Tuesday, October 30, 2012

Menantu Iseng

Pas dulu saya masih usia kira-kira 17 tahunan, saya tuh sudah punya cita-cita, pingin banget kasih hadiah perayaan ulang tahun perkawinan perak ke orang tua saya sendiri. Saya ngebayangin saat itu, kalau saya lulus umur 22, pas ortu saya merayakan ultah perkawinan ke 25 berarti saya sudah umur 24, mestinya saya sudah dua tahun ngumpulin uang, dan mestinya bisa bikinin acara meriah untuk mereka. Saya sampai kebayang, kalau acaranya tuh bakalan saya adakan di ballroom kecil, ngundang saudara dan kerabat, kemudian mereka masuk berdua sama seperti orang menikah. Tapi yang namanya cita-cita, kalau Tuhan ngga menghendaki kan bisa gagal maning yah? Papa saya dipanggil pas usia pernikahan mereka belum genap 20 tahun. Hancur hancur hancur hatikuuuu...

Untuk menebus cita-cita saya itu, akhirnya saya buatkan acara ultah mama saya ke 50 yang lumayan meriah, dan tanggalnya itu cuma selisih 1 hari dari anniversary ke 25 mereka di tahun 2006. But, it's just different. Makanya, begitu saya sudah nikah, dan ngelihat mertua masih lengkap, pas mereka anniversary, saya jadi gatel pengen merencanakan sesuatu, walaupun yahhhh simpel-simpel aja deh.

Mertua saya, tahun ini ulang tahun perkawinan yang ke 35, dan sampai seminggu sebelum tanggal ultah perkawinan mereka, saya sama sekali belum mendengar ada rencana apapun dari anak-anak. Jadi saat itu saya langsung ngobrol ke suami, dan kontak adik ipar. Suami juga langsung kontak cicinya. Seenggaknya, kita urunan dulu. Acaranya apa, hadiahnya apa, nanti biar dipikirin blakangan.
Setelah itu, saya menginformasikan ke mertua, kalau kali ini, anak dan menantu pada mau kumpul dan traktir mereka makan. Jadi intinya mereka berdua cukup bawa diri aja deh. Tempatnya sederhana aja, dimsum bareng-bareng di Imperial Chef, Emporium (karena ada babinya... eh nggak ding, karena emang enak buat kumpul-kumpul hari Minggu siang). Begitu tau tempatnya, mama mertua udah ngomong, jangan lupa pesen udang mayonaisse kesukaan dia hahahhaah..

Pas hari H tiba, saya sudah bilang sama suami, kalo tiba di Emporium itu, saya mau lari dulu beli kue, sementara suami cari parkir. Di saat yang sama, ipar ngabarin, kalau mereka juga sudah mau sampai di Empo. Makin terburu-burulah si ibu hamil gembrot ini. Dan resenya, itu Tous Les Jour, jam 11 aja udah ngantri gitu loh! Pas di sana, saya langsung tunjuk aja kue kecil bentuk hati, minta ditulisin, dan 5 menit kemudian, saya sudah lari-lari lagi naik ke atas supaya bisa sampai duluan sebelum si mertua sampai. Untung nggak gelinding! Begitu tiba di depan Imperial, saya langsung panggil manager buat simpenin kuenya. Luckily, saya sampai kayak 1 menit sebelum mereka, jadi nggak ketauannnnn... HOREEEE!!!

Acara makan-makan hari itu lancar dan seru, plus super mengenyangkan. Ada papi, mami, cici dan koko ipar, ponakan 2 orang, saya dan suami, beserta adik ipar. Nggak lupa, udang mayonnaise kesukaan mertua, langsung dipesan 2 porsi langsung (doyan apa rakus?).

Sebelum selesai makan, nggak sengaja, si adik ipar bisikin ke ponakan yang cewe, "Jangan kemana-mana ya abis makan, nanti ada surprise kue..."

