Wednesday, September 12, 2012

Ulang Tahun (dan Segala Kerepotannya)

Sebelum menjadi basi, saya mau ngasih tau dulu, kalau kemarin itu, di pertengahan bulan Agustus, sehari sebelum libur panjang Lebaran, saya ulang tahun ke TIGA PULUH! Hahahahaa.... ! (Biasa orang lain kalo soal umur nutup-nutupin, kali ini sekalian aja saya kasih capslock). Dan dengan berulangnya hari kelahiran saya, kerepotan dimulai dengan: Perpanjang SIM dan KTP yang pas-pasan banget dua-duanya koit masa berlakunya di hari ulang tahun saya tercinta.

Kalau boleh saya puji, proses perpanjangan SIM di Mal Artha Gading, bolehlah saya acungi jempol. Kekurangannya cuma satu, kursi untuk para penunggu itu limited edition banget yah. Mana saat itu mall juga belum buka, jadi yang nungguin dipanggil buat foto SIM itu jadi seperti kaum terlantar yang kepaksa duduk-duduk di lantai atau berdiri nempel dinding kayak cicak. Selebihnya, efisien, lumayan cepat, dan yang menyenangkan adalah, tanpa pungli! Bawa uangnya pas ya, IDR 140,000. Tar kalau nggak pas repot (katanya suka "ga ada kembalian"). Beda banget sama pengalaman adik saya yang perpanjang SIM via SIM Keliling cabang X. Baru di depan aja, petugas minta pungli buat nyatetin formulir, dan minta pungli lagi saat pengambilan SIM-nya. Huh! Dalam waktu lebih kurang 1 jam, selesailah SIM baru saya dengan wajah super lebar yang nggak ada cantik-cantiknya, yang nanti saat anak saya sudah ngerti, saya mau bilang: "Ini tuh Mama lagi hamilin kamu loh! Jadi bukan Mama ngga fotogenik ya.." CATET!

Lain padang lain belalang, lain SIM lain pula KTP. Pertama-tama, saya mo nanya, E-KTP saya kapan jadi yah? Itu motret sama ambil sidik jari itu dari saya belom jadi istri orang loh! Jadi kepaksalah saya harus perpanjang dengan cara manual, yaitu: Minta surat pengantar ke Pak RT tercinta, kemudian lanjut proses ke Kelurahan.  Dan di sinilah, saya mengalami dengan mata kepala sendiri, birokrasi kita yang SUNGGUH MENYEBALKAN! Mari kita simak.

Hari Senin malam, saya ke rumah Pak RT untuk minta surat pengantar. Pak RTnya keluar males-malesan, bilang kalau form buat surat pengantarnya habis, belum di fotokopi. Tolong deh Pak, masak form paling standar aja ente gak ada? Katanya, balik lagi aja deh besok malem.

Selasa malam, saya datang lagi ke rumah Pak RT, dibilang sama ibunya (ibunya pak RT ya, bukan istrinya, soalnya Pak RT-nya itu sudah cerai sama istrinya), katanya lagi tarawihan, nanti coba balik lagi pukul 20.30 katanya. Oke, gak masalah. Pukul 20.30 saya balik, katanya masih belum pulang. Suruh balik lagi pukul 22.00. Pukul 22.00 balik lagi, dibilang: PAK RT UDAH TIDUR! Heh??!!!

Dengan perasaan super dongkol, besok paginya itu sudah sehari sebelum hari ultah saya, saya berangkat ke Kelurahan tanpa surat pengantar. Ceritanya, saya mau curhat sama petugas kelurahan. Saya kesel banget, sudah berkali-kali ke tempat Pak RT, tapi kok sikapnya seperti itu, dan sama sekali tidak ada niatan untuk melayani. Tapi, namanya curhat ke petugas kelurahan itu, sama kayak curhat ke tembok kali ya. Malah itu petugas suruh saya balik lagi ke rumah pak RT, katanya suruh minta istrinya pak RT aja yang urus. Nahloh? Istrinya? Pak RT itu kan sudah cerai, dan ngga punya istri.... *bingung*. Ealaahhhh.. ternyata pak RT (yang ngga punya pekerjaan tetap itu), sudah NIKAH LAGI!! Dan saya tetap nggak boleh ngurus KTP kalau ngga ada pengantarnya. Katanya pak petugas, "Ngga enak Bu ngelangkah, soalnya saya kenal sama RT-nya." OKE DEH!

