Saturday, April 29, 2006

Fans Sementara ?

Saya lagi tergila gila sama yang namanya American Idol. Sepertinya dalam satu bulan terakhir, ada dua postingan saya soal American Idol. Walaupun nggak penting, tapi namanya lagi kena demam gimana dong ? Oh iya, idola saya masih tetap si Ellliott Yamin loh. Dan memang nggak salah kemarin dia sudah bikin si Paula Abdul termehek mehek karena suaranya Mas Yamin memang Te O Pe. Mungkin sulit buat dia untuk menang karena mukanya yang menurut banyak orang pas pasan. Tapi bagi saya, si Yamin ini jadi tambah cakep karena kepribadiannya yang sederhana dan nggak sombong. Jadi nilai plus plus plus deh.

Yak, lanjut ke topik sebenarnya soal fans. Sudah tiga tahun terakhir, saya ikutan message boardnya American Idol. Pada saat acara berlangsung, bisa sampai 800 ribu orang ngumpul di message board untuk berdiskusi. Kadang di dalam diskusi itu isinya bagus bagus alias mengemukakan pendapat yang positive, tapi ditengah tengah selalu ada saja pengganggu yang menjelek-jelekan salah satu kontestan. Akhirnya, terjadilah "pertumpahan darah" antar fans di message board. Kadang kadang saya suka ikutan untuk mencerahkan suasana kalau sudah mulai panas dengan kasih komen yang objektif. Eh, kadang berhasil loh. Misalnya saat orang orang panas karena Elliott Yamin tidak masuk dalam top two minggu ini, banyak sekali yang kesal, dan akhirnya malah menyalahkan kontestan lain, bukan berpikir untuk vote lebih banyak lagi di minggu depan. Saya cuma komen, kalau minggu depan semua kontestan akan mulai dari nol lagi. Jadi votelah sebanyak banyaknya. Senengnya kalau ada yang ditto sama saya, lalu message boardnya jadi lebih tenang hehehe...cuma saya nggak bisa lah keep up dengan semua postingan. Bisa gila saking banyaknya. Untung saya bukan maniak message board, karena kalau dijabanin, bisa 24 jam nongkrong di message board dan pasti ada aja topik yang diomongin, mulai dari gossip soal kontestan, sampai gossip soal produser dan juri.

Saya jadi ingat dulu, saat masih kuliah dan mengambil kelas communication art, research yang kelompok kami pilih adalah soal birging. Kita ingin membuktikan kalau banyak sekali yang namanya fans sementara dan kaitannya dengan self esteem. Saat itu research yang kita lakukan adalah saat March Madness di college basketball, kita mengirimkan survey di dalam message board umum seperti espn.com, cbs.com dan lain lain, dan juga di message board lokal kontestan March Madness. Intinya, kita ingin supaya bisa menarik kesimpulan, kalau para fans yang cuma bela team kalau team itu menang mempunyai self esteem yang lebih rendah dan end upnya memang nggak bisa setia dengan team tersebut karena kalau teamnya kalah mereka bisa langsung pindah ke team yang menang. Dan setelah musim berakhir dan hasil research dikumpulkan, hal itu memang terbukti loh !

Dari hasil research di kampus itu, saya jadi bisa mengkaitkannya dengan hasil American Idol. Banyak sekali fans fanatik dari setiap kontestan, tapi begitu kontestannya kalah, mereka langsung pindah ke kontestan lain. Di dalam message board, banyak fans yang bilang, kalau idola mereka tersingkir sekarang, mereka akan tetap mendukung dan membeli CDnya kalau diproduksi. Tapi bukti nyatanya, berapa banyak sih kontestan yang kalah lalu berhasil menjual banyak CD walaupun sebetulnya fans base mereka sangat besar ?

Saya juga merasa saya adalah bagian dari birging people tersebut karena dulu saya seneng banget dengan Bo Bice dan sempat mikir untuk beli albumnya. Tapi nyatanya, sampai sekarang saya nggak beli albumnya soalnya musiknya kurang bagus dan CD mahal huahahaha...Tapi saya sih nggak pernah pindah ke lain hati soal dukungan dari awal sampai akhir season. Season 1 dukung Kelly, Season 2 dukung Clay, Season 3 nggak dukung siapa siapa, Season 4 dukung Bo Bice, dan Season 5 dukung Elliott. Soal Bo Bice dan Clay nggak jadi juara ? Nggak masalah tuh. Mereka tetep juara buat saya di season itu, dan saya nggak bisa pindah jadi fansnya Ruben atau Carrie. Jadi saya birging atau nggak sih ??

2 comments:

  1. hihihi sama..aku juga dukung kelly ama bo bice. tapi memang suara sih lebih oke carrie underwood hehehe...kalo season 5 ini aku suka taylor hicks pd pandangan pertama.

    kemaren malam lupa ngevote. keasyikan nonton freddie mercury hehe

    ReplyDelete
  2. ketinggalan. numpang curhat.

    ada sebagian teman yg bilang ; gak suka sama sekali. aku gak memaksakan sih. ternyata....di negaranya gak ada ! ya iyalah. tak kenal maka tak sayang....

    aku suka karena ini toh bukan film fiktip, mengkhayal. kisah nyata mencari bakat.dan memang suaranya bagus2x

    ReplyDelete