Wednesday, March 20, 2013

Motherhood Saga: It's Official

... That my Abby is now a Catholic.

Soal pendidikan agama, keluarga saya memang lumayan mateng dalam hal praktek dibanding teori. Kenapa menurut saya dalam hal praktek? Karena jujur aja, kami semua gak hafal yang namanya ayat-ayat Alkitab, ataupun sejarahnya,  tapi kami tau, kalau yang namanya mengamalkan kasih, berderma, dan menjalankan ibadah dengan sungguh adalah kewajiban kami sebagai umat Katolik (dan saya percaya, itu juga kewajiban seluruh umat lainnya di dunia ini). Hayo, ada gak agama yang mengajarkan perang?? Bahkan yang perang mengatasnamakan agama itu, itu sih kerjaannya manusia doang!

Pertama kali Abby ikut misa, adalah saat usia dia masih 11 hari. Misa-nya adalah Jumat Pertama di rumah mertua saya. Dia cuma tiduran di stroller, sama sekali nggak rewel, padahal rumah ramai sekali, dengan lebih dari 60 orang yang hadir. Kemudian, sejak dia berusia sebulan, kami rutin membawa dia ke gereja untuk misa setiap hari Minggu. Sampai saat ini, Abby nggak pernah bolos loh! Bravo! Sekali-kalinya dia nangis di gereja adalah saat dot botol ASIP-nya dilepas, dan dia mewek hihi.

Berdasarkan pengalaman saya dan orang tua saya, kayaknya kalau anak kita dari kecil dibiasakan untuk ke gereja, ataupun ke rumah ibadah yang lainnya, nampaknya gak akan rewel-rewel gimana yah. Soalnya kan banyak tuh ortu yang takut banget ngebawa anaknya ke rumah ibadah karena rewel. Kalau saya sih tipnya, yang penting kita siapkan susu/ ASI yang cukup, duduknya di paling pinggir, dan nggak terlalu jauh dengan pintu keluar. Sehingga kalau si bayi mendadak rewel saat lagi ibadah, tinggal ngabur! (jangan pulang ke rumah tapinya yah hahaha, ntar dibawa masuk lagi kalo udah ngga rewel).

Saya masih ingat, oma saya alias Nenek Buyutnya si Abby, membawa papa saya untuk dibaptis saat usia papa 40 hari. Termasuk masih sangat muda. Bahkan tante saya ada yang dibaptis saat usia 3 hari loh! Alias keluar dari RS, bukannya balik ke rumah malah ke gereja dulu hehe. Tapi jaman sekarang kan udah beda ya. Baptisan biasanya rombongan. Pakai penataran dulu, melengkapi dokumen dulu, baru deh siap dibaptis.

Jadilah Minggu, 17 Maret 2013, Abby dibaptis dengan nama baptis: ODILIA.

Nggak sabar mau dibaptis, kok lama banget nggak mulai-mulai

Horeeee! Sudah resmi dibaptissss! Aku pinter loh, ngga nangis hihihi.

Bersama Ibu Baptis a.k.a Godmother-nya Abby

Bersama Papa, panas-panas malah pules...

Pas yang lain makan-makan, aku malah tambah pules donk!

Awww...I'm sooo cuteee.... 

Papa, aku bosen difotoin mulu.

Santa Abigail dan Santa Odilia itu, ke empatnya (yes, empat, karena ada 2 St. Abigail dan 2 St. Odilia dalam sejarah gereja), semuanya itu adalah orang yang daya juangnya tinggi, bijaksana, pintar, rela mati demi membela kesuciannya, dan yang pasti, ketaatannya luar biasa pada Tuhan. Kedua nama tersebut pun mempunyai arti yang sangat baik.

Abigail --> The Father's Joy, The Source of Joy

Odilia --> Praise God, Fortunate

Semoga Odilia Abigail bisa menjadi sumber kegembiraan bagi kita semua, selalu beruntung dalam hidupnya, dan bisa menjadi sarana untuk kita memuji Tuhan. AMIN.