Ehhhhhh dasar si ponakan super polos dan ngga bisa simpen rahasia, dia nyamperin si mami mertua "Oma, nanti habis makan, jangan kemana-mana ya... akan ada surprise, and it starts with a C".

Hadeeehhhhh, mo tepok jidat banget deh... plus mao tepok si ponakan, cuma nanti bisa disambit sama ortunya hahahahha...

Tapi yang lebih parah lagi, begitu makannya udah selesai dan piring-piring mulai diangkatin, itu pelayannya Imperial nyamperin saya, dan ngomong keras-keras, "Bu... Itu kuenya mau dikeluarin sekarang??"  TOLOOOONGGG!!! Padahal mami mertua itu, duduknya di sebelah saya.

Bener-bener deh, ada apa sih dengan surprise kue ini? Kenapa gagal banget rasanya. Akhirnya saya antepin aja deh. "Ya udah Mas, cepetan deh diberesin, biar surprisenya bisa ditaro di meja..."

Pas tiba, itu kue dibawa, lilinnya blom dipasang, pokoknya, bener-bener deh, gak ada lagi unsur-unsur surprisenya. Jadilah, pasang lilin dulu, siapin pisaunya dulu. Tapi biar gimana, mertua tetep riang gembira kok. Seneng juga diperhatiin sama anak, mantu, dan cucu. Kita ledek-ledekin mereka untuk tiup lilin dan potong kue bareng, lalu suap-suapan, udah kayak ABG deh. Kapan lagi ngerjain orang tua ya?? Hahahaha *menantu macam apa daku ini...*


Tiup lilin duluuuuu.....


Aduh, penganten yang ini, mukanya sumringah bener deh ahhhhh.....
 
TAPIIIII..... APAKAH SEBENARNYA SURPRISENYA YANG TADI ITU???

*jejeeeennggggg...... * Pake musik ala silet dan gaya ngomong Fenny Rose*

Di saat semua mengira acara sudah berakhir, tiba-tiba saya bangun membawa pengumuman, kalau, SURPRISENYA BUKAN ITU LOOOOHHH!!!

Yang tadi itu, sesungguhnya cuma preambule! Hahahahha... dan memang yang kue kecil itu sengaja dilakukan, untuk mengecoh si mertua dari surprise yang sesungguhnya, yaituuuuu:

INI DIAAAAAAA!!!!!
Sengaja dibungkus yang rapih, diplester, biar bukanya tambah susah. Pas baru disobek dikit, dan keliatan separo, itu mertua berdua langsung ngakak sejadi-jadinya!! Huahahaha. Saya aja yang udah ngeliat duluan juga ikut ngakak kok! Mereka mikirnya itu, dikasih lukisan. Ya bener sih, lukisan... tapi liat aja tuh gambarnya! Hihihihi...

 The story behind the caricature: 

Terus terang, untuk beliin berlian 5 karat, atau emas 1 kg, kami belum mampu, jadinya saya berpikir, kita harus kasih hadiah yang harganya gak terlalu mahal, tapi cukup berkesan. Tadinya berhubung mertua mau pindah rumah baru, kita kepikiran kasih lukisan beneran. Yah lukisan khas di rumah orang, yang namanya gambar ikan koi lah, ayam lah, kuda lah, yah gitu-gitu deh. Tapi kok rasanya, kurang asik yah. Kemudian si adik ipar ngusulin bikin karikatur aja gimana? Nah, tapi mau karikatur kayak apa? Terus siapa yang gambar?

