Wednesday, June 28, 2006

Ngidam...

Nggak tau lagi ada angin apa, pas denger mama lagi bikin bubur kacang ijo di rumah, saya langsung ngiler. Maklum, sudah bertahun-tahun lamanya nggak merasakan bubur kacang ijo buatan mama yang sedap banget itu. Santennya kental, kacang ijonya lunak banget, wangi daun pandannya terasa, pokoknya top banget deh.

Pas hari minggu kemarin sepulang gereja, saya makan siang dengan tiga teman saya. Salah satunya adalah seorang Romo (alias Pastor) yang hobinya masak juga. Jadi sepulang makan siang, kita mampir ke Asian Store. Dasar berjodoh, mata saya langsung ketemu bungkusan kacang ijo. Horeeee ! Langsung otak saya sudah ngebayangin mau bikin kacang ijo pas nyampe rumah. Padahal harusnya jadual saya hari itu adalah belajar. Tapi bodo amat lah, pikir saya, yang penting beli dulu aja kacang ijo dan santan kalengannya.

Begitu sampai di rumah, saya pikir, saya mau belajar saja. Tapi ngelihat itu bungkusan kacang hijau nongkrong di atas meja, rasanya pengen cepet cepet dimasak. Saya tahan-tahan dan berusaha konsentrasi menonton lecture di komputer. Pukul 8 malam, pertahanan saya pecah juga. Mulai deh, kacang ijo saya rendam dengan air hangat, lalu setelah nunggu 1 jam, rebus kacang ijonya. Lecture masih jalan terus di komputer, tapi dapur juga ikut aktif.

Setelah kacangnya empuk dan pada mekar, saya mau masukan gula. Nah loh, gula saya habis ! Tulalit banget deh, mau bikin kacang ijo kok nggak punya gula. Tapi setelah cari cari di rak atas, ternyata masih ada gula halus yang saya biasa pakai untuk bikin kue. Sebelnya pakai gula halus ini, udah pakai segunungpun nggak manis manis. Setelah dirasa manisnya cukup, saya tunggu rebusannya.. di panci lainnya saya rebus santan dan daun pandan. Duh, mulut saya sudah senyum2 sendiri membayangkan bubur kacang ijo. Kira kira pukul 11 malam, jadilah bubur kacang ijo empuk, lengkap dengan santannya.

Sebenernya, saya sudah napsu banget kepingin makan itu bubur kacang. Tapi akhirnya saya batalkan niat karena sudah hampir waktunya tidur. Saya masukan sedikit bubur kacang di mangkok ziploc untuk dibawa ke kantor. Sisanya...? Seabreg abreg, kayak buat makan satu keluarga yang punya 5 anak !! Ya nasib deh..bakalan seminggu nih makan bubur kacang ijo.

Kan yang penting ngidamnya terobati hehehe...

8 comments:

  1. wahahaha, stocknya banyak yah say!!!

    situ enak pinter masak, daku masak bubur kacang ijo aja fail total waktu itu, mana gua bikin yg simple, yg kaga pake santen.

    Gimana say buburmu?? ada yg naksir ga di kantor??

    ReplyDelete
  2. ogh harus direndem air anget dulu yah sebelum dimasak? supaya lebih empuk yah bu?

    BTW, itu kan masih ada sepanci, gimana kalo dibagi ke sini *ngiler* :D

    ReplyDelete
  3. nggak kangen bubur ayam mangga besar, berikut ayam rebus dengan rajangan jahe dan taburan wangsiu? :)

    ReplyDelete
  4. wakakakaka as long as its not peas huh =D

    belon coba sih mereka, tao2 nanti ketagihan colleagues mu =D

    say, bagi imel addnya donx

    ReplyDelete
  5. check the link

    ReplyDelete
  6. waks salah... kutulis disini aja deh

    vylettecream@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. hehehhe...aku sih sering banget bikin burjo. and gula merah ama santan sellau tersedia. cuma, kok gak bisa seenak bikinan temanku ya..

    eh, memang santannya dimasak terpisah ya ?

    ReplyDelete
  8. Dian and Diyan >> Hooh, rendem dulu, supaya empuk dan rebusnya jadi nggak terlalu lama. Lalu santennya dipisah itu supaya bisa kemasak sempurna kacang ijonya, dan mekarnya bagus.

    Yul >> Emang tuh bule sok nggak doyan. Padahal belum pernah nyoba. Nggak seru emang.

    Pakde Kemplu >> Makasih udah bikin saya tambah kangen dengan Jakarta :D

    ReplyDelete