Intermezzo:


Sejujurnya, saat saya memilih nama anak tuh, saya tuh rada-rada bingung loh. Kok bisa ya nama panggilannya tuh agak-agak gimanaaaa gitu.

Abigail. Panggilan: Abby --> Ebi --> Udang Kering

Odilia. Panggilan: Odi --> OD --> Over Dosis

Hahahahahah...  Lupakan...

93 comments:

  1. Abby cute!! cakep ya. *kiss-kiss*

    congrat ya Abby. God Bless you.

    ReplyDelete
  2. Abby ..........
    congrat yaaa *kiss* *hug*
    sumpah lucu banget mukanya abby pas nunggu acara baptis mulai....

    nama baptisnya bagus cik...
    jdnya skrng manggilnya abby or odilia?
    *kepo pengen tau*
    wkwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante, saya kan emang cute hahaha *pede kayak emaknya*

      Abby kok manggilnya :) Masih tetep udang.

      Delete
  3. congratz ya abby... *hugs*

    pose dua terakhir...ekspresi mukanya lucu banget hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hugs balik Tante. Iya, muka malaikat sama muka meringis.

      Delete
  4. congrats yah abby udah jadi anak Tuhan :)
    btw baju abby beli dimana, perasaan dl clarissa conrad baptis susah cari baju putih, apa masih kekecilan (clarissa 7 mg baptis) jd pake piyama tidur putih aja tanpa bandana :( jelek bener deh conrad juga gw cari baju putih polos susah akhirnya pake jumper dr org tapi yah ada warna warni gitu selain putih hahah

    OD kan bisa ganti jd lia hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju Abby beli di H&M Singapore Tante Feli. Haha, gak mau ah dipanggil Lia, soalnya pasaran *ih milih hahaha*

      Delete
  5. Welcome to "Kerajaan Bapa" lil Abby ..God bless u always ..

    ReplyDelete
  6. Wajahnya plekkk ketiplek bapake ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mosok? Yang di bawah bilang plek ketiplek emaknya!

      Delete
  7. Abby udah tambah gede, udah makin keluar kecantikannya.. *tsah*. Cakep dan pinter ya nggak rewel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik? Kayak emaknya dong! Hahahaha... Persis emaknya tuh: Cakep, pinter, gak rewel! *emak narsis*

      Delete
  8. Ya ammpun mba, abby makin lama makin ccuuuttteee banget, dan setuju sama mba ndutyke abby mirip banget bapake.. :D

    Selamat ya Abby, sudah dibaptis, semoga menjadi anak yang slalu dilimpahkan keberkahan dan dituntun dalam melangkah :D





    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah score 2 untuk bapake! Makasih Tante Dian!

      Delete
  9. Abby cute bangetttt... Anteng ya.. Selena baru sering berani gw ajak keluar sejak dia umur 4 bulan... Selena rewel nih..tapi sejak itu sampe sekarang udah tau jalan2 dia hehehe
    Congratz yak abby...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, gpp rewel awal2 nanti juga biasa. Ini anak kecil jaman sekarang udah tau loh, kalo jalan2, dia diem! Apalagi kalo di mobil dimasukin car seat, bahagiaaaa gitu.

      Delete
  10. Congratulations Abby! Selamat menjadi anak Tuhan, cantik!

    Gue pas baptisin Madeline berasanya lega banget. Udah keterima di dalam anggota Gereja. Terus juga mengamalkan janji pernikahan.

    Setuju juga dengan tips bawa bayi ke Gereja. Madeline juga anteng-anteng aja kalo di Gereja. Kalo gue bilang sih karena banyak malaikat di Gereja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr! Mengamalkan janji pernikahan itu, penting banget buat kita.

      Iya yah, kayak ada pelindungnya somehow. Either diem manis, atau tidur deh. Kadang sampe lupa laper loh!

