Friday, May 13, 2005

Hari Terindah dalam Hidupku

Kenapa hari ini adalah hari yang terindah ? Karena saat ini saya jadi tau, siapa yang betul betul sayang sama saya, siapa yang dendam sama saya, siapa yang memperhatikan saya. Atas semuanya itu, saya bersyukur. Saya bersyukur pada Tuhan atas pengalaman yang saya dapatkan, yang selalu menguatkan hati saya yang membawa saya dekat kepadanya.

Posting saya dibawah ini adalah email yang saya sampaikan di Permias Milwaukee. Hari ini akan menjadi kenangan dalam hidup saya... Dalam hidup ada tantangan, namun segala tantangan itu membawa saya semakin dekat pada Tuhan, dan semakin pasrah kepadaNya. Saya tau kalau Tuhan nggak akan meninggalkan saya, dan Bokap saya di atas sana bisa melindungi saya juga dengan bantuan tanganNya. Buat yang sedang happy mengorek2 rahasia orang, enjoy the moment.

Halo ini Noni,

saya sudah membaca apa yang kalian semua tuliskan di mailing list ini. Yang akan saya tanyakan kepada si pengirim postingan adalah, apakah hak anda membuka tulisan pribadi orang di hadapan orang banyak ? Soal saya tidak suka dengan seseorang, soal saya benci dengan presiden saya sekalipun, saya berhak menuliskan di diary saya. Seperti saya bilang sebelumnya, blog itu merupakan media komunikasi saya dengan Mama. Apakah saya tidak boleh curhat dengan orang tua sendiri tentang perasaan saya hari itu ?

Dalam hidup juga dikenal istilah golden rules. Kalau kalian nggak mau rahasia pribadi kalian terbongkar, tidak dibenarkan kalian membongkar rahasia orang lain. Apalagi yang namanya posting di mailing list tanpa seijin si pemiliknya. Dari manapun si pengirim mendapatkan sumber link tersebut, kalau dia memang seorang yang bijak, dia akan berpikir dahulu sebelum bertindak. Kalau namanya diary, mau tulis apa saja ya terserah si pemilik dong. Saya mau ngatain orang, mau cursing diri sendiri mau nuduh orang sana sini kek. Orang yang membaca berhak tersinggung, tapi tidak perlu membeberkan ke orang lain. Kalau bermasalah, cukup bilang ke orang yang nulis, bisa minta baik2: "Eh, gue baca postingan elu. Gue takut ada yg tersinggung, mendingan diapus postingannya." Berapa susahnya sih melakukan itu ?

Sekarang, saya ingin bertanya, siapa saja diantara anak milwaukee yang tau soal saya memiliki blog ? Dan si pengirim postingan itu juga tadinya tidak tahu kan kalau tidak ada yang memberi tahu dia. Lalu dengan seenaknya menyebarkan alamat blog orang lain. Kita sudah dewasa, dan bisa berpikir. Diary itu curahan hati, tapi posting di milis dan mencoba menghancurkan nama orang lain, itu tidak bijaksana.

Tolong pikirkan baik2 apa yang telah anda lakukan dengan menyebarkan alamat blog orang lain yang seharusnya merupakan rahasia. Kalau kalian merasa posting di blog itu tidak aman karena bisa dilihat oleh siapa saja, ya memang bisa dilihat oleh siapa saja, namun komentar bisa dijaga kan ? Tapi kalau ada orang yang posting isi blog orang lain di mailing list umum, terus dikasih kata2 ancaman: "Ati ati ya kalo ngomong, dll", apa maksudnya seperti itu ? Maukah anda jika rahasia anda dibongkar ? Maukah hidup anda dikorek2 oleh orang lain ? Anda lagi suka sama siapa, benci sama siapa, nuduh siapa, mengagumi siapa, lagi kemana dll.

Saya datang ke Milwaukee dengan good faith. Bahkan dalam pertemuan permias kemarin, saya mengusulkan banyak ide yang kiranya bisa membantu permias Milwaukee. Dari bakesale, sampai jualan barang kerajinan. Kalau saya sudah devote dengan sebuah organisasi, saya akan bantu sebisa saya. Maka dari itu, kalau memang si pengirim postingan berpikir, harusnya dia bisa menghargai kedatangan anak baru dan memahami kalau anak baru pasti banyak adaptasinya. Namun kalau dia memang tidak mengerti dan berharap supaya seluruh permias tau soal ketidaksukaannya plus mendukung pendapat dia di mailing list, maaf saja, saya bukanlah object.

Sekali lagi, saya sudah menyampaikan maaf saya jikalau ada orang2 yang tersinggung. Tapi sekali lagi, blog itu isinya masalah pribadi bukan untuk konsumsi umum. Kalau ada yang nyebar2in, itu namanya tukang gossip dan ngga bisa liat orang lain hidup dengan tenang. Apalagi si pengirim posting dengan jelas bilang kepada saya semalam kalau dia dapet link ini dari orang lain yang dia tidak mau kasih tau identitasnya. Jadi dia tidak kebetulan mencari sendiri, apalagi ngorek2 rahasia orang di search engine. So, siapa dong biang keladinya ?

Take care,
Noni

No comments:

Post a Comment