Thursday, August 21, 2008

10 Tahun Terakhir

16 Agustus 1999

Perayaan sweet seventeen saya, perayaan terakhir di masa SMU, dikelilingi oleh teman-teman sekolah dan saudara-saudara. Seru banget, indah banget, pokoknya nggak akan terlupakan. Acaranya diadakan di ballroom sebuah hotel di bilangan Semanggi. Ada live band, kue besar, panggung dansa, makanan berderet, dan saya yang dandan komplit, rambut disanggul dan pakai gaun --> istimewa loh saya pakai gaun... heheheh... Masa remaja yang betul-betul indah... ! Untuk cerita lengkapnya, bisa di klik di entry yang ini.

16 Agustus 2000

Saat itu, acaranya tidak dirayakan secara khusus. Kebetulan hari itu, dua sepupu saya sedang perpisahan untuk berangkat studi di Amerika. Jadi istilahnya, saya numpang tiup lilin dan potong kue di event tersebut. Kalau tidak salah, acaranya di restaurant di bilangan Kelapa Gading. Yang membuat ulang tahun saya kali ini paling berkesan adalah, ini acara ulang tahun saya yang terakhir yang saya rayakan bersama papa.

16 Agustus 2001

Inilah ulang tahun pertama saya di Amerika dan kira-kira dua bulan setelah Papa meninggalkan kita. Saat itu sedang summer school di Seattle. Tanggal 15 malam, kebetulan kakak dari teman saya sedang mengadakan kunjungan singkat ke Seattle, jadilah malam itu kita makan-makan bersama dia. Pulang sampai apartemen, sudah jam 1 pagi, dan ketika saya membuka pintu, ruangan gelap. Saya cek ada 1 pesan di telepon, pas dinyalakan mesinnya, terdengar lagu Happy Birthday yang dinyanyikan oleh Mama saya. Beberapa detik kemudian, belasan teman-teman berlompatan, dari belakang dapur, dari kamar mandi, dari kamar tidur, semuanya bernyanyi "Happy Birthday" sambil membawa kue lengkap dengan lilin menyala. Waduh, saya betul-betul kaget dan terharu. Apalagi saat itu, saya bukan berada di kota saya di Madison, melainkan sedang mampir saja. Tapi rupanya teman-teman kompak. Ada yang dari Seattle, Madison, bahkan Purdue, kompak semuanya....Kue ultahnya adalah Hershey's Chocolate Pie. Makan-makannya di Zao, House of Noodle... biar panjang umur dong!

16 Agustus 2002

Tanggal 15 Agustus selalu menjadi moving day di satu kota. Memang biasanya di Madison itu, tanggal 16 adalah hari rent pertama setiap tahunnya, jadi tanggal 15 kita keluar, dan masuk ke apartemen yang baru. Jadi tanggal 15 Agustus itu, saya bekerja keras memindahkan semua barang-barang saya ke apartemen yang baru setelah dari awal masuk sekolah tinggal di asrama, dan semuanya dilakukan dengan gerak cepat, karena tanggal 16-nya saya berangkat untuk berlibur ke San Francisco. Tanggal 16-nya lewat tengah malam, pintu apartemen saya diketuk, dan datanglah rombongan teman-teman, lagi-lagi lengkap dengan kue dan ada juga yang membawa hadiah. Saat itu juga ada satu teman lagi yang disurprise-in di tempat saya yaitu Marcell. Jadi ada dua orang yang ulang tahun, dengan dua kue yang berbeda. Saya masih ingat, kue saya adalah kue es krim dari Dairy Queen, lengkap dengan gambar Scoobydoo di atasnya (maklum, saya suka nonton serial itu, dan saya shio anjing hehe). Karena saya berada di San Francisco sampai akhir Agustus, perayaan ultahnya baru dirayakan di bulan September, di Olive Garden. Pengalaman aneh di Olive Garden adalah: 1. Pesanan saya datang terlambat, 2. Teman saya berinisiatif memesankan 1 loyang kue coklat untuk acara tiup lilin di Restaurant, maksudnya untuk surprise, tapi ujung-ujungnya, saya sendiri yang disuruh bayar, 3. Pelayan restaurantnya sampai shock mengetahui kalau tatacara Indonesia adalah yang ulang tahun yang membayar billnya. HAHAHA... (lumayan, 22 orang boooo...)

