Saturday, October 21, 2006

Bali Trip October 4-8, 2006

Akhirnya, setelah 10 tahun kita sekeluarga nggak pergi ke Bali, kesampaian juga keinginan yang terpendam ini. Sebetulnya Mama dan Adik baru tahun lalu pergi ke Bali, tapi kali ini suasananya beda karena ditemani oleh : Saya dong !! (kegeeran....). Sebenernya saya sih yang sudah hampir 10 tahun nggak pergi ke Bali, jadi keinginan ini terpendam sampai jadi jerawat batu.

Hari Rabu pagi, kita berangkat ke Bandara Soekarno Hatta. Tiket sudah saya beli online beberapa bulan lalu di AirAsia (walaupun pas mau beli sempet kesel sampai saya telepon ke Malaysia karena credit card saya sempat nggak jalan). .Asik banget ya, harganya terjangkau dibandingkan dengan airline company lain, walaupun katanya rebutan duduknya -> Padahal nggak loh... ngapain pula rebutan, toh pesawat cuma seutek2.

Sampai di sana, kita langsung naik taksi menuju hotel kita Conrad Resort and Spa, Tanjung Benoa. Begitu nyampe lobby, langsung berasa kayak lagi nggak di Indonesia. Maklumlah, 99% penghuni hotel itu adalah orang bule atau Jepang. Langsung disambut pula dengan welcome drink, dan kita nggak perlu ngantri di lobby. Receptionist-nya datang sendiri ke kita... udah kaya raja banget. Mana di balkon, lagi ada model Jepang seksi lagi ambil photoshoot.... mayan tontonan gratis. Kamar kita menghadap kolam besar dan laut. Wah, udaranya enak banget... Kamarnya besar dan bagus, semuanya marmer. Lalu fixturesnya modern. Semua ruangan terpisah. Shower, closet, dan bathub... lalu bathubnya bisa buat nyemplung 2 orang sekaligus. TVnya besar, lengkap dengan DVD player, lalu ada balkon untuk kita duduk2 menghadap pantai. Betul-betul kamar hotel yang pas buat orang honeymoon. Sayangnya kita honey-nya ora ono, apalagi moon-nya. Malam itu kita nggak kemana2. Hanya ke mini market, dan makan di Warung Boga punyanya Bu Putu. Masakannya enak banget...sampe akhirnya beli lagi buat bawa pulang.. (ini mah rakus).

Oh iya, karena saya member diamondnya Hilton, saya jadi dapat courtesy untuk masuk ke lounge executivenya. Internet gratis, breakfast gratis, afternoon tea gratis, cocktail gratis. Tapi berhubung kita jalan2 melulu, hanya internet dan breakfastnya saja yang bisa kita gunakan. Masuk ke situ lebih berasa minoritas lagi, lantaran isinya cuma orang Jepang dan Amerika. Menu sarapan paginya beda dengan yang biasa. Biasa kan kita makannya tuh ham, sausage, telur gitu gitu deh pas di hotel... kalau yang ini menu makan paginya ada miso soup, sushi, smoked salmon, smoked turkey, bubur ayam, soto ayam, salad, buah2an, pastrami, salami, cheese, selain itu kita juga bisa pesan made to order egg benedict, salmon benedict, omelette, pancake, dll. Uenak tenan. Mana pelayanannya luar biasa... minum saja kita ada air, pilihan juice yang diantarkan langsung, dan kopi atau teh. Pilihan tehnya banyak sekali dan berkualitas. Jangan ngiler ya !