      Delete
  11. Kalo kita gantian yg bawa bayi ke luar. Makin gede makin nakal! Dan attention span makin sempit, jdnya pas komuni udah pasti bapak e dan bayine di luar deh (suami anak Baptis).

    Anyway, selamat ya OA. Namanya bagus sekali. Gaun Mama dan Bayi bisa seragam gitu lagi....luuccuu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, katanya lebih gede lebih rewel ya? Tapi gpp at least udah diperkenalkan dari awal di gereja itu seperti apa. Mudah2an Abby kayak saya juga pas kecil, kata mama saya gak rewel. Hihi... Gaunnya kebeneran aja kok, gak disengaja.

      Delete
  12. Kenapa ini anak matanya mirip banget ama andrew anaknya armand ya....Hihihi berarti gedenya manis baik hati juga...Amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sih mirip? Kayaknya cuma pas lebih kecil yang mirip deh, sekarang beda hahahaha. Yang penting, manis dan baik hatinya sama yah Tante :D

      Delete
  13. hauhh lucu na, ditunggu photo2 narsisnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, emaknya gak majangin foto narsis nih Pit. Foto alamiah aja dulu...narsisnya nanti deh kalo udah gedean haha.

      Delete
  14. congrats ya leony dan suami!
    semoga abby jadi anak Tuhan yang paling manis.

    iyah setuju soal ke Gereja, gw skrg bawa 2 bocil ke Gereja juga santai karena anaknya tau kalo di Gereja itu harus anteng... *ya disogok susu n cemilan banyak sih* hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tya! Nah bener tuh, dari kecil dibiasain, sogok2 dulu, lama2 diajarin kalo di gereja gak boleh maem :D

      Delete
  15. hihi ketawa baca singkatan nama yang lu pilih.. yah kira2 itulah yang nanti dibikin plesetan di skolahnya abby.. masa jaman gak sih skarang plesetin nama orang hehe..
    congarts ya abby, pake gaun putih kaya malaikat ih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, gue udah siap buat anak gue dibully dengan udang dan overdosis. At least gak kayak gue, Monica jadi Monster.

      Kalo emaknya pake gaun putih, kayak malaikat jg gak? *wink*

      Delete
  16. Selamat ya Abby *towel2 pipi Abby* :)
    Bajunya lucu ya Ci, bisa seragaman putih2 gitu...ih si Abby nih versi cewek bapake ya hahaha :D
    Setuju tuh sama tips2nya spy gk usah takut/ khawatir bawa anak ke tempat ibadah, aku pun tempo hari bawa Meca ke Mesjid ternyata tuh anak anteng2 sajah hohoho yg penting sedia susu dan duduknya gk tll ke dalam biar gampang melipir kalo si bocah rewel hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... score 3 buat bapaknya Abby!

      Towel2 balik pipinya Tante ahhh! Sip, emang mesti dibiasain dari kecil dan duduknya di pinggir :)

      Delete
  17. aaaaaaaawww Abby lucunyaaaaaaaaaa gemezzzzzz
    Photo Abby yang pertama mirip banget ama papanya ya hehehehe
    Photo yang bobo so peaceful banget
    doh Abby kamu cute bangettttttttttttttttttt dehhh!!! *pengen toel2 juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh...ini score 4 buat bapaknya, mamanya kalah deh huks...

      Silakan tante towel2, tapi dari jauh aja ya. Soalnya udah banyak yg antri hihi.

      Delete
  18. congrats ya Abby :)
    Hahaha, itu nama2 jadi inget temen gw le... kita manggilnya ood :P
    trus mau ikutan komen klo abby skrg jadi mirip papanya banget le trus jadi terkesan cool & agak dewasa gitu, cuma tetep kiuuuut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp deh Ood asal kagak Oon hahahhaha... Nah, score 5 buat bapaknya! *emaknya masih ngitungin terus*

      Delete
  19. congratz abby... so cute...

    hahahahaha... ya jangan diplesetin donk ci nama panggilannya... hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, kan emaknya cuma preparation kalo2 anaknya mau dibully in the future hahahaha.