Dengan perasaan DOUBLE super dongkol, saya balik ke tempat Pak RT di pagi yang sama, dengan harapan dia ada di rumah. Ceritanya mau saya lempar bom molotov rumahnya... Hahahaha... nggak deh, ceritanya saya masih mau usaha lagi. Pas saya sampai, dibilang: Pak RT nggak ada di rumah. Wuihhhh... beneran minta dijitak ini pak RT! Saya masih ngga beranjak, sampai akhirnya Ibunya Pak RT keluar, bilangin Pak RTnya MASIH TIDUR!!! Jadilah dia diteriakin buat bangun sama Ibunya, dan dengan muka kusut masai, bikinin surat pengantar buat saya, dengan wajah ditekuk, dan kasih suratnya digeletakin di atas meja gitu saja. Whatever lah, yang penting saya dapat surat pengantarnya.

Sebenernya, saya penasaran kenapa Pak RT ini kok begitu amat sama saya. Jadi saya tuh nanya ke Mama  kenapa pak RT begitu kelewatan. Nah, mama saya cerita, jadi beberapa bulan lalu, saat adik saya mau perpanjang KTP, mama saya minta tolong Pak Satpam untuk minta surat keterangan ke Pak RT. Pas suratnya sudah jadi, Pak Satpam anter ke rumah, dengan membawa "wasiat" dari Pak RT, katanya, "Bu, Pak RT minta uang tuh... sekian puluh ribu". Si Mama yang merasa itu bukan kewajibannya karena surat pengantar itu kan nggak pakai biaya, sama sekali tidak nurutin wasiatnya si Pak RT itu, dan cuma kasih tip secukupnya ke Pak Satpam. Which is TINDAKAN YANG BENAR! Ya gak sih??? Tapi ya gitu deh, emang dasar RT yang mata duitan, ngga ada unsur pelayanan sukarela. Dan jujur aja, dia itu dipilih jadi RT karena kita menghormati almarhum ayahnya dan kakaknya yang keduanya adalah mantan RT yang hebat! Oh Indonesia...

Oke, mari berlanjut balik lagi ke Kelurahan. Akhirnya, saya punya dokumen lengkap untuk ngurus KTP. Ternyata prosesnya cepat kok, ngga lama. Habis ngasih dokumen, nggak sampai 15 menit kemudian dipanggil untuk foto. Begitu selesai foto dan siap mengambil KTP yang sudah jadi, petugas yang tadi ngomong, "Nih Bu, udah jadi ya. Seperti biasa.... bantuannya ya bu..." WHAT??? Emangnya saya Lembaga Sosial?? Akhirnya saya cuma bilang, "Iyah, tar ibu saya yang kasih..." sambil ngeloyor keluar ruangan dia. Sampai di luar, dengan kesel, saya suruh mama saya kasih si bapak uang. Asli, saya udah males banget liat wajahnya dia... Yang penting KTP sudah di tangan.

Ultah saya ngapain dong? Dimulai dengan bagi-bagi kue di kantor, makan-makan bersama keluarga, dan dapet kado dong! Soal ultahnya sendiri, nanti saya bikin postingan sendiri yah. Bumil mulai pegel ngetiknya, soalnya lagi di ranjang, dan udah nggak bisa tengkurep lagi... hu hu hu... Jadi mari kita tutup dengan foto ini aja:

Ibu gembrot disuapinin kueh ultah sama suami....
Sungguh, di usia 30 ini, saya bersyukur luarrrrrr biasa. Dalam setahun terakhir, saya sudah diberi kepercayaan untuk menjadi seorang istri, dan akhirnya menjadi seorang ibu! Tuhan itu emang hebring!

73 comments:

  1. wah le, happy birthday ya... semoga preganancynya lancar2 terus sampe nanti due datenya... :)

    ReplyDelete
  2. Happy birthday leony :))

    Walah urusan RT lurah emang rempong deh neykk..tapi RT gw si ga pernah minta duit si. Gw kl urusan gitu biasanya bayarin satpam aja suruh anter jemput surat :p *pemalas*

    Eh gw blm foto e-ktp lho malah. Kok ya males bgt gw ngurusnya hehe. Nunggu kurusan dikit lg deh biar bagus kalo difoto #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sewajarnya RT kan kayak RT elu itu ya... Oom gue yang jadi RT juga tuh, malah dia sering bagi-bagi rejeki ke orang lain, boro2 minta duit. Kalo kasih satpam tipping sih emang udah wajar, seperti yang nyokap gue lakukan.