16 Agustus 2003

Yay, I turned 21 !! Biasanya, ulang tahun ke 21 merujuk ke usia dewasa, alias usia boleh minum dan mabuk-mabukan secara legal (katanya orang Amerika). Tetapi saat itu saya mengasingkan diri, dengan kabur lagi ke San Francisco, dan merayakannya bersama keluarga oom saya. Kita dinner sederhana, kemudian saya dibelikan tart kecil rasa mangga. Kembali ke Madison, saya berinisiatif mengadakan perayaan yang agak sedikit berbeda. Kali ini saya masak-masak untuk teman-teman, dan daripada membeli kado, saya meminta sumbangan saja, untuk dimasukkan dalam kotak sebagai hadiah ultah saya, dan uangnya nanti digunakan untuk kegiatan Mudika. Saat itu saya membuat barbecue party di tanggal 20 September. Menunya ada shrimp salad, fruit salad, pudding almond, racks of ribs, sate ayam bumbu kacang, chicken sandwich, burger, dan bratwurst. Semua bumbu-bumbunya asli olahan tangan, termasuk marinate untuk ribsnya dan bumbu kacangnya. Lagi asik-asiknya ngaduk bumbu kacang di atas kompor...tiba2....BRUK... serombongan anak-anak lengkap dengan satu botol champagne di tangan hadir di ruang tamu! SURPRISE...no cake this time! Tapi saat itu saya dipaksa menghabiskan satu botol Moet Champagne dengan secepat mungkin... HAYO HAYO... jadilah, saya yang lagi capek masak, tambah teler, muka merah semua, sampai mabok beneran, tapi masih sempat pidato penyambutan (dibikinin video pula)... Setelah teman-teman keluar, saya muntah-muntah sampai 5 kali. Untung ada cousins2 saya yang baik hati yang menemani sampai paginya. Besoknya, acara meriah banget, yang datang mungkin ada sekitar 35-40 orang, diadakannya di Sheboygan Park. Cuaca cerah banget. Di situ saya tiup lilin sekali lagi. Kuenya dibawakan oleh best friend saya Lina. Acara diakhiri dengan lempar balon isi air... Basah deh semua...horeee....!!

16 Agustus 2004

Setelah tiga tahun tidak merayakan ulang tahun di Indonesia, kali ini saya pulang karena ada kemungkinan ini adalah kesempatan terakhir untuk pulang di bawah student visa. Kalau saya bekerja, kemungkinan besar masih dua tahun lagi baru bisa pulang. Ulang tahun saya ke 22, dirayakan dengan sangat sederhana. Saya satu keluarga bersama omm, tante, dan sepupu, makan di Bakmi Gang Kelinci di Jalan Sabang. Pulangnya, tiup lilin dan potong kue, kuenya pun saya buat sendiri loh. Kue coklat, pakai frosting coklat. Lagi sok rajin ceritanya. Lilinnya banyak pula, ada sesuai umur...Jadi walaupun kuenya jelek, tapi di foto terang benderang, krn lilinnya banyak heheheh.

16 Agustus 2005

Ulang tahun pertama di kota baru, Milwaukee. Kali ini saya sudah bekerja loh. Di Milwaukee juga jauh lebih sepi, jadinya gak bisa expect kemeriahan yang sama dengan yang di Madison. Saat itu sepulang kerja saya kelaparan. Saya telepon-telepon si mantan, maksudnya supaya dia datang cepat karena saya pingin Birthday Dinner sama dia. Tapi dia alasan terus, dia bilang lembur lah dan lain-lain. Ditunggu-tunggu sampai jam 9 malam, akhirnya dia baru datang, cuma sama beberapa teman, sambil membawa kue. Ternyata, yang membuat dia datang malam banget adalah karena menunggu teman-teman yang lain. AMPUNNNN...... ini badan capek, badan lapar, jadi semangatnya udah turun banget, tapi masih berusaha senyum. Malam itu saya dimasakin sama mantan pacar. Fillet mignon dan pasta. So basically that's the birthday dinner. Nothing fancy, nothing gaudy. Santai aja semuanya. Hadiah yang berkesan adalah, satu unit mesin jahit hehehehe... digunakan untuk apa? Silakan lihat di sini.