      Delete
  20. Congrats ya abby :)

    pose trakir sangat menggemaskan :)

    dan aku ngakak pas baca pengakuan emaknya soal nama panggilan ebi & od hahahah

    oh iya itu baju mami dan abby emang sengaja disamain ya? lucunaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong Tante, aku kan lucu dan menggemaskan *kata Abby*

      Bajunya gak sengaja sama tuh. Abby punya beli di Spore, Mamanya punya beli di Puri Mall hahahaha.

      Delete
  21. Congrats ya Abby!...selamet juga ya Le! semoga Abby jadi anak Tuhan yg baik.

    ReplyDelete
  22. nama baptisnya cakep

    itu, foto yang tidur cute abissss

    tentang nama, cuman perasaan aja kali Le.... :) cakep koookk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...iya, dipanggil apapun, yang penting hatinya yah... (meratapi panggilan sendiri, yang dulu berubah dari Monica jadi Monster)

      Delete
  23. Dulu kepala SMA gw suster Odilia namanya. Katanya dulu lulusan teknik makanya kalo ngajar demennya fisika. Orangnya strenggg banget, galak sama anak2 bandel, tapi adil :)
    Gw paling seneng kalo duduk sebelah bayi di Gereja, demen ngeliatinnya hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihhh bottttt. gw juga kasih komen yg sama donkkkkkk ttg si Odeeeellllllll hihihiiiii. gw sama mel sekelas leleeee waktu smp :D

      Delete
    2. Ih kalian ternyata sekelas yahhh! Wah gpp deh, anak gue galak dikit cincai lah yeeee... namanya kan harus punya pertahanan terhadap laki2 rese! Hihihi... Tuh, yg penting ADIL!

      Delete
  24. Congrats ya Abby, uda dibaptis, Hidup dalam Tuhan :) tinggal tunggu krisma nya kalau da gede :P
    iya, setuju ci sama tips2 nya, jadi kebayang kalo kegereja, persis sama apa yang ci leony lakuin sama yg aku lakuin. :D
    kalo bisa jangan absen kegereja. rewel gak nya itu faktor kebiasaan kok.kalo uda biasa ke gereja juga gak rewel :)
    btw, abby pinter ya, gak nangis di percik air. puless lagi boboknya. bener2 anteng..
    Nama baptisnya cakep, odilia. semoga abby uda besar jadi anak yang baik ya, pinter, sayang mama papa terlebih Tuhan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante Renny. Wah wishnya banyakkkk...Amin amin. Iya, nanti SD komuni pertama, terus SMP krisma yah Tanteeee!

      Delete
  25. COngrats ya Abby :)
    Biar terus dalam perlindungan Tuhan.

    ReplyDelete
  26. lee... abby pas di gendong jd kliatan mungiiill bener yaaa, tp kl di foto sendirian kliatan gede *gemes gemes* selamat ya abby, uda di baptis. Abby keknya hobi mikir nih le, kl di foto sering banget alis nya mengkerut2 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh itu bukan karena Abbynya yang kemungilan, melainkan EMAKNYA YANG KEGEDEAN! Iya tuh hobbynya mikir. Tapi sekarang udah di atas 3 bulan, mendingan udah gak gitu kebanyakan mikir hehehehehe...

      Delete
  27. congrats Abby , semoga selalu diberkati !
    Cakep ya , mak sama anak baju bordir terawang bli or bikin ?
    btw lucu amaatsampe inget Ebi and OD wkwkwkwkwkk ada2 aja deh ini maknya Aby .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Tante Veny!

      Dua2nya beli tuh Ven bajunya, satu di Singapore dan satu di Indo, dan belinya gak barengan hahahaha... Itu baju dibeli dari Abby belum lahir. Gue emang niatin pengen Baptis dia pas usia 2-3 bulanan gitu.

