kayaknya gue kudu egois dikittttt biar bisa ke bioskop yah.

      Delete
  53. bener bgt jadi emak itu ga gampang apalagi yg ngurus semua2 sendiri. gw newcomers bgt nih baru 1,5bulan jadi emak, ngerasain yg teror di subuh aja uda belel2, padahal pagi siang sore malem dipegang bala bantuan. sejak punya anak, jadi ngerasa bersalah bgt klo ngomong/ngelakuin hal2 yg "kurang ajar" ke emak gw, secara ngerasain bonyok2 dan capenya ngelahirin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha awal2 ngurus anak tuh emang bikin frustrasi juga kadang. CAPENYA ngelebihin lari keliling kompleks. Hehehehe. Tapi lama2 mendingan dikit kok.

      Delete
  54. leony, lu asinya kasi langsung apa dipompa ya? gw lagi mikir2 nih, kok banyak emak2 sekeliling gw yg asinya melimpah ruah (kliatan dari stok di kulkasnya), tapi doi emang ga nyusuin langsung, alias full pompa. Sedangkan dulu gw kasi langsung, ga pompa2an, mala berasanya asinya dikit.. klo dipompa juga hasilnya sdikit :( . aih dilema gw mau anak kedua jadi takut kejadian ASI + ngejar berat badan ini terulang kembali. mudah2an nti gw bisa asi eksklusif kaya lu ya leony..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tep, gue dulu most of the time ngasih langsung + pompa kalo misalnya buat pergi2 n darurat. Dan hasilnya kacrut banget alias sedikit, tapi pas kok buat anak. Sementara temen gue yang berbakat, gak usah kasih langsung aja cuma mompa doang udah berbanjir2 seperti kata elu and anaknya gemuuuukk. Tapi jangan takut Teph, kita pasti bisa deh. Yang penting kita usaha dulu aja. Gue juga suka sedih kalo pas penimbangan, tapi gue brasa banget manfaatnya anak gak sakit dan motoriknya bagus. Jadi ya sudah lah, yang penting kita udah mencoba yg terbaik :).

      Delete
    2. iya cman skarang gw jadi mikir, apa bagus full pompa ya? soalnya temen2 gw yg full pompa malah asi nya melimpah n anaknya genduttt.. Yg kasi langsung kaya gw, anaknya tergolong kecil hehehe. Bingung jg gw..

      Delete
    3. Kalo menurut gue sih, beneran itu tergantung bakat masing-masing orang Tep. Ada orang yang mompa doang dan ga berhasil (temen deket gue contohnya) dan milih netekin langsung baru bisa berhasil. Yah kayak gue bakatnya kan TERPENDAM alias gak keluar banyak hahahaha. Jadi ya gue combo aja deh sebisanya... Phew...cape sih jujur. Tp mau gimana lagi? Anak gue juga kicik. Yg penting sehat aja deh.

      Delete
  55. hooo le,, ga terasa ya kayanya baru maren baca postingan u merid seru2an.. skrg uda 6 bulan aja abby... nyusul g tah... hehehe.... met jadi ibu fulltimer yaa,,, GBU n semangattzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha... iya nih, gak kerasa udah lebih dr 1.5 taon merit. Perasaan belum lama baru asik2an hanimun. Sekarang? Mau pergi ke luar kota yg deket aja mikirnya 10 kali!

      Delete