Soal siapanya, karena si adik ipar itu graphic designer, dia punya kenalan teman designer, yang refer kita lagi ke seorang karikaturis. Masalahnya, gambar ini harus jadi express, dalam waktu kurang dari satu minggu, karena kami butuh waktu untuk membuat custom frame. Lalu konsepnya gimana? Konsepnya itu datang dari... si menantu iseng! Dan inilah konsep awalnya:

Kok bisa ya, gambar sampah karya saya ini, pas diterjemahkan, jadinya seperti gambar yang di atas tadi?
Saya cuma bilang, itu di depan si papi mami naik motor, platnya itu tanggal pernikahan mereka, dan motornya itu narik gerobak, yang isinya masing-masing keluarga anak pertama, kedua, dan ketiga. Terus, dapet mukanya dari mana? Gak mungkin kan kita ngumpul duduk manis terus digambar? Jadilah, saya dan suami ngubek file-file di rumah. Intinya, tiap orang harus ada tampak muka dan tampak sampingnya. Bener aja, pas karikaturnya pertama jadi, rata-rata kekurusan hahahah..itu aja muka saya kudu digendutin hihihi. Soal motornya, suami iseng nanya, dulu pas mereka pacaran naik motor apa. Ternyata naik Honda CB 100 hihi. Jadilah kita google dan juga kirim gambarnya ke si karikaturis.

Begitu kita tau ukuran karikaturnya, saya, suami, dan adek ipar langsung pesan frame custom ke salah satu gallery di MTA. Dan ternyata, paling cepat dibuatnya itu 1 minggu aja sodara sodariii.... mefet pisaaaannn!! Hari Jumat karikaturnya jadi, hari Sabtu kita balik lagi ke tukang frame untuk dirapihin dan dipasangin, dan hari Minggu itu perayaannya. Phewwww.....

Foto terakhir ini, adalah seluruh anggota yang ada di karikatur. Dah tau kan siapa ajaaaa?


Saya berlindung di balik frame, biar gak keliatan terlalu gembrot.
PS: Ponakan yang cowo, tangannya gak bisa victory sign alias 2 jari. Kata maminya, cuma bisa 3 jari atau 4 jari hahahahaha. Eh iya, si menantu iseng ini jadi harus mulai mikirin, untuk keisengan selanjutnya!!


70 comments:

  1. wahh happy 35th anniversary yah buat papi mami mertua :) mukanya hubby persis sama mamanya yah hehehe

    duh maaf yah bukan bermaksud mentertawakan tapi liat gambar ide awalnya lucu hahaha, framenya di TA yg murigo art bukan yg jual lukisan juga?

    imperial chef yg di kota lindeteves situ rasanya juga ada babi deh, cm tempatnya yah kurang enak aja hahaha..soalnya nyokap kl ajak kesana katanya ada babi, kl di mall udah halal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nampaknya si cici sama suami tuh mirip sama nyokap, adeknya yang lebih ke bokap ya. Framenya bukan di Murigo, Fel. Murigo minimal 2 weeks dan salesnya ogah-ogahan haha. Akhirnya gue di Glory.

      Di Lindeteves benernya kalo rasa enak, Fel. Cuma parkirnya painful banget, kalau ke sana kita kudu bawa driver. Tau sendiri kan Hotel Jayakarta spooky banget parking lotnya. Kalo Imperial Chef itu ada babi, yang ngga ada babi tuh Duck King (itu kan satu group ya). Jadi kalau mau suasana enak ya ke Imperial yang di TA atau Empo aja Fel.

      Delete
  2. ini mah harusnya judulnya menantu berbakti! gue mana pernah inget anniversary mertua. inget ulang tahun mertua aja nggak. padahal mertua kalo gue ultah suka ngirimin kueh. sungguh diriku menantu tidak berbakti, harus banyak belajar dari dirimu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, jangan bilang gitu kaliiiii... Kan ada orang yang emang udah perhatian setiap saat Ngel, ga butuh tanggal2 khusus haha. Ayo, save di HP aja tuh tanggal2 pentingnya, trus ya emang mesti kerjasama sama suami sih untuk saling ngingetin hihi.

      Delete
  3. Hahaha... kocak banget persiapannya ci!bikin dagdigdug dueerrr...
    Gregetan juga sama si keponakan, *pengen jitak rasanya*ihhhh...
    Anyway, selamat ulang tahun pernikahan yah buat mami-papi mertua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persiapannya emang singkat banget, Nic. Duuuhhh untung deh akhirnya berjalan lancar, walaupun di tengah2 sempet ada glitch, tapi malah jadinya lucu loh! Kesannya anti klimaks, padahal ada lagi surprise selanjutnya hihihi. Thanks, Nic.