      Delete
  28. congrats ya abby udah dibaptis. dari kecil udah pinter banget ga nangis dibawa2 ke gereja,
    smoga kelak jadi anak yang taat kepada TUhan..amieen
    cantik banget ya si abby *kecups*

    rambut lo dipotong lagi ya le. rambut gue sekarang panjang nya udah sebahu. nanggung deh ni jelek banget jadinya. dikuncir kependekan, digerai pun suka keluar2 kayak ekor bebek *sigh*
    kalo rambut pendek tuh kudu rajin dirapihin ke salon kali ya biar bentuknya tetetp bagus.

    *eh kok jadi curcol?*
    *maap salah fokus ya*
    *ngumpet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecup balik Tante Dhita!

      Rambut gue? Masih sama seperti yang dulu! Dan gak peduli styling, jarang keramas, jelek banget deh, kayak pembokat kan gue? Hahahhaha...

      Delete
  29. lah Leony, kamu ini nama anak cantik2 kok malah dipleset2in. Abby cantik banget sih pake baju putih, trus kamu juga udah kurussss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nob, kamu cuma menghiburku saja yahhhh?? Berat masih sama seperti pas habis melahirkan Nov...

      Delete
  30. Apapun panggilannya yang penting kiyutnya bung!
    Amin semoga doa dan harap mama papa didengar dan dikabulkan Tuhan yaa...
    Leleeeee udah kurus aje kamuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya dong Mamah Dhira, aku kan kiyuttttt...

      Duh, Dhir, itu tipuan, aku gak kurussss! Malah malu banget pas baptisan disuruh pake baju putih, mesti ngubek mall dulu.

      Delete
  31. Wuihhh congrats Abby! Dia makin mirip sama lu aja yah, Le. Gua suka nama Odilia, bagus dan unik, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee! Ada score 1 buat Mama!! 1 vs. 5 hiks...

      Makasih Tante Linda!

      Delete

  32. Lele gw trauma stengah mati sama nama ODILIA...
    Suster kepala sekolah SMP gw namanya ODELIA, dia ngajar keterampilan jait menjait gitu trus at that time gw ngeremehin pelajaran ini kan, gw suruh pembokat yg jaitin, trus di kelas ngobrol2 while si Suster udah mulai sensi ke gw menekankan betapa pentingnya perempuan harus BISA NGEJAIT.... pas terima rapot... ketrampilan gw 4 aja dong?!?!?!?!

    ReplyDelete
    Replies

    1. Ih lele udah keteken senddd,pdhal blom kelar komen gw.... Selamet buat Baby Abby yah utk babtisannya, moga-moga nama santa pelindungnya bisa segalak suster kepala sekolah gw, supaya Abby jadi anak yg bisa membanggakan mama lele dan papa fefel #apeuuuu? Moga-moga juga dengan mengadaptasi nama dari Suster kepala skolah gw yg streng itu, Abby bisa jadi jago menjait. Amiiiiin.

      Delete
    2. Hahahahahaha.... Abby jago menjait? Jadi fashion designer dong ya Fab! Nanti elu gue bikinin baju gratis deh kalo Abby jadi designer. Tapi cukup beha doang yah hahahahaha... Makasih ya wishnya Tante Fab!

      Gue juga trauma sama guru menjahit gue pas SMP. Dapet 6! Gara2 diagak percaya kalo jaitan itu kerjaan gue sendiri... Kampreeettt! Pdhl mata gue udah picek2. Tau gitu gue jelekin aja tuh hasil jaitan. Jait rapi salah, jait gak rapi salah. Huh!

      Delete
  33. selamat ya baby abby.... sudah di baptis...
    iyah mbak, kalo anak dibiasain sering ke tempat ibadah, lama2 juga dia ngerti kok :)
    mampir dari tempat viol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Tante udah mampir! Makasih jg buat wishnya.