Hari kedua, kita dijemput oleh Bli Komang. Kita sewa mobil dan sopir (alias Bli Komang), sampai kita diantar pulang ke airport nanti pada hari kelima. Tujuan pertama kita adalah ke Taman Ayun. Ampun panasnya, sampai mama kerebongan pake sarung kayak orang lagi naik haji. Kata adek saya, pantesan aja namanya Taman Ayun, soalnya kita cuma muter doang sampe pala kita pusing berayun2. Maksa banget nggak sih ? Tujuan selanjutnya kita ke Bedugul. Di sini udaranya enak sekali karena Danau Bratan betul2 memberi kesejukan. Kita sampai betah berlama-lama di sana. Habis gitu baru brasa kalau perut lapar. Karena pilihan di daerah sana tidak terlalu banyak, kita makan di restoran buffet yang menyediakan makanan Bali. Makanannya biasa, pelayanannya kurang, dan harganya nggak sesuai banget. Yang paling parah, itu wece kok kotor banget ya... ngga malu apa sama turis2 ? Habis makan kita menuju Tanah Lot. Baru sampai langsung nafsu lihat kelapa muda. Langsung deh sruput2 nyam nyam. Sore itu kita puas banget nongkrong di Tanah Lot sambil nunggu matahari terbenam. Indahnya bukan main deh, sampai dishooting sama adek saya dari matahari masih di atas sampai turun. Yang kerennya lagi, pas matahari turun, ribuan burung2 keluar dari sarangnya, langsung memberikan kesan mistis. Karena kita keluarga iseng, pas jalan balik ke mobil, kita sempet2nya bikin tatoo temporary. Saya dan mama yang kupu2, dan adik yang naga. Keren deh, sampe adik saya pamerin terus loh. Malamnya kita makan di Warung Made, Seminyak. Harganya nggak murah, tapi makanannya enak ! Saya dan mama share nasi campur Bali, dan adik saya makan ribs. Semuanya top, nasinya pedes tapi asoy. Sayang malam itu saya mulai terserang flu.

Hari ketiga, tujuan kita adalah ke Kintamani. Walaupun pemandangannya indah banget yaitu Gunung Batur dan Danau Batur, kita tidak bisa enjoy karena dikejar-kejar sama penjual souvenir. Ampun deh... mulai dari nawarin pakai bahasa Inggris, lalu ganti bahasa Jepang, lalu ganti bahasa China, lalu terakhir bahasa Indonesia. Parahnya, mau pipis aja tukangnya minta uang 2000 rupiah per orang ! Gila gila gila. Siangnya kita menuju ke Ubud yang terkenal dengan terasering alias sengkedan, alias sawah yang susun2 indah banget. Bli Komang bawa mobilnya lewat jalan jalan kecil di tengah sawah...cantik deh pokoknya. Siang itu kita makan di Bebek Bengil yang uenak tenan. Bebeknya garing kriuk kriuk, sambelnya top banget. Kita duduk lesehan di deket kolam teratai. Padahal flu saya tambah berat, tapi saya enjoy banget makan di situ. Recommended! Setelah dari Ubud, kita mampir ke Pasar Gowang yang terkenal menjual kerajinan bali dengan skala besar. Di situ, saya sempat jadi pelawak pas mau beli sendal. Kata tukang sendalnya,"Dek, adek tinggal di sini saja deh. Adek lucu, lumayan buat hiburan !" Darn it... emangnya saya Warkop apa ? Sorenya kita mampir di kompleks Garuda Wisnu Kencana. Wah itu juga indah banget. Kita naik ke patung Garuda, lalu ke patung Wisnu. Kita sampai bengong, gimana caranya itu tebing dibelah belah... ckckckck... Malam itu sebetulnya kita kepingin banget nonton konser Ari Lasso di Kamasutra di daerah Kuta. Tapi karena kondisi badan saya yang terus turun, akhirnya rencana dibatalkan. Padahal Mama adalah fans beratnya ALass.... kecewa banget deh... cuma kan namanya ortu pasti sayang anak. Malam itu, kita balik ke warung Bu Putu. Hari ini pesen makanannya makin gelo, karena semuanya enak, jadi kita cobain macem2, dan tetep aja, semuanya UENAK ! Maklum suami bu Putu adalah mantan koki chinese food di hotel bintang lima. Sekarang, walaupun anaknya yang masak, tetep saja manteb masakannya.

