Sunday, October 16, 2005

Menjalin Persatuan dan Kesatuan


Tiba tiba saja, dalam perjalanan pulang dari restaurant beberapa minggu lalu, saya dan teman saya teringat masa masa jadul di mana kita masih kanak kanak dan stasiun televisi hanya ada satu saja yaitu TVRI. Ketika para televisi swasta menjamur dengan slogan slogannya seperti: RCTI oke, SCTV ngetop, TPI makin asik aja, INDOSIAR memang untuk anda dan sebagainya, TVRI juga tak mau kalah membuat slogan yang lumayan keren tapi sangat berbau kebaheulaan: Menjalin persatuan dan kesatuan. Dinyanyikannya dengan semangat, dengan kelompok paduan suara yang rasa rasanya mirip dengan paduan suara angkatan bersenjata. Dan sepanjang perjalanan itu, kita membicarakan acara acara yang dulu sempat menghiasi layar kaca dan bikin kita tertawa ngakak.

Saat pembukaan jam 4 sore ada lagu Indonesia Raya. Biasanya sore sore ada Cerdas Cermat loh. "Kami dari EsDe Negri 123 Kampung Melayu, nama saya Tini, sebelah kanan saya Tono, dan di sebelah kiri saya Tuti." Lalu tak lupa si pembawa acara bilang: "Tepuk tangan untuk SD Negri 123", diikuti oleh tepuk tangan malu malu dari para penonton yang notabene adalah teman2 dan guru guru sekampung. Jangan lupa acara kartunnya yang nggak kalah menarik, seperti Ghostbuster dan Teenage Mutant Ninja Turtles ! Saat itu saya dan adik sampai mengkoleksi ke-4 tokoh kura kura hasil radiasi tersebut. Si Merah Raphael, Biru Leonardo, Ungu Donatello, dan tentunya si Kuning Michael Angelo. Kesukaannya ? Pizza dong... sesuai dengan namanya yang sok Italia.

Kadar acara pendidikan di TVRI boleh dibilang lumayan walau settingnya agak memprihatinkan. Selain Cerdas Cermat yang sudah disebutkan di atas, ada lagi acara pelajaran bahasa Inggris bersama Anton Hilman yang kumis tipisnya menghibur kita. Untuk penduduk yang tinggal di desa, nggak mau kalah juga dong acara pendidikannya. Ada acara pembudidayaan ternak dan tanaman, dan yang paling beken sih: Klompencapir dong ! Singkatan dari apa ya itu ? Kadang saya suka nunggu2 acara ini untuk melihat bagaimana kompaknya orang dari Desa A melawan Desa B. Lalu jurinya yang kadang2 suka subjektif, pokoknya cukup menghibur lah. Pertanyaannya juga menantang loh. Gimana cara memasak sayuran ? Saya ingat, yang motong dulu baru dicuci, dikurangi nilainya... nasib nasib..

Jangan lupa acara beritanya: Berita Nusantara pada jam 5 sore, dilanjutkan English News Service pada jam 6:30 sore, Berita Nasional jam 7:00, Dunia Dalam Berita jam 9 malam, dan Berita Terakhir. Nah, yang terakhir disebut ini, jamnya tidak pernah sama. Suka suka dong, pas selesai acara terakhir ya berarti berita terakhir. Kadang si pembawa acara berita sampai terkantuk kantuk dibuatnya.

Masih ingat acara musiknya ? Ada Aneka Ria Safari, Selekta Pop, Kamera Ria, dan Album Minggu Kitaaaaaaa (harus panjang aaaa nya, soalnya memang begitu cara menyanyinya). Aneka Ria Safari pada awalnya disiarkan dari Studio TVRI, dan akhirnya pindah shooting ke klub Dynasty di Gajah Mada Plaza. Video klip ? Nggak ada tuh, yang ada cuma penyanyi di panggung dengan beberapa penari latar, dan biasanya si pencipta nongkrong di depan piano. Jaman dulu pencipta yang terkenal ya si Rinto Harahap, Pance Pondaag, dan Pompi. Kalau lagunya sedih, siap siap deh, soalnya penyanyinya biasanya nyanyi sambil berurai urai air mata. Makin berurai air mata, makin menjiwai lah yaow... Rasanya awal mula video klip itu di acara Kamera Ria. Jangan bayangkan Rizal Mantovani punya karya. Yang ada adalah si artis menyanyi dengan latar belakang TNI lagi latihan baris berbaris. Paling mentok lokasi shootingnya di Taman Mini. Hiksss.... Video klip yang lumayan rasanya ada di acara Selekta Pop. Lokasinya mulai bergeser ke plaza2, lobby hotel, jalan raya, dunia fantasi, walaupun tetep aja Taman Mini masih jadi favorit.

Pas akhir 80-an, muncullah acara TVRI yang cukup populer dan masih diingat sampai saat ini. Di bidang musik, ada Berpacu dalam Melodi bersama Mas Koes Hendratmo dan Ireng Maulana, dan Gita Remaja yang mempopulerkan Bang Tantowi Yahya. Ada juga Kuis Siapa Dia bersama Kang Aom Kusman. Masih banyak lagi kuis2 lainnya yang masanya tidak terlalu panjang. Kreatornya ? Siapa lagi kalau bukan Ani Sumadi. Walaupun ada beberapa yang asli ngejiplak Game Show Amrik, tapi teteplah Bu Ani patut diacungi jempol buat usahanya.

Aneka Ria Safari, selalu saya menjadi bagian favorit yang saya tunggu tunggu. Biasanya di akhir pekan sepulang dari belanja di Golden Truly, saya merengek2 minta pulang cepet2 supaya bisa nonton Aneka Ria Safari yang dimulai tepat sehabis Dunia Dalam Berita. Begitu sampai dirumah dan siap didepan Tivi, ternyata ada LAPORAN KHUSUS ! Isinya ? Pak Harmoko, Pak Moerdiono, atau kunjungan Pak Presiden Soeharto ke kampung2.... Oh Orde Baru...
Biar bagaimanapun, TVRI tetap ada dihati....

3 comments:

  1. Kak...ckckck...masih inget (abis)
    Hihihihi... :p

    ReplyDelete
  2. seruuu ceritanya aku juga inget TVRI acra unyil itu pasti jd favorite lalu sinetron sitinurbaya trus sengsara membawa nikmat
    lalu acara ateng itu juga yg setelah album kitaaa oia ada juga telenovela little missy itu ya duhhh aku kecil2 dulu hoby bener nonton sinetron hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woaaahhhh ini udah lama banget aku postingnya. Haha, sampe kaget masih ada yang comment di sini. Acara yang ada Ateng itu namanya: Ria Jenaka :D. Parah ya aku masih inget. Kalo sinetron2 itu, aku nonton, tapi ya nggak gimana2. Aku cuma inget terkenalnya itu kan Datuk Maringgih, terus si Midun ya? Hahahaha..

      Delete