Posts

Showing posts from November, 2005

Makannnnnn...

Image
Sodara sodaraku sebangsa dan setanah air, hari Kamis kemarin adalah hari untuk bersyukur. Walaupun setiap hari adalah saat yang tepat untuk berterima kasih kepada Tuhan atas segala berkatnya selama ini, tapi Kamis kemarin terasa lebih special karena kita bisa berkumpul dengan seluruh "keluarga". Sebagai manusia di perantauan, rasanya sangat pas waktunya, di tengah cuaca yang dingin, untuk bersama sama mencari kehangatan ditambah lagi: Makan2 dong ! Jadilah, Kamis 24 November sore, rumah Pak Anton dan Bu Lengleng jadi aula sementara bagi kami anak anak di perantauan ini.

Saya nggak bisa terlalu banyak soal menu kemarin itu, saya cuma bisa nyebut: UENAK TENAN..... kita mulai dari ujung ke ujung yah (mudah2an inget semua, maaf kalo ada yang kelewatan): Tahu isi, pempek palembang, baso goreng, lontong sayur, rendang, ayam panggang, telor balado, sambel udang, sayur asem, kerupuk, bakmi ayam, kari, dan ngga lupa syaratnya, si kalkun panggang. Untuk hidangan penutupnya: Cendol, bij…

Nekad

Image
Cerita ini adalah kenangan saat saya masih duduk di kelas dua SMU. Hari itu adalah hari yang cukup spesial di sekolah, karena kami kedatangan beberapa orang tamu. Tamu-tamu tersebut adalah beberapa buruh Nike Indonesia, ditemani oleh pengacara mereka dari salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat di Jakarta. Maksud kedatangan buruh tersebut adalah mencoba untuk sharing dan menggerakan hati para murid murid supaya kita semua lebih peka terhadap keadaan di sekitar kita. Apalagi saat itu adalah saat dimana bangsa kita betul betul sedang terpuruk setelah peristiwa May 1998 dan krisis ekonomi.

Siang itu pada jam pelajaran terakhir, kami semua dikumpulkan di aula. Kamipun diajak untuk mendengarkan cerita kehidupan sehari-hari para buruh Nike yang digaji kurang dari sepuluh ribu rupiah per hari, dan hanya diberi makan nasi perah dan sepotong tempe. Kebetulan para buruh yang datang adalah wanita, dan sekolah kami adalah sekolah khusus wanita, sehingga momen ini sebetulnya cukup pas untuk berbagi. …

CRASH !

Image
Sekitar 3 minggu lalu. saya baru saya kembali dari Appleton. Jumat sore itu, saya kembali menyalakan komputer saya yang sudah diistrirahatkan selama seminggu. Berhubung lagi capek, saya pikir Jumat sore, mendingan saya nonton film saja di komputer. Kebetulan ada satu film yang sudah nongkrong di komputer saya, tapi belum sempat saya lihat. Mulailah saya membuka media player. Tiba-tiba komputer saya diam, tidak bergerak sama sekali. Saya klik sana, klik sini, pencet tombol ampuh "Control Alt Del", tapi tetap saya komputer saya tidak bergeming. Lalu dengan hopeless, saya pencet tombol restart. Dan apa yang terjadi ? Komputer saya tidak mau di reboot. Cuma gelap saja yang keluar. Dalam keadaan panik, saya telepon si yayang yang mampir langsung dari kantor untuk melihat komputer saya. Dia coba kutak katik, tapi tidak berhasil. Adohhhh... gimana dong ? Apa yang rusak ?

Kebetulan saya ingat, ada teman saya si Ardian yang kebetulan jagoan komputer wahid di seantero gedung apartemen …

Home Sweet-and-Sour Home

Image
Setelah kemarin saya membahas soal mudik, saya jadi mikir, kalau sesungguhnya sekarang rumah saya yang di Milwaukee juga seperti jadi kampung saya alias home sweet home. Sudah lebih dari sebulan terakhir ini, saya selalu berada di luar kota, paling nggak dari Senin sampai Jumat, bahkan kadang Sabtu saya tidak bisa merasakan keempukan ranjang saya sendiri. Walaupun tidur enak di bermacam hotel, tapi kan saya tetep harus bayar sewa untuk kebutuhan apartemen saya dan iuran cable. Padahal saya cuma menikmatinya selama kurang dari seminggu dalam sebulan.

Alhasil, setiap kali saya pulang, yang saya lakukan hanyalah laundry. Isi kulkas tidak banyak berubah. Bahkan kemarin pas saya buka kulkas, saya bingung, itu es krim bekas siapa yah di freezer ? Tinggal yayang saya bilang: ih, itu kan punya kamu. Duh beneran deh saya jadi pikun. Sudah 2 bulan lamanya saya tidak pergi grocery, karena memang tidak ada waktu masak kecuali weekend. Dan weekend rasanya kok sudah lemes duluan, jadi kehilangan sem…

Mudik Nyok !

Image
Selamat hari raya Idul Fitri untuk semua teman yang merayakan. Mohon maaf jika ada salah kata ataupun perbuatan. Di hari yang penuh rahmat ini, marilah kita bersatu hati dan bergandeng tangan untuk menyambut datangnya perdamaian di bumi dan di dalam diri.

Walaupun saya bukanlah penganut agama Islam, Idul Fitri adalah hari yang selalu saya nantikan. Sejak saya kecil, saya merasa bukan hanya Natal dan Paskah yang menjadi hari menyenangkan, melainkan juga Lebaran. Liburan panjang selalu jadi hal yang diidamkan selama masih jadi pelajar. Dan saat lebaran, biasanya paling tidak 10 hari sudah ditangan. Memang, kadang capek juga kalau asisten lagi pada mudik. Sedangkan saya yang asli Jakarta dengan kedua orang tua yang asli Jakarta juga, kami nggak punya kampung, otomatis nggak kenal yang namanya mudik. Kampung kami ya di Jakarta ini, yang kalau lebaran jadi asoy seperti di luar negeri karena macetnya berkurang 90%.

Lebaran di keluarga saya, mungkin hampir nggak beda repotnya dengan lebaran di…