      Delete
  34. wah udah dibaptis si Abby yah Le? Hebatt yahh, lu bener2 umat Katolik yang baik ..gak kayak gua, ngabur mulu.hahahaha . Congrats deh buat Abby (ebi ? ehh? )hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha... Kan dari keluarga gue emang pakem banget kalo soal tradisi beragama ihiy! Makasih, Tante Yance! Tante jangan ngabur donkkkk!

      Delete
  35. congrats abby!!! semoga selalu diberkati Tuhan Yesus ya... :)

    ReplyDelete
  36. Wah di sana kalo babptis dapet stola gitu ya? Lucuuuu ^^ Congratz ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di paroki sini aja nih, biasanya orang dibalikin lagi stolanya, eh ini dikasih... Lucu yahhh!

      Delete
  37. Congrats Abby :D
    Setujuh sama yg lain, foto kedua dari bawah imut2 bangettt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, makanya emaknya pajang foto itu. Abis lucu sih kayak malaikat *lah emaknya muji anak sendiri* Malaikat = Angel, kayak tante Angel donk?

      Delete
  38. Congrats Abby... :)
    lucuuunyaa... gw paling demen liat baby newborn ampe 6 bln.. hihihi... masih cute imut2 dan belom usil... hahaha...
    semoga jadi anak yang selalu diberkati Tuhan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Tante Ar! Kalo udah di atas 6 bulan nanti jadi usil yaaaa?? Oh nooo...

      Delete
  39. Teman gue nama anaknya juga Ebi, krm dia suka banget makan udang. Ebi dlm bahasa Jpang udang katanya. Btw congraaaats ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener! Bahasa jepangnya Udang itu EBI. Makanya mana gue kerja jg di perusahaan Udang. Jadi pas kan? Hahahaha...

      Delete
  40. congratulations baby Aby, maminya iseng bener nama bagus2 malah dibilang udang kering & overdosis..,,halahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, preparation nih San, buat menghadapi bully :P

      Delete
  41. silent reader akhirnya memutuskan menuliskan komen perdananya, soalnya aby lucu bangetttt.. selamat ya sudah dibaptis :) semoga menjadi anak yg baik, patuh dan takut akan Tuhan :)

    ReplyDelete
  42. Dari dulu selalu suka nama Abigail.. Tapi jangan diplesetin, kesian kalo tar didenger temen2nya bisa dicengin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang pertama plesetin tuh Opanya loh! Alias papinya suami hahahaha...

      Delete
  43. Hm nama baptis Katolik itu milih sendiri ya? Kalo gw Kristen nama baptisnya dipilihin ama pendeta. Congratss ya Abby. Mudah2an kaya emaknya, rajin beribadah, cantik, dan baik hati hihihi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teph, nama baptisnya kita milih sendiri :) Tapi ya malah jadinya researchnya lebih lama kan? Hihihi...

      Amin amin buat wishnya! *dan emaknya terbang2 nih dipuji*

      Delete
  44. Aamin.. :-)
    Bener 'le jangan diplesetin. Kasian bow..
    Bilang sm mertua jangan suka gitu ah, nama kan doa *mendadak serius*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga sengaja My, itu cuma persiapan gue doang menghadapi kemungkinan nama2 aneh yang bakalan diciptakan oleh temen2nya Abby hihihi...

      Delete
  45. Aduh, akhirannya bikin ngakak :D

    Aku juga setuju tuh, anak justru dari masih bayi merah udah mesti dibiasain dibawa ke rumah ibadah, jadi sejak bayi udah terbiasa gitu dengan suasana ibadah biar tar kalo udah agak gedean gak suka rewel atau bikin rusuh pas lagi ibadah.

    Selamat ya Abby untuk pembabtisannya. God bless u!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nunggu sebulan sih Lis. Soalnya kan kalo under sebulan masih terlalu rentan ya. Tapi since then, rajin terus kok :)

      Delete