      Delete
  4. happy anniversary buat mertuanya Le...

    ahahahaha itu hebat banget yang gambar, bisa nangkep maksud lo apaan.. ahahaha.. tapi keren loh hadiahnya.. cumpah deh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Be. Iya tuh, gue juga ngga nyangka jadinya rada model 3D gitu ya. Gue pikir bakalan kayak karikatur 2 dimensi yang kayak di koran-koran gitu hihi. Gak taunya malah lebih colorful dan lucu.

      Delete
  5. happy anniversary buat mertua lu ya!!!
    gambar karikaturnya keren abis... lucu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Man. Iya, kudos buat yang gambar. Jadinya lucu banget :D

      Delete
  6. cakeeeep karikaturnya gua demen liatnya le, gua ijin contek idenya yah kali2 gua perlu hihihi.. lucu banget, pasti cakep dipajang di rumah baru :D
    daripada lukisan koi, kuda, dsb, ini mah jauh lebih berkesan yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Vi... kita berbagi ide haha. Cocok atau ngga-nya di rumah baru, sebenernya gue gak tau hahahaha... ternyata rumah barunya very2 streamline dan minimalis. Karikaturnya pasti jadi colorful banget kesannya hihihi.

      Delete
  7. kewreeeenn karikaturnyaa...:D
    heibat deh idenya..simple tapi pasti berkesan banget buat mereka..:)
    kuehnya juga itu..aduuuhh pengen ikutan makan deh gue...lucuuk..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuenya, surprisingly enak loh hahahaha... padahal kirain yang lucu2 gitu biasanya suka biasa aja rasanya. Amin, moga2 berkesan (dan ngga malu2in ya hahahaha).

      Delete
  8. happy anniversary ya buat mertua lu Ny...
    Eh gua waktu anniversary ke 1 juga pernah kasi kado karikatur ke Tan hahaha, dibikinin sama temen kantor yg jago karikatur. Emang lucu yah karikatur tuh apalagi kalo yg gambar bisa nangkep maksud kita.
    hebat Ny elu sampe bisa siapin surprise buat mertua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nat, kalo yg gambarnya jago, asik deh, mana jaman sekarang tuh ternyata digitalized ya, jadi sehabis digambar, mereka masih bisa edit secara digital, jadi bisa direvisi. Haha.

      Delete
  9. happy anniversary buat mertuanya ya!

    karikaturnya keren bgt! ide mantunya boleh dikasi jempol deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Lu. Haha, jadi maluuuu...

      Delete
  10. ih pinteran banget karikaturis-nya.. bjadi pengen nyontek idenya hahaha...

    Happy anniversary buat mertuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indahnya berbagi ide ya hihihih... Sip, makasih ucapannya!

      Delete
  11. Eh...eh...eh... di karikatur itu, tampang papa mertua lo rada-rada miri Yusril Mahendra, ya? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yusril yang ngikutin Fel, mertua gue kan lebih tua! Hahahaha... iya tuh, Yusril emang untuk ukuran orang Non-Chinese, matanya rada-rada sipit ya.

      Delete
  12. ci leony jadi mantu ya begini lah...Noona Leony Style! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus saya mesti joged2 Noona Leony Style gitu? Hahahahaha... Cici ah, bukan Noona!

      Delete
    2. ga perlu ci, koprol aja hahahaha

      Delete
    3. Sambil bilang WOW gak? Hahahaha!!

      Delete
  13. lucu banget karikaturnya. happy anniversary buat mertua ya bulele :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ya Nov. Iya, ternyata hasilnya mayan lucu ya (dibandingin gambar saya yang kayak sampah itu hahaha).

      Delete
  14. Happy anniversary buat mertua elu yaa.