Hari keempat, pagi itu kita pergi ke Kuta. Kalo cowok cowok sih berharap di Kuta bakalan ketemu cewek-cewek topless. Boro boro deh... yang banyak tuh abang abang nawarin surfing sama kakek nenek lagi leyeh2. Pantainya juga sudah kotor, nggak seindah dulu. Jadi nggak betah deh kita lama lama di sini. Habis gitu kita ke pabrik kata kata Joger... lumayan, masuk situ betah deh lama lama, baca2in kata kata hancur yang diciptakan pak Joseph Theodorus dan timnya yang sama2 gelo. Sayang ya di sana kita nggak bisa foto2. Selepas itu, kita menuju ke Denpasar untuk makan siang. Bli Komang menyarankan kita makan di Pecel Bu Tinuk. Wadoh itu pecel puedesnya minta ampun, padahal saya minta yang sedeng saja. Jadilah hidung saya tambah meleleh2. Sebagai snack, saya beli ongol2. Baru makan satu piece, langsung saya minta mama beli sekotak lagi. Enak banget empuk klenyer2 gitu. Habis makan, kita lanjut ke tempat foto dengan pakaian adat Bali. Tempatnya masuk ke gang kecil banget. Di situ kita bertiga didandanin layaknya pangeran dan putri bali. Badan saya dibebet2 sampe kayak kue lepet. Muka kita dimakeup kayak ondel ondel deh... Habis difoto yang resmi oleh si Mas-nya (asli namanya Mas Joko orang Banyuwangi, bukan orang Bali), kita mulai berfoto gaya bebas yang kacau balau. Habis difoto itu, brasa banget kalo susah aje jadi orang bali yang pake baju tradisional. Kita kepanasan luar biasa sampe teler. Begitu stagennya dilepas, leganya bukan main. Sorenya kita mampir di Titiles untuk beli abon, krupuk kulit, dan dendeng. Maaf semuanya nggak ada yang halal. Di halaman Titiles sudah kayak kebun binatang aja. Ada macan, singa, ular, dan binatang2 aneh termasuk ikan2nya yang oversized. Lumayan, menghemat biaya daripada harus ngunjungi kebun binatang. Malamnya kita makan di Restoran Rumours di Jalan Oberoi daerah Seminyak. Ini adalah restaurant Steak yang suasananya enak, dagingnya dari Australia, dan harganya terjangkau. Saya pesan tenderloin medalion, adik saya pesan lambshank, dan mama pesan tuna steak. Semuanya empuk dan enak. Malam itu kali pertama kita kehujanan di Bali. Bli Komang sampai ketiduran nunggu kita di mobil. Pokoknya malam terakhir kita di Bali indah banget deh.

Hari terakhir, pagi itu kita pergi ke gereja Maria Bunda Segala Bangsa di daerah Nusa Dua. Uniknya, gereja ini terletak di satu kompleks dimana ada 5 tempat ibadah menjadi satu. Kebersamaan memang indah ya. Mulai dari Masjid, Pura, Wihara, Gereja Kristen, dan Gereja Katolik semuanya bersebelahan. Kembali dari Gereja, kami langsung packing dan sarapan. Saya dan adik sempat turun ke pantai untuk terakhir kalinya dan berfoto-foto ria. Setelah check out, kami diantar Bli Komang ke airport. Terima kasih Bli Komang !! Bye bye Baliiii !!! Seperti pak Joger bilang: JOGER JELEK, BALI BAGUS !

1. hah segitu repotnya ya bikin visa? apalagi org indo yah. sebenernya g bakal sampe sana 6 january sih.
    skrg lg ga ada waktu ngurus visa neh *cemas bgt*

2. wah..penuh liburannya !! di bali tapi gitu yak, penjual souvenir nguber2x sampe dapat. diikutin terus.
    masih mending di thailand, kita bilang NO, mereka stop. tapi tetap aja semua yg ditawarin penjual souvenir aku beli kakakkakk...gak tega. kartu pos 30 bijik aku tempelin di warung.

3. hadoh! kayak baca novel Ni...
    akhirnya kesampaian yach liburannya ke Bali. asik tuh pergi2 sama keluarga.

4. Sore itu kita puas banget nongkrong di Tanah Lot sambil nunggu matahari terbenam. Indahnya bukan main deh, sampai dishooting sama adek saya dari matahari masih di atas sampai turun. Yang kerennya lagi, pas matahari turun, ribuan burung2 keluar dari sarangnya, langsung memberikan kesan mistis.

==> Waahh.. kayanya keren dhee :D Blm kesampean neeh liat sunset lagi di Tanah Lot :'(

Btw, salam kenal yaa.. *sudah sering mampir tapii lupa udah pernah memperkenalkan diri apa blm, hehehe..*

Ciaooo..

5. wah yg lagi jjs...asyiiiiiiiiiiiik :d

6. Tolong tanya Titiles yang jual abon, krupuk kulit, dan dendeng itu tempatnya dimana Leony ? Di Kuta atau di Denpasarnya ? Thanks.