Monday, January 09, 2012

Kalau Opa-Opa Main Facebook

Halo semua!! Gimana nih tahun barunya ? Kalo saya sih, nggak kemana-mana. Lagi mualesss... Mungkin kena euphoria pas kawinan kemarin, jadinya energy sudah keserap semua, sekarang tinggal sisa capeknya doangan! Pas malam tahun baru, enak juga di rumah aja, sambil bikin pizza ala si Jamie Oliver, kemudian hampir berkesimpulan mendingan beli aja daripada bikin, karena walaupun pizzanya sukses, tapi ternyata bahan-bahannya gak semurah yang dibayangin, apalagi keju di Jakarta ini!

Soalnya saya ngekeuh mau pake mozarella beneran, bukan keju cheddar kotakan dengan bungkus biru itu! Tomato paste yang enak juga kudu yang impor, masak pake saos botolan? Belum lagi shaved ham dan smoked beef yang ternyata perkilonya ratusan ribu. Ditambah lagi, meja makan saya yang berubah jadi countertop buat ngudek tepung dan air yang mbleber-mbleber kemana-mana. Tapi kalo disuruh bikin lagi... mau! Ada kepuasan batin tersendiri loh.... caelah! Jadilah malam tahun baru kemarin, pizza party, plus masak spaghetti, bikin bolu kukus, dan makan eskrim sambil main Monopoli Deal. What a night!

Back to the judul, saya mau nyeritain kejadian menegangkan yang saya alami sebelum tahun baru kemarin, tapi belum sempet diceritakan, karena ini menyangkut nama keluarga sendiri. Tapi begitu saya ceritain ke beberapa orang dan melihat reaksi mereka, kayaknya cukup pantas untuk diceritakan di blog *ini saya melegitimasi diri sendiri hahahaha*.

Pagi itu, saya bangun tidur, pas sebelum ke kantor, saya cek email, kebetulan ada notification untuk komen di foto album saya di Facebook, dari Om saya yang biasa saya panggil Engku. Sebagai latar belakang, Engku saya ini, umurnya sudah mendekati 70 Tahun, tapi ngekeuh mau main Facebook supaya up to date, dan katanya buat mengenang masa-masa jadul ketika Pen-Friend a.k.a Sahabat Pena itu masih ngetop buat kenalan.

Tulisannya, mengejutkan!! Semua ditulis dalam huruf kapital!

"ROY MESTINYA ELU GANTI NAMA AJA JADI ROYKURNIASETANSONTOLOYOIDIOT!"

Saya SHOCK!!! Ada apa gerangan ini antara si Engku dengan temen saya yang nama aslinya: Roy Kurnia*** Seti*** itu! Apakah mereka kenal satu sama lain? Apakah ada dendam di antara mereka? *pakai nada Fenny Rose di Silet*

Langsung saya hapus itu komen dari Facebook saya. Saya melihat, temen saya si Roy itu tidak pernah berkomentar aneh-aneh di Facebook, dan nampaknya kecil sekali kemungkinannya Engku saya itu kenal dengan si Roy. Jadi, pagi itu juga, kira-kira pukul 7, saya langsung telepon ke Engku untuk meminta klarifikasi.

"Ku, itu kenapa Engku nulis komen seperti itu di Facebook? Kenapa temenku dikata-katain?"

"Lah, itu kamu kan dikata-katain sama temen kamu itu!!" Kata Engku dengan nada berang.

"Hah? Nggak, Ku! Itu si Roy gak ngata-ngatain aku."

"Kamu apa gak sadar kalo kamu itu dikatain TOLOL??" Si Engku ngotot.

"Masa iya, Ku? Aku udah cek, dia ngga ngatain aku tolol."

"Itu, kamu dikatain itu, LOL, LOL! Itu kan kamu dikatain TOLOL!" 

DHUER!! BLARRRR!! KROMPYANGGGG!!

