Thursday, July 27, 2006

Heboh Fanatisme

Setiap hari, semakin saya blogwalking, rasanya semakin seru saja topik soal FPI. Tapi yang saya tau pasti, saudara2 saya yang muslim saja, banyak yang kesal sama FPI. Apalagi tindakan mereka itu, bukan hanya menjatuhkan citra orang muslim pada umumnya, tetapi juga menunjukkan betapa tulalit dan salah sasarannya mereka itu.

Tindakan awal mereka yang terangkat ke permukaan beberapa bulan lalu adalah melaporkan Anjasmara dan Isabelle gara2 foto "Pink Swing". Padahal terang2an foto tersebut dipamerkan di kalangan terbatas dan jelas merupakan karya seni. Ngakunya anti pornografi, tapi kenapa mereka tidak memprotes pedagang VCD porno yang tersebar dimana2 ? Jelas2 di depan mata bertebaran kok penjual VCD porno, bajakan pula di daerah Pinangsia.

Lalu ketidaksetujuan mereka terhadap Penerbit majalah Playboy. Bukannya hanya melaporkan redaksinya dan modelnya ke polisi, eh malah merajam dan menghancurkan kantornya sekalian. Padahal banyak sekali saudara2 mereka yang kehilangan pekerjaan kalau sampai kantor itu ditutup. Tapi kenapa mereka tidak menutup kantor redaksi tabloid kampungan yang terang2an menampilkan artis2 pendatang baru berbikini dan bermakeup seronok di sampulnya ? Yang terakhir, mereka malah melaporkan model iklan yang iklannya dimuat di Playboy. Salah sasarannya makin mejadi2.

Belum lagi soal Nadine yang saya sudah bahas di postingan sebelumnya dan juga dibahas oleh banyak bloggers di jagat maya ini. Rasanya saya kok miris, sedih... Teman2 saya yang muslimpun khawatir kalau mereka disamakan dengan FPI karena akhir2 ini FPI sangat santer di media.

Kalau memang FPI mau memberantas yang dianggap haram, kenapa mereka tidak memberantas perjudian ? Terang-terang perjudian itu banyaknya nggak kira kira. Belum lagi prostitusi. Kenapa demo di DPR ? Kenapa nggak demo di Kali Jodo atau Mangga Besar atau tempat-tempat maksiat lainnya ?

Saya salut dengan Malaysia. Walaupun muslim di negara itu sangatlah taat dan kuat, ada satu daerah dimana judi legal. Genting Highland di Malaysia dibangun oleh Lim Go Tong. Daerah ini dikhususkan untuk para turis dan warga non-muslim untuk berjudi. Memang haram hukumnya bagi umat muslim untuk berjudi di sana dan mereka betul2 menjalankan dengan ketat aturan itu. Tapi apa yang dilakukan oleh Lim Go Tong ? Sebagian keuntungan yang dia dapat dari bisnis perjudian itu dia gunakan untuk membangun jalan, membangun sekolah, dan membangun berbagai fasilitas lainnya untuk dinikmati seluruh warga Malaysia baik yang muslim maupun non-muslim. Pemerintahnya tidak melarang umat muslim untuk bersekolah di sekolah yang dibangun dari uang sumbangan Lim Go Tong. Itulah yang membuat saya salut. Tidak ada yang namanya fanatisme. Segala sesuatu yang membawa kemajuan untuk bangsa, akan didukung oleh pemerintah.

Kadang saya iri dengan saudara2 saya dari Malaysia yang bersekolah di sini. Rata2 mereka semua mendapatkan beasiswa dari pemerintah termasuk biaya hidup selama bersekolah. Mungkin beasiswa itu sebagian berasal dari uang yang bagi orang fanatik dikategorikan sebagai "uang haram". Tapi pemerintah begitu fokus untuk kemajuan anak-anak muda di negaranya, dan selama perjudian itu bisa memberikan kontribusi, pemerintah tidak keberatan. Saya lagi membayangkan, coba fanastisme itu dikurangi sedikitttt saja, negara kita pasti bisa maju. Lebih mencari persamaan, tidak mengemukakan perbedaan terus menerus.

Ah, makin dipikirin...makin lemes...makin miris...