      Loh, elu ngga memenuhi undangan foto e-KTP? Percaya deh sama gue, mendingan foto lu jelek di KTP, tapi aslinya lebih cakep. Pasti bikin orang yang ngecek terkesima :P

      Delete
  3. Selamat ulan tahun Leonyyyyyyyyy.....you look smashing btw, kayanya lo dapet hormon2 hamil yang bikin kinclong bin glowing.

    Btw, titip lempar petasan buat pak RT nya yah. Dan bener tuh yang lo lakukan...kagak ada kasih2 salam tempel emang tugasnya doi kok ngasih surat pengantar dengan gratis. Sekalian aja besok2 petugas kelurahannya gak usah dikasih uang juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah?? Kinclong? Gue brasanya butek loh hahahaha... Rambut gue aja kata nyokap jadi brantakan, dan gue makin cuek sama penampilan (Untung suami ngga komplen).

      Gue sih emang kagak mau kasih duit, makanya gue tuh ngga mau keluarin duit dari tangan gue dan pindah ke tangan petugas. Itu dia kenapa gue suruh nyokap. Gue gak sudi... CUIH!

      Delete
  4. Happy birthday dan selamat ulang tahun!!! Semoga sehat selalu, bersama kandungannya juga semoga lancar terus, bahagia dan sukses selalu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya Natali :) Appreciate it! Amin amin amin...

      Delete
  5. Selamat ulang tahun neiiik..
    Hahaha..
    Gue juga urus SIM perpanjangan di Artha Gading, emng cepet doi. Salut gue gak nilep apa2 ya polisinya :-)
    Btw pak RT lo nikah lagi, emng kapan cerainya? #penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih neik (neik2 ke puncak gunung)...

      Iya, hebat juga tuh Artha Gading. Coba deh ke Samsat Pusat yg di Daan Mogot, polisinya sendiri nawarin mo cepet apa ngga hahahaha...

      Lu ga tau Pak RT gue nikah lagiiii?? Kemarin masuk inpotemen tabloid RT 008!!

      Delete
  6. Itu pak RT nya drama banget, kawin lagi gak kedeteksi sama warga :D
    Jabatan RT nya pun warisan macam jadi raja/kaisar zaman baheula deh.
    Tapi emang orang kelurahan itu mukanya tebel semua deh, bahkan kalo kita nolak ngasih udang mereka akan tetep maksa loh, jangankan KTP surat keterangan miskin aja di komersilin sama mereka :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bok kenapa gw ngetiknya jadi udang, maksudnya uang yak.
      duh ini pasti efek belum sarapan :D

      Delete
    2. Huahahahaha... Yoi, Pak RT gue itu emang udah kayak drama korea. Kerjaannya ga jelas, dan ternyata, kawin lagi pun, istrinya ngga tinggal serumah sama dia! Di kos2an katanya istrinya, beda bbrp jalan dr rumahnya... NAHLOH! *gossip hangat*.

      Wah, kok lu bisa tau gue kerja di perusahaan UDANG? *lebih ngga nyambung lagi*

      Delete
  7. harusnya blg ke anak loe "ini foto pas lagi di hamilin papa" huahahahah j/k

    gw juga foto e ktp seminggu sebelom lahiran (ky 20an okt 2011) untung krn hamil tua jd gak usah antri, org2 pd ngedumel gak seneng (ibu hamil, org sakit sama org tua di prioritas) trus pd ngaku2 sakit2, dlm ati gw sakit beneran yg gawat aja baru tau..bukannya mensyukuri badan masih sehat2.

    kmrn itu baru ada panggilan ktpnya jadi, pas di tuker yg udah jd punya suami doang, punya gw belom hahaha...

    bikin SIM th lalu di polsek kemayoran fine2 aja tertib, sepi dan biaya yg tertagih aja tadinya bermaksud cari SIM keliling tp lg gak ada daerah gw hehe

    plg males emg sama pegawai2 gituan, bukannya membantu yg ada mempersulit. Gw rasa pendapatan mrk lebih gede (krn pungli kiri kanan) dari pegawai2 lulusan S1 yg baru kerja. Nyokap gw aja di ocehin pak lurah secara gak lgs blg jgn milih 3 mama gw blg gak milih 3. trus scr gak lgs nanti puteran kedua suruh pilih 1 hahahah pdhl org lg berduka ngurus surat kematian, nyari dia susah bener sampe akhirnya nyokap gw tunggu depan pintu ruangan dia...bener2

    sekali lagi happy belated birthday yah...itu kacamatanya kaya sepasang, modelnya mirip soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, bener juga! Eh tapi emangnya siapa lagi yang mau ngehamilin daku? Hihihi...