Ya ampyuuuunnnn!! Jadi si Engku nyangkain, kalo LOL itu artinya ngatain TOLOL! Pagi itu saya ngga tau, mau marah, apa ketawa ngakak. Beginilah kalo Opa-opa main Facebook. LOL yang merupakan singkatan dari Laughing Out Loud atau ketawa keras-keras itu diartikan jadi TOLOL. Terus si Engku saya minta tolong untuk klarifikasi ke temen saya via komen Facebook cuma ternyata dia gengsi dan nggak mau. Ya sudah deh, habis gitu saya jadi kontak si Roy via private message, dan juga nulis di komen untuk klarifikasi soal ini. Di bagian blakang komen itu, saya tulis:

"....OMG, gue sempet shock hahahaha"

Dan tak berapa lama kemudian, Engku saya balas di komen,

"I'm not shock. "

DHUER!! BLARRRR!! KROMPYANGGGG!! (Part 2)

Lagi-lagi, Om saya  salah ngartiin dan dia nyangka OMG itu singkatan dari Om Gue....

Akhirnya, sore itu, saya SMS om saya, ngejelasin singkatan satu per satu, OMG, LOL, ROFL, LMAO, dan lain-lainnya. Ngga dibales sih, gengsi mungkin haha. Tapi satu hal yang saya pelajari, ditengah kejadian yang unik ini, ternyata Om saya yang satu itu, bener-bener sayang dan perhatian sama saya. Buktinya, dia nggak rela ponakannya yang satu ini dikatain tolol, sampai dibelain banget... duh, jadi terharu....


I love you, Om! *bukan judul film nasional*

63 comments:

  1. wakakaka.. kek na bapak g waktu itu juga ada komen di FB bahasa na aneh dan enggak nyambung :) hahaha,cuma yah udah lah dia enggak banyak nyampah di FB juga jadi didiem ama kita aja hahaha

    ReplyDelete
  2. @Pitshu: Hahahha... kalau papi lu mungkin usianya masih gak jauh-jauh amat ya. Ini om gue udah late 60's jadinya bener-bener tingkat bahasa gaulnya udah gak sejaman sama kita. Kalo nulis ngga nyambung, gue maafin deh hahahaha....

    ReplyDelete
  3. huahahaha... LOL!! eh engku lu gak baca blog kan? :P

    itu lah harusnya ada batasan umur untuk join FB ya. biar gak terjadi hal2 yang tidak diinginkan. hahahaha. miskom.. miskom... :D

    ReplyDelete
  4. @Arman: Ya kalo dia baca, walhaualam deh... tapi beneran, dia tuh maksudnya baek banget, dan sayang sama gue hahahahah.... jadinya cerita ini juga buat ngingetin, gimana perhatian dia ke gue hihihi...

    ReplyDelete
  5. Hahahahaha, kocak banget. LoL.. eh salah, 'haha' aja deh ya, lebih aman. hahaha

    ReplyDelete
  6. @Aina: Mendingan nulis: HUAHAHAHAHAHAHAHAHAH ya ? bener gak ? *walaupun agak lebay* amaaannn...

    ReplyDelete
  7. wahahahahaa lucu banget , LOL lagi deh , OMG lagi deh buat si om wahahaaaaa

    ReplyDelete
  8. @Veny: Udah gue duga...orang orang bakalan pada LOL gara2 cerita itu, and OMG ke om gue huahahahaha...

    ReplyDelete
  9. ada2 aja engku lo hehehe (biar aman)tapi jadi lucu bacanya dikala stress..

    ReplyDelete
  10. @mamipapa: haha, emangnya lagi stress Bu ? hihih...ayo ayo, blogwalking untuk hiburan :D

    ReplyDelete
  11. HOHAHAHAHHAHHA gue ga bisa berkata-kata.. HOHAHAHAHAHAHAHA

    ReplyDelete
  12. @Nadia Primaji: Asalkan ente ga ngomong LOL yah! AWAS! hahahahaha....

