Wednesday, August 23, 2006

Tiup Lilin Part II

Sudah tiga tahun terakhir saya tidak merayakan hari ulang tahun saya bersama dengan teman-teman. Ulang tahun terakhir yang saya rayakan dengan kumpul2 rame-rame adalah saat saya berusia 21 tahun. Saat itu saya masih bersekolah di Fall 2003 dan perayaan ulang tahun saya dirayakan sebulan kemudian karena menunggu teman2 yang balik dari luar kota untuk summer school. Acaranya kumpul2 barbeque dan diakhiri dengan lempar2an balon air hahhaha… Inget deh saat itu kita semua janjian untuk nimpuk teman kita Lesdi dengan balon air secara bersamaan tanpa sepengetahuan dia. Malam harinya sebelum acara, saya dikejutkan dengan kedatangan lebih dari 20 teman2, dan Oh iya, kalo yang kenal sama saya, barbeque ala Leony itu bukannya hotdog dan burger. Waktu itu menunya: Rib Eye Steak, Honey Teriyaki Chicken Breast, Bratwurst, Sate Ayam Bumbu Kacang, Ribs, Potato Salad, Spring Salad with Shrimp and balsamic vinegar dressing, ditutup dengan buah2an dan es pudding tahu. Wahahahahaha….. Maaf kalau saya ngomongin makanan, kayaknya nggak habis-habis. Saya demen banget kalo organizing acara yang ada hubungannya dengan makanan. Makanya saya ngga bisa kurus sampai sekarang, tetep montok selalu (percaya nggak tangan saya masih ada bolong2nya kayak bayi ??).

Tahun 2004, adalah saat saya terakhir pulang ke Indonesia untuk liburan. Itulah ulang tahun terakhir yang saya rayakan bersama dengan keluarga. Saat mama saya nanya mau makan apa yang special untuk ulang tahun saya, saya minta bakmi Gang Kelinci. Nggak usah yang special, cukup mi baksonya saja. Saya sekeluarga ditambah oom, tante, dan sepupu saya menikmati bakmi Gang Kelinci yang sampai sekarang rasanya masih keinget2 di pikiran (di pikiran aja loh…hiks sedih ya). Tahun 2005, saya masih adaptasi dengan kehidupan di kota yang baru, termasuk dengan kerjaan saya. Saya inget banget waktu itu dirayainnya dengan mantan pacar. Sebelnya, dia itu janji mau dinner bareng saya. Ternyata dia baru datang jam 9 malam di saat saya mulai kelaparan sampai mau pingsan. Alasannya: nunggu teman2 lain ngumpul untuk surprise-in saya. Padahal saya nggak minta juga disurprise-in. Yang ada saya kesel minta ampun karena menahan lapar (karena saya pikir mau makan besar malamnya, jadi saya nggak makan siang yang cukup). Akhirnya dia masakin saya filet mignon. Bayangin deh udah kelaperan banget, masih harus nunggu dia masak dulu. Jam 10 kali kita baru makan... basi banget hahahahaha…

Tahun ini, saya ingin membuat sesuatu yang lebih special. Banyak sekali hal hal yang harus saya syukuri. Kerjaan saya baik dan lancar (walaupun masih kayak romusha), keluarga saya sehat dan happy, dan masih banyak lagi yang Tuhan kasih buat saya yang nggak bisa saya sebutkan satu persatu. Makanya, jauh jauh hari, saya sudah merencanakan syukuran kecil kecilan ini. Saya mengundang beberapa teman, mulai yang dari Milwaukee, Madison, sampai Minnesota. Acaranya adalah brunch di Lake Park Bistro yang terkenal dengan French Country cookingnya hari Minggu, 20 Agustus lalu. Menunya saya sudah pilih2 dari beberapa waktu lalu. Tiap orang dapat 1 first course, 1 second course, dan 1 dessert. Pilihan minumannya ada orange juice, champagne, atau mimosa.

L'APPETIZERS

SAUMON FUMÉ DE L'ATLANTIQUE
Cold-smoked Atlantic salmon marinated in extra virgin olive oil and lemon with a tomato-cucumber salad and toasted brioche.

CREVETTES GRILLEES A LA SAUCE DE CRUSTACES
Gulf shrimp marinated in olive oil, garlic, and black pepper with sautéed spinach and roasted tomato with sweet herbs over toasted baguette in a shellfish sauce.

