Tuesday, March 14, 2006

My Almost First Speeding Ticket


Selama 4 tahun saya menyetir di negara ini, tidak pernah sekalipun saya tertangkap dalam keadaan ngebut. Memang saya tidak selalu menyetir pada speed limit terutama kalau sedang di highway. Soalnya kalau pada speed limit, yang ada malah saya nggak nyampe nyampe dan bakalan bete disusul oleh seluruh mobil. Umumnya pada speed limit 65, saya bisa melaju sampai 85 mil per jam.

Pengalaman saya distop oleh polisi pertama kali adalah tahun 2003 di Madison. Saat itu sekitar pukul 1 pagi dan saya baru kembali dari berolahraga di fitness center. Waktu itu saya betul betul kaget karena kali pertama ada polisi menyalakan sirene dan mengejar saya. Dalam keadaan pasrah, saya minggir. Di Amerika sini, kalau sudah disetop oleh polisi, kita tidak boleh macam macam. Kita harus diam saja di dalam mobil. Kalau sampai kita berusaha membuka pintu atau melarikan diri, polisi bisa langsung mengejar dan menembak di tempat. Ihhh..serem buanget... jadilah saya berusaha menenangkan diri. Ternyata oh ternyata, saya bukan distop karena speeding, tapi karena saya lupa menyalakan lampu mobil. Maklumlah di University Avenue lampunya terang sekali, sampai saya tidak merasa kalau lampu mobil saya padam. Ahhh...leganya. Mana Polisinya masih muda belia dan ramah banget lagi...hihihi..

Pagi ini saat saya bersiap untuk berangkat kerja ke Madison, cuaca tidak terlalu baik. Kabut tebal menyelimuti Milwaukee dan langit cukup gelap. Jadilah saya harus berusaha berangkat lebih awal, karena bisa saja orang orang jadi lebih lambat dalam menyetir dan saya bisa jadi terlambat juga sampai di tujuan. Saat saya ingin keluar dari tempat parkir, ternyata gatenya tidak bisa terbuka. Saya sudah klik klik berkali kali remote untuk palangnya, dan palang itu diam saya tidak bergerak. Untunglah sang Manager apartemen tinggal di gedung yang sama dengan saya, jadilah saya langsung berlari lari ke apartemennya dia. Dia bilang, pasti batere remote saya habis. Tapi saya bersikeras kalau kemarin masih nyala. Dia ngotot, katanya pasti remotenya. Jadilah saya harus kembali ke mobil untuk mengambil remotenya. Dia lalu ikut dengan saya karena ternyata persediaan batere dia habis, dan dia bilang untuk hari ini, dia yang akan bukakan gatenya dengan remote dia. Ternyata pas pakai remotenya dia, tetep saja nggak bisa. Akhirnya dia pakai tenaga manusia, alias dia pegangin palangnya supaya mobil saya bisa lewat dibawahnya heheheheh... Lewat juga saya dan melaju menuju highway.

Perjalanan di highway berhasil saya lewati dengan sukses. Pas saya masuk ke Madison dan ada di jalan raya biasa, tiba tiba polisi mengikuti saya lalu mulai menyalakan sirene. Saya bingung, ada apakah ini ? Saya tidak merasa ngebut kok. Lalu pak polisi bertampang gahar itu menghampiri saya dan menanyakan apakah saya tahu kenapa saya distop olehnya. Saya dengan melongo bilang kalau saya nggak tau. Lalu dia bilang, saya sudah ngebut dengan kecepatan 50 mil per jam, padahal batas kecepatannya adalah 35 mil per jam. Saya cuma bisa pasrah... (lagi lagi..). Mana saat itu saya sudah betul betul hampir telat ke client. Saya betul betul tidak tahu mau ngomong apa. Rasanya hari ini betul betul hari yang kurang baik. Saya hanya bisa melihat bayangan pak polisi di kaca spion sedang menulis nulis sesuatu. Biasanya tiket ngebut itu paling nggak dendanya 100 dolar, bahkan sampai 300 dolar. Belum lagi di dalam SIM saya, akan ada pengurangan nilai. Kalau sampai dikurangi 12 nilai, SIM saya akan dicabut dan saya tidak bisa menyetir sendiri lagi. Selain itu asuransi untuk mobil saya juga akan naik...hiks hiks hiks...

Setelah menunggu di dalam mobil lebih kurang 10 menit, pak polisi kembali menghampiri mobil saya. Dia membawa kertas berwarna kuning. Aduh...dalam hati saya, inilah tiket pertama saya. Si polisi bertampang gahar itu lalu mulai bicara. Dia bilang, saya nggak dapet speeding tiket ! Saya nggak usah bayar ! Dan point saya nggak dikurangi ! HOREEEE.... lalu dia menjelaskan pada saya berapa seharusnya denda yang saya bayar jika saya betul betul ditilang dan berapa point SIM saya akan dikurangi. Tapi karena dia melihat sejarah menyetir saya yang baik, jadinya saya hanya diberi peringatan saja. SYUKURLAHHH... !! Jadilah record menyetir saya masih mulus hihihi... Today is not a bad day after all.. I can say it's a great experience.

5 comments:

  1. Hi Leony, saya mau tanya, saya kena speeding ticket di Nevada waktu liburan kmrn sama istri, dan sya disuruh bayar secara online, tapi pada saat saya buka websitenya ga bisa. kira2 kl saya sampai ga bayar, konsekuensinya apa ya? sbnrnya kl mau bayarpun saya rela tapi emang ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau liburan, saya kira akan ngaruh ke visa kamu deh recordnya. Takutnya nanti saat mau masuk lagi, or bikin visa lagi kecatat di record. Kalau saya kan dulu ngaruh ke SIM US saya. Saya sarankan sih dibayar. Nggak bisanya gimana? Mmgnya websitenya apa?

      Delete
  2. Justru itu, saya mau bayar tp saat saya buka link yang dikasih dan saya masukin no Citation saya ga ada recordnya.

    ReplyDelete
  3. linknya: http://ncsepay.nvcourts.gov/eservicesncsltd/home.page.6

    saya maskin no SIM dan terbit dimana itu yang saya ga tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba 3rd option? Plat nomor dan statenya? Kalau ngga bisa juga, biasanya sih bisa email. Kalau SIM Indo sih ngga bakalan masuk di situ. Jadi opsi ya pake ticket number atau license plate number and state.

      Delete