    Ide karikaturnya kreatif tuh, Le :-) Contek ah buat nanti.. hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, thanks yah!! Iya silakan diconteeekkkk... tapi nanti komisinya buat gue yah!

      Delete
  15. Hepi anniversaryyy :D
    Bacanya seru :D
    iya ide karikaturnya kreatip dech, mantab nih menantu yang baek bukan isenk lar ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serasa lagi baca petualangan ya? Makanya seru hihi. Apalagi pas bagian ponakan gue itu ruined the surprise haha.

      Delete
    2. hehe iya btw Le, gw terinspirasi ama kado loe, tanya donk lu bikin caricaturenya d mana ya, i mean nama tokonya apa? mrk bisa kirim ngga ya? kalo u masi ada minta donk email/no telpnya..
      thanks :D

      Delete
    3. Namanya Pak Lucas. Dia emang karikaturis. No telponnya: 08158975041. Nah, soal info deliverynya, lu tanya ke dia langsung yah. Anyway, lu harus sabar juga kalo pesen caricature, ga bisa sekali jadi. Itu revisinya kemarin sampai 3 kali. Hehe.

      Delete
  16. happy anniversary buat mertua loe Le...
    Hahahahha...iseng yg membawa happiness....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks youuu! Iya, iseng2 berhadiah ya? Hihihi.

      Delete
  17. leony
    ide2 lo emang jenius deh..berkesan banget pasti ya suprise nya :))
    keren ih..
    smoga kita bisa langgeng kayak mereka ya le :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, gue aja sampe sekarang kagak tau loh, mertua gue itu bener2 seneng, ato cuma ketawa doang ngeliatin karikatur mukanye sendiri hahahahaha...

      Amin Dhit, semoga bahagia selalu yahhhh....

      Delete
  18. kunjungan perdana..
    mantap..mantap..
    akhirnya impiannya kesampaian juga
    walaupun bukan pada orang tua tercinta

    bisa ditiruh nih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang juga udah jadi orang tua sih ya benernya :). Sip sip, boleh ditiru, jangan lupa komisi buat saya yah? *ngarep* hahahaha...

      Delete
  19. Happy anniversary buat mertuanya ya le :)
    Karikaturnya keren euy, ini sih bukan iseng namanya le...siapa juga kalo dikasih surprise ky gitu pasti syenangnya bukan main ya
    Gw mah boro2, tau tgl pernikahan mertua aja kagak mwahahahaa *menantu payah* :D semoga kelanggengan mereka bs jd contoh buat kita2 ya, eh bumil ini kynya makin cakep aja yak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maacih, Nyonya. Eh boleh loh ingetin tanggal anniversary mertua, terus iseng kasih mereka sesuatu... nanti bakalan diinget sebagai menantu teladan (apaan seh hahahaha). Amin amin, semoga bisa langgeng sampe hayat memisahkan. Eh, makasih, itu rada cakep karena ditutupin frame! Haha.

      Delete
  20. hadiah anniversary nya t.o.p deh. happy anniversary ya le, buat mertua lu. semoga kalian bisa langgeng seperti mertua kalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Dessss... semoga lebih awet, lebih langgeng, lebih lengket hahaha.

      Delete
  21. Happy anniversary buat mertua yah...
    karikatur nya bagus, keren & kocak....dua jempol buat menantu iseng yg bikin keluarga ramei & alive....
    Baby ok?

    Sani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo San, thanks ya. Baby is fine hehe. Minggu depan ketemuan lagi, dan masuk minggu ke 32 nih :D

      Delete
  22. Wuaaaah!!! gw jadi ikutan dapet surprise dan uda mikir " ya biarlah surprise kue gagal " yang penting niatnyaaa..hahahaha...ikutan ketipu juga dah! hahaha..

    Selamat anniversary yah om tante!
    Sehat selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaah... ternyata ada pembaca ketepu juga ya pas baca? Serasa suspense! Hihihihi... Thank you, El!