HUITRES POCHEES AU CHAMPAGNE
Champagne poached west coast oysters with wilted spinach, Champagne cream, and American caviar.

LES ENTREES

OEUF POCHES AU JAMBON ET SAUCE HOLLANDAISE
Traditional eggs Benedict with cured ham, toasted crumpets, and Hollandaise sauce.

PAIN PERDUE AU GAUFRES AVEC FRUITYS EN COMPOTEA
Belgian Waffle or Brioche French toast with an assortment of fruit compotes, maple-rum syrup, and vanilla cream, and bacon

MILLEFUEILLE D'OEUFS SUR LE PLAT
Flaky pastry filled with scrambled eggs, spinach, and Basque-style stewed peppers.

SALADE DE POULET GRILLE
Marinated and grilled chicken breast with a salad of romaine lettuce, bacon croutons and Meaux mustard dressing.

LES DESSERTS

CREPES SUZETTE
Sweet crepes filled with orange custard and finished with Grand Marnier and navel oranges.

PRALINE CROQUANT ET MOUSSE AU CHOCOLAT GUANAJA
Crunchy praline and Valhrona chocolate mousse with saffron anglaise and mint ice cream.
ASSORTIMANT DE SORBETS DE FRUITS
An assortment of housemade fruit sorbets with a tuille cookie.

Hari itu, ada 23 orang yang hadir dari 24 yang sudah reservasi. Temen saya ada yang ketiduran karena jaga malam di rumah sakit. Jadi deh ketinggalan makan enak hihihi. Pas mereka datang, di depan kursi masing-masing sudah tertulis menunya dan dikasih bonus tulisan "Happy Birthday, Leony" oleh sang manager restaurant. Sayangnya menu oyster terpaksa harus dihapus karena kata managernya, pagi itu oyster yang tiba kurang baik kualitasnya. Acara berjalan dengan menyenangkan dan lancar, apalagi kedatangan teman2 dari luar kota yang sudah lama tidak ketemu, membuat semuanya menjadi lebih indah.

Pas dessert dikeluarkan, di atas chocolate mousse saya sudah ada lilin menyala. Kontan semua orang menyanyi, termasuk ada meja lain yang ikutan nimbrung. Yang ada, pas mau tiup lilin, saya jadi ketawa tawa.

Betul-betul acara ultah saya kali ini rasanya sangat berkesan. Kudos untuk teman2 saya dari Minnesota yang menyetir 6 jam dan teman2 dari Madison yang menyetir 1.5 jam untuk hadir ke acara ini. Belum lagi kado2nya yang sangat menarik dari teman-teman (anehnya semuanya kok bisa berhubungan sama dapur ya ? Tapi saya seneng banget pas bukain kado2nya).

PS: Saya tadi coba upload foto nggak bisa bisa... kenapa ya blogger ?

6 comments:

  1. aduh say, bener2x berkesan ! menunya itu lho....nelanludah.com

    kalo blog udah bisa upload pic, jangan lupa ya, say..ditunggu lho. tapi pics makanan di zoom out aja hwhahha..takut ngences

    ReplyDelete
  2. wow.. akut iap baca blog kamu pasti mendadak laper say... :D menunya sip banget! dakyu seneng pesta syukurannya berlangsung sukses say :D

    ReplyDelete
  3. bener kata dee, tiap baca blogmu aku pasti kepikiran makanan. dikau jago masak juga ya ... saluutt!

    ReplyDelete
  4. Dian >> Aku juga masih nelan ludah nih, soalnya waktu itu juga ngga bisa cobain semuanya. Blogger masih kacau nih, nggak bisa upload pic.

    Diyan >> Wah makasih, aku tanya ke temen baikku juga pas pilih2 menunya. Seleranya dia bagus :)

    Engel >> Aku ? Jago masak ? Wah, aku tuh ngga bisa masak yang pakem. Lebih bisa dikatakan hobi, krn resepnya berubah terus.

    ReplyDelete
  5. rame acaranya yach! poto2nya jangan lupa.

    ReplyDelete
  6. Gooey Ducks grow to about two pounds in four or five years.
    [url=http://www.gooey-duck.com/]gooey duck[/url]

    ReplyDelete