    ReplyDelete
  13. ijin ngelink yah, biar gak ribet kl mau baca bolak balik pretty pucca hehehe..

    ReplyDelete
  14. @mamipapa: Sipppp! Silakan langsung aja di link :D

    ReplyDelete
  15. leonyyyy ya ampunn gue NGAKAK sejadi2 nyaaa huahuahuahua lol lol lol

    ReplyDelete
  16. @ini_dhita: Ati-ati jatoh dari kursiiii! ROFL hahahahahaha...

    ReplyDelete
  17. oh may goat hahahaha...tp ya itu beda generasi kan bahasa slangnya beda ci :D

    ReplyDelete
  18. @Nick: Ya ituuuu.... makanyeeee.... wong dia sangka facebook itu sama kayak Pen Friend, ajang buat kenalan... dan bertulis kabar via private message. Kalo ngga dibales: DIBILANG SOMBONG huahahahaha....

    ReplyDelete
  19. huahahaha.. ini sih kocak bangeettt!!
    nama engkunya siapa? mau donk nge-add di FB..
    hihihi

    ReplyDelete
  20. @Tantri Aprilila: Tulung dehhhh... tar jadi masalah kalo add-add-an sama dia di FB! Beneran! KAGA BOONG! Dia kalo lagi bete, suka delete friend, trs kalo udah baikan, di add lagi hehehehe...

    ReplyDelete
  21. Si Engku pasti orangnya cuek tapi gaul ya Le. Baca post ini aja aku udah ngakak2, trus baca koment-mu yang akhir itu aku ngakak lagi. Lutuuuu, lutttuuu!

    Eh, btw, kamu udah merid ya sekarang? Wah, telat nih tahunya. Sekalian ngucapin selamat deh, moga rukun dan bahagia sampai oma-opa. *jadi pengin campur ngiri lihat foto-fotonya* :)

    ReplyDelete
  22. hahaha.. aduh lucu banget mba.. :)))
    nenek (78thn) & kakek (88thn) saya sebenernya keukeuh pgn punya fb nih, katanya biar ga ketinggalan info keluarga & bisa liat foto2 anak cucunya.. :')
    tp kayanya kalo baca cerita mba ga jadi aja deh, khawatir terjadi hal2 yg ga diinginkan.. bisa2 nanti temen2 cucunya diomelin gara2 nulis aneh2. :D

    btw, salam kenal ya mba.. :)

    ReplyDelete
  23. wakakakakak *ga berani nulis LOL* nyokap gue juga mainan fb le, tapi untung nya dia nanya dulu kalo nemu bahasa2 yang asing buat dia. Tapi salutt le, om lu ngebelain ponakannya banget, hidup si om!!

    ReplyDelete
  24. @Hoeda manis: senang bisa berbagi tawa :). Si Engku mah ga cuek2 amat. Sensi malah benernya. Makanya ga rela ponakannya digituin hihi. Thanks buat ucapannya. Ayo dong kalo pingin juga, mbok ya disusul! Hihihi.

    @Anti: salam kenal juga! Toss! Wah, sebenernya gpp sih main FB, asal dia kalau mau komen, suruh org lain aja yg lbh muda, biar bisa disensor dulu :p.

    @Epi: emang, si Om kayaknya mantan preman deh huahahaha... Atau mantan bodyguard? Nyokap gue jg main FB kok, tp dia mah ati2 banget :)

    ReplyDelete
  25. papaku malah bilang kalo lebay itu artinya Gaul hehehe :)

    ReplyDelete
  26. @Fun: jadi kalo Anak Gaul Jakarta = Anak Lebay Jakarta?? Trs kalo bilang: lo ga gaul banget seh! Jadinya: Lo ga lebay banget seh! Huahahah... Udah dibenerin blom pengertian papanya?

