Friday, September 18, 2009

Gara-gara Bulan Puasa

Apa yang berbeda selama bulan puasa untuk saya yang memang tidak puasa ? Tentulah.... TRAFFICNYA ! Ampuuuuunnnnn..... *angkat2 tangan sambil angkat bendera putih....*

Sejak sehabis operasi akhir Januari lalu, saya meminta ijin kepada atasan saya dan kepada HRD, untuk pulang ke rumah pukul 4 sore setiap harinya. Di hari-hari non-bulan puasa, it works very well. Saya jadi tidak terlalu lelah, bisa beristirahat lebih awal di rumah, dan enaknya itu, saya jadi tidak kena sakit panas. Soalnya, sejak operasi itu, saya jadi agak sensitif, kalau capek pasti suhu badan agak naik. Nah, jadi pulang pukul 4 itu sangat membantu sekali buat saya.

Tetapi, di bulan puasa itu, ceritanya berbeda total. Di awal-awal puasa, saya coba pulang pukul 4, mau keluar dari gedung kantor aja, NGANTRI! Ngantrinya gak tanggung-tanggung, bisa sampai 30 menit cuma untuk keluar dari gedung kantor. Dan akhirnya, pas tiba di jalan Gatot Subroto yang notabene kena 3-in-1 itu, waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Dag dig dug minta ampun, mana polisinya banyak berseliweran mencoba mengatur jalan yang macetnya ngajubileh itu.

Pernah suatu saat, polisi mengatur giliran di Semanggi, antara yang keluar dari Sudirman dan yang lurus di Gator Subroto. Dan pas giliran saya di stop, itu sudah pukul 5 sore, dan polisinya itu benar-benar di depan muka saya ! Saya pikir, matilah saya.... kena deh nih... eh gak taunya Polisinya malah tenang-tenang aja. Mungkin buat dia, kalo sampe dia nangkep saya, itu macetnya bakalan gak kira-kira kali ya kacaunya. Dan saya lihat ke sebelah-sebelah saya, memang banyak sekali orang yang cuma sendirian. Abis gimana dong ? saya sudah terjebak macet itu dari pukul 4 sore, and there's no way I can get out!

Pulang kantor, yang biasanya hanya memakan waktu 30-40 menit, berubah menjadi 2 jam! Yihaaaa.... 10 km jarak antara rumah dan kantor, berarti, hanya 5km/jam saja! What a waste of energy, what a waste of fuel! Itu kan sama aja dengan jalan kaki selama 2 jam dong? Jadi setelah minggu pertama itu, saya memikirkan alternative lain untuk membebaskan diri dari jebakan 1 jam di Semanggi area itu. Mulai dari lewat Senayan (hari pertama masih oke, eh hari kedua, muacetnya gak kira-kiram jadi dicoretlah ini dari list), lewat Pejompongan kemudian masuk tol (yang ini lumayan, setidaknya masih jalan, walaupun pernah juga 2 jam stuck di jalan tol), kemudian lewat Casablanca (yang ini terparahhhh.... pernah 2.5 jam..*sambil mengharu biru melihat bensin yang habis jauh lebih cepat daripada biasanya*).

Nah... hari ini, semuanya itu telah berlalu. Jalanan Jakarta tiba-tiba lengang, sepi.... magical !! Kayaknya, gak ada hari lain yang lebih sepi di Jakarta kecuali pada saat Lebaran. Inilah saatnya mengucapkan:

SELAMAT IDUL FITRI 1430 Hijriah
Mohon maaf lahir dan batin yaaahhh :)

PS: Setiap pagi dengerin radio, sering banget ada pembicaranya si Uztad selalu bilang "Meminta maaf itu penting, tapi yang lebih penting lagi adalah memberi maaf." Sama saja loh kayak doa Bapa Kami untuk umat Kristiani, "Ampunilah kesalahan kami, seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami." Jadi bisa dilihat, sebelum kita memohon ampun kepada yang kuasa, marilah kita duluan mengampuni alias memberi maaf kepada orang yang bersalah kepada kita. Moga-moga kita bisa ya.

4 comments:

  1. hahaha tinggal di jkt bukannya udah tahan banting macet ya ?

    ReplyDelete
  2. kalo menjelang lebaran emang gitu ny. tiap taun juga sama, pasti jadi lebih macet parah.

    tapi sekarang udah sepi jadi asik ya... :)

    happy holiday yaaa

    ReplyDelete
  3. kenapa kok bln puasa jd macet ? apa karena semua pd pulang jam 4 juga ya ? soale dulu waktu jaman ngantor, pulangnya dicepatin sejam.

    maap lahir batin

    ReplyDelete
  4. Blue pankponk >> Aduh Wen.... gue sih masih tetep gak tahaannn... *pengen punya sopir, tapi kasian amat tuh sopir cuma nganter pagi dan sore, sisanya bengong*

    Arman >> Sama2, happy holiday juga (heheheh... di sana dah gak ada liburan lagi ya sampe thxgiving ?).

    Mercuryfalling >> Iya, kayaknya ada beberapa company yg dicepetin. Company aku sih ngga. Sama-sama mbak, maaf lahir batin.

    ReplyDelete