14 comments:

  1. iya tuh saya aja sebagai muslim tidak mendukung yang namanya FPI, krn menurut saya gak gitu caranya.
    itu namanya fanatisme yang berlebihan

    ReplyDelete
  2. Leony, aku juga bingung ma mereka. bener kamu bilang, semua itu salah sasaran. Aku malu deh, karena yang aku tau, yang selama ini diajarkan padaku, islam itu damai, anti kekerasan, islam itu indah seperti agama yang lain. Tapi gara2 sekelompok orang bodoh yang terlalu fanatik dan cuma bikin resah, aku jadi malu and sedih. Fanatik boleh, tapi jangan maksain kehendak. *sigh*

    ReplyDelete
  3. dimana2 yang namanya fanatik tuh menjurus ke arah munafik. karena fanatik itu makanya mereka jadi berlebihan.

    islam-nya sendiri sih fine2 aja. malah setau aku, aku sebagai muslim, belum pernah kok denger islam ngajarin segala sesuatu dengan kekerasan seperti ini.

    *sigh*

    ReplyDelete
  4. palink benci liat org/pihak yg kalo buat sesuatu pake mengatas namakan agama.

    loser!

    ReplyDelete
  5. Hhhhhhh.... *menghela nafas*
    FPI?? Suxxxx!!!

    Show off non, show off...
    Cari muka, biyar diliat geto, biyar se-Endonesia tau, biyar disegani.
    Yang ada malah mayoritas pada ngumpat sampe caci-maki *kek gw*

    ReplyDelete
  6. halo leony, aku baca blogmu komplet dari awal dan suka banget dengan pandanganmu. tulisanmu kadang lucu, cerdas, apa adanya, dan terutama mencerminkan jiwa besar. ya, katakanlah aku penggemar rahasiamu.gapapa kan? udah lama pengen ngisi comment tapi baru sekarang kesampean. terus nulis ya!

    ReplyDelete
  7. halo leony, aku baca blogmu komplet dari awal dan suka banget dengan pandanganmu. tulisanmu kadang lucu, cerdas, apa adanya, dan terutama mencerminkan jiwa besar. ya, katakanlah aku penggemar rahasiamu.gapapa kan? udah lama pengen ngisi comment tapi baru sekarang kesampean. terus nulis ya! salam dari jakarta.[KURNIA]

    ReplyDelete
  8. noni..adeline nih..iyah, gw juga kesel bgt..kenapa sih? mereka koq norak bgt? tapi gw ga mau terlalu marah..abisnya klo kita ikut2 an marah, ntar apa bedanya kita sama mereka..*hohoho*

    ReplyDelete
  9. met wiken say!! kemana aja nih, ngilank!!!

    ReplyDelete
  10. Aribowo >> Iyah betul, segala sesuatu kalau berlebihan nggak pernah baik, kecuali berbuat baik berlebihan, itu boleh banget :)

    Diyan >> Iyah Diyan, rata2 temenku yang muslim juga sangat tidak setuju dengan tindakan mereka. Anarkis !

    Engel >> Kayaknya nggak ada ya agama yang mengajarkan kekerasan. Tapi manusianya itu menafsirkannya lain2...Payah ah..

    Nanas >> Tul !! Loser bangetttt...

    Irwan >> *menghela napas juga, sambil kipas2 karena kepanasan...*

    Kurnia >> Makasih ya udah jadi penggemar huahahah *malu ih...* Nanti kalo saya bikin fansclub, kamu jadi ketuanya yah wakakakakak...*kepedean nggak keurusan nih*

    Adeline >> Memang, kita nggak boleh marah. Makanya nulis aja, sharing pendapat.

    Nanas >> Aku di sini sayaaannggg...sibukkkk....(seperti biasa..*sigh*)

    ReplyDelete
  11. Hai Leony! Salam kenal yah. Akhirnya yang menang Miss Puerto Rico yah. Hehe. Gpp lah, at least Nadine tried, walaupun agak terseok2. Bagemanapun saya kagum sama dia... gak mundur walaupun di Indo banyak yang mencemooh. Way to go, Nadine!

    ReplyDelete
  12. buka2an salah?
    toh yg ditutup2in tp dalemnya borok bukan main banyaknya.
    ngaca dulu kalo mo demo.
    Diri sendiri ud bersih ap blom.
    Keep posting y!

    ReplyDelete
  13. Excellent, love it! » »

    ReplyDelete