      Iya tuh e-KTP ampunnn lama banget. Gue juga Oktober fotonya. Suami yang di Puri malah udah dapet loh. Gue malah belum. Ya sudahlah... mau pilkada gini kan makin dilama2in aja tuh. Hahahah.

      Kalau pilih no 1, kan mereka bisa terus2an ambil pungli. Tar kalo no 3 kepilih, gue juga yakin, mereka bakalan masih tetep usaha cari pungli. Emang parah semuanya.

      Hehe, beda sih kacamatanya. Tapi sih emang parah loh, gue ke Gallery Optik Melawai PS, suami dan gue di kesempatan berbeda, sama pegawai di situ, kita ditawarinnya the exact same frames hihi, which are yg dipake suami.

      Delete
  8. Adoh! kalo ngomongin RT kelurahan dll..males.com gw Le! yang harusnya semua gratis,tapi banyak " bantuan " "setoran " " uang admin " OMG! kl ditanya " Pak katanya ini ga dipungut biaya? " dijawabnya " yah, itu kan dr pemerintah bu, kalo kita disana mah uda biasa diselipin! " Pantad!

    Btw, happy birthday Le! cihui cihui dah dikau bentar lagi jadi mama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaha.... ternyata My As$ itu kalo di Indonesia-in kesannya malah jadi lebih sangar ya... untung lu ganti huruf terakhir dari T jadi D hihihi.

      Thanks El, iye nih, perut tambah gede, ngebut skrg gedenya!

      Delete
  9. happy birthday mommy to be!! sehat selalu dan bertambah berkat di tahun ini dan tahun mendatang.

    emang nyebelin ya petugas pelayanan masyarakat kita. bukan membantu melayani tapi membantu nyusahin masyarakat. Kudu disemprot pake baygon oknum2 model begini bikin penyakit di masyarakat.*esmosi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, amin amin.

      Kalo pake baygon sih ga mati... wong nyamuk aja masih idup hahahah... Disembur ASEP KOPAJA AJA! Pingsan deh kayaknya...

      Delete
  10. Happy Birthday!!
    Hwah emang males banget ngurus2 segala surat-surat itu. Sebel sama uang-uang gak resmi yang terpaksa harus dibayarkan. Bukan soal nominalnya ya, tapi gak rela aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh Diiii.... EMANGGGG!! Duit pelicin buat KTP misalnya untuk pengantar 20rb, untuk petugas kelurahan 20rb, tapi lu bayangin deh, kalo dikaliin banyak orang, brapa tuh? Pas 5 taon lalu, si RT beneran ke rumah gue minta 50rb loh buat ngurusin KTP. Parah!

      Delete
  11. Leony galakkkkk... Huuu kalo gw ditodong kaya begitu sama abang-abang. err.. Bapak-bapak i mean, gw langsung keluarin duit biar diem trus langsung kabur... Pas elo ngomong 'nanti ibu saya yg kasih' pasti pake tatapan tajam setajam syilet ya le?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhhh.... gue gak galak taukkkk... gue empet! hahahahaha. Gue bahkan ngga mandang mukanya sih, boro2 setajam silet... mendingan tumpul, biar lebih nyiksa! hahahaha...

      Delete
  12. Happy Birthday le!! Semoga sehat2 selalu ya sama dede baby yg lagi ngumpet di dalem perut. Btw gue belom bikin eKTP lho sampe sekarang, waktu itu males khusus pulang lampung buat bikin ktp hahaha nunggu tar aja ah sekalian kawin. Btw, itu pak RT gitu banget sih cuma gara2 kurang uang gosok2 nya. Gua sebel banget sama orang2 pemerintahan gitu yg dikit2 butuh pelicin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo sampe di luar kota sih emang males banget Pi! Tapi temen-temen kantor gue yang orang Lampung, justru pada udah dapet loh KTPnya. Kenapa Jakarta belom ya? Apa ada hubungannya sama Pilkada? Pak RT itu kan benernya bukan orang pemerintahan ya, tapi lebih ke pelayan masyarakat sekitarnya lah..., sama2 warga, yang volunteer and dipilih. Kayaknya RT gue aja deh yg terlalu kayak gitu.

      Delete
  13. Nambah2... blog lu satu2nya blog di blogspot yg kalo komen ga perlu captcha *BAHAGIA NYA*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Sama, gue juga bahagia gak ngerepotin orang wahahahah. Soalnya kan blogger jg ada spam protection kok :).

      Delete
  14. Happy Birthday, Le! Wish u all the best & sehat2 selalu ya sampai melahirkan nanti :D

    Indo kapan ya ga ada pungli2. Dikit2 duit.

