Saturday, March 31, 2007

Taksi – Tapi Bukan Filmnya Rano Karno dan Meriam Bellina

Karena rebetnya jalur three in one di Jakarta, dan kantor saya berada di bilangan Sudirman, setiap pagi saya terpaksa naik taksi. Sebetulnya saya bisa sih naik mobil lewat Casablanca lalu lewat jalan-jalan kecil di bilangan Bendungan Hilir. Tetapi saya takut, karena harus lewat Trowongan Casablanca dan ada kemungkinan dikejar2 hantu yang matanya copot kayak bola pingpong ditarik pake benang itu… (hehehe… canda atuh… abis saya ngakak sih liat model hantunya film Trowongan Casablanca yang ancur2an itu). Lebih tepatnya sih, saya takut betis saya kena varises, dan kepala saya kena migraine karena jalanan macet total di daerah itu pagi dan sore. Sudirman dan Gatot Subroto yang three in one aja, macetnya bikin laler pun males lewat situ, apalagi Casablanca yang jalur alternatif, dijamin halal ngga pernah lepas dari yang namanya macet. Naik taksi terpaksa dipilih, karena kalau naik busway saya harus ganti 4 kali, bisa bisa saya tua di jalan, dan tampang saya lama-lama bisa mirip sama bentuk bus alias kotak-kotak semua gara-gara kegencet.

Naik taksi setiap hari, pasti ada aja pengalaman yang lucu dan menarik. Syukur-syukur kalau sopir taksinya diem, senyum, dan nyapa pada saat-saat penting aja. Tapi namanya sering naik taksi beda-beda, pasti perlakuan yang didapatkan beda-beda juga. Belom lagi sopir taksi yang “ramah” kelewat batas, sampe bikin kita yang naik taksi gregetan dan mo nimpuk pake laptop kantor (kalo laptop sendiri sayang soalnya). Berikut ini ada cuplikan-cuplikan pembicaraan dodol dengan beberapa sopir taksi yang cukup beranekaragam itu.

Pembicaraan 1:

Pengemudi (P): Wah, Bu, ibu ini keliatannya eksekutif ya?
Leony (L): Nggak tuh, Pak. Cuma karyawan biasa.
P: Ibu ngomong-ngomong putranya brapa ya, Bu?
L: (rese amat nih sopir… saya nih masih single and gres gini ditanya putranya brapa). Wah Pak, saya belum nikah Pak. Emangnya tampang saya tua ya ?
P: Wah, maap Bu, bukan begitu…soalnya bini saya aja baru umur 14, bini kedua sih Bu, udah ngelahirin tuh kemaren... kali-kali aje ibu kayak bini saya gitu…
L: … (speechless)…

Pembicaraan 2:

P: Bu, liat mobil di sebelah bu…
L: Oh, yang Mercy itu ye Pak. SL 65 tuh, keren banget mobil sport.
P: Iye Bu, tu liat, knalpotnye aje 4, ditarik pasti enak banget tuh.
L: Bener Pak… mahal mobil itu di Jakarta, masih built-up.
P: Iye, mahal sih… tapi yang punyanye bego bu…
L: Hah, bego kenapa?
P: Mobil bagus-bagus, sport lagi, eh yang nyetir sopirnye…. Bego kan?
L: … (speechless)…

Pembicaraan 3:

P: Bu, ngikutin kasus poligaminya Aa Gym kan ?
L: Oh iya Pak, gak gimana sih, cuma pas nonton tivi aja.
P: Ibu setuju gak sama poligami?
L: Gimana ya Pak, nggak terlalu setuju, karena saya yakin nggak akan bisa adil.
P: Wah Bu, kalo saya sih setuju banget. Tetangga saya tuh Bu, istrinya tiga, akurrrr semuanya. Menurut saya, tetangga saya itu hebat banget deh. Kalau saya ada rejeki sih, saya mau kawin lagi, biar bisa mengikuti jejaknya tetangga saya itu..
L: Waduh Pak, satu aja susah ngurusinnya, apalagi dua Pak.
P: Lah, menurut survey, perempuan itu jauh lebih banyak jumlahnya daripada laki2. Denger2 sih, 1 laki laki banding 3 perempuan. Lah, nanti itu perempuan sisanya mao diapain? Daripada bingung nggak pernah ngerasain kawin, lah mendingan dikawinan kan Bu ?
L: …(Aaaarrgggghhhh…. Sopir taksi aja brani ngomong kayak gini, mau poligami segala lagi… gimana nggak mau tambah susahhhh.... Untung udah mau deket rumah, kalo nggak sih, saya udah kabur cari taksi lain).

Pembicaraan 4:

L: Pak, nanti gak usah lewat jalan tol ya, jalan tolnya macet.
P: Oh iya Bu.
Karena saya lagi baca koran, saya nggak terlalu memperhatikan kalau sopirnya mengambil jalur kanan, yaitu jalur untuk antri masuk jalan tol, yang panjangnya sampai ratusan meter dan macet. Begitu sudah hampir dekat pintu tol…
P: Permisi Bu, kita mau lewat jalan tol apa nggak ya ?
L: …. (speechless sambil gondok pengen nonjok)…

Udah ah segitu dulu… kapan-kapan saya cerita yang lain lagi…

Ngambil cucian di rumah Desi
Cukup sekian dan terima kasih

7 comments:

  1. lho, leony sekarang kantornya di betawi? pindahan atau ditugasin di kantor cabang? kok ga ada critanya di blog ini? oya, sopir taksi emang kadang2 ada ada yang rese gitu hehe...

    ReplyDelete
  2. halah... ngomong2 udah liat film terowongan casablanca lom

    ReplyDelete
  3. hello leony...wahhh cerita2 kamu seru banget yah. Tulisan kamu TOP banget deh, enak dibacanya. And mudah dimengerti. Update terus donk... Aku juga suka nulis, tp gak secanggih kamu nih.

    ReplyDelete
  4. aslii..gokil berat tu sopir taxi..untung dia ga minta lo jd istri k 3 nya..hehe2..btw sippp bgt critanya..asli kocak :)

    ReplyDelete
  5. Hahahaha.. baru baca ci. Gokill.. yg paling nyebelin yang terakhir,makan waktuu!! hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha. Udah 8 tahun lalu tp dibaca masih lucu ya hahaha.

      Delete