Friday, May 30, 2008

Sleep Deprivation

Dari dulu, saya memang rentan sekali sama yang namanya kafein. Mungkin itu juga alasannya kenapa saya tidak terlalu menyukai minuman bersoda karena pada umumnya, minuman bersoda itu mengandung kafein yang lumayan tinggi, kecuali yang namanya Sprite (karena jelas-jelas di kalengnya bertuliskan ”No Cafeinne”). Kalau memesan kopi, pasti saya meminta yang decaf, alias tanpa kandungan kafein. Dari sejak saya menjadi auditor di jaman rekiplik dulu, semua teman kerja saya dibuat heran, karena mungkin sayalah satu-satunya auditor yang tidak meminum kopi dan bisa bertahan di dalam bekerja dari pagi sampai petang (dan kadang sampai malam).

Hari Selasa lalu, saya melakukan reuni kecil dengan teman saya si R yang sejak SMP tidak pernah saya temui. Kami sempat berpapasan tahun lalu, tetapi tidak sempat berbicara banyak karena saya saat itu sedang menjadi MC di pernikahan kawan baik saya. Ketika minggu lalu saya mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya via ruang ngobrol maya, tiba-tiba terlintaslah di pikiran untuk temu kangen, kopi darat lah istilahnya. Dengan semangat yang menggebu-gebu, jadilah, dua manusia, satu menyetir dari Semanggi, dan satu menyetir dari Cengkareng, bertemu di Plaza Senayan.

Malam itu, kami memilih bersantap di Canton Bay yang terletak di depan Supermarket di Lantai Basement. Saya memilih meminum Oolong Cha atau Teh Cina jenis Oolong yang rasanya pahit, tetapi pas sekali untuk menemani masakan Chinese yang berminyak. Teman saya memilih teh es biasa. Biasanya kalau saya memesan Oolong Cha, pasti saya berbagi dengan mama dan adik, sehingga pada akhirnya tehnya tidak terlalu kental lagi. Tetapi kali ini saya sendirian saja yang meminum tehnya. Selama dua setengah jam pertemuan kita, tak terasa satu teko teh kental berhasil saya habiskan sendiri. Saat menyetir menuju ke rumah, saya mulai mengantuk, membayangkan ranjang empuk. Apalagi hari itu saya cukup lelah, karena banyak kerjaan dan rapat sampai lumayan malam.

Tetapi apa yang terjadi ? Saat sampai di rumah sih, semangat lumayan tinggi untuk segera tidur. Badan ini sudah tergeletak di ranjang, tetapi, kok otak rasanya tidak dapat istirahat. Hadap kanan, hadap kiri, bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, tetapi kok nggak beres-beres juga, tetap saja nggak bisa bobo. Saya coba memikirkan yang indah-indah supaya pikiran bisa relax, tetapi yang ada, tetap saja, mata terpejam tetapi badan malah terasa segar. Bahkan jam 4 pagi, rasanya betul-betul segar, sehingga saya memutuskan, bagaimana kalau saya browsing-browsing saja, supaya saya jadi lelah dan paling tidak bisa menyelamatkan tidur barang 2 jam. Setelah browsing, tetap saja saya tidak bisa tidur, dan akhirnya, matahari mulai menampakkan sinarnya di balik jendela.

Gila ! Pagi itu juga, saya kembali bersiap-siap dan menyetir ke kantor, dan kembali bekerja tanpa tidur sedikitpun! Di nickname YM, saya tambahkan tulisan: “Sleep deprivation, might not function normally today”. Hari itu, saya menguap tak karuan. Melihat wajah saya yang lemas, teman-teman bilang, gimana kalau minum kopi saja. WHAT ?? Gara-gara teh berkafein, saya sudah menderita seharian. Untunglah hari itu saya bisa selamat, dan akhirnya bisa pulang kembali ke rumah dengan menyetir tanpa gangguan yang berarti.

Pelajaran buat saya: Jangan sekali-sekali meminum Teh Cina atau apapun yang mengandung kafein di malam hari, terutama di saat makan malam. Anehnya, sampai hari ini, ngantuknya masih terus terasa. Hoaaaaeeemmmmm *nguap dulu aaahhhh*

4 comments:

  1. hehehe semua teh itu memang mengandung kafein, neng. kecuali teh yg ada tulisan no caffeine. dan kopi meski decaf juga ada cafeinnya dikit.

    sengsara banget yak kalo kurang tidur di kantor.

    ReplyDelete
  2. hahaha emang tuh... gua kalo minum teh malem2 juga jadi gak bisa tidur. :P

    ReplyDelete
  3. sama deh, aku juga rentan ama kafein, tapi gimana ya kalo gak minum kopi tuh susah ke toilet...

    ReplyDelete
  4. ya ampunn...semalem kagak tidur gara2 Chinese tea toh ternyata :p

    gw pikir si eneng lagi di Pondsite ada meeting ampe pagi ama si bos.hehehe...

    ReplyDelete