    ReplyDelete
  27. hehe.. iya nih mba nanti deh. sekarang masih tahap ngajarin Eyang buka-kunci tablet nya dulu.. :D
    tahapannya masih panjang sebelum Eyang bisa Fb-an kayanya. :))

    ReplyDelete
  28. @Anti: ihhh gaya sekali eyangnya pakai tablet!! Kalau saya mah taunya tablet yang temennya kaplet dan kapsul huahahah. Good luck buat Eyangnya. Tar hati2 kalau dia keasyikan sendiri, cucunya dicuekin!

    ReplyDelete
  29. eyangku pake tablet sekarang cuma bisa make buat ngaji aja dong.. katanya asik bisa digeser-geser. :D
    (aduh eyang, kalau ga dipake sih tabletnya hibahin aja ke cucu. cucunya kalah gaul dan kere nih! :D)
    *eyang, maaf rahasianya dibongkar disini* :D

    ReplyDelete
  30. @Anti: bagus dong itu! Daripada dipake buat main balap mobil doang? Hehehe. Good job, Eyang!

    ReplyDelete
  31. Hahahahaha kocak bangeeettt.. :))) kalo LMAO dikira apa ya..

    ReplyDelete
  32. @Darina Danil: Kalo LMAO itu mungkin dikira : Lo MAO ______ ? hahahahaha....itu bisa diisi dengan: makan, minum, ngapain, dan kata kerja atau kata benda lainnya.

    ReplyDelete
  33. OH MY GOD! gw tulis lengkap..jangan sampe disangka lagi manggil om lu..hahahahha..gaul abis engku lu! umur 70 masi maen fb ! hahahhaa

    ReplyDelete
  34. @Pinkbuble: Namanya juga opa-opa jaman sekarang Bu El hahahaha... Habis, kasian jg, tante gue kan udah meninggal, jadi dia cari2 kesibukan deh. Salah satunya ya, FB-an :D

    ReplyDelete
  35. o mayy lucu banget ya si engku..hahahahahaaa...
    Udh gt mainnya asal pula,asal delete klo bete,ntar add lagi aduh sabar sabar hihi..btw siapa si nama engkunya?kepo.salam ya buat si engku yang sayang bngt ama ponakannya hahaha

    ReplyDelete
  36. o iya tadi evelyn hehe..maap abisan g punya blog jd g bs link mesti pake anonymus

    ReplyDelete
  37. @Evelyn: hahaha... next time elu gak usah pake anonymousss.. pilihnya yg NAME/ URL aja, tar namenya bisa diganti pake nama elu heheheh... Wah jangan dong...penasaran ya sama om aye ?? Huhahahaha... Nama si Om, RAHASIA ah :P

    ReplyDelete
  38. wakakaka.. huahahaa.. asli le,ini lucuuuu banget.. :D
    nanti gua ceritain juga ke temen gua ah boleh ya ya ya.. kayanya ini cocok juga untuk bahan stand up comedy loh.

    ReplyDelete
  39. @Pucca: silakan silakan, di share hahahaha... Tp kalo stand up, malu ah, tar ga lucu haha.

    ReplyDelete
  40. ny, btw, ternyata kok lu manggilnya engku juga ya. trus istrinya lu manggilnya engkim bukan?

    gua kirain cuma kita orang2 surabaya yang manggil engku engkim gitu. soalnya gua gak pernah liat temen2 gua yang orang jakarta yang manggil engku. :D

    ReplyDelete
  41. hahaha lucu banget engku lu.....
    eh jangan-jangan dia baca blog lu juga ??

    ReplyDelete
  42. @Arman: Orang Jakarta yang Chinese Peranakan tuh manggilnya juga Engku Engkim, Emak Engkong gitu. Hehehehe... Emak gue kan masih pake kain loh. Itu istilah Chinese Peranakan yang Hokien ya setau gue. Tp bukan Hokien yg Medan... Kalo yang Khe gitu yg bilangnya Apo Akung, Kuku, Asuk gitu2.

    ReplyDelete
  43. @Bebek: Nampaknya sih ngga... tapi kl sampe ada yang baca ini kenal sama om gue dan disampein, gpp juga sih. Walaupun memang sounds ridiculous, sebenernya it's a symbol of affection juga hihi.

    ReplyDelete
  44. HAHAHAHAHAH..... *baca ini di tengah2 meeting dan jadi malu sendiri sama bos*

    ReplyDelete
  45. @Tya: eh, tapi km gak ketawa guling2 kan pas lagi meeting ? Temen kantorku aku ceritain via ym pas dia meeting, eh ngakak di tengah meeting -_- parah...

    ReplyDelete
  46. @Entin: Eh, jangan tulis gitu... tar kalo om gue liat, disangkain bener-bener ada websitenya loh hahahaha.... :P

    ReplyDelete
  47. @Oma Nia: Ini Oma Nia bukan oma-oma kan ? Atau oma-oma tapi gaul? hehehehe...

    ReplyDelete
  48. BAHAHAHAHAHA. Bapak gw ada Facebook yang maenin juga emak gw. Bentar2 nanya - dan untungnya di telpon pas lagi ngobrol dan bukan komen di FB.

    "Oh kemaren makan di resto baru?"
    "Eh itu yang pake baju kuning siapa?"
    "Oh, si ini sekarang kurusan?"

    ReplyDelete
  49. @Spekoek: Hwahahahahaha.... Kalo di komen facebook benernya lucu juga loh, kan jadi tau kalo Bonyok ente GAUL! hehehe

    ReplyDelete
  50. wah iya sama berarti ama gua. manggilnya juga emak engkong. hehehe.
    iya kalo hokien yang medan beda ya manggilnya...

    ReplyDelete
  51. Kalo anak-anak zaman sekarang udah pinter pake social media, jadi ntar pas udah jadi opa oma pasti tetep eksis buat connect ke cucunya..
    Untung si opa gak main kaskus ya, bisa bingung dia orang2 ngomong apa di situ.. "sundul gan..!!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mr. F mampir rupanya. Ternyata blogger sekarang udah ada reply feature!! hahahahah... namun berakibat jadi berat dan gak bisa reply via mobile. DODOL!

      Cendolnya mana, Gan ? Huahahhahaa...

      Delete
  52. Gw pengen kenalan sama Engkunya nonnie (karena saya memang cukup ngefans sama beliau) sekarang jadi serem setelah tahu cerita ini...beneran!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. JANGAN!! Beneran deh! Save yourself! Hehehe... anyway, he's a good guy, just don't mess with him and his temper. Trust me, it is worse than HULK.

      Delete
    2. Well, maybe I need some more whupping in the a**, to remind me of my place in the society! I'm a kind of person who's attracted to scary, domineering sadists. I think it has something to do with my upbringing *hm, time to psychoanalyze myself!* Anyway, you'll never know. I'm a stupid nekat person. I did approach M.H. and said to her face that I am her fan, right?? HAHAHA!

      Je ne regrette rien. I regret nothing.

      Delete
    3. Hmmmm... Then you should find a scary and domineering sadist GIRL for yourself! Cmon, focus focus! Jangan cari yang normal! Pantesan elu blm dapet2 juga HUHAHAHAHAH... M.H. you mean Marissa Haque? Hauhahah... j/k. I know whom you meant. The good thing is, she didn't question about it after that... THANK GOD!

      Delete
  53. I think her HUSBAND was right beside her, and he was definitely NOT amused, I tell you. Seriously. HAHA!

    Oh noni, my ex-GFs are rata2 sadis non. Remember that girl I told you that I was obsessed with, the one who recently got engaged?? WOW...she was absolutely EVIL. Relentless. Cold-blooded. I love her. HAHA!

    ReplyDelete
  54. Hahahahahaa...engku gaul yaaa.... Gw bayangin kalo engku u di-tag ama online shop yg di fb gimana ya reaksi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... kayaknya sih gak mgkn dia temenan sama online shop Kat :D Kecuali, Online shopnya jualan barang antik!

      Delete