      Delete
  23. Salam kenal. Suka banget postingan ini, lucu dan ngejutin endingnya hehehe. Kejutan memang selalu menyenangkan ya... Selamat anniversary ya buat papa mama mertua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helo Maria, atau Zipora? Haha. Iya sengaja bikin postingannya biar kasih efek yang sama dengan yang mertua rasakan. Haha *rada maksa*. Makasih ya!

      Delete
  24. wahhh keren yahhh karikaturnya....dasar iseng aja le....tapi mertua pasti senang nihh....menantunya penuh inisiatip....happy anniversary yah buat mertua lu....biar anak2nya bisa ngikutin tuhh sampe melebihi mereka ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ya Yance, atau Cici kali ya lebih sopan haha. Amin amin, semoga bisa lebih dari ortu awetnya, hepinya, rejekinya, lengketnya haha.

      Delete
  25. karikaturnya bagus yaaa... mirip2 pula.. :)
    yang penting mertua senang, hati gembira hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Yul! Iya lumayan mirip2, tapi kalo kita yang digambar, kita brasanya ga gitu mirip loh! Haha. Suami tuh yg termirip dari semuanya.

      Delete
  26. Happy Anniv buat mertua lu ya
    semoga hepi ditengah anak cucu mantu kae lu itu ha22
    lucu n bgs karikaturnya , trus tampang2 semirip aslinya yak ?
    btw muka MIL lu rasanya g familiar deh .. hi222

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you! Nahloh, muka MIL gue mirip siapa? Kalo sopir taksi di Singapore ngeledekin dia mirip Ibu Tien Soeharto! Ha ha ha.

      Delete
  27. waaa kereeenn! karikaturnya mantap benerrr... salam kenal y c'leony... lg blogwalking, terdampar disini, dan kmudian sukses ngakak liat posting yg ini ^__^ Happy anniversary buat mertua, smoga makin langgeng dan bahagia selamanya..Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Deva. Amin amin buat wishnya! Silakan, terdampar aja sering-sering. Kali2 betah hehe.

      Delete
  28. aihhh suami lo bener2 jiplakan nyokapnya ya.. persis abissss..
    happpy anniversary omm, happy anniversarryy tantee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya ? Bener2 plek ya? Bukannya cicinya ya yang lebih plek? Thank you ya Mel!

      Delete
  29. karikaturnya keren banget ci! hapy anniv yaa buat mertuaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you yah! Tiap kali gue dipanggil cici, brasanya dah tuwir banget. Tapi ternyata yang manggil dah punya anak duluan ya? Haha. Hebat!

      Delete
  30. wow, cute surprise :) suka banget sama karikaturnya, kue'nya juga kayanya yummy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Indi. Iya tuh, sengaja sih kuenya gak gede-gede, biar langsung ludes hihi.

      Delete
  31. hahaha, suka banget liat karikaturnya. Happy anniversary ya buat mertua, seneng ya ngeliat old couple masih bisa merayakan anniversary begini. Akyu contek idenya juga yah, hihi. Nggak akan kucuri deh kemuliaanmu, kalo ditanya ide siapa nanti kubilang ide menantu iseng-nya orang gituh.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Sondang. Boleh boleh...dicontek hahahaha... Kan udah dipraktekin di keluarga ini, jadi gak mungkin diulang yang sama dong ya ? Jadi boleh dipake buat orang lain. Jangan lupa bayar license! Hahahah... *plak*

      Delete
  32. happy anniversary untuk mertuanya ci leony.. karikaturnya lucuuuuu ^^

    ReplyDelete
  33. Haaaii ci Leonyy..
    Aku boleh tau ga kontak karikaturisnya? Abis baguuuus :)
    Pengen nyoba mesen juga.
    Thank youuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yani, sorry banget, kok comment kamu bisa masuknya di spam ya? Pas aku cek tadi, ternyata ada di folder spam, jadi aku ga dpt notificationnya. Jadi baru reply skrg deh.

      Kontaknya: Pak Lucas. No telponnya: 08158975041. Semoga membantu.

      Delete