16 Agustus 2006

Ulang tahun terakhir saya di Milwaukee. Tanggal 15 malam, sekitar selusin teman-teman membuat surprise di apartemen saya, kuenya adalah kue es krim dari Coldstone. Padahal saat itu saya sedang membuat cupcakes untuk dibagikan di kantor. Cerita surprise partynya bisa dilihat di sini dan cupcakes bikinan saya bisa dilihat di sini. Ulang tahun saat itu, saya seperti sudah mempunyai firasat, kalau ini adalah ulang tahun yang terakhir sebelum pulang for good ke Indonesia, jadi saya membuat acaranya sedikit lebih meriah. Acara dilaksanakan di Lake Park Bistro, dengan hidangan Perancis dan dihadiri 24 orang, merayakan ulang tahun saya ke 24 (pas kan ??). Cerita lengkapnya bisa dilihat di sini. Di link itu juga, ada review birthday saya tahun-tahun sebelumnya (jadi kayak baca double ya ? hehehe). Kemudian, untuk lihat acaranya seperti apa, bisa dilihat di sini. Oh iya, I just realized I was bigger ya by that time... endut endut, empukkkkkk....

16 Agustus 2007

Ulang tahun paling gila.... dengan rencana mendadak, ulang tahun saya yang ke seperempat abad dirayakan di Hong Kong. Hahahaahah.... Mendadak lihat ada long weekend, mendadak ambil cuti satu hari, mendadak pesan tiket online for the first time in Indonesia, mendadak semua pokoknya. Dan intinya, it was FUN FUN FUN with my mom. Cerita lengkapnya bisa dilihat di sini. Kemudian perayaan nyempilnya di Jakarta bersama keluarga adalah pada saat arisan alias family gathering di rumah. Cerita arisannya, bisa dilihat di sini.

16 Agustus 2008

Oh nooo... I am over quarter life... Tapi kayaknya this year is when I received more phonecalls, more greetings, especially through cellphone and online. Thanks peeps!! Too bad, kali ini jatuhnya long weekend lagi, banyak teman-teman saya yang keluar kota, jadi birthdaynya agak-agak sepi. Jadi malam itu, merayakan detik-detik pergantian, dari tanggal 15 ke 16, saya ada di depan komputer, di depan chatroom, memaksa salah satu teman baik saya, untung menemani sambil menunggu, walaupun dia udah ngantuk-ngantuk sampai matanya berair (jahat ya saya...). Dan saat tanggal 16 tiba, SMS pertama, datang dari....eng ing eng...teman saya yang di chat room tadi... HAHAHAH... (iseng banget sih orang itu...).

Perayaan tahun ini juga sederhana, bersama mama, saya kembali lagi ke Bakmi Gang Kelinci (seperti perayaan tahun 2004), kali ini di pusatnya yang di Passer Baroe. Pesannya Bakmi Bakso (dengan daging B2, yang cuma bisa ditemui di pusat) dan swekiaw kuah. Habis makan, lanjut ke FX, dan nggak tau mau ngapain, akhirnya nonton Asterix di Platinum XXI. Sepulang nonton, mampir sebentar ke Segafredo untuk menikmati Ice Latte dan memesan 1 potong Blueberry Cheesecake yang diatasnya diletakkan lilin. And that's my official birthday cake on my birthday. Sepanjang weekend itu, saya tidak melakukan perayaan yang biasanya saya lakukan.

