Sunday, July 23, 2006

Tukeran Senjata

Diantara peperangan antar supporter untuk membela idolanya masing-masing, ternyata para peserta kompetisi itu sendiri sangat menikmati hari-hari mereka di Los Angeles. Walaupun dengar2 persaingan masih saja sengit (katanya sih pas fashion show banyak yang curi curi waktu untuk jalan lebih lama di panggung), tapi ternyata banyak juga yang saling mendukung dan bersahabat.

Contoh pertempuran paling sengit adalah antara supporter Indonesia dan Philippines di forum2 Miss Universe. Para supporter saling mengirimkan foto2 si kontestan baik yang foto kontestan yang bagus2 untuk membanggakan negaranya masing2, maupun foto lawan yang jelek2 untuk saling menghina. Tapi ternyata, Nadine sendiri bercerita, kalau dia justru paling akrab dengan Miss Philippines, Lia Andrea Ramos. Nah loh...suporternya gimana sih ?? Contoh dong kontestannya !


Lain lagi cerita Miss Japan. Dengar2 Miss Japan yang ini calon kuat karena dia berbeda dengan Miss Japan sebelum2nya. Kurara Chibana termasuk saingan berat Nadine karena katanya dia modern dan fun, tidak konservative sama sekali untuk ukuran cewek Jepang yang dikirim ke Miss Universe. Walaupun saingan, ternyata mereka sahabatan juga. Foto dibawah ini nunjukkin kalau Nadine dan Kurara memang akrab, bahkan saling tukeran senjata. Kurara lagi membawa tongkat Ratu Kencana Wungu-nya Nadine, dan Nadine lagi ngecek pedang samurai-nya Kurara. Diantara perbedaan budaya antar negara dan keterbatasan bahasa, mereka malah saling mempelajari perbedaan masing2.

Harusnya kita sebagai bangsa Indonesia merasa bangga bisa mengirimkan wakilnya di ajang Miss Universe ini, karena ajang ini betul-betul menjunjung persahabatan antar negara. Tapi berita yang saya dengar dari Indonesia, Nadine dan Artika malah dilaporkan oleh FPI sebagai perusak moral bangsa. Maaf kalau ada yang tersinggung. Tapi menurut saya, tindakan anarkis mendemo orang dan menghakimi orang lain yang dilakukan oleh para demonstran FPI itu lebih tidak bermoral. Tuhan saja nggak pernah menghakimi manusia kok, eh ini manusianya malah menghakimi orang lain. Saya sendiri sangat menghargai perbedaan antar agama, tetapi menggunakan agama sebagai senjata, itu bukanlah hal yang tepat. Apalagi alasannya lumayan aneh. Kata orang FPI, Nadine itu tidak mencerminkan Indonesia karena dia Katolik dan campuran Indo-German (seperti saya baca di media nasional). Loh, Nadine itu sekarang lagi berjuang mengharumkan nama negara. Dan dia juga orang Indonesia, berwarga negara Indonesia, dan cinta Indonesia. Kalau dia nggak cinta, dari awal untuk apa dia ikut pemilihan Putri Indonesia. Toh jadi artis terus juga dia bisa ngetop. Kenapa kita tidak mendukung saja daripada menghina dan menghakimi. Toh kalau Nadine berprestasi, bukan German yang bangga, tetapi Indonesia. Sekali lagi, maaf kalau ada yang tersinggung.

Agak tidak nyambung sedikit dengan topik Miss Universe, saya ingin menyampaikan turut berduka cita untuk korban gempa dan tsunami di Pantai Selatan Pulau Jawa. Semoga Tuhan menerima para korban di tempat terbaik di sisi-Nya. Mari kita seluruh bangsa Indonesia juga berdoa kepada Tuhan, supaya negeri kita tidak dihantam bencana berkepanjangan. AMIN.

4 comments:

  1. Sedihnya, di endonesia sendiri Nadine malah dilaporkan *wtf* FPI ke pulisi.

    ReplyDelete
  2. Inilah kenapa banyak warga tanah air yg semakin lama semakin muak and luntur cinta-nya sama bangsa! yg lage berjuang demi nama baik satu indonesia aja di cerca.

    ReplyDelete
  3. "Tuhan saja nggak pernah menghakimi manusia kok, eh ini manusianya malah menghakimi orang lain." > waduh, ini kalimat paliinggg berharga buat aku!

    lepas dari masalah para demonstran yang katanya membela negara berbudaya tinggi ini, la mereka sendiri dah bener belum moralnya?? kok malah ngeributin yang kecil2 begini, sibuk ngitungin dosa orang, heran aku.

    ukuran dosa atau ngga, itu bukan urusan kita. itu urusan Tuhan. tau darimana tuh orang2 FPI kalo apa yang dilakuin Nadine tuh dosa?

    heran juga aku, padahal kalo Nadine menang, mereka juga ikut harum kok namanya ... bikin malu aja.

    *ngos2an, saking keselnya .. hahahaha*

    ReplyDelete
  4. Gosh, I just knew bout FPI, what the heck they normally do?? Liat liat kesalahan orang menurut "sin measurement" mereka sendiri, trus demo demo dan violence, no peace, bukannya ngerjain yang lain buat bikin negara kita tambah oke.

    Oh well, setelah liat indo dibanding kontestan yang lain sih, I think si miss indo very elegant and great costumes. Hope she'll go to the finals. And for FPI, go to hell lah.

    Go Indonesia!!! (with all love what's left in me for Indo)

    ReplyDelete