    Ngomong2 RT/RW, RW gua berinisiatif merapikan trotoar pingir jalan, katanya biar bagus. Warga kira pake duit kas RW, eh ketika udah jadi, dikirimin selebaran dimintain uang ganti rugi. wtf. padahal kas RW masih banyak (tiap bln kan dibagiin laporan keuangannya gt), udah gitu kita warga jg ga minta benerin trotoar kok, orang trotoarnya ga kenapa2. bagus2 aja. Aneh bgt. Gw sering bilang ke emak gw, ini RW kita lama2 kayak menjadikan lingkungan kita as teritorinya dia, udah kaya hak milik, warga cuma numpang idup di wilayah dia. Udah gitu ga mo mundur2 pula dari pencalonan RW. ga ada yg berani nentang jg, pada takut semua.

    *jadi curhat* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Ngel. Wah, gpp curhat... gue tuh seneng dengerin orang curhat, jadi gue makin tau betapa ngenesnya pelayan masyarakat. Emang tuh, RT gue juga udah brapa juta taon ibaratnya ga mundur2, soalnya cuma dia doang sih yg ngga ada kerjaan, org lain kan sibuk semua hahahahaha....

      Delete
  15. diih gue juga paling males urusan ama orang RT RW Kelurahan gitu.
    klo urusan ama polisi, urus SIM, passport gitu masih mending deh.
    makin kecil lembaganya makin ga ada urat malu klo mau korup.
    kemaren sih e-ktp gue untungnya bisa diambilin ama bokap nyokap. g ga tau sih tuh dimintain duit lagi apa kaga (kan katanya GRATIS ye).

    dan foto gue donk di ktp baru ENGGAAAA BANGET (-_-) ya tuhan kenapa sih harus ganti KTP.

    eniwei, HAPPY belated BIRTHDAY !!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, passport juga SAMAAAA!! Perlu gue ceritain kapan2? Hahahaha... Kalo E-ktp tuh aslinya ga boleh diambilin, mestinya tuh kudu diactivate pake sidik jari kita. Tapi kemarin ini suami gue akhirnya diambilin sama mertua, begitu dia mau aktifkan ke kelurahan, eh dibilang: Wah pak, skrg udah kita otomatis aktifin, soalnya alat sidik jarinya udah dipindahin ke tempat lain. HUAHAHAHA...

      Spt gue bilang sblmnya, gpp foto di KTP atau ID lain jelek, yang penting aslinya cakep! Haahahahah..
      Makasih ya Na.

      Delete
  16. happy belated bday ya le, yampun ngapain pula perpanjang KTP deket2 bday, bikin rusak mood aja deehh. gw masih nganga juga ya ada RT turunan gitu haha ya pantes aja sih mata duitan orang dia nggak kerja, ngarep duit jatoh dari langit. ih asli nyebelin. gue pernah bikin surat kehilangan pas ilang buku tabungan di kantor polisi trus pas udah beres, polisinya diem aja sambil megang surat gue *maksudnya nunggu gue ngeluarin duit berapapun sbagai tip* karna gue masih polos pas br semester 2 gt gw bilang "udah pak" trus dia jawab "udah mbak, seikhlasnya aja buat rokok" cissss, ibaratnya dia digaji negara kan emg buat ngetik2 surat kehilangan pan trs mo malak. gondok bgt gw taro aja 5 rebu sambil ngerebut tuh kertas dr tangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ucapannya ya Mbak Dinni. Ya abisnya tuh ID pada abis pas di bdaynya, jadi mau ga mau deh gue kepaksa perpanjang. Males abis deh!

      Hiyaaahhhh... gue juga pernah minta surat keterangan SIM ilang... padahal mah ketinggalan di Amrik waktu gue back for good. Waktu itu gue sama Om gue yang biasa urusan sama polisi. Dari awal udah diselipin 10rb, ga sampai 5 menit kayaknya tuh surat kelar. Emang memalukan banget deh Indonesia ini. Padahal pajak kita juga udah dipotong buat bayarin gaji mereka, masih aja minta pungli!

      Delete
  17. happy belated b'day *basi banget yah*
    ternyata kita seumur wakakaka.. sama2 30 di tahun ini :)
    eh e-ktp g tahun lalu aja setelah 6 bln baru dapet surat e-ktp Nov 11, dan baru kebagian photo scan na Sept 1, 2012 wakakaka.. KTP na kapan jadi ga tau deh wakakaka :) padahal taon depan pas banget KTP g habis tuh ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeeee Pittt... kita kan duo doggy ya!! *shionya maksudnya, bukan karena suka menggonggong*. Waduh, kayaknya sihhhh, taon depan paling cepet Pit. Siap2 deh lu minta surat keterangan dr Pak RT buat perpanjang di kelurahan hahahah...Yippieee!

      Delete
  18. selamat ulang tahun yaaa :D

    ReplyDelete
  19. happy belated birthday, Leony! semoga panjang umur.

    Soal birokrasi Indonesia, ya bgitulah...banyak permintaan salam tempel. di tempat tinggalku sekarang sih RT nya baik. tapi di tempat aku bikin rumah baru, waduh RT nya preman tukang palak. aku bangun rumah itu harus bayar uang keamanan 1,5 juta per bulan padahal pak rt nya juga gak ngapa2in. nyebelin tapi aku ga bisa berbuat apa2 krn pernah gak aku bayar, datanglah itu serombongan org mau ngerusak proyek rumah *malah jadi curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ealaaaahhhh, gak usah kamu Novvv... yang penduduk baru. Lah aku yang udah dr lahir aja tinggal di sini, pas renov rumah, pak RTnya juga minta uang keamanan ratusan ribu/ bulan, yang sama sekali tidak wajar, karena apa??? Karena ya pas rumah ini lagi di renov, aku juga tinggal di daerah ini juga! Gak butuh pengawasan dia sama sekali hahahah. Kalau soal ancaman sih, gak ada yang ngancam ya, soalnya kan aku penduduk lama di sini, dan semua orang kayaknya lebih respect sama keluargaku drpd keluarga pak RT. Cuma ya tetap itu iuran tak resmi harus dibayar, daripada ribut...sumpel aja mulutnya pake duit hahahahah...

      Delete
  20. Untuk itulah, pilkada berikutnya pilih untuk Jakarta Baru.. yang kumis lapuk udah bokis, RT/RWnya gitu semua.. mending mencontoh Solo.. Ini oknum2 pungli pasti mati2an belain kumis biar tetep dapet duit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, si suami mampir.... untung istrinya gak pernah nulis yang aneh-aneh soal si suami (kecuali dia suka ngorok hahahahaha). Ya iya lah, menurutku sih, pas gubernur baru juga mereka bakalan berusaha nyolong2. Cuma bedanya, sekarang kita bisa laporin!

      Delete
  21. Ny, happy birthday yaaa...AKHIRNYA !! Bumil nongolin potonya jugaaaaa !
    Itu kuenya sih kayanya nyumii banget loh, sampe bumil merem melek gituuu disuapinn wwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Nattt! Iyaaa, tapi sengaja gue munculin foto yang ngga banget! huahahahaha... *pdhl emang ga punya foto cantik* Kuenya? Enakkkk... tp creamnya segedubrakkk...dijamin tambah gembrot :D

      Delete
  22. Happy belated birthday! Panjang umur dan sehat-sehat selalu ya.

    Birokrasi di kantor kelurahan itu emang paling malesin! Waktu itu gue mau bikin KK baru, masukin nama Madeline ke KK, dimintain 20rb gitu aja dong. Padahal jelas-jelas di papan pengumuman, mencatatkan kelahiran di KK itu gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mending deh 20 ribu deh Ngel. Jaman dulu aja gue dipalak 50 rebuuuu. Ini jg gue ga mau bikin KK baru sampe pindah nanti, penasaran aja, di kelurahan yang baru nanti, sematre ini kagak yaaaaa!! Grrrhhhh.... Btw, biaya sih emang ga ada...tapi, uang 'bantuan' hahahahah...

      Delete
  23. Happy Birthday Leony!
    Semoga panjang umur dan selalu selalu..lancar sampe lahiran...

    Embyeeer!
    Gw paling males deh urusan sama orang kelurahan. Untung bikin KTP 5 tahun sekali ye. Kalo tiap tahun bikin KTP gw rasa banyak yang darah tinggi. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin wishnya, Ndahhh (Eh gue baru sadar loh, org org pada ngucapin happy birthday, tapi gue lupa balesin, malah sibuk balesin soal pungli hahahahhaa).

      Wah iye, kalo tiap taon sekali sih, gue udah siap bawa pentungan kasti...

      Delete
  24. Leee... met ulang taon walaupun telat teramat sangat hahaha...
    Eh soal KTP, nyokap gw cerita klo dah lama "testing" foto e-ktp tp sampe skrg lum jadi. Trus kan KTP gw ilang jadi udah bbrp taon gw ga pny KTP(kalo ga pny KTP bisa nikah ga sih? hahaha), trus gw tanya klo dah e-ktp apa bisa scan foto ama ttd gw aja gitu... tapi akhirnya gw kirim foto & ttd lewat email trus nyokap kasih ke ex-RT di deket rumah(kayanya sih dah pensiun), tapi krn mau lebaran jd sekalian buat THR lah krn si bapak ga kerja kayanya. Untung orgnya baek & ngga malakkin. Akhirnya diurusin deh surat polisi & KTP, cm beberapa hari kelar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah gpp, gue juga mostingnya udah telat ampir sebulan wekekekeke....
      Haha, kalo ga punya KTP sih rada repot nanti kalo nyatetin kawinan di Indonesia, soalnya itu surat berturut2, dimulainya dari KK dan KTP hihhihi.. Btw, KTP sekarang kalo di Jakarta sih kitanya kudu dateng ke kelurahan, soalnya foto langsung di sono. Jadi skrg udah kagak bisa nitip2 lagi ke orang laen hihi. Makanya si Pak RT keki kali yah, gak bisa ngurusin lagi.

      Delete
  25. Selamat Ulang Tahun mbak Leony....semoga sehat mommy +baby nya

    saya sebelumnya silent reader nih tapi gatel juga pengen komen baca cerita urus KTP karena saya punya cerita yang hamper sama tapi keknya lebih nendang hehe...jadi waktu saya ngurus pindah domisili ke surabaya pengantar RT & RW lancar tapi di kelurahan dipalak aja boo...sirtu (pasir+batu)2 rit, kalo diuangin katanya 900rebu aja dong...alesannya buat urukan makam kampung (perumahannya gak punya makamjd masih nunut punya kampung)tapi kata bapaknya boleh kok berbentuk uang..sebell nih ya...katanya gratis tapi kok segitu mintanya akhirnya nggak dikasih duit deh sama suamiku tapi langsung dibeliin sirtu 2 rit diserahin pas kerja bakti kampung gitu...wesss jadi deh sumbangan duit yg kali aja bisa mampir kemana2 udah wujud pasir itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunnnn... Terima kasihhh... Emang paling gatel kalo komenin soal birokrasiii... BENER, MENDING KASIH PASIR!!! hahahah... biar dia guling2an aja di pasir hihihi... Siap2 nih nanti sy pindah ke kelurahan rumah baru, tar kalo aneh-aneh, sy ceritain lagi aaahhhh....

      Delete
  26. happy bday ci leonyyy :D
    ih, iya deh paling males urusan sama RT RW dsb dst. mending nyuruh calo ajah, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuu.... Wah, kalo KTP Jakarta kan udah gak bisa suruh calo, soalnya memang harus foto langsung ke Kelurahan. Jadi paling mentok nyuruh calo ya buat ngurus surat pengantar yang semestinya sih, gak usah pake calo ya (atau yang nyaloinnya pak RTnya sendiri?)

      Delete
  27. Happy Bday Leony!
    Iya gw juga belakangan kasian klo liat orang2 konglomerat yang pada ditangkepin KPK karena menurut mereka, ketangkap menyuap. Wah lha oknum2 birokrat itu emangnya gak mempersulit bisnis mereka? Memang mereka ga minta "bantuannya ya Bu/Pak?". Di Indonesia ada gak pejabat yang melayani sukarela tanpa embel2 "Saya dibantu donk Bu/Pak"?? Jelas2 pemerasan, kasian kok yang diperas mala dipenjarakan karna "tertangkap menyuap" ckckck.
    Kapan2 gw tulis di blog gw deh -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dieeee.... menurut gue, yang bikin kita jadi gak bener itu, ya emang oknum pemerintahnya sendiri sih (lots of the time). Kemarin ini aja, gue baru diceritain, salah satu bupati tempat salah satu partner perusahaan kita, udah minta 4 avanza aje gituuu... katanya, kalau ngga suratnya kagak dikeluarin. Masyaampun!

      Delete
  28. Btw klo bgitu, smua yang urus KTP dan kasi tip bisa dianggap menyuap donk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaahah... gue ngga nyuap ya, tapi malah dipersulit. Dan kita udah ikutin prosedur aja, diujungnya masih minta "bantuan" kan??

      Delete
  29. Selamat ulang taon ya le :) semoga panjang umur, sehat2, kehamilannya juga lancar sampe lahiran amin...amin...amin
    Aaaahh kalo urusan birokrasi rt-rw-kelurahan-kecamatan mah kynya senusantara juga sama kali, tp paling sering di rt yah...rt gue juga susah dicariin suka gk ada dirumah, giliran nanya sm istrinya jawabnya pasti gk tau trus kata laki gue si pak rt suka sentimen sm warga/bapak2 yg jarang nongol di acara rapat bulanan atau kerja bakti. Lah kalo si warga ini kerjanya tugas di luar kota pegimana dong?? dooohh...pa rt...pak rt >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin buat wishnya. Lain lagi nih kalo soal kerjabakti. Tiap kali ada giliran kerja bakti, ada beberapa orangnya RT yang sambil bagiin selebaran, sambil nanyain: Mau digantiin gak kerja baktinya? Tapi ya bayar... Haish! Gimana konsep RUKUN tetangganya tuh RT?

      Delete
    2. Mwahahahaaa bener2 ya...parah pisan euy, konsep rukun tetangganya udah dibuang ke laut kali ye :D

      Delete
    3. Itulah Indonesiaaaa.... Indonesia tanah airkuuu... *pake nada dari Sabang sampai Merauke*

      Delete
  30. gak ada foto Pak RT nya nih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gak ada... lagian tar kalo dipajang, takutnya ada yang naksir hahahaha...

      Delete
  31. Happy Birthday Le!! Foto elo lucu amat:)
    Elo gak ke Pak RW ya? Gua selain si RT yang minta duit, pak RW juga minta duit. Parah emang, tp daripada gua disuruh bolak balik ya kasih ajalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Bu Dok. Haha, itu foto yang paling ngga banget, tapi favorit gue, makanya sengaja gue pajang hahaha. Surat pengantar ke Kelurahan sih cukup RT aja El, ga sampai RW. Jadi untung deh, gue gak perlu 2 steps. Masalahnya si Pak RT gue itu rasanya bukan soal duitnya aja deh, tapi emang dia gak ada niat melayani. Masak formnya aja gak ada, pake bilang blm difotokopi -_-.

      Delete
  32. hahahah....happy bday leony...kocak banget fotonya....
    idihh itu pak RT geloh amattt yaa..ikutan sewot bacanya..tapi di tempat gua juga begitu tuhh..semua UUD...aaarghhhh....emang negara nya udah gitu kali yaaa tradisinya. capee dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks! Makanya, kita kudu milih pemimpin yang tepat nih. Semoga karena kepalanya beres, bawahannya juga pada beres semua hihihi.

      Delete
  33. Happy birthday, Leony!!! *cipika cipiki* semoga di usia yg ke-30 ini, anda semakin matang and mantap menjalani hidup. Amin! GBU ya...

    Eugh! kalo ngomongin birokrasi indo sih, gue paling empet,...susahnya gue ngeliat sih ini udah mendarah daging di indo,...susah ngeberantas nya...


    ReplyDelete
    Replies
    1. Cipika cipiki balik. Makasih wishnya. Wah, gue sih percaya, kalo atasnya bener dan menindak tegas, gue rasa yang bawah-bawahnya bakalan ngikut deh. Lah, ini atasnya aja brantakannnn...

      Delete
  34. Happy belated bday,le...sehat selaloe ,banyak berkat ,lairannya lancar ,pokoke hepiiii slalu . Amin . Le,ternyata .gw lebih tuwir dari ngana 4 taon aja gituuu...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn... wah, kita beti ya alias beda tipisss... Berarti elu kuda dan gue guguk... eh salah ya, kita sama-sama orang hahahaha....

      Delete
  35. Ah, ternyata baru tiga puluh tahun. Berarti aku harus manggilnya Tante, dunk. Lhah?

    Urusan birokrasi kayanya sama aja dimana-mana. Selain belibet, juga ujung-ujungnya selalu duit. Dan e-KTP tuh mungkin baru akan dibagikan menjelang kiamat, soalnya para petugas yang ngurusin e-KTP juga kayanya udah pada lupa, hahaha...

    Btw, meski udah (sangat) terlambat, met ultah ya Le. Panjang umur, selalu sehat, bisa menjalani masa kehamilan dengan baik, dan selalu diberkati hidup yang bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas...kan Mas baru umur 5 tahun... jadi boleh panggil Tante hihihi..

      Nah, scanner sidik jari aja dipindah2. Tadinya mau activate e-KTP harus pake sidik jari, nah pas mau ambil, tau2 dibilang, udah aktif semua Pak, soalnya scannernya udah diambil kelurahan lain. NAHLOH?

      Terima kasih buat ucapannya, dan AMIN!

      Delete