Di hari Selasa, saya membawa 16 lusin donut Krispy Kreme untuk dibagi-bagi di kantor. Ampun banyak banget ya ternyata 16 lusin itu, sampai membutuhkan 2 orang Office Boys untuk membantu membawakan. Karena selasa itu, tepat setelah libur long weekend, teman-teman saya berinisiatif untuk mengadakan acara kumpul-kumpul. Akhirnya terkumpulah 8 orang termasuk saya, dan kita menikmati dinner di Mandarin Spice, Senayan City. Mumpung ingat, inilah menu-menu yang dipesan saat itu: Bakmi Goreng Seafood, Irisan Bebek dan Ubur-Ubur, Mongolian Beef, Sapo Terong dengan Ikan Asin, Udang Mayonaise, 1 Ekor Ayam Goreng Wijen, Lumpia Seafood, dan Belut Goreng Madu. Sebagai hadiah special dari dua teman saya L dan C (yang mengusulkan kumpul-kumpul ini), mereka membawakan saya satu loyang Tiramisu dari Breadtalk yang yummy banget. Jadi tiup lilin lagi deh.

Foto-foto dari Birthday 2008, bisa dilihat di bawah ini.



Yang Non Halal Tapi Maknyos

Siap-siap Menyerbu
Blueberry Cheesecake dan Ice Latte - Segafredo

Tiup Lilin Ronde 1

Beginilah Kalau Belum Dimakan... beberapa menit kemudian, kandas...

Kue Yummy

Foto Manis dan Beradab

Maksud Hati Foto Tiup Lilin (tapi mbaknya fotonya terlalu bawah, jadi kesannya tiup meja)

9 comments:

  1. waaawww ! masih ingat lho dia hihihik hebat banget.

    eh itu iced lattenya gelasnya memang bengkok gitu ya hahhhaa

    met ultah,kuenya cantik euy

    ReplyDelete
  2. happy bday lagi yaaaa!! :)
    ntar gua mau nginget2 ah gua ultah 10 th terakhir ngapain aja ya... pengen tau gua masih inget kagak. hahaha

    ReplyDelete
  3. tiup lilinya..tiup lilinya...makan kuenya...selamat ya..tambah sukses

    ReplyDelete
  4. Met ultah Noni...maaf, telat banget ucapannya.
    Tapi seneng khan masih bisa ngerayain ama temen2....
    Panjang rejeki dan banyak jodoh...;)

    ReplyDelete
  5. happy birthday non!!

    seru2 bday stories-nya ya, aku jadi pengen nulis di blog juga hihihi *copycat gitu, tapi pasti aku acknowledge idea-nya dari mana -- kalo sempet nulis*.

    btw bday paling "berkesan" buat aku taun 1998 (pas sweet 17) -- karena hari itu hari distribusi majalah serviam pertama pas aku jadi ketua sie publikasi -- alhasil yang mau nyelametin mesti ikut kejar2an dari ruang serviam ke kelas-kelas (beneraaaaaaann.. seru yah haha)

    ReplyDelete
  6. ternyata gua gak berhasil nginget semua ultah gua selama 10 th terakhir. hihihihi. payah ya.. udah pikun! :P

    ReplyDelete
  7. Dian >> Iya, gelasnya asli memang bengkok, sesuai dengan mental orang Jakarta yang bengkok semua. Wah, iya kuehnya bagus, makasih buat temenku yg beliin.

    Arman >> Sayang man, gagal u ya ? Padahal kan gue mau baca postingan u yang terinspirasi dari gue...cuih cuih...

    Aha >> Makasih..kuenya udah ludes !

    Tiwi >> Makasih, tapi jangan banyak2 ah jodohnya hehehe yg penting pas !

    Rhea >> Hehehe...memang paling seru masak SMA. Paling uedan.... gue tunggu ya postingan 10 tahun terakhirnya.

    ReplyDelete
  8. met ultah neng...pjg umur, tmbh sukses, tmbh cantik, cepet dapet jodoh :p

    duh gw telat bgt ucapinnya,maap ya neng...dr tgl 15 aug gw out of town..br balik niy...

    skali lagi met ultah :D

    ReplyDelete
  9. Non... met ulang tahun yaaa :D iya kamu sama yah ultahnya sama Selma :D beda berapa tahun non? hallaaah.. age is just a number kaleeee

    Sukses always yaaa... tambah kece, sehat selalu dan cepet dapet jodoh.. AMIN !!!!